Sekolah Kejuruan: Mengapa Siswa Saat Ini Lebih Memilih Pelatihan Teknis?

‘Universitas, atau sekolah kejuruan?' Tampaknya menjadi pilihan di banyak siswa SMP, di mana tahun ketiga di SMP merupakan tahun terakhir sebelum siswa melanjutkan ke SMA, kemudian universitas selama empat tahun atau mengambil sekolah kejuruan. Ternyata, budaya universitas tidak untuk semua orang.



Di Swiss, siswa lebih banyak memilih sekolah kejuruan daripada sebuah universitas pendidikan gratis. Sekolah kejuruan di negara ini menciptakan jalur yang jelas untuk mendapatkan pekerjaan. Dari total populasi kaum muda Swiss, hanya terdapat kurang dari 3% pengangguran, dan gaji tahunan awal rata-rata lulusan SMK adalah sekitar 50 juta!

Kedengarannya seperti Swiss telah menciptakan sebuah sistem yang besar, bukan hanya bagi siswa tetapi untuk pemberi kerja yang akan mempekerjakan mereka. Mengapa Indonesia tidak bisa melakukan hal seperti itu? Yang benar adalah, kita sudah melakukannya. Tetapi sekolah kejuruan sering datang dengan pemikiran bahwa kelas ini menghambat siswa untuk mendapatkan ilmu atau sumber daya yang serius untuk masa depan yang cerah.


Merobohkan Pemikiran Negatif

Sekolah kejuruan seperti ekonomi rumah tangga, mengetik, dan penyusunan, menawarkan pengembangan keterampilan yang berguna untuk karir saat ini, dan dapat membuat jalur untuk pelatihan lebih lanjut dan lapangan kerja. Tetapi, seringnya mereka menjadi tempat pembuangan akademis untuk siswa. Program kejuruan dinilai sebagai pilihan yang lebih rendah daripada universitas, tempat di mana orang-orang yang tidak bisa masuk ke tempat kuliah , suka atau tidak.

Namun, sebagai mahasiswa harus berjuang untuk menemukan pekerjaan pasca-kelulusan, ini menjadikan pilihan pelatihan kejuruan semakin menjanjikan.

Untuk beberapa siswa, terutama mereka yang peduli dengan karir setelah lulus, pelatihan kejuruan dapat menjadi pilihan yang besar, dan itu harus dipertimbangkan dengan serius untuk masuk ke universitas selama empat tahun.


Membuat Pilihan 

Bagi banyak siswa SMK, keputusan untuk mengejar pelatihan teknis adalah mengikuti jalur karir yang mereka pilih. Pendidikan kejuruan biasanya mengarahkan lulusan mereka langsung ke suatu karir, berkat pelatihan dan sumber daya pendidikan yang diberikan untuk pekerjaan tertentu. Jika kamu memiliki rencana karir dalam pikiran, SMK dapat membantu membuat lompatan dari siswa menjadi seorang profesional dengan cepat dengan pelatihan-pekerjaan tertentu.

Dengan pelatihan kejuruan dan pengalaman on-the-job, siswa diatur untuk menikmati prospek pekerjaan yang solid. Karir tingkat menengah yang sangat baik yang tidak memerlukan gelar empat tahun tapi masih menawarkan gaji yang baik dan keamanan kerja. Lebih dari itu, pendidikan tinggi tingkat tradisional dengan keterampilan yang dipelajari merupakan salah satu bagian paling berharga dari pendidikan.


Pilihan karir

Pelatihan kejuruan adalah pilihan yang paling tepat untuk banyak karir, dan tidak boleh dianggap kurang berguna daripada gelar sarjana. Pendidikan kejuruan mungkin menawarkan pilihan karir yang lebih baik daripada perguruan tinggi bagi siswa yang merasa lebih nyaman menerima pelatihan-pelatihan. Namun, untuk beberapa siswa, pendidikan kejuruan mungkin bukan pilihan yang bagus.

Siswa juga harus menyadari bahwa pendidikan kejuruan tidak harus menjadi pilihan terakhir mereka. Belajar adalah proses seumur hidup, dan perguruan tinggi masih akan berada di sana jika kamu memutuskan untuk memperluas pendidikan kamu nanti. Tidak ada profil pendidikan tunggal siswa SMK, mahasiswa dapat melanjutkan untuk mengejar berbagai pilihan yang berbeda. Tidak setiap siswa akan pergi ke universitas selama empat tahun, tetapi tidak setiap siswa yang mengejar pendidikan kejuruan tidak pergi ke universitas selama empat tahun. Dan bahkan, jika perjalanan pendidikan membawa kamu ke perguruan tinggi setelah pelatihan kejuruan, keterampilan kamu akan tetap berharga ke manapun kamu pergi.


Mendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan

Membuat keputusan untuk melanjutkan pendidikan kejuruan adalah penting, karena merupakan sekolah yang kamu pilih. Dengan pendidikan yang benar, kamu dapat memulai karir kamu dengan keterampilan, tangan-pelatihan, dan pengalaman membangun karir. Bagaimana kamu tahu kamu telah menemukan yang tepat?


Hati-hati mempertimbangkan pilihan kamu

Walaupun perguruan tinggi terdekat sebenarnya menjadi pilihan terbaik untuk program yang kamu sukai, jangan biarkan hal itu menjadi pilihan paten kamu. Mahasiswa biasanya menghabiskan jumlah waktu yang ekstensif dan usaha untuk mencari sekolah yang menawarkan program, budaya, dan peluang karir yang mereka cari, dan begitu juga seharusnya kamu. Banyak sekolah-sekolah lokal menawarkan program berkualitas untuk karir seperti perawat atau manufaktur, tetapi program khusus seperti teknologi mungkin memerlukan pencarian yang lebih ketat.


Mencari kualitas

Jika kamu serius untuk mengejar pendidikan kejuruan, kamu akan ingin belajar dengan instruktur dan teman sekelas yang bekerja serius seperti yang kamu lakukan. Untuk menentukan tingkat kualitas sekolah, lebih baik kamu mencari tahu fasilitas yang digunakan, apa yang disediakan sekolah, instruktur, dan seberapa tingkat keberhasilan program ini. Kamu dapat menentukan keberhasilan suatu program dengan melihat cara pengajaran, penempatan kerja, kualitas lulusan, dan meminta lulusan baru yang kamu dapat menghubungi untuk menceritakan pengalaman sekolah mereka.


Cari sekolah yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Ada begitu banyak pilihan di luar sana namun, kamu tidak harus memiliki kesulitan menemukan program yang sesuai dengan apa yang kamu cari.


Cari tahu pilihan keuangan kamu

Meskipun SMK jarang mengambil jumlah waktu yang lama seperti perguruan tinggi, tapi ternyata masih bisa dikatakan mahal. Siswa tetap mencari solusi yang akan membantu mereka membayar uang sekolah.


Carilah bantuan untuk karir kamu

Sebagian besar sekolah kejuruan akan menawarkan semacam bantuan karir, namun lulusan SMK akan memiliki berbagai tingkat keberhasilan pasca kelulusan. Mintalah bukti bahwa pelatihan karir tertentu dapat membuat kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan. Tanyakan berapa banyak lulusan yang telah menemukan pekerjaan di bidang yang mereka pilih, dan cari tahu gaji awal rata-rata mereka.



Apakah Pendidikan Kejuruan meupakan pilihan yang tepat bagi kamu? Itu pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh dirimu sendiri. Tetapi, kamu tidak akan tahu sampai ketika kamu mengambil langkah pertama dan memulainya.
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.