Melihat Dunia Perkuliahan di Portugal, Bersama Martha Sisianty

Ketika membicarakan Portugal, pastilah sebagain besar orang akan memusatkan pikirannya kepada bintang sepak bola termahal dunia Christiano ...

Ketika membicarakan Portugal, pastilah sebagain besar orang akan memusatkan pikirannya kepada bintang sepak bola termahal dunia Christiano Ronaldo. Banyak yang mengatakan bahwa Portugal adalah CR7 (Sebutan Ronaldo). Bukan hanya itu saja, tentunya Portugal memiliki banyak sekali hal yang bisa kita ulik dan kupas, salah satunya dunia perkuliahannya. Menakjubkan, bukan? Jika kamu ingin lebih mengenal dan mengeksplorasi negara ini, salah satu caranya adalah dengan berkuliah di universitas yang berada di Portugal.



Portugal memiliki banyak kampus yang bagus dan tentunya juga diperhitungkan di kawasan Eropa, bahkan mungkin dunia. Nah, kali ini kita sudah terhubung dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Portugal. Siapakah dia? Penasaran? Mari kita simak bersama hasil interview berikut ini.


Bisa diceritakan tentang profil diri kamu? Apa yang membuatmu memilih Portugas sebagai tujuan studi?

Saya Martha Octavia Dwi Sisianty, dan berasal dari Jakarta. Sebelumnya saya pernah menjalani pendidikan S2 di MM UGM Jakarta, dan saat ini sedang menempuh S2 di Porto Business School, University of Porto Portugal, jurusan Master of Business Administration (MBA).

Dan alasan saya memilih negara Portugal, karena bagi saya negara ini menarik dari segi budaya, lokasi dan orangnya. saya lebih mencari eksplorasi pengalaman baru, dan menurut saya Portugal terlalu di "underrated" oleh orang - orang, makanya saya rasa pasti ada hal yang menarik dari negara tersebut. 


Bisakah Martha ceritakan sedikit mengenai kampus tempat kamu studi sekarang? Mulai dari alamatnya, fasilitasnya, dan kelebihannya?

Saya berkuliah di universitas Porto Business School, yang berada di kota Porto. Alamatnya : 
Porto Business School
Avenida Fabril do Norte, 425
4460-312 Matosinhos
Portugal
GPS Coordinates : 41.1831382, -8.6535313

untuk link websitenya : https://www.pbs.up.pt/

Kelebihan kampus saya ada banyak, di antaranyaL merupakan salah satu Business School terbaik di Eropa, memiliki fasilitas yang bagus dan lengkap, memiliki pengajar yang handal dan berpengalaman, service yang excellent, dan merupakan sekolah yang bertaraf international. 


Bisakan bercerita mengenai jurusan yang Martha ambil? 

Sebenarnya saya kuliah di Porto Business School merupakan program pertukaran pelajar dari kampus MM UGM. Saya melanjutkan study Master of Business Administration (MBA) di MM UGM dan terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajarnya dengan beberapa universitas rekanan MM UGM, salah satunya adalah Porto Business School. Jurusan yang saya ambil adalah MBA dengan konsentrasi Stratejik Manajemen. Selama di Porto Business School saya mengambil 5 mata kuliah: Mergers & Corporate Restructuring, Project Management, Global Supply Chain Management, Digital Marketing dan Entrepreneurship. Kebetulan kelima mata kuliah ini adalah favorite saya karena mata kuliah tersebut sangat menarik dan bermanfaat.
  

Saat menjalani kuliah, kendala apa yang ditemui pada jurusan, lalu bagaimana cara kamu  mengatasinya?

Saat menjalani kuliah di Porto, kendala yang saya temui adalah untuk mencari contoh-contoh kasus yang terjadi di Eropa / Portugal. Karena kita adalah orang baru di Portugal, jadi harus banyak membaca dan bertanya. Namun, karena teman-teman kelas sangat baik sehingga memudahkan untuk mengerjakan tugas, bahasa yang digunakan dalam sekolah juga bahasa Inggris sehingga memudahkan pembelajaran, malahan kita menjadi semangat untuk mempelajari bahasa Portugis.



Bagaimana karakter dosen dan teman-teman asli Portugal, baik di dalam dan di luar kelas?

Dosen yang mengajar saya kebanyakan merupakan dosen terbang dari Universitas luar negeri seperti Amerika, Brazil, dan lainnya. Dosen lokal tetap ada, dan semua dosen (lokal/internasional) merupakan Professor, sehingga telah memiliki pengalaman yang sangat baik di bidangnya. Para dosen sangat baik, dapat membawa suasana belajar yang kondusif dan open untuk discussion. Selain itu teman-teman kelas sangat baik dan kompetitif, mereka sangat antusias dalam belajar dan menuntut ilmu. Rasa keingintahuan mereka sangat besar dan mereka selalu mengerjakan tugas dengan excellent. Di luar kelas mereka sangat baik dan sosial, karena negara Portugal memiliki budaya sosial yang tinggi, kita sering bertemu dan bersosialisasi di luar kelas seperti di cafe atau bar atau restaurant.


Apakah kamu kuliah melalui beasiswa? 

Karena ini hanya program pertukaran pelajar, maka saya menggunakan biaya sendiri. Saya membayar biaya kuliah satu semester ke MM UGM seperti biasa, namun dengan tambahan biaya sendiri yaitu: visa, asuransi, tiket pesawat, akomodasi, transportasi dan makan.


Bagaimana dengan biaya hidup di sana? Mulai dari konsumsi, tempat tinggal, dan transportasi?

Negara Portugal merupakan salah satu negara di Eropa yang biaya hidupnya termasuk murah dibandingkan negara-negara Eropa lain, seperti Belanda, Paris, Jerman, dan lainnya. Jadi, untuk biaya hidup masih terjangkau, seperti akomodasi, sekitar 180 - 250 Euro, transportasi sekitar 20 - 30 Euro, dan untuk hal makan dapat membeli bahan makanan dan masak sendiri untuk lebih berhemat.


Kira-kira, adakah referensi di mana kita bisa tinggal dengan biaya cukup ringan dan tempat-tempat belanja yang sesuai dengan kantong mahasiswa Indonesia?

Kalau untuk Kota Porto dapat menyewa rumah-rumah flat (dapat mencari di internet atau melalui teman). Untuk pelajar dari University of Porto dapat menyewa Residence Room dari kampus dengan biaya yang terjangkau. Tempat belanja sangat banyak di pusat kota jadi mudah untuk ditemukan.


Apakah Martha pernah mengalami culture shock? Jika iya, apakah itu dan bagaimana cara mengatasinya?

Culture shock mungkin didapat dari reaksi orang-orang melihat saya yang menggunakan hijab karena tergolong masih jarang di Portugal dibandingkan negara-negara Eropa lain, namun tidak ada masalah yang signifikan. Culture shock lainnya adalah kebiasaan orang-orang sana untuk memakan makanan non-halal seperti daging babi dan alkohol, jadi sebagai seorang muslim saya harus bisa menjelaskan kepada orang-orang lokal. Namun, dengan pendekatan dan penjelasan yang baik mereka dapat memahaminya.


Apakah  Martha aktif di PPI? Jika iya, adakah manfaat yang paling terlihat bagi kehidupan  Martha selama di Portugal?

Sejauh ini saya aktif sebagai anggota di mana aktivitas yang dilakukan adalah kumpul bersama setiap kurang lebih sebulan sekali. sebelum ini, saya kuliah S1 di Malaysia, dan di sana juga lebih aktif (menjadi wakil ketua PPI UiTM). Kalau di Portugal kegiatan PPI hanya lebih untuk bertemu, makan masakan Indonesia dan betukar cerita, jadi ini sangat membantu untuk menghilangkan kangen ke Indonesia. 


Terakhir nih, adakah tips spesial dari  Martha buat teman-teman yang mau kuliah di Portugal, apa saja yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari?

Jelas yang harus dipersiapkan adalah universitas dan jurusan yang diinginkan. Untuk dilihat juga persyaratan bahasa yang digunakan apakah bisa English, atau harus menggunakan bahasa Portugis. persiapkan Visa dengan baik ke kedutaan Portugal di Jakarta dengan jangka waktu yang sesuai dan banyak berkomunikasi dengan teman-teman PPI Portugal. Semoga sukses dan semakin banyak yang berminat untuk kuliah di Portugal! Muito obrigada, beijinhos! :) 



Nah, itu tadi sobat semuanya sebuah cerita yang menarik dari sahabat kita Martha. Bagaimana? Apakah kamu terinspirasi? Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, jika kamu memiliki impian untuk kuliah di negara Potugal, bergegaslah, dan selalu semangat! Jika kamu ingin mencari informasi yang lebih banyak mengenai dunia perkuliahan di luar negeri, baik itu Portugal atau negara lain, kamu bisa pantau terus berkuliah.com. Salam sukses!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Melihat Dunia Perkuliahan di Portugal, Bersama Martha Sisianty
Melihat Dunia Perkuliahan di Portugal, Bersama Martha Sisianty
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh492AQ9wTcLCLVwDgMGIjpy9Lg6qG1rpM7GT1tIUVA6TK_AAHLtDXlSGGtwC6qlUqUkl2AAqJ1x6ynduTXXSMaQjqZ_MPMAUmcLhjrEbq0ki1OrsqfzBl2p65s2ChWfGAttLD0Y7NRX0s/s1600/xxx.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh492AQ9wTcLCLVwDgMGIjpy9Lg6qG1rpM7GT1tIUVA6TK_AAHLtDXlSGGtwC6qlUqUkl2AAqJ1x6ynduTXXSMaQjqZ_MPMAUmcLhjrEbq0ki1OrsqfzBl2p65s2ChWfGAttLD0Y7NRX0s/s72-c/xxx.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/melihat-dunia-perkuliahan-di-portugal.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/melihat-dunia-perkuliahan-di-portugal.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy