Artikel Terbaru

Pentingnya Pencatatan untuk Pencari Kerja

Ide untuk mencatat pencarian kerja mungkin terdengar tidak perlu, biasa, atau bahkan membosankan, tetapi itu adalah bagian yang membantu proses pencarian kerja. Bukan rahasia bahwa keadaan ekonomi saat ini sangat sulit, dan beberapa pencari kerja harus mengirimkan sejumlah besar resume sebelum diundang untuk wawancara. Bagaimana kamu mendokumentasikan usaha yang telah kamu lakukan?



Angka-angka yang digunakan dalam pencatatan bervariasi tergantung pada industri dan lokasi, yang penting dapat digunakan untuk melacak aplikasi yang kamu kirimkan. Menyiapkan sistem yang kamu sesuaikan dapat membantu, dan ada banyak format yang bisa dipilih mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, atau menaruhnya di web.


Pilih Format 

Buat sistem yang masuk akal bagi kamu, mudah untuk diakses dan diperbarui, sehingga kamu dapat terus melamar pekerjaan dan memperluas jaringan profesional kamu. Berikut adalah beberapa pilihan:

Menggunakan dokumen sederhana dan menawarkan sampel untuk menangkap informasi untuk setiap aplikasi atau kontak.

Microsoft Office memberikan job search templates termasuk pilihan untuk job search log in Excel and job application tracker for OneNote.

Job Search Tracker Template BrandKit: ini dirancang untuk digunakan dalam Google Drive. Saat login ke akun Google kamu untuk membuat salinan baru untuk kamu gunakan.

JibberJobber adalah sistem online yang memungkinkan kamu untuk mencari lowongan pekerjaan dan mengecek lamaran yang telah kamu kirimkan.

Memilih lokasi sentral yang terbaik, apakah itu notebook atau file komputer. Gunakan salah satu dari format ini sebagai titik awal untuk mengenal teknologi yang berguna bagimu.


Apa yang kamu butuhkan untuk melacak?

Tidak peduli format yang kamu pilih, rincian pencatatanmu harus mencakup sebagai berikut:

Jabatan dan perusahaan

Buatlah beberapa catatan tentang perusahaan tertentu atau kantor, dan jenis pekerjaan atau industri, terutama jika kamu mencari pekerjaan dalam bidang yang luas atau termasuk beberapa bidang.


Salinan iklan atau job description

Pertimbangkan untuk mencetak (atau copy / paste) setiap pengumuman online ke sistem pengarsipan kamu. Links mungkin hilang setelah tanggal untuk aplikasi berlalu, dan informasi ini akan menjadi titik awal untu membantu kamu jika dipanggil untuk wawancara.


Tanggal dan jenis pengiriman

Kapan dan kemana kamu mengirimkan lamaran atau dokumen, apakah melalui formulir online, email dengan lampiran, atau dikirim melalui pos.


Bahan terkirim

Mudah-mudahan kamu membuat resume yang berbeda-beda untuk setiap pekerjaan yang kamu lamar. Melacak versi yang kamu kirim ke masing-masing, serta surat lamaran kamu dan setiap item yang diminta lainnya seperti transkrip, surat rekomendasi, daftar referensi, dan contoh kerja.


Sumber

Bagaimana kamu mengetahui tentang posisi yang lowong? Tambahkan rincian yang terkait dengan arahan, papan pekerjaan online, website perusahaan, perekrut, dan jenis lain dari iklan.


Informasi kontak

Mencatat alamat, email, dan nomor telepon siapapun yang berhubungan dengan seluruh proses aplikasi, dari pengajuan awal, panggilan dan tindak lanjut.


Kemajuan

Lacak informasi dan hasil masing-masing lowongan yang kamu kirim. Apakah kamu menerima email konfirmasi, meminta informasi lebih lanjut, atau undangan untuk wawancara? Apakah kamu diterima? Dan mengirim catatan terima kasih setelah wawancara kamu?

Kumpulkan informasi yang membantu kamu dalam pencarian kerja. Apa rincian tambahan yang akan kamu tambahkan ke dalam daftar ini?


Potensi Manfaat 

Bagi mereka yang menerima tunjangan pengangguran, melacak lamaran pekerjaan sering menjadi keharusan. Proses ini juga dapat bermanfaat untuk orang yang mencari kesempatan karir berikutnya. Membuat kebiasaan pencatatan untuk:

Disajikan sebagai referensi cepat ketika kamu mendapatkan panggilan kembali. 

Waktu yang lama mungkin telah berlalu sejak kamu mengajukan aplikasi. Apakah kamu ingat posisi apa yang dilamar?


Menghindari duplikasi.

Mengirim beberapa aplikasi untuk satu posisi, atau melamar beberapa posisi dalam satu perusahaan, bisa memberikan sinyal bahwa kamu tidak terorganisir dan tidak fokus.


Dokumen inisiatif kamu.

Sistem pelacakan adalah bukti bahwa kamu sedang bergerak maju, dan dapat berfungsi sebagai sumber motivasi ketika sepertinya kamu tidak membuat suatu kemajuan apapun.


Mengidentifikasi tren dan pola.

Apakah kamu mendapatkan lebih banyak tanggapan dari lowongan pekerjaan yang diposting ke situs tertentu, atau dari versi tertentu dari resume kamu? Pelacakan upaya pencarian kerja kamu akan membantu memisahkan mana yang memberikan hasil mana dan mana yang tidak, sehingga kamu dapat meningkatkan keterampilan mencari kerja dan tempat kerja berikutnya.


Ingatlah untuk mengecek catatan kamu secara teratur, dan  memperbaruinya dengan informasi terbaru dan ulasan-ulasan baru. Upaya pencatatan kamu akan membantu menentukan langkah berikutnya untuk setiap aplikasi. Selamat mencoba!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top