Artikel Terbaru

Sepenggal Cerita dari Melbourne University, Bersama Vanessa Sunggono

Halo, sobat berkuliah.com! Bagaimana kabar kamu hari ini? Tentunya kamu nggak bakalan bosen kan untuk membahas dunia perkuliahan di luar negeri khususnya Australia? Kenapa Australia terus, sih? Mungkin pertanyaan ini muncul di benak dan pikiran kamu. Jawabannya adalah karena Australia itu sangat menarik dari segi apapun, entah masyarakatnya, wisatanya, suasananya, fauna khas yang dimilikinya, dan pastinya juga dunia pendidikannya.



Kali ini tim berkuliah.com akan menampilkan hasil interview dari salah satu mahasiswi Melbourne University asal Indonesia. Siapakah dia? Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini.


Halo, Vanessa. Salam kenal ya! Supaya bisa lebih mengenal, bisakah diceritakan tentang profil diri kamu? Baik nama, kota asal, tempat kuliah dan jurusan yang diambil, tempat tinggal di Australia, dan apakah kuliah melalui beasiswa atau biaya sendiri? 

Halo, nama saya Vanessa Sunggono. Saya berasal dari Indonesia, tepatnya dari Jakarta. Saat ini saya sedang menjalani kuliah di Melbourne University jurusan Accounting and Finance, dan tinggal di College Square on Lygon. Kebetulan saya kuliah di Australia melalui beasiswa (Global Scholarship).


Mengapa kamu memilih Australia sebagai negara tujuan kuliah? Apa kelebihannya?

Saya ke Australia, khususnya Melbourne karena sebelumnya menempuh studi di UI International Program, dan jadinya kemudian melanjutkan studi ke Melbourne University. Kelebihan dari Melbourne University yaitu karena bagus dari segi pendidikan dan mutu serta estetikanya.


Bagaima kita bisa beradaptasi dengan perbedaan sistem perkuliahan? Apakah ada yang bisa kita persiapkan?

Sebenarnya saya agak mengalami sedikit kesulitan pada awalnya, karena saya transfer di second year (tahun kedua) yang materi perkuliahannya sudah mulai susah. Cara beradaptasinya yaitu dengan merubah cara belajar yang biasanya sistem kebut semalam, jadi mulai dicicil belajarnya.


Bagaimana dengan ketersediaan fasilitas penunjang kuliah yang ada di Australia? Mungkin bisa dilihat dari Transportasi, tempat makan, perpustakaan, dan lain-lain?

Fasilitas di Melbourne sangat menunjang, mulai dari perpustakaannya yang super memanjakan dan nyaman, sampai sistem ITnya yang super canggih dan sangat mempermudah kita dalam belajar (Melb Uni Portal). Transportasinya juga sangat menunjang, ada tram yang aman, bersih dan cepat, tempat makannya yang tersedia juga enak-enak tapi porsinya besar banget.



Apa kelebihan dari jurusan Accounting and Finance yang Vanessa ambil? Mungkin dari segi materi, dosen, referensi, kelas, dan lain-lain?

Kelebihannya mengambil Accounting and Finance, kita bisa focus more in one aspect, kita tidak hanya mengetahui tentang accounting saja, namun juga bisa mengetahui tentang finance, yang membuat kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Selain itu, para dosen yang ada di sana juga bagus dan sangat berpengalaman.


Menurut Vanessa, di manakah sebaiknya tempat tinggal yang pas untuk para mahasiswa baru? Apartemen, asrama, atau sewa rumah? Dan di mana saja kota yang enak dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal?

Menurut saya, sebaiknya untuk mahasiswa baru tinggal di house accommodation saja, kalau bisa yang dekat dengan kampus dan tempatnya ramai, karena biasanya mahasiswa baru seringkali mengalami homesick ketika baru sampai di sini. Mungkin bisa tinggal di daerah city atau southbank.


Mengenai beasiswa yang sedikit dibahas di awal tadi, bisakah dijelaskan mengenai beasiswa yang kamu dapatkan saat kuliah di Australia? Apa nama programnya, dan bagaimana cara applynya?

Saya mendapatkan beasiswa dari Melbourne Uni, namanya Global Schollarship. Kebetulan, saya tidak apply secara khusus, tapi melalui UI dan Melbourne University Representative di Jakarta. Waktu itu tiba-tiba saja saya mendapat email dari Melbourne Univesity, yang menyatakan bahwa saya mendapt Global Scholarship.


Pengalaman menarik apa yang tidak pernah bisa kamu lupakan selama di Australia?

Pengalaman menarik adalah saya bisa menjadi lebih mandiri di sini dan bisa mengetahui kebudayaan di Melbourne.


Apakah Vanessa aktif di PPI? Jika iya, di manakah letak sekretariatnya? Dan event terbesar apa yang pernah diadakan oleh PPI Australia?

Saya menjadi committee PPIA di University of Melbourne, dan kebetulah baru saja lengser. Letak sekertariatnya ada di Melbourne University itu sendiri. Event terbesar yang pernah kita adakan adalah Indonesian Film Festival. Kita mengadakan festival film, dan biasanya kita mengundang artis dan sutradaranya. Lalu ada juga ICare atau Indonesian Career Expo yang baru bulan Mei lalu kita selenggarakan, jadi kita mengundang company dari jakarta untuk share dan ada juga kesempatan untuk interview.


Adakah tips spesial yang bisa kamu bagikan untuk teman-teman kita yang akan kuliah di Australia? Tentang bagaimana cara survive, menghadapi kuliah, bermasyarakat, dan hal lainnya?

Untuk teman-teman yang mau kuliah di Australia, ayo ke sini seru loh! Dijamin kamu tidak akan merasa rugi berada di sini, karena makanannya enak, udaranya sejuk, except for the horrible wind in Melbourne, masyarakatnya cukup ramah, dan di sini juga lumayan aman. Dan jika kamu baru sampai di sini, saran saya untuk langsung mencari dan bergabung dengan berbagai klub yang ada di kampus untuk mengisi waktu luang yang ada. Nikmati semua hal yang akan kamu temukan di sini!



Nah, sobat berkuliah.com! Itu tadi sepenggal cerita dari Vanessa yang sudah berkenan untuk berbagi pengalamannya saat kuliah di Australia. Bagaimana? Apakah kamu masih merasa kurang mendapatkan informasi mengenai studi di Australia? Jikapun demikian, solusi utamanya hanya satu! Kamu harus lebih giat lagi untuk mencari informasi, khususnya melalui berkuliah.com yang selalu setia menghadirkan info-info yang menarik dan unik tentang dunia perkuliahan di luar negeri, tentunya bukan hanya Australia saja. Baiklah, tetap jaga semangat kamu, ya! Salam sukses dan sampai jumpa!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top