Profil Universitas Syiah Kuala

Nangroe Aceh Darussalam, atau sering disingkat dengan istilah NAD ini merupakan daerah provinsi yang terletak paling barat dari wilayah Ind...

Nangroe Aceh Darussalam, atau sering disingkat dengan istilah NAD ini merupakan daerah provinsi yang terletak paling barat dari wilayah Indonesia. Banyak hal menarik yang bisa menjadi alasan untuk mengunjungi provinsi yang disebut sebagai ‘Serambi Mekkah’ ini, seperti wisata religi, wisata kuliner dan pantai- pantainya yang indah.



Seperti yang kita ketahui, provinsi Aceh merupakan provinsi yang memiliki mayoritas penduduk beragama islam dan juga terkenal akan nuansa islam yang sangat kental. Jika kamu pernah berkesempatan mengunjungi Aceh, dapat dilihat bagaimana besarnya pengaruh islam yang diterapkan dalam kehidupan sehari- hari maupun dalam kegiatan pemerintahannya. Disini, terdapat pula bebapa wisata religi yang menunjukan besarnya islam yang berkembang di Aceh.

Bagi kamu yang ingin mencari tempat kuliah di Aceh, salah satu universitas yang perlu dipertimbangkan yaitu Universitas Syiah Kuala. Sebelum mendaftar, tentunya kamu ingin tahu terlebih dahulu mengenai informasi seputar Universitas tertua di Aceh ini, bukan? Berikut profil singkat mengenai Universitas Syiah Kuala.


1. Sejarah beridirinya Universitas Syiah Kuala

Aceh telah dikenal sebagai pusat berkembangnya ilmu pengetahuan sejak masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Pembentukan universitas ini merupakan bentuk reaslisasi dari keinginan rakyat Aceh untuk membangkitkan kembali kejayaan pendidikan di Aceh setelah terjadi beberapa konflik.

Setelah melalui perjuangan yang panjang oleh para tokoh- tokoh pejuang pendiri universitas ini, akhirnya Universitas Syiah Kuala dinyatakan resmi menjadi sebuah universitas pada tanggal 21 Juni 1961.


2. Fakultas

Beberapa fakultas yang menjadi bagian dari Universitas Syiah Kuala yaitu:

a. Fakultas Ekonomi

Pada awalnya, sebelum Unsyiah berdiri, Fakultas Ekonomi merupakan bagian dari Unversitas Sumatera Utara yang berada di Medan. 

Di dalam Fakultas Ekonomi terdapat beberapa program pendidikan, prodi tersebut antara lain:
- D3 Akutansi
- D3 Perusahaan
- D3 Pemasaran
- D3 Sekretari
- D3 Perpajakan
- D3 Keuangan dan perbankan
- S1 Akutansi
- S1 Manajemen
- S1 Pembangunan

b. Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan merupakan fakultas tertua kedua di Universitas Syiah Kuala. Ketika Unsyiah belum berdiri, fakultas ini merupakan bagian dari Universitas Sumatera Utara. Sekarang, fakultas ini memiliki sebuah klinik yang disebut Rumah Sakit Hewan Veteriner. Pendirian Rumah Sakit Hewan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengubah akreditasi Fakultas Kedokteran Hewan yang sekarang masih B untuk bisa mendapat akreditasi A. 

Dengan adanya Rumah Sakit Hewan Veteriner, diharapkan dapat memudahkan dan membantu warga masyarakat sekitar ketika hewan peliharaan atau ternak mereka yang perlu untuk diperiksa. Rumah sakit ini terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat maupun instansi tertentu. Klinik hewan ini diharapkan bisa membantu warga karena biaya yang murah. Jika vaksin atau stok obat yang diperlukan untuk mengobati hewan tersedia, maka warga tidak perlu membayar biaya obat. 

c. Fakultas Hukum

Awalnya, Fakultas Hukum Unsyiah merupakan bagian dari Perguruan Tinggi Rakyat Ilmu Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Sebelum akhirnya berubah menjadi Fakultas Hukum dan bergabung menjadi bagian dari Universitas Syaih Kuala pada tanggal 2 September 1961. Pada periode tahun 2004 dan 2009, Fakultas Hukum mendapatkan akreditasi A secara berurutan.

d. Fakultas Teknik

Saat ini Fakultas Teknik Unsyiah memiliki 8 jurusan / program studi, antara lain:

- Jurusan Teknik Sipil
- Jurusan Teknik Mesin
- Jurusan Teknik Kimia
- Jurusan Arsitektur
- Jurusan Teknik Elektro
- Jurusan Teknik Industri
- Jurusan Teknik Geofisika
- Teknik Pertambangan
- Teknik Geologi

e. Fakultas Pertanian

Bebrapa jurusan yang terdapat di dalam Fakultas Pertanian yaitu:

- D3 Pertanian
- S1 Agribisnis
- S1 Peternakan
- S1 Teknologi Hasil Pertanian
- S1 Teknik Pertanian
- S1 Agroteknologi
- S1 Ilmu Tanah


f. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Ada 16 program pendidikan yang menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu:

- Pendidikan PKn
- Pendidikan Bahasa Inggris
- Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia
- Pendidikan Biologi
- Pendidikan Fisika
- Pendidikan Kimia
- Pendidikan Matematika
- Pendidikan Ekonomi
- Pendidikan Sejarah
- Pendidikan Geografi
- Pendidikan Sendratasi
- Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
- Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
- Pendidikan Guru SD
- Pendidikan Guru Anak Usia Dini
- Pendidikan Bimbingan Konseling

g. Fakultas Kedokteran

Terdapat 4 prodi di Fakultas Kedokteran di bawah FK Unsyiah, yaitu:

- Jurusan Kedokteran Umum
- Jurusan Keperawatan
- Jurusan Kedokteran Gigi
- Jurusan Psikologi
- Fakultas MIPA

Di Fakultas MIPA Unsyiah, beberapa prodi atau jurusan jenjang sarjana dan diploma yang termasuk didalamnya, diantaranya:

- D3 Manajemen Informatika
- D3 Teknik Elektronika
- S1 Matematika
- S1 Fisika 
- S1 Kimia 
- S1 Biologi 
- S1 Informatika 
- S1 Farmasi 
- S1 Statistika 

h. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL)

Jurusan atau prodi yang termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini antara lain:
- Ilmu Politik
- Sosiologi
- Ilmu Komunikasi

i. Fakultas Kedokteran Gigi Hewan

Fakultas Kedokteran Gigi Hewan memiliki satu program pendidikan yang mungkin jarang ditemui di universitas lain, yaitu Jurusan Ilmu Kesikatan.

j. Fakultas Kelautan dan Perikanan

3 jurusan/ prodi yang terdapat di dalam Fakultas Kelautan dan Perikanan adalah:

- Ilmu Kelautan
- Budidaya Perairan
- Pemanfaatan Sumber daya Perikanan


Selain program- program sarjana dan diploma diatas, universitas tertua di Aceh ini menyediakan program pasca sarjana doktoral dan magister. Berikut daftar prodinya:

1. Program Studi Doktor :

- Ilmu Ekonomi
- Doktor Ilmu Hukum
- Doktor Ilmu Manajemen
- Doktor Ilmu Pertanian
- Doktor Ilmu Teknik Kimia
- Doktor Ilmu Pendidikan IPS

2. Program Studi Magister :

- Magister Ilmu Ekonomi
- Magister Manajemen
- Magister Ilmu Keperawatan
- Magister KSDL
- Magister Ilmu Hukum
- Magister Akutansi
- Magister Pendidikan Bahasa Inggris
- Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia
- Magister Teknik Kimia
- Magister Teknik Sipil
- Magister Teknik Elektro
- Magister Teknik Mesin
- Magister Pendidikan Olahraga
- Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner
- Magister MPSPT
- Magister Kebencanaan
- Magister Pendidikan Biologi
- Magister MIPA Matematika
- Magister Pendidikan IPA
- Magister Pendidikan Matematika
- Magister Administrasi Pendidikan
- Magister Agroekoteknologi
- Magister Agribisnis
- Magister Kimia (MKIM)
- Magister Teknik Industri
- Magister Biologi
- Magister Fisika



Bagi para mahasiswa S2 atau para calon magister yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan, dapat mengikuti beasiswa di bawah ini :

1. Beasiswa PPA

PPA adalah singakatan dari Peningkatan Prestasi Akademik. Seperti beasiswa- beasiswa lainnya, untuk yang ingin mendaftar beasiswa, maka diperlukan beberapa dokumen sebagai syarat pendaftaran. Syarat- syarat tersebut adalah:

- KHS/Transkrip akademik terbaru
- Fotokopi KTM
- Pas foto warna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar
- Fotokopi bukti pembayaran SPP
- Surat Pernyataan
- Fotokopi kwitansi SPP semester berjalan/KRS
- Isian Biodata
- Foto kopi halaman depan buku tabungan atau Rekening koran KTM Bank BNI
- Kartu Keluarga
- Surat Permohonan


Selain itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi seputar Universitas ini, Kamu dapat membuka link: www.unsyiah.ac.id.


Bagaimana pendapatmu setelah mengetahui sedikit hal tentang Unsyiah? Banyak sekali fakultas yang tersedia, bukan? Tertarik untuk mendaftar? Silahkan buka informasi pendaftaran di alamat website di atas. Good Luck! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil Universitas Syiah Kuala
Profil Universitas Syiah Kuala
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhu5P5k2V6DLYLltjewyyeA9M1Mi4mmCnYl7dnV5RawKjiqI_kCidM09XLIWF8saSLofNbQVuvO2fTkl1uhHWSH4UP2WPiQ95ikoQ_Ax1ca7h-CetUgjdqeM0eNz7eqU31jx-GKJOfmlUc/s1600/Snap+2014-09-02+at+10.39.38.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhu5P5k2V6DLYLltjewyyeA9M1Mi4mmCnYl7dnV5RawKjiqI_kCidM09XLIWF8saSLofNbQVuvO2fTkl1uhHWSH4UP2WPiQ95ikoQ_Ax1ca7h-CetUgjdqeM0eNz7eqU31jx-GKJOfmlUc/s72-c/Snap+2014-09-02+at+10.39.38.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/profil-universitas-syiah-kuala.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/profil-universitas-syiah-kuala.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy