Mahasiswa: 32 Tips Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

Kaget dengan kehidupan mahasiswa yang beda banget dari zaman kamu SMA? Kesulitan adaptasi dengan lingkungan baru? Dibawah ini ada beberapa...

Kaget dengan kehidupan mahasiswa yang beda banget dari zaman kamu SMA? Kesulitan adaptasi dengan lingkungan baru? Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa memecahkan masalah-masalah yang biasa kamu hadapi sebagai mahasiswa terutama bagi yang tinggal di kos atau asrama kampus.



1. Gunakan snack sebagai insentif belajar. Saat kamu melakukan suatu kemajuan dalam belajar kamu, berhasil memahami satu buah sub bab misalkan makanlah satu suap snack sebagai hadiah pencapaian kamu tersebut.

2. Menghemat waktu belajar dengan mendengarkan ulang penjelasan dosen dari rekaman suara yang kamu percepat. Dengan mempercepat pemutaran rekaman suara kamu bisa menghemat waktu kamu.

3. Membuat catatan menggunakan warna pulpen yang berbeda. Hal ini akan membuat buku catatan kamu lebih indah sehingga kamu akan bersemangat saat membukanya kembali.

4. Tingkatkan nilai IPK kamu di awal semester. Mata kuliah yang ada diawal semester cenderung mudah karena biasanya materi yang diajarkan materi dasar yang telah diajarkan sewaktu kamu SMA, di sini kesempatan kamu buat nabung nilai atau nabung IPK buat semester-semester depan karena dijamin materi semester-semester berikutnya akan semakin susah dan sedikit demi sedikit mulai menurunkan nilai IPK kamu.

5. Belajar bagaimana membuat kopi tanpa mesin pembuat kopi.

6. Untuk sarapan yang praktis, buatlah telor kocok dengan mug dan hangatkan di microwave.

7. Klip binder untuk menumpuk botol minuman di kulkas yang kecil.

8. Ketika kamu malas untuk mencuci piring gunakan kertas minyak sebagai pengganti piring.
Sediakan selalu kertas minyak di kamar kos kamu, saat kamu malas mencuci piring kertas minyak bisa dijadikan sebagai pengganti piring.

9. Tinggal di sekitar kampus dengan sedikit teman? Untuk mendapatkan sinyal wifi yang lebih baik dari router kamu gunakan tips kaleng.

10. Gunakan kunci laptop.

11. Menghemat ruang dilemari kamu dengan menggantung beberapa pakaian sekaligus pada satu hanger menggunakan soda pop tabs. Pernah gak mikir kalo lemari pakaian kamu itu sebenernya masih ada tempat yang luang tapi kamu gak bisa masukin hanger lagi? Ini biasanya karena ukuran hanger yang kamu miliki terlalu besar. Kamu bisa mensiasati hal ini dengan menggunakan satu hanger untuk dua atau lebih pakaian. Kamu bisa pake soda pop tabs untuk membuat hanger kamu bisa dipakai untuk lebih dari satu pakaian.

12. Lipat baju kamu dan tumpuk dengan rapi di lemari untuk menghemat ruangan. Menggantung-gantung pakaian memang lebih mudah, tapi kalau gantungan pakaian kamu terlalu penuh yang ada malah bikin kamar kamu terlihat berantakan dan bisa buat jadi sarang nyamuk. Akan lebih baik kalau kamu melipat pakaian kamu dan menaruhnya di lemari pakaian.

13. Gantung foto kamu pada dinding kos menggunakan solatip yang unik. Daripada membeli pigura foto yang sedikit mahal bagi seorang mahasiswa, kamu bisa gunakan selotip yang unik buat gantung foto di dinding kamar.

14. Gunakan kartu visa gift untuk mendapatkan trial online gratis.

15. Ketika udara di luar panas, gantung handuk di dekat jendela untuk mendinginkan kamar kos yang gerah. Handuk yang cenderung lembab kalau kamu gantung di jendela kamar kamu ternyata bisa membuat kamar kamu yang gerah karena cuaca di luar yang panas menjadi lebih segar.

16. Gunakan kertas kecil untuk membersihkan keyboard laptop kamu dari debu.

17. Untuk improvisasi pesta, letakkan hanphone  di dalam botol platik soda yang kosong.

18. Jika kamu tukang tidur atau susah bangun, letakan handphone kamu di dalam gelas untuk meningkatkan suara alarm handphone kamu buat bangunin kamu. Kebiasaan telat masuk kuliah karena gak denger suara alarm yang kamu pasang? Masukan handphone kamu kedalam gelas, hal ini bisa membantu membuat suara hanphone kamu menjadi lebih nyaring.

19. Hangatkan dua mangkok sekaligus dalam microwave dengan sebuah trik kecil.

20. Ubah tas laptop kamu yang biasanya berbentuk satu selempang menjadi tas gendong. Tas laptop kamu bentuknya selempang sehingga berat kalau buat bawa laptop? Buat tas selempang kamu itu menjadi tas punggung, dengan begini membawa laptop tidak akan berasa terlalu berat.

21. Bungkus botol minuman kamu yang panas menggunakan kertas yang basah dan dinginkan di kulkas selama 15 menit. Kertas basah tersebut mempercepat proses pendinginan.

22. Untuk menghindari kamar kos kamu berbau tidak enak, tempelkan kertas pengering di AC kamar kamu.

23. Ketika hendak presentasi aturlah agar teman kamu bertanya suatu pertanyaan yang kamu tahu jawabannya. Selesai kamu presentasi biasanya ada sesi tanya jawab. Khawatir dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan teman sekelas kamu? Sebelum presentasi kamu bisa janjian dengan beberapa teman kamu untuk menanyakan pertanyaan yang tentunya kamu tahu jawabannya.

24. Tulisan dasar putih dengan pinggiran hitam bisa terbaca pada warna dasar apapun, gunakan ini untuk membuat presentasi dengan warna dasar powerpoint yang beraneka macam. Background power point yang berwarna-warni membuat presentasi terlihat menarik dan tidak membosankan. Namun kadangkala background yang warna-warni membuat kita kesulitan menentuka warna huruf yang akan kita pakai karena kadang tidak terbaca dengan background yang warna-warni. Gunakanlah tulisan putih dengan pinggiran hitam.

25. Membuat makanan yang simpel dengan mesin pembuat kopi.

26. Dapatkan pasword wifi lebih kuat dengan melihat komen.

27. Minum dengan cara yang cerdas di depan publik.

28. Buka lipatan bagian bawah bungkus snack makanan kamu untuk membuatnya seperti mangkok agar kamu bisa memakan snack kamu dengan bungkus berdiri tegak. Belajar sambil makan snack sudah menjadi kebiasaan kamu? Akan lebih gaya kalau kamu makan snack dengan melipat bagian bawah bungkus sehingga snack tersebut bisa kamu berdirikan.

29. Panaskan pizza kamu di microwave dengan segelas air untuk membuatnya tidak kering namun tetap kenyal. Menaruh segelas air di dalam microwave bersamaan saat memanaskan pizza ternyata bisa menjaga pizza kamu tetap kenyal, kamu pastinya gak mau dong makan pizza yang berubah menjadi roti yang kering.

30. Gunakan kait untuk menempatkan tablet kamu di tempat manapun yang kamu inginkan. Gunakan kait buat tablet kamu agar tablet kamu bisa dipasang di dinding kamar.

31. Jika laptop kamu kepanasan gunakan buku atau sesuatu untuk mengganjal laptop kamu. Kalau kamu gak punya kipas laptop buat menjaga laptop kamu tetap dingin walau dipakai seharian, kamu bisa memakai buku kuliah kamu yang tebal sebagai dasar laptop.

32. Masak mie dengan variasi aneka tambahan untuk membuat mie kamu terasa tidak membosankan, tapi justru sebaliknya terasa istimewa. Makan mie instan merupakan suatu kebiasaan bagi mahasiswa. Untuk mengurangi kebosanan, gunakan menu tambahan mie instan yang berbeda-beda setiap harinya. Misal, hari ini pakai telor, kemudian kerupuk, abon, sosis dan sebagainya.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa: 32 Tips Penting yang Wajib Kamu Ketahui!
Mahasiswa: 32 Tips Penting yang Wajib Kamu Ketahui!
http://4.bp.blogspot.com/-WhwCKxTEhWU/VB-1R2mp7mI/AAAAAAAACS0/6_JhNrwPKq4/s1600/university-417847_640.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-WhwCKxTEhWU/VB-1R2mp7mI/AAAAAAAACS0/6_JhNrwPKq4/s72-c/university-417847_640.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/mahasiswa-32-tips-penting-yang-wajib.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/mahasiswa-32-tips-penting-yang-wajib.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy