Inilah Cara Tepat Mahasiswa Memanfaatkan Liburan

Liburan merupakan kata yang dinanti-nantikan oleh banyak mahasiswa yang sudah suntuk dengan kegiatan belajar mengajar di kampus. Setelah me...

Liburan merupakan kata yang dinanti-nantikan oleh banyak mahasiswa yang sudah suntuk dengan kegiatan belajar mengajar di kampus. Setelah menjalani berbagai materi perkuliahan di kelas dan ujian, akhirnya kini dapat membebaskan diri dari belenggu hal-hal tersebut. Otak mahasiswa yang sempat penuh dengan memori pelajaran, pada saat liburan mampu direfresh, sehingga menyegarkan kembali pikiran.



Ketika kamu sudah pernah keluar selama beberapa minggu, atau kamu sekarang hanya mulai berpikir tentang aktifitas liburan, maka kamu akan segera menemukan jati diri kamu dengan cukup sedikit melakukan sesuatu. Jika dirimu belum siap dengan hal itu, maka liburan yang membosankan akan siap menunggumu. 

Mungkin kamu bisa mengisi aktifitas liburan dengan magang, pekerjaan di musim-musim liburan atau melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Namun, bagi mereka yang memiliki jadwal kosong atau belum ada perencanaan aktifitas nantinya, liburan dapat sangat membosankan dan terasa sangat lambat sebelum perkuliahan dimulai kembali. Kerugian tentunya yang akan didapatkan apabila tidak memaksimalkan waktu liburan yang ada.

Untuk menunjang kegiatan liburanmu, inilah daftar beberapa aktifitas yang bisa dilakukan selama liburan bagi kamu yang tidak berhasil mendapatkan magang atau pekerjaan impian, dan saya memiliki sedikit saran aktifitas yang dapat dilakukan untuk dua bulan atau lebih ke depan di masa-masa liburan. Pastikan untuk berbagi ide lain yang kamu miliki, atau hal-hal yang kamu rencanakan untuk dilakukan yang tidak dibahas di sini pada bagian komentar, yang barangkali rencana kamu dapat menginspirasi orang lain.


Praktik perawatan diri

Kamu telah menjalani seminggu atau juga mungkin lebih hari-hari yang melelahkan dalam ujian akhir, presentasi, dan proyek yang kamu laksanakan. Lebih dari itu, kamu telah berhasil keluar dari sesuatu yang tampaknya seperti semester yang tiada pernah berakhir. Rasa capek, lelah, dan rasa pusing di kepala pasti sempat terpatri kuat di otakmu sebelumnya. Hal ini adalah proses normal seseorang yang melewati masa-masa ujian. 

Menyikapi rasa lelah itu, luangkan waktu sekarang untuk mengurus diri sendiri, bersantai, dan menikmati waktu yang kamu miliki yang tidak terdapat suatu tanggung jawab sama sekali dan juga pengingat suatu pertemuan. Saya menyukai aktifitas saya itu, bahwa hal itu adalah satu-satunya yang tertera dalam "jadwal" saya beberapa hari ini di waktu liburan. Hal ini menurut saya telah menjadi episode baru dari “Teori Big Bang” atau permulaan dari “Sejarah Perang Dunia.” Liburan tidak akan terjadi setiap saat dan itu juga tidak akan berlangsung lama, jadi nikmatilah selagi bisa. 

Perawatan diri adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi semua orang. Ia baik untuk mengatasi rasa stres kamu yang bertingkat-tingkat, dan bahkan penting selama tahun ajaran yang berisi kegiatan belajar mengajar. Namun, yang perlu diingat adalah bahwa itu tidak selalu terjadi pada banyak mahasiswa, jadi sekarang adalah waktu untuk memaksimalkan kesempatan itu dan jangan berpikir terlalu lama. 


Memulai proyek pribadi 

Jangan hanya duduk-duduk saja dan bermalas-malasan sepanjang liburan, lakukanlah sesuatu yang produktif dengan waktu yang kamu miliki, dan barangkali bahkan mencetak uang dari itu. Mulailah dengan mengotak-atik blog yang kamu miliki dan tulislah tentang apapun yang kamu sukai, atau juga bisa dengan meluangkan waktu untuk belajar sesuatu yang baru yang tidak selalu sesuai dengan tugas kuliah kamu. 

Ada banyak cara untuk belajar tentang memulai sesuatu yang baru secara online, karena internet sudah penuh dengan proyek-proyek yang bisa kamu maksimalkan dan tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak bergabung dengan mereka dengan kreasi yang kamu buat sendiri. Orang yang bijaksana adalah mereka yang mampu menjadikan waktu mereka berguna bagi kehidupannya, jadi jangan berpangku tangan di saat liburan, dan berkreasilah!


Menciptakan banyak uang 

Dalam konteks ini, saya tidak mengatakan kamu harus "mencari pekerjaan" karena itu bukanlah menjadi tujuan yang sebenarnya. Mungkin tidak ada yang banyak tersisa sekarang bagi kamu karena tahun ajaran secara resmi berakhir. Kemudian, jenis-jenis pekerjaan dan magang akan mengisi waktu itu dengan cepat, dan kamu harus mulai menjangkau dan mengejar mereka dengan cepat. Tapi kamu masih bisa mendapatkan pekerjaan yang biasa yang akan menempatkan uang tambahan di saku kamu. Yang penting adalah hal itu dapat membantu finansial kamu serta tidak diperoleh dengan cara yang tidak dibenarkan.

Kamu hanya dapat bekerja dalam beberapa jam saja selama tahun ajaran ketika kamu mengambil kelas, karena kamu tentunya perlu waktu untuk belajar dan benar-benar pergi ke kelas. Proses seperti itu adalah hal yang wajar, sebab tugas utama mahasiswa adalah memang untuk belajar dan bukan untuk bekerja. Namun, sekarang kamu memiliki semua waktu yang kamu butuhkan untuk mendapatkan sedikit uang tunai. Jadi gunakanlah waktu yang sangat menguntungkan itu. 


Mulai mempersiapkan tahun ajaran berikutnya

Jika semuanya gagal, maka kamu selalu dapat memesan buku-buku yang kamu butuhkan untuk tahun ajaran berikutnya dan mulai membacanya. Kamu bisa langsung masuk ke konten materi yang ada dan memiliki sedikit hal yang lebih dari apa yang harus dilakukan ketika kelas kamu benar-benar akan dimulai. Atau, bila kamu terlibat dengan kegiatan di kampus, maka mulailah untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk tahun berikutnya dalam masalah organisasi.

Lakukan apa yang kamu bisa selagi kamu punya waktu, karena kamu tidak akan punya waktu tersebut lagi dalam beberapa bulan. Aktifitas seperti ini adalah apa yang telah saya lakukan dan itu sangat membantu untuk mengetahui bahwa saya sudah punya beberapa hal yang dilakukan sebelum liburan berada di pertengahan akhir. Jangan ragu untuk mempersiapkan tahun ajaran berikutnya, sebab itu akan membantu kamu dalam mengarungi dunia akademik kamu di tahun ajaran baru. 


Lakukan apa yang kamu sukai

Menjadi seorang mahasiswa yang waktunya penuh dengan kegiatan belajar mengajar bisa membawa kamu pergi menjauh dari apa yang kamu sukai, bahkan meskipun kamu sebenarnya sangat mengutamakannya. Bahkan jurusan Bahasa Inggris yang sebenarnya suka membaca, tidak bisa membaca apa yang mereka inginkan ketika mereka berada di kelas. Luangkan waktu di masa-masa ini, dalam hal ini, untuk sekedar membaca sesuatu yang bisa kamu pergunakan sebagai sarana untuk bersenang-senang. Apapun yang kamu ingin lakukan, keluarkan dan laksanakan hal tersebut!

Tema besar yang harusnya mendasari liburan kamu adalah beristirahat dari segala hiruk pikuk dunia akademik perguruan tinggi dalam beberapa waktu saja, tetapi kamu juga tidak boleh lupa untuk memanfaatkan waktu luang kamu di liburan ini. tentunya kamu tidak ingin membiarkan otak kamu benar-benar membusuk dan melupakan segala sesuatu yang kamu pelajari. 

Dengan melakukan apa yang kamu sukai, maka itu akan memotivasi kamu supaya bisa lebih baik di masa-masa berikutnya. Hal itu akan memberikan stimulus yang berguna untuk merangsang kembali gairah untuk menjalani hidup, dan tentunya akan berdampak pada kesuksesan di kampus setelah masa-masa liburan berakhir. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Inilah Cara Tepat Mahasiswa Memanfaatkan Liburan
Inilah Cara Tepat Mahasiswa Memanfaatkan Liburan
http://2.bp.blogspot.com/-zP57zkkt2Kg/VBxc3k53aoI/AAAAAAAACHk/wJUbo2jCQ2U/s1600/vw-camper-336606_640.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-zP57zkkt2Kg/VBxc3k53aoI/AAAAAAAACHk/wJUbo2jCQ2U/s72-c/vw-camper-336606_640.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/inilah-cara-tepat-mahasiswa.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/inilah-cara-tepat-mahasiswa.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy