Artikel Terbaru

Keuangan Mahasiswa: Tips Meminimalkan Biaya Kuliah

Bukan rahasia lagi bahwa biaya kuliah dan biaya pendidikan telah menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi mahasiswa dan keluarganya. Menurut Dewan Perguruan Tinggi di New York, biaya kuliah pada tahun 2010 telah meningkat 6,5 % untuk perguruan tinggi negeri dan 4,4% untuk perguruan tinggi swasta. Dengan adanya kenyataan tersebut mahasiswa dan keluarganya harus bekerja keras untuk memenuhi semua biaya yang harus mereka bayar hingga kuliah selesai.
Mahasiswa harus mampu bertahan untuk tetap belajar di perguruan tinggi, walaupun mereka harus mau membanting tulang untuk mencukupi biaya kuliah mereka. Ada beberapa cara yang dapat mahasiswa lakukan untuk meminimalkan biaya kuliah, antara lain:



Masuk = keluar segera 

Biaya kuliah rata-rata tahunan di sebuah universitas negeri adalah sekitar $ 7020, dan biaya kuliah di universitas swasta lebih dari $ 26.000. Untuk itu, ini bukan waktunya untuk berlama-lama menikmati pengalaman kuliah kamu, mencari teman, belajar, dan memperluas wawasan.Tapi kamu harus bersungguh-sungguh sehingga dapat segera menyelesaikan kuliahmu. Membuang-buang waktu akan memperpanjang masa kuliah kamu, yang berarti menambah besar biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Bahkan, bukan hanya biaya kuliah yang akan semakin besar, tapi biaya hidup kamu seperti biaya makan, sewa kos, dan biaya lainnya juga akan semakin besar. Maka dari itu, masuklah di perguruan tinggi dan segeralah keluar dengan membawa gelar sarjana.


Jadikan advisor sebagai teman terbaikmu

Saat telah menyelesaikan kuliah, kamu akan menyandang gelar sarjana. Gelar sarjana yang kamu bawa seharusnya berisi prestasi yang membanggakan, yaitu berupa IPK yang memuaskan dan kelengkapan persyaratan yang dipersyaratkan. Dengan berteman dengan advisor, kamu akan memperoleh informasi tentang bagaimana kamu dapat menyelesaikan proses kuliah dengan cepat. Advisor adalah seseorang yang sudah paham tentang seluk beluk dunia perkuliahan di kampus kamu, ia akan memberikan informasi langkah-langkah untuk mempercepat masa studi kamu.


Jangan beralih program studi

Perguruan tinggi adalah tempat yang bebas bagi kamu untuk memilih program studi yang menjadi bakat kamu. Untuk itu, kamu harus benar-benar memikirkan prospek dari program studi yang kamu ambil ke depannya, sehingga kamu tidak berhenti di tengah jalan dan memutuskan untuk beralih program studi. Beralih program studi akan membuang banyak waktu dan biayamu. Beralih program studi berarti kamu harus memulai kuliah kamu dari awal dan hanya menyia-nyiakan perkuliahan yang telah kamu lakukan pada program studi sebelumnya. Hal ini akan membengkakkan biaya kuliah kamu. Seharusnya kamu harus berhati-hati agar hal ini tidak terjadi di dalam kuliah kamu. Kamu harus konsisten terhadap apa yang kamu pilih. Kamu juga harus yakin bahwa kesungguhan kamu akan membawa berkah dalam kehidupan kamu.


Hindari terlalu sering membeli buku di toko buku

Buku adalah jendela dunia. Jika kamu membacanya maka kamu akan memperluas wawasan kamu tentang kehidupan di dunia ini. Namun demikian, jika kamu membeli buku terlalu sering, hal itu tidak baik untuk isi dompetmu. Dompet kamu akan menipis dan akan berakibat fatal pada kelangsungan hidup kamu. Maka dari itu kamu harus lebih bijaksana dalam menentukan pilihan. Kamu dapat mencari ebook atau meminjam buku di perpustakaan. Jika memungkinkan, kamu dapat membeli, tapi seharusnya kamu meminimalkan pembelian buku ini, sehingga kamu dapat menormalkan keuanganmu.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top