Artikel Terbaru

Mahasiswa Kos: Barang Efektif dan Simpel yang Harus Kamu Miliki

Mahasiswa yang tinggal di asrama atau kos memang harus selalu berusaha mandiri. Termasuk dalam kepemilikan barang yang bisa menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Jadi, kamu tidak harus meminjam barang-barang ke tetangga kos, karena itu berisiko rusak atau hilang dan harus mengeluarkan uang untuk menggantinya.
Nah, kali ini berkuliah.com akan menampilkan artikel tentang barang apa saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang tinggal di tempat kos, asrama, atau kontrakan. Untuk selengkapnya, mari kita simak bersama di bawah ini:



Kasur lipat dan karpet

Ini penting banget buat kamu mahasiswa yang hobi tidur. Sebenarnya, yang nggak hobi tidurpun membutuhkan ini. Karena tidak mungkin kamu tidur hanya beralaskan tikar atau mungkin tanpa alas. Selain tidak nyaman, tentunya itu juga bisa merusak kesehatan. Kalau kasur besar terlalu memakan tempat, kamu bisa membeli kasur lipat, jadi ketika bangun tidur kamu bisa melipatnya dan diletakkan di sudut kamar. Jadi tetap rapi bukan?


Rak buku gantung

Intinya, kamu harus menggunakan ruanganmu seefektif mungkin. Mungkin jika kamarmu hanya memiliki luas 3X3 meter, dan jumlah buku kuliahmu begitu luar biasa, tentunya akan memakan banyak tempat. Maka, gunakanlah rak buku gantung, dengan begitu, luas dari lantaimu akan memiliki sedikit tempat luang untuk barang lain.


Lemari pakaian 3 in 1

Apakah itu lemari 3 in 1? Sebenarnya juga terdengar aneh, tapi ini penting loh! Lemari ini terdiri dari 3 bagian, pertama bentuknya hanya sebuah ruang yang los tanpa sekat. Fungsinya untuk menggantungkan pakaian panjang seperti celana panjang, mukena, baju daster, long dress, mantel, jaket, pokoknya pakaian yang panjang-panjang. Kemudian, bagian kedua adalah ruang bersekat, yang fungsinya untuk menaruh baju, celana, atau kaos lipat, dan tentunya baju-baju dalammu. Bagian ketiga dan terakhir adalah memiliki laci di bagian bawah yang cukup untuk menyimpan beberapa barang pribadi lainnya, atau mungkin juga untuk menyimpan sepatumu. Jika kamu masih perlu ruangan lainnya, kamu bisa juga gunakan bagian atas lemari untuk menyimpan barang-barang yang penggunaannya tidak terlalu sering.


Gantungan pakaian di belakang pintu

Ini memang sudah umum dipakai, namun tidak ada salahnya untuk ditulis. Untuk pakaian yang kiranya masih bisa dipakai lagi karena belum kotor, tentunya bisa kamu letakkan dan gantungkan di sana. Ini harus kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti menaruh pakaian secara sembarangan.


Tempat baju kotor

Ketika kamu malas untuk mencuci dan lebih memilih menumpuk pakaian kotormu, sebaiknya belilah tempat baju kotor, kemudian letakkan pakaian kotormu di sana. Jangan sembarangan di atas kasur, di rak buku, di atas lemari. Wah, ini bakalan jadi pemandangan yang nggak banget! Jadi, simpanlah  pakaian kotormu dalam sebuah tempat khusus agar tidak tercampur dengan yang masih wangi, ini tentunya satu langkah untuk menjaga kesehatan.


Alat-alat kebersihan

Kamu harus memiliki alat kebersihan secara lengkap, kemoceng, sapu, dan tempat sampah. Ini hal wajib yang harus dimiliki agar kamu mudah dalam membersihkan ruangan, dan kerajaanmu bisa selalu dalam keadaan bersih.


Kipas angin dinding

Suhu dan cuaca saat ini nggak bisa ditebak, dan ketika suhu atau cuaca berubah menjadi panas, ini akan membuat aktivitas dan tentunya tidurmu tidak nyenyak. Nah, kalau kamu membeli kipas angin lantai, itu pasti berguna tapi akan membuat kamar kamu berasa penuh. Nah, cara lain adalah belilah dan pasanglah kipas angin yang bisa ditempelkan di dinding. Efektif dan tidak memerlukan banyak tempat.


Rice Cooker dan Dispenser

Ketika uang bulanan telat atau uang saku menipis, barang ini bakalan berguna banget. Kamu bisa masak sendiri, usahakan rice cooker ini multi fungsi, jadi bisa buat masak nasi, nyayur, bikin mie. San kalau ada sih yang bisa buat menggoreng sekalian biar kamu nggak perlu beli kompor. Masalah dispenser penting banget, daripada kamu boros harus beli air mineral botolan, sekalian aja beli dispenser. Ketika kamu ingin air panas untuk minum kopi, susu, bikin mie gelas, ini bakalan fungsional banget, syaratnya harus dicolokin ke listrik dan ada galon serta airnya.


Alat makan dan minum

Barang ini penting banget buat kamu miliki. Nggak mungkin juga kan, kamu makan pakai tangan kosong, alasnya pakai kertas minyak, dan minumnya pakai botol terus-terusan? So, belilah beberapa peralatan makan dan minum, biar awet beli yang bahannya dari plastik, jadi nggak mudah pecah. Belilah satu atau dua saja, nggak perlu banyak, kayak mau bikin pesta, karena yang menggunakan hanya kamu seorang.


Oke sobat berkuliah.com! Itu tadi beberapa tips tentang barang yang harus dimiliki para mahasiswa di tempat kos. Selain agar kamu merasa nyaman, juga agar kamu tidak perlu kesana-kemari meminjam barang ke orang lain ketika kamu butuh. Kalau kamu ingin tips-tips menarik lainnya, pantau terus berkuliah.com, salam sukses dan sampai jumpa!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top