Artikel Terbaru

Mahasiswa: Tips Menghemat Uang

Bagi kebanyakan mahasiswa, ketika memulai masa belajar di perguruan tinggi berarti mereka juga baru memulai untuk belajar hidup sendiri, jauh dari orang tua. Biasanya merekapun harus membiasakan diri untuk hidup dengan hanya memiliki sedikit uang.

Kebutuhan merupakan sesuatu yang nyata yang harus dipenuhi oleh siapapun, termasuk mahasiswa. Untuk itu, mereka harus menemukan dan mengembangkan hack yang dapat digunakan untuk menghemat uang. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan cara memilih makanan yang hemat dan murah, tapi juga berkaitan dengan bagaimana mereka dapat menguasai cara mereduce, menggunakan kembali barang lama, dan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Berikut ini adalah 15 tips yang berguna bagi mahasiswa untuk dapat menghemat uang dan mencukupi kebutuhan hidupnya, antara lain:



Buatlah tempat penyimpanan cadangan

Untuk menghemat uang agar kamu tidak perlu membeli lemari tambahan, kamu dapat memanfaatkan kardus yang tidak terpakai untuk membuat tempat untuk gantungan baju yang telah kamu setrika. Kamu juga bisa memanfaatkan kardus bekas untuk menyimpan sepatu kamu. Dengan demikian kamar kamu akan terlihat rapi dan sepatu kamu terhindar dari debu.


Hindari pemakaian AC atau kipas angin

Pemakaian AC atau kipas angin akan menambah beban listrik yang akan mengakibatkan bertambahnya biaya listrik kamu. Maka hindarilah pemakaian listrik dan kipas angin. Kamu sebaiknya memanfaatkan jendela kamarmu untuk mendapatkan udara segar. Kamu dapat membuka jendela saat di dalam kamar, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar dan tidak pengap.


Jagalah kebersihan

Untuk menghemat uang, biasanya mahasiswa memutuskan untuk berbagi kamar dengan teman sehingga biaya sewa kamar akan lebih ringan. Selain itu, mereka juga memilih tempat kos dengan kamar mandi umum, sehingga dengan banyaknya pemakai kamar mandi yang mungkin ada di antara mereka yang tidak menjaga kebersihan sehingga akan menghambat saluran air.
Baking soda, air cuka dan air panas dapat membantu kamu untuk membersihkan pipa. Bahan-bahan ini memiliki manfaat yang sangat baik, sama halnya dengan zat kimia yang harganya mahal. Dan pastinya bahan-bahan tersebut lebih ramah lingkungan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuangkan air panas ke pipa saluran pembuangan kamar mandi kamu. Kemudian, tuangkan setengah cangkir baking soda dan tunggu sekitar 5 menit. Tambahkan campuran 1 cangkir cuka dan 1 cangkir air panas. Tunggu 10 menit dan kemudian campurkan campuran yang telah kamu buat dengan air panas dan kemudian buka tutup pipa.


Bersihkan alat-alat masak yang berbahan besi atau alamunium secepatnya

Alat masak yang berbahan besi atau alumunium, seperti wajan dapat memudahkan kamu dalam memasak makanan yang sangat lezat sebagai makan siang, makan malam, atau sarapan kamu. Namun, kamu harus segera membersihkan peralatan masak tersebut dengan segera. Jangan menundanya. Karena jika kamu menundanya, noda minyak dan bumbu yang menempel pada alat masak akan susah dibersihkan. Banyak orang yang membuang peralatan masak mereka yang dibeli dengan harga yang relatif mahal karena mereka tidak menjaga kebersihan. Untuk itu sebaiknya kamu menjaganya sehingga kamu tidak perlu membeli yang baru lagi.


Gunakan hoodie serbaguna

Barang yang biasanya dibawa oleh mahasiswa adalah hoodie. Hoodie dapat melindungi mahasiswa dari udara pagi yang dingin atau udara yang panas. Pilihlah hoodie yang serbaguna, yang dapat kamu manfaatkan sebagai tas laptop, bantal, tas, ransel, atau baby carrier. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran kamu.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top