Mahasiswa Suskes: 8 Hal yang Harus Dilakukan Secara Konsisten

Sukses secara umum adalah kata yang selalu diinginkan oleh setiap orang, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Mahasiswa merupakan orang yang be...

Sukses secara umum adalah kata yang selalu diinginkan oleh setiap orang, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Mahasiswa merupakan orang yang belajar di perguruan tinggi, yang mempunyai orientasi agar dapat hidup dengan bahagia dan sejahtera, serta sukses di masa depan. Sebagai seorang yang terpelajar, tentunya mereka akan selalu berusaha untuk mendapatkan kesuksesan tersebut dengan berbagai strategi dan perencanaan yang matang.



Namun, kira-kira apakah langkah yang selalu dipilih oleh setiap mahasiswa sudah tepat? Apakah pilihan yang diambil tersebut sudah benar-benar membuat dirinya menjadi mahasiswa yang bagus, terutama dalam bidang akademik? Pertanyaan ini tentunya penting dan harus dijawab, terutama bagi kamu sebagai seorang mahasiswa, sehingga apa yang telah kamu rancang tidak hanya menjadi sesuatu yang tidak berguna bahkan sia-sia. 

Ada hal-hal tertentu yang dilakukan oleh "mahasiswa yang sukses", sementara yang lain tidak melakukannya. Ini bukan berarti bahwa jika kamu tidak melakukan hal ini, maka kamu tidak akan menjadi mahasiswa yang sukses. Hal ini bisa dikatakan hanya menjadi indikator bahwa seseorang tersebut dikategorikan sebagai mahasiswa yang sukses, yang dan peduli pada nilai-nilai mereka, dibandingkan dengan mereka yang tidak peduli sama sekali. 

Berikut ini merupakan ulasan tentang apa saja hal-hal yang dikategorikan sebagai bagian dari seorang ‘mahasiswa yang sukses’. Jika kamu sedang berjuang dalam menuntut ilmu, jagalah hal-hal berikut ini dalam pikiranmu dan cobalah untuk mempraktekkannya. Tentunya akan memberikan manfaat yang baik untukmu.  


1. Membaca bahan tugas sebagaimana yang ditugaskan

Tentunya sangat mudah untuk menunda mengerjakan suatu tugas dengan alasan malas, misalnya yang dikerjakan harus dengan cara membacanya. Pada akhirnya, jika tidak siap maka hasil tugas tidak dikerjakan secara baik dan sempurna dikerjakan. Jika kamu malas membaca ketika mengerjakan suatu tugas, apalagi bahan bacaan yang harus dibaca sangatlah banyak, maka bacalah apa yang menjadi point dan inti dari bacaan. Untuk menjadi seorang yang mengerti isi suatu bacaan, tidak selalu kamu harus membaca semua bahan bacannya. Bacalah sesuai apa yang diperlukan dan penting dalam tugas tersebut. 


2. Pergilah ke jam kerja kantor ketika kamu punya kekhawatiran 

Kadang-kadang kamu sebaiknya menerima kenyataan bahwa kamu melakukan hal buruk dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, kamu perlu berbicara dengan profesor kamu. Kebanyakan profesor akan dengan senang hati untuk membantu kamu jika kamu mendatangi mereka pada waktu jam-jam kantor mereka atau membuat janji untuk menemui mereka. 

Jangan mencoba untuk mendapatkan simpati atau kredit tambahan dari mereka, tapi coba carilah bantuan untuk memahami materi pada saat itu. Jika kamu beruntung, maka kamu akan mendapatkan beberapa poin tambahan yang tersedia tetapi kamu tidak boleh mengharapkan hal itu. 


3. Pergilah ke kelas 

Bahkan meskipun jika kamu tidak membutuhkan, yang berarti profesor kamu tidak hadir, akan tetapi kamu membayar untuk kursi yang ada di kelas, jadi kamu mengapa tidak menggunakannya? Pelajari semua hal yang kamu bisa saat kamu membayar uang untuk mendapatkannya. Pergi ke kelas adalah faktor pembeda besar antara mahasiswa yang baik dan mahasiswa yang tidak peduli. 


4. Libatkanlah dirimu dalam organisasi atau klub 

Ketika terlibat terlalu dalam kegiatan ekstrakulikuler, maka hal tersebut dapat berdampak buruk pada nilai kamu, akan tetapi terlibat untuk mendapatkan gelar dan menemukan hal yang tepat yang tepat adalah hal yang menguntungkan. Hanya pergi ke kelas dan pulang ke rumah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, belajar, dan bersama teman sekamar kamu akan membuat kamu stres dan mengebiri kamu di perguruan tinggi. Memiliki sesuatu untuk melarikan diri dalam rangka untuk mengalihkan pikiran kamu dari stres di kelas dapat membantu kamu dan bahkan penting pada waktu tertentu. 


5. Buatlah catatan di kelas 

Apakah kamu ingin mengakuinya atau tidak, sebenarnya kamu tidak memiliki memori yang sempurna. Mencatat di kelas akan membantu kamu memperhatikan, tetap terjaga dan mengingat kuliah mingguan pada saat ujian. 

Jangan menulis setiap kata yang kamu dengar, tetapi tulislah materi yang cukup untuk menyentakkan memori kamu bila diperlukan. Bahkan jika profesor kamu menjelaskan materi dengan presentasi powerpoint, kamu mungkin masih perlu untuk menulis catatan untuk membantu dirimu tetap fokus. 
Di samping itu, membuat catatan akan membantu untuk menunjukkan kepada profesor bahwa kamu kamu adalah seorang mahasiswa yang peduli dan kamu tidak mengabaikan semua yang mereka katakan. 


6. Rekam perkuliahan sebagai tambahan untuk membuat catatan 

Kamu mungkin pernah menulis sesuatu yang salah atau kehilangan suatu bagian tertentu dari perkuliahan saat menulis atau ketika kamu melangkah keluar dari ruangan. Tarik keluar ponsel, tablet, laptop atau perangkat lain yang kamu miliki dan dengan diam-diam rekamlah suara profesor kamu. 

Hal yang sopan adalah dengan menanyakan kepada profesor kamu terlebih dahulu, akan tetapi dalam sebagian besar waktu, mereka tidak akan merasa keberatan. Hanya saja, janganlah jadikan hal itu sebagai gangguan atau mencoba untuk menjual rekaman itu. 


7. Tulis makalah di awal

Hampir setiap kelas membutuhkan kertas dalam jumlah yang besar terjadi karena akan memberitahu kamu diperkuliahan awal, biasanya dalam silabus secara tertulis. Itu berarti bahwa tidak ada alasan untuk menunda menulis sampai minggu sebelum itu (atau setelahnya). 

Kamu memang tidak harus menyelesaikannya segera, tapi dengan memulainya, kamu akan menghilangkan banyak stres yang akan muncul di kemudian hari ketika kamu mendapatkan lebih banyak tugas yang dibebankan padamu. Kamu mungkin tidak ingin atau bahkan malah perlu banyak materi-materi perkuliahan untuk beberapa makalah, kerjakanlah penelitian kamu sendiri. 


8. Ambil komando dalam tugas kelompok

Kamu mungkin tidak menyukai adanya tugas kelompok tersebut, tetapi tugas-tugas kelompok di perguruan tinggi adalah sesuatu yang tak bisa terelakkan. Buatlah sebagian besar dari mereka dengan meningkatkan kamu sebagai pemimpin dalam kelompokmu. 

Tampilkan bahwa kamu peduli tentang nilai kamu (hanya saja jangan terlalu mengganggu tentang hal itu), dan melewatinya sambil mengawasi semua orang pada tugas yang telah dibebankan dan menyelesaikan setiap peran mereka. 


Pikirkan tentang 8 hal ini dan juga gambar seseorang yang muncul di salah satu kelas kamu yang sesuai model ini dari siswa yang bagus. Hal ini supaya kamu dapat termotivasi menjadi lebih bagus lagi. Orang yang sesuai dengan beberapa model ini dapat menjadi inspirasi kamu dalam mengarungi kehidupan sebagai seorang mahasiswa.

Semoga apa yang ditulis dalam artikel sederhana ini dapat membantu bagi kamu yang ingin mendapatkan predikat sebagai mahasiswa yang sukses. Adalah kebanggan ketika kamu bisa menjalani tugas kamu sebagai mahasiswa dengan sukses. Apabila kesuksesan sudah mendatangi kamu ketika masih melakukan studi, maka pasti ketika kamu sudah keluar dari perguruan tinggi, maka kesuksesan tersebut juga akan mengikuti setiap langkah kakimu berjalan. 


Sumber dari : 8 Things Successful Students Consistently Do. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa Suskes: 8 Hal yang Harus Dilakukan Secara Konsisten
Mahasiswa Suskes: 8 Hal yang Harus Dilakukan Secara Konsisten
http://1.bp.blogspot.com/-hKafy9ITgac/VB6CxXB49SI/AAAAAAAACM0/x2hhY7OZdGY/s1600/career-215528_1280.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-hKafy9ITgac/VB6CxXB49SI/AAAAAAAACM0/x2hhY7OZdGY/s72-c/career-215528_1280.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/mahasiswa-suskes-8-hal-yang-harus.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/mahasiswa-suskes-8-hal-yang-harus.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy