Trik Jitu Mengelola Persahabatan di Kampus

Usai menjalani pendidikan di tingkat SMA, kamu akan melanjutkan pada tahapan perguruan tinggi. Sebenarnya, melanjutkan pendidikan ke pergur...

Usai menjalani pendidikan di tingkat SMA, kamu akan melanjutkan pada tahapan perguruan tinggi. Sebenarnya, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau kampus sebenarnya adalah suatu proses yang mengganggu bila dipandang dari satu sisi. Mengapa demikian? Hal ini karena konteks kehidupan kamu akan berubah dalam sekejap mata, dan persahabatan lama kamu akan mengambil peran yang berbeda dengan apa yang biasa didapatkannya sebelumnya. Di kampus, kamu memperoleh teman baru dan menemukan minat baru kamu.



Apabila kamu memulai perkuliahan dengan tidak mengenal siapa-siapa, maka kamu siap-siap saja menghadapi kemungkinan yang sangat nyata, bahwa kamu nantinya akan harus melakukan beberapa aktifitas sendirian, tanpa didampingi oleh seorang temanpun. Jadi, pupuklah persahabatan sejak awal dengan berusaha menjangkau keluar, berada di sana untuk orang-orang baru, dan membuka diri untuk hal-hal baru dan menarik. 


Jagalah persahabatan yang lama, tapi prioritaskan yang baru 

Saran di atas memang terdengar agak tak berperasaan, karena seakan menggusur persahabatan yang lama. Namun, elemen terpenting bagi kamu adalah hidup secara intens dengan keadaan baru kamu. Kamu ingin tetap berhubungan dengan teman lama kamu, baik untuk dukungan dan kenyamanan pada saat itu maupun karena kamu harus mempertahankan hubungan penting dengan harmonis untuk jangka waktu yang panjang. Meskipun begitu, kamu tidak boleh menghilangkan keniscayaan akan kehidupan baru kamu.

Teman-teman SMAmu akan mengerti ketika kamu memfokuskan waktu kepada kehidupan kampus barumu. Mereka akan mengerti bahwa kamu sudah mempunyai dunia yang berbeda dengan sebelumnya, sehingga kamu tidak bisa lagi bergaul secara intens dengan mereka lagi. Tidak ada sesuatu yang tidak berubah di dunia ini, termasuk pula persahabatan. Ia akan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman  yang dimiliki oleh seseorang.   

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pulang ke rumah di saat akhir pekan, atau kehilangan terlalu banyak malam di asramamu untuk banyak menemui teman lamamu. Teman lama memang penting, tetapi teman baru jauh lebih penting. Komunikasi dengan teman-teman lama melalui panggilan telepon selama berjalannya kuliah kamu di kelas, atau hal-hal lain yang membuatmu lalai dalam dunia kampusmu agaknya mengganggu. Oleh karenanya, prioritaskan hidup dalam konteks perguruan tinggi kamu, sebab itulah yang sedang kamu jalani sekarang. 


Ikutilah perkumpulan tertentu

Perkataan di atas adalah nasihat yang umumnya diberikan pada mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi, karena hal tersebut merupakan nasihat yang bagus. Oleh sebab itu, daftarlah pada perkumpulan-perkumpulan yang kamu inginkan. Dapatkan kegembiraan dengan peluang yang akan bermunculan dan keberadaan orang-orang di sekitar kamu. Temukanlah kesamaan ide-ide dan kegiatan yang belum pernah kamu eksplorasi sebelumnya. Atau, kejarlah sesuatu yang menjadi kegemaranmu semasa masih di SMA, dan tingkatkan keterampilan-keterampilan tersebut dalam konteks perguruan tinggi baru kamu.

Hal yang besar tentang perkumpulan di perguruan tinggi adalah bahwa kamu dapat mendaftar pada perkumpulan sebanyak yang kamu inginkan, dan dengan mudah memilih untuk keluar. Namun, jangan sampai kamu masuk dalam perkumpulan tertentu dengan niat hanya bermain-main saja, karena itu dapat menyebabkan rekan kamu sakit hati. Kamu dapat pergi ke dua pertemuan dari beberapa kelompok yang berbeda. Kemudian, lihat bagaimana perasaan kamu tentang pengalaman yang kamu peroleh dan orang-orang di sekeliling kamu. 

Jika kamu melakukan saran ini, maka kamu memiliki koneksi yang instan dan mudah dengan orang-orang yang boleh jadi berada pada tingkatan di atas rata-rata. Inilah keuntungan besar yang nantinya bisa kamu raih. Namun, apabila kamu tidak mau melakukannya, maka pergilah dan carilah tempat yang lain. 


Makan Bersama

Makan secara bersama-sama dengan teman adalah perbuatan yang bagus dan penting, terutama apabila kamu tinggal di asrama. Dengan aktifitas ini, kamu bisa berbagi makanan dan minuman dengan ratusan mahasiswa lain yang juga mencari teman. Tanyakan pada orang lain di asrama dan kelas kamu jika mereka ingin makan siang atau hanya sekedar minum kopi. Bahkan walaupun rasanya aneh pada awalnya, akan tetapi makan bersama sebenarnya  adalah kesempatan yang tepat untuk mudah bersosialisasi.

Tahanlah diri kamu untuk lebih memilih makan di kamar dengan makanan yang kamu bawa jika kamu merasa tidak nyaman berada dalam kesendirian. Jika kamu mengenali seseorang di ruang makan, maka tanyakan padanya apakah kamu dapat bergabung dengan mereka untuk makan bersama. Dalam sebagian besar waktu yang ada, jawaban yang pasti muncul adalah ya, dan kamu dapat bergabung dengan mereka. 

Di samping itu, hal ini seyogyanya juga penting untuk mengenali diri sendiri dengan aturan seperti ini. Sebagai contoh, saya bukan orang yang terbiasa bangun di pagi hari, dan membutuhkan ruang untuk bangun yang kemudian mendapatkan permulaan hari saya. Jadi, saya terbiasa untuk makan bubur sendiri setiap pagi hari kerja. Saya akan berbicara dengan siapa pun dan terlibat dengan saya sesedikit mungkin. Oleh sebab itu, makan bersama dapat memberikan dampak pengenalan diri sendiri, mengenai siapa kita sebenarnya. 


Membuat kegiatan

Karena persahabatan baru telah muncul, maka peliharalah kegiatan rutin kamu dan mulai berbagi dengan yang lain. Beberapa persahabatan terdalam saya tumbuh dari hanya sekedar menonton TV di waktu malam hari di tahun-tahun pertama kuliah. Setiap malam kami berkumpul untuk menonton pertandingan sepak bola, dan ini membuat saya beserta teman-teman saya sangat akrab satu sama lain.

 Saya memiliki persahabatan lain yang dikembangkan dari sekedar melakukan jalan-jalan, dengan secara teratur bertemu di sebuah kedai kopi tertentu, atau mengikuti seminar tertentu secara bersama-sama. Rutinitas tersebut memang berfungsi sebagai batu loncatan dalam hubungan persahabatan. Meskipun hal seperi ini tidak permanen, dan polanya bisa berubah, akan tetapi hal itu membuat semuanya terasa lebih mudah untuk bertemu dan bersantai bersama-sama. 


Tampilkan ketertarikan pada kegemaran Lainnya

Ini merupakan satu hal yang besar. Perhatikan terhadap apa yang dipedulikan oleh orang-orang. Barangkali kamu peduli dengan hal yang sama juga, yang mungkin teman ini berada di jurusan yang sama dengan kamu dan tertarik pada musik dan olahraga yang sama. Tapi, bisa pula kamu memiliki kegemaran yang berbeda. Hal yang harus kamu perhatikan adalah, bahwa itu bukanlah suatu masalah. Kamu tidak harus memiliki jurusan yang sama dengan teman terbaik kamu. Tapi, kamu harus melakukan upaya yang jujur untuk peduli dan mendukung kegemaran mereka, dan meminta hal yang sama dari mereka. 

Bila mereka menghadiri acara kampus yang menarik bagi kamu, maka pergilah bersama-sama dengan mereka. Hal ini memang terdengar cukup sederhana, tetapi bisa membuat perbedaan besar dalam memperdalam hubungan. Hal ini sangat penting jika teman-teman kamu terlibat dalam kepanitiaan acara. Munculkan dirimu, dan jadikanlah dirimu sebagai pendukung mereka, dan dengan jujur mengungkapkan ketertarikan kamu yang sebenarnya. Ini adalah kesempatan terbesar dalam dunia perguruan tinggi, yaitu untuk dikelilingi oleh orang lain yang terlibat dengan berbagai macam topik dan mengejar kegemaran yang berbeda dari yang kamu miliki. 

Saya adalah bagian dari perkumpulan dari delapan sahabat saya di perguruan tinggi. Kami bertemu di asrama, dan masih sangat dekat ketika kami lulus. Tidak ada satupun dari kami yang memiliki jurusan sama. Saya sangat bersyukur untuk semua yang saya pelajari karena keberadaan mereka, serta untuk masa-masa indah yang kami miliki bersama-sama. 



Maka, kamu perlu fokus pada saat hari-hari awal kamu kuliah di kampus. Kamu harus menyadari bahwa setiap orang datang ke kampus pada saat yang sama, dan setiap orang akan berusaha mencari teman-teman yang baru. Jangan takut tidak mendapatkan teman, sebab mereka akan kamu dapatkan setelah kamu berusaha mendekati mereka.

Dengan berjalannya waktu di perguruan tinggi, maka kamu akan mempunyai satu  komunitas teman baru di kelas setiap semester dan di setiap kesempatan baru, kelompok, kesempatan wisata, atau keterampilan yang kamu kejar. Keluarlah ke dunia kehidupan kampus kamu, dan kelolalah persahabatan dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Trik Jitu Mengelola Persahabatan di Kampus
Trik Jitu Mengelola Persahabatan di Kampus
http://2.bp.blogspot.com/-kc0M9-aSSjo/VBqTBGWcODI/AAAAAAAACDU/lTSu353hi-8/s1600/best-friends-329333_640.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-kc0M9-aSSjo/VBqTBGWcODI/AAAAAAAACDU/lTSu353hi-8/s72-c/best-friends-329333_640.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/trik-jitu-mengelola-persahabatan-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/trik-jitu-mengelola-persahabatan-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy