Pencari Kerja: Arahan, Referensi, dan Surat Rekomendasi

Sepertinya proses pencarian kerja tidak pernah berakhir. Setelah kamu mempersiapkan CV dan surat lamaran, dan mungkin mengisi aplikasi peker...

Sepertinya proses pencarian kerja tidak pernah berakhir. Setelah kamu mempersiapkan CV dan surat lamaran, dan mungkin mengisi aplikasi pekerjaan, masih ada lagi yang harus kamu lakukan. Arahan, referensi, dan surat rekomendasi merupakan bagian penting saat mencari pekerjaan, dan hal tersebut mengharuskan kamu untuk meminta bantuan orang lain.



Siswa dan pencari kerja, terutama mereka yang mungkin introvert, sering ragu-ragu untuk meminta bantuan mengenai hal-hal seperti ini, tetapi mereka dapat membuat perbedaan besar dalam hal hasil kerja.

Sepertinya kamu mungkin sangat sadar, mencari pekerjaan bukanlah ‘proyek solo’. Siapa yang bisa kamu mintai bantuan dan apa sebenarnya yang kamu butuhkan dari mereka? Apa yang pemberi kerja cari ketika mereka meminta referensi?


Arahan 

Biasanya pemberi kerja menerima pelamar yang telah diarahkan oleh karyawan dalam perusahaan. Bayangkan kamu berada di posisi seorang pemberi kerja di sini, kamu dihadapkan dengan skrining tumpukan aplikasi yang diajukan oleh orang-orang yang tidak kamu kenal, kamu mungkin akan lebih memilih untuk menghubungi seseorang yang sudah memiliki koneksi dengan perusahaan.

Tapi, bagaimana kamu mendapatkan suatu arahan yang dimaksud? Meminta arahan adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan sangat serius. Lihatlah jaringan yang ada untuk mencari peluang berhubungan dengan orang yang sudah bekerja di perusahaan yang menarik. Dan sertakan hal-hal berikut dalam penelitian kamu:


- Asosiasi profesional dan konferensi

Keanggotaan dapat memiliki hak-hak istimewanya, seperti akses ke direktori, dan hal-hal mengenai pencarian pekerjaan dan tujuan karir kamu. Organisasi-organisasi seperti ini juga sering menyoroti perusahaan-perusahaan memberikan kerja.


- LinkedIn

Kamu mungkin tidak tahu bahwa kamu memiliki kesempatan yang cukup baik untuk mendekati mereka untuk mendapatkan rujukan. Platform ini memudahkan untuk melihat bagaimana kamu berinteraksi satu sama lain dengan profesional dan dengan perusahaan, sehingga kamu dapat memperluas jaringan.


- Alumni

Perguruan tinggi, bahkan peruguruan tinggi yang dilakukan secara online memiliki organisasi alumni yang aktif. Kamu bisa mengidentifikasi lulusan sebelumnya dalam bidang kamu yang bekerja di perusahaan yang kamu sukai, kemudian mencoba menghubungi mereka untuk melihat apakah mereka terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai pekerjaan dan karir. Kamu tidak pernah tahu mungkin obrolan kamu dapat menghasilkan sebuah rujukan.


Referensi 

Istilah referensi dan rekomendasi sering digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang dapat menjawab pertanyaan tentang pengetahuan, keterampilan, dan kualifikasi pelamar. Ada saatnya ketika hal itu wajib untuk ditambahkan di akhir resume kamu.

Bagaimana referensi membantu pemberi kerja? Pemberi kerja biasanya mencari validasi dari informasi yang kamu berikan, atau informasi yang mungkin tidak kamu berikan kepada mereka. Biasanya referensi diminta setelah pemberi kerja berniat untuk mempekerjakan kamu. Meskipun kamu tidak perlu memberikan referensi sampai mereka minta, itu merupakan ide yang baik untuk memiliki referensi sehingga kamu tidak terlambat saat pemberi kerja memintanya. Berikut adalah beberapa langkah untuk mendapatkan:


- Mengidentifikasi referensi potensial

Referensi profesional dapat berupa seorang pengawas sebelumnya, rekan kerja, dan instruktur. Sedangkan referensi pribadi bisa tetangga, sambungan layanan masyarakat, atau asosiasi lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan atau sekolah. Sadarilah bahwa referensi profesional lebih disukai, kecuali kamu secara khusus diminta untuk memberikan referensi pribadi atau karakter.


- Mintalah referensi kamu untuk melayani dalam kapasitas ini

Biarkan mereka tahu sebelum kamu memberikan nama mereka kepada pemberi kerja. Jika mereka bersedia untuk membantu, kirimkan salinan resume kamu saat ini dan informasi mengenai jenis pekerjaan yang kamu cari, hal ini berguna untuk mempersiapkan mereka untuk dihubungi oleh pengusaha nantinya.


- Menyediakan informasi kontak

Email dan telepon mungkin adalah metode yang paling umum dari komunikasi, tapi biarkan referensi kamu memutuskan bagaimana mereka ingin dihubungi. Ini juga berguna bagi pemberi kerja mengenai bagaimana referensi mengenal kamu (misalnya, mantan pengawas, pemimpin tim, rekan kerja, klien).


- Buat dokumen-dokumen kamu terpusat

Jadikan ini serupa dalam format resume kamu (misalnya, termasuk judul), dan letakan file ini di mana kamu dapat mengaksesnya dengan cepat ketika ingin mencetak, melampirkan ke sebuah pesan email, atau untuk copy dan paste informasi ke dalam formulir online.

Pemberi kerja yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula untuk referensi dan rekomendasi, dan bagaimana untuk menyerahkan referensi dan rekomendasi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dan menanyakannya  jika kamu tidak yakin dengan apa yang diharapkan.



Surat Rekomendasi 

Dalam beberapa situasi seperti melamar kerja dan mendaftar sekolah pascasarjana, surat-surat resmi dapat diminta di awal proses. Idealnya, surat yang ditujukan dan disesuaikan untuk setiap posisi yang kamu lamar, tetapi surat-surat yang lebih umum yang dapat dikirim ke beberapa pemberi kerja juga dapat diterima. Hal-hal yang perlu kamu ingat ketika kamu meminta seseorang untuk memberikan surat rekomendasi:


- Jadilah profesional

Meskipun kamu telah terbiasa berinteraksi dengan calon pemberi rekomendasi atau tidak, usahakan untuk bersikap profesional.


- Biarkan mereka tahu apa yang kamu butuhkan

Mirip dengan saat kamu meminta referensi, saat meminta surat rekomendasi kamu juga seharusnya memberikan salinan resume kamu saat ini dan link ke posting pekerjaan. Kamu meminta surat rekomendasi dengan jelas, termasuk tenggat waktu dan dimana mengirim surat rekomendasi tersebut apakah kepada kamu atau langsung ke perusahaan. Berikan mereka informasi yang tepat. Katakan kepada mereka apa jenis pekerjaan yang kamu cari, keterampilan apa yang menurut kamu harus perlu disorot, dan mengapa kamu meminta mereka secara khusus.


- Bersiaplah untuk menyusun surat rekomendasi sendiri

Sebuah kenyataan pahit mungkin, tetapi beberapa orang akan meminta kamu untuk melakukan hal ini. Menawarkan untuk memberikan semacam konsep surat dapat membantu mereka untuk memulai membuat surat rekomendasi jika kamu membutuhkan respon yang cepat.


- Media Sosial Pilihan

Ini merupakan cara yang lebih mudah dari sebelumnya bagi seseorang untuk memberikan referensi atau rekomendasi, melalui sistem jaringan online seperti LinkedIn. Platform ini mencakup beberapa fitur, termasuk Rekomendasi dan Pengesahan, yang memungkinkan publik mengenali kamu di halaman profil kamu. Tidak semua pemberi kerja dan perekrut menemukan jenis-jenis testimonial bermanfaat, tetapi hal ini dapat menjadi sebuah permulaan.

Rekomendasi menyediakan ruang untuk menulis sebuah narasi singkat, rekomendasi merupakan sumber informasi yang jauh lebih kuat. Jika mereka tidak ingin dan tidak percaya pada kemampuan kamu, mereka tidak mungkin mau meluangkan waktu untuk menulis surat rekomendasi. Ini lebih dari sebuah investasi.

Perlu diingat bahwa kamu memiliki kontrol atas dukungan dan rekomendasi yang muncul di profil kamu. Pemberi kerja tanpa diragukan lagi akan memeriksa profil sosial kamu, terutama LinkedIn. Jika semuanya sama, pemberi kerja dapat terpengaruh oleh konfirmasi publik mengenai keterampilan kamu melalui rekomendasi yang ada. Mintalah orang yang kamu kenal baik secara profesional untuk membantu profil online kamu. Ketahuilah bahwa opsi baru juga muncul sebagai pemberi kerja dan perekrut dengan mencari cara yang lebih efektif untuk menyaring pelamar sebelum tawaran pekerjaan diperluas.

Dibutuhkan waktu dan usaha untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan referensi, menulis surat rekomendasi, dan menawarkan rujukan, namun manfaatnya akan segera dirasakan ketika kamu memulai pencarian kerja berikutnya. Persiapan yang perlu dilakukan saat kamu menghubungi seseorang untuk meminta bantuan :

1. Koneksi dengan mereka yang bisa membuktikan kualifikasi kamu dan mewakili berbagai perspektif yang relevan dengan pengalaman kamu.

2. Biarkan mereka tahu segera setelah kamu memutuskan untuk masuk dalam suatu bidang. Kontak awal ini bahkan dapat memicu dua percakapan atau yang akhirnya menjadi rujukan.

3. Yakinlah bahwa orang-orang tersebut pernah berada di posisi kamu sebagai pencari kerja. Mereka harus meminta referensi dan surat juga, sehingga mereka memahami prosesnya

4. Terima mereka yang setuju untuk membantu kamu mencari dan jaga kontak dengan mereka. Bahkan setelah kamu mendapatkan pekerjan.

Satu peringatan khusus ketika menghubungi orang lain untuk membantu kamu mencari kerja. Satu-satunya orang yang dianggap akan memeriksa referensi kamu adalah pemberi kerja. Namun, kamu harus menyadari bahwa pemberi kerja tidak selalu memasukan referensi dalam daftar yang harus kamu berikan kepada mereka. Jika kamu sedang mencari pekerjaan baru sambil bekerja di posisi lain, berlatih cara etis untuk mencari pekerjaan saat bekerja.


Apakah kamu sudah keluar dari tempat kerja untuk sementara waktu, atau berencana untuk mengubah masa depan, persiapan dapat mengurangi beberapa kecemasan yang sering dialami oleh para pencari kerja. Jauhkan arahan, referensi, dan rekomendasi dalam pikiran saat samu bergerak maju dalam karir kamu, dan tetap menjaga hubungan profesional positif dengan siapapun. Nantinya, kamu bahkan mungkin berada di posisi di mana kamu menyediakan referensi bagi orang lain. Semoga sukses!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,288,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Pencari Kerja: Arahan, Referensi, dan Surat Rekomendasi
Pencari Kerja: Arahan, Referensi, dan Surat Rekomendasi
http://2.bp.blogspot.com/-GihVpn0ga9o/VCZoZdXVPeI/AAAAAAAACxQ/ODgC6ElgeI8/s1600/job-interview-413099_1280.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-GihVpn0ga9o/VCZoZdXVPeI/AAAAAAAACxQ/ODgC6ElgeI8/s72-c/job-interview-413099_1280.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/pencari-kerja-arahan-referensi-dan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/pencari-kerja-arahan-referensi-dan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy