Sistem Transportasi Jepang

Negeri Sakura ini begitu terkenal sebagai sebuah negara dengan sistem transportasi yang sangat nyaman, canggih, aman, dan teratur. Transpor...

Negeri Sakura ini begitu terkenal sebagai sebuah negara dengan sistem transportasi yang sangat nyaman, canggih, aman, dan teratur. Transportasi di Jepang sama seperti di negara-negara lainnya, ada transportasi darat, laut, dan udara. 


Di darat, ada transportasi berupa kereta. Kereta menjadi transportasi utama di Jepang. Selain kereta ada juga Subway. Sedangkan untuk menghubungkan antarpulau di Jepang, terutama keempat pulau terbesar (Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu) tersedia kapal ferry sebagai sarana penyeberangan. Jepang juga menyediakan layanan penerbangan Internasional yang komprehensif. Melalui dua maskapai penerbangan utama, yakni maskapai Japan Airlines dan All Nippon Airways, dan tersedia juga maskapai asing berbasis operator yang terbang ke seluruh penjuru dunia.

Transportasi di Jepang rata-rata diakomodasi oleh perusahaan Japan Railway (JR). yang merupakan perusahaan milik negara. Ada JR Bus, JR Train, dan lainnya. Meskipun ada pula perusahaan-perusahaan lain yang mengakomodasi alat transportasi di Jepang. Tetapi JR tetap yang menjadi raksasa di sana.


Transportasi Air

Ada sekitar 1.770 kilometer jalur air di Jepang, kapal berlayar mengarungi seluruh pedalaman dan pesisir laut. Untuk menghubungkan kota-kota pelabuhan di Jepang dan juga untuk menghubungkan pulau-pulau kecil dengan pulau-pulau lainnya digunakan kapal feri dan kapal laut.

Dua puluh dua pelabuhan utama yang ditunjuk oleh Kementerian Darat, Infrastruktur dan Transportasi. Pelabuhan-pelabuhan tersebut meliputi Chiba, Fushiki/Toyama, Himeji, Hiroshima, Kawasaki, Kitakyushu, Kobe, Kudamatsu, Muronan, Nagoya, Niigata, Osaka, Sakai/Senpoku, Sendai/Shiogama, Shimizu, Shimonoseki, Tokyo, Tomakomai, Wakayama, Yokkaichi, dan Yokohama. 

Jepang memiliki 662 kapal diantaranya digunakan sebagai alat angkut barang maupun alat transportasi masa. Selain melayani rute dalam negeri, perairan Jepang juga melayani rute luar negeri. Kapal-kapal itu memiliki trayek yang telah diatur dengan baik oleh departemen bagian transportasi. Ada beberapa kapal yang dikhususkan pada kluster pelayanan rute dalam negeri dan ada yang untuk melayani trayek luar negeri. 


Transportasi Udara

Saat ini Jepang telah memiliki 98 bandara. Gerbang penghubung antara negara Jepang dengan dunia internasional adalah Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya, Bandara Internasional Kansai yang terletak di Osaka, dan Bandara Internasional Narita di Tokyo. Untuk hubungan domestik utama dilayani oleh Bandara Internasional Narita di Tokyo, yang merupakan bandara tersibuk di Asia dan merupakan bandara tersibuk ke-4 di dunia!

Bandara-bandara terseburt adalah bandara internasional terbesar di Jepang, dengan peringkat pertama adalah Bandara Internasional Narita di Tokyo, dilanjutkan oleh Bandara Internasional Kansai di Osaka, dan yang ketiga adalah Bandara Internasional Henada di Tokyo. 



Transportasi Darat

Transportasi darat sangat beraneka ragam di Jepang. Mulai dari yang sederhana hingga yang super canggih. Sarana transportasi darat yang menjadi kebanggaan adalah kereta, dengan adanya kereta tercepat (kereta peluru) yang bernama Shinkansen. Kemudian ada juga subway, bus, taksi. Selanjutnya, Kita akan membahas beberapa diantaranya.


1. Taksi

Tarif taksi cenderung yang paling mahal dari moda transportasi lain. Taksi lebih banyak digunakan karena dapat mengantarkan pelanggan ke alamat yang ditulis dalam bahasa Jepang atau yang tertulis dalam kartu bisnis. 

Yang harus Kita ketahui dari taksi Jepang, jika lampu merah di pojok kiri bawah kaca menyala, maka artinya taksi tersebut kosong dan bisa ditumpangi. Dan kita harus berhati-hati jika mendekati pintu kiri belakang taksi, karena pintu dibuka dan ditutup secara otomatis dari dalam oleh pengemudi. Sebagai catatan, semua taksi yang berada di kota adalah taksi anti asap rokok.


2. Bus

Bus adalah salah satu moda transportasi darat yang cukup menjadi primadona di Jepang. Di Jepang, bus melayani hampir 24 jam. Ada beberapa perusahaan yang menjadi penyedia layanan bus di Jepang, yaitu: JR Bus, Willer Express, Nishitetsu, Nohi Bus, Fujikyu Bus, dan Keio Bus. Diantara perusahaan-perusahan tersebut yang terbesar adalah JR Bus dan Willer Express. Hanya saja Willer Express lebih banyak meneyediakan jasa transportasi travel. JR Bus mengakomodirbeberapa wilayah: Hokkaido, Tohoku, Kanto, Tokai, Nishinihon, Chugoku, Shikoku dan Kyushu.

Bus menyediakan layanan sepanjang waktu di kota-kota. Hampir semua terminal bus atau tempat pemberangkatan bus berada di dekat stasiun kereta. Jadwal kedatangan tertera di bagian depan bus dan apabila tidak mengetahui jurusan keberangkatan bus, bisa bertanya pada sopir. Untuk naik bus penumpang harus menunggu di halte karena bus dilarang berhenti di sembarang tempat. 

Sopir bus di Jepang terkenal ramah dan dengan senang hati akan membantu penumpang yang kesulitan. Bahkan jika ada penumpang yang menggunakan kursi roda, sopir akan mematikan mesin untuk membantu penumpang tersebut hingga berada di dalam bus. Di dalam bus terdapat tempat-tempat yang dikhususkan bagi penumpang yang berkebutuhan khusus, penumpang tua, dan ibu-ibu hamil. Sedangkan ketika hendak meminta sopir untuk berhenti penumpang dapat menekan tombol yang terletak di sekitar bus untuk memberi tanda.

Tiket bus dapat dibeli di terminal, via telepon, convenience store, dan secara online. Saat ini,  telah banyak perusahaan bus yang menyediakan layanan pesan tiket via internet. Untuk harga tiket bus di Jepang rata-rata ¥200. Ada tiga macam tiket yang disediakan, yaitu: one way tickets, round trip tickets dan booklets of multiple tickets. Tiket round trip lebih murah 10% daripada tiket one way. Tetapi untuk membeli tiket round trip, Kita harus menentukan tujuan dan waktu keberangkatan lebih dulu. Dengan tiket round trip, waktu kepulangan Kita dari tempat tujuan sekitar 6-10 hari kemudian. Jadi misalkan Kita sampai di tempat tujuan pada hari ini, maka setelah 6-10 hari kemudian baru Kita dapat memesan tiket round trip dengan tujuan tempat asal.Tiket booklets of multiple, sama seperti tiket round trip, tetapi tiket booklets of multiple dapat merangkap 4-5 tiket sekaligus. Dan tiket dapat dibeli tiga bulan sebelumnya. 


3. Kereta

Kereta adalah satu alat transportasi yang paling banyak dipakai di Jepang. Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh kereta api membuat berkeliling Jepang menjadi efisien. Jenis-jenis kereta di Jepang antara lain:

- Kereta lokal, berhenti di setiap stasiun besar maupun stasiun kecil.

- Kereta cepat, melewati beberapa stasiun kecil. 

- Kereta express, hanya berhenti di beberapa stasiun saja. Stasiun yang dilewati lebih sedikit dari kereta cepat. 

- Kereta super express, hanya berhenti di stasiun besar. 

- Kereta peluru, yang merupakan kereta tercepat, yaitu Shinkansen. 


Selain itu, kereta Shinkansen memiliki sembilan rute yang membentang dari utara Jepang sampai selatan, yaitu:  Tohoku (membentang 647,9 km antara Tokyo sampai Shin-Aomori. Menghubungkan kota-kota besar di utara Tokyo termasuk Utsunomiya, Koriyama, Fukushima, Sendai, dan Marioka), Akita, Yamagata, Joetsu, Nagano, Tokaido (bisa disebut arteri dari shinkansen di Jepang. Karena menghubungkan kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Nagoya, Osaka. Membentang sepanjang 552,6 km), Sanyo, Kyushu (menghubungkan Hakata dan Kagoshima-Chuo. Beroperasi antara Shin-Yatsushiro dan Kagoshima-Chuo), dan Chuo.


4. Mobil dan Kendaraan Lain

Selain kendaraan-kendaraan umum, penduduk Jepang juga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Namun jumlahnya tidak sebanyak di Indonesia. Harga mobil di Jepang tidak terlampau mahal, namun pajak parkirnya yang sangat mahal! Penduduk Jepang lebih memilih berjalan kaki dan bangga menggunakan alat-alat transportasi umum. Selain itu ada sarana transportasi yang sangat membantu dan sangat lazim digunakan orang-orang Jepang yaitu sepeda. 

Jasa penyewaan mobil juga tersedia di kebanyakan kota besar dan menengah serta di bandara dan stasiun kereta api utama, dengan surat izin mengemudi internasional diakui. Untuk pemesanan tiket (ticketing), orang bisa memesan secara online di sebuah site, misalnya di: japan-guide.com. Tidak hanya pemesanan tiket pesawat, kendaraan lain dan hotel juga bisa dipesan melalui website ini.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Sistem Transportasi Jepang
Sistem Transportasi Jepang
https://3.bp.blogspot.com/-0c_nAanKZ4k/VAScyNtoDaI/AAAAAAAAA8w/WqtOWj_t_Tk/s1600/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B23.17.08.png
https://3.bp.blogspot.com/-0c_nAanKZ4k/VAScyNtoDaI/AAAAAAAAA8w/WqtOWj_t_Tk/s72-c/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B23.17.08.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/sistem-transportasi-jepang.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/sistem-transportasi-jepang.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy