Artikel Terbaru

Tips Agar ‘Tidak Mudah Lupa’

Waktu ujian kian mendekat. Perasaan grogi dan dag –dig-dug mulai muncul dan detak jantung pun terus meningkat dari keadaan normal. Hal ini tentu akan membuat memori otak kamu semakin penuh, dan pada akhirnya kamu akan mudah lupa dengan apa yang telah kamu pelajari. Guys, Ini bahaya banget! Di saat kamu memerlukan kualitas memori yang oke, daya ingat kamu malah semakin menurun.



Kamu harus segera menyadarinya dan mencoba untuk bangkit dan mendapatkan daya ingat yang kuat lagi, sehingga dengan demikian kamu dapat selalu ‘on fire’ untuk belajar dan memahami setiap materi kuliah yang menjadi bahan ujian kamu. Untuk mendapatkan daya ingat yang kuat dan membuat kamu tidak mudah lupa, Berikut ada beberapa tips jitu yang dapat kamu terapkan dalam keseharian kamu.


Membaca dengan suara keras.

Membaca dengan suara keras mungkin akan membuat kamu sedikit “aneh”, apalagi jika ada seseorang yang melihat kamu, pasti hal itu akan sangat mengganggu. Tapi, membaca keras dapat membuat kamu lebih banyak mengingat apa yang telah kamu baca. Namun, jangan pernah melakukan hal ini saat berada di perpustakaan, karena mungkin petugas perpustakaan akan segera mengeluarkan kamu dari ruangan itu.


Berjalan-jalanlah sebelum ujian.

Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan menguatkan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Chuck Hillman dari University of Illinois memberikan bukti bahwa sekitar 20 menit latihan sebelum ujian dapat meningkatkan kinerja otak.


Menggambar diagram. 

Menggambar diagram akan membantu kamu untuk memvisualisasikan informasi yang sulit untuk dideskripsikan. Hal ini akan menciptakan sebuah memori visual dalam pikiran kamu yang nantinya akan menjadi pengingat yang sangat efektif bagi kamu saat menghadapi ujian.


Ajarkan apa yang telah kamu pelajari. 

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu benar-benar telah memahami suatu topik adalah dengan mencoba untuk mengajarkannya kepada orang lain. Untuk itu, kamu perlu meminta bantuan orang lain untuk menjadi siswa kamu untuk kamu jelaskan tentang topik tertentu. Kamu juga dapat memanfaatkan kelompok belajar kamu untuk melakukan hal ini. Jika tidak memungkinkan kamu bisa berbicara dengan adik kecil kamu atau boneka yang pada dasarnya mereka tidak akan paham dengan apa yang kamu katakan.


Membuat asosiasi mental. 

Kemampuan untuk menjalin dan membuat suatu hubungan tidak hanya menjadi cara terbaik untuk dapat mengingat informasi, tapi hal itu akan menjadi awal dari sebuah kreativitas dan kecerdasan. Steve Jobs mengatakan "Kreativitas hanya menghubungkan suatu hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif tentang bagaimana mereka melakukan sesuatu, Mereka akan merasa sedikit bersalah karena mereka merasa tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu ". Peta Pikiran adalah cara mudah untuk menghubungkan ide-ide dengan menciptakan gambaran visual dari koneksi yang berbeda.


Buatlah flashcard untuk memperkuat daya ingat kamu. 

Membuat flashcard untuk masing-masing topik pada materi kuliah kamu akan membuat kamu lebih mengingatnya. Karena dapat membuat flashcard kamu harus membaca, memahami, dan menggambarkan materi dalam kata-kata baru yang kamu rangkai sendiri.


Praktek. 

Praktek merupakan cara yang paling efektif untuk membuat kamu mengingat suatu materi. Saat melakukan praktek, kamu akan melakukan pengalaman langsung menggunakan teori tersebut. Belajar dari pengalaman merupakan cara yang tepat untuk mengingat materi dengat kuat.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top