10 Langkah Mudah Bisa Kuliah di Luar Negeri

Ilmu dapat diperoleh di mana saja dan dengan cara apa saja. Salah satunya adalah dengan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Namun, yang ...

Ilmu dapat diperoleh di mana saja dan dengan cara apa saja. Salah satunya adalah dengan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Namun, yang menjadi kendala yang sering ditemui ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan adalah masalah biaya, terlebih lagi jika pendidikan yang akan diambil berlokasi di luar negeri. 

Image Credit

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa tetap belajar di luar negeri.


Nilai atau prestasi

Nilai atau prestasi tentu akan memudahkan kamu dalam berkuliah di luar negeri. Dengan memiliki nilai atau prestasi yang baik akan membuat kamu lebih mudah mengajukan beasiswa atau memilih suatu universitas. Selain itu, dengan memiliki nilai yang baik, kamu juga bisa dipercaya untuk memperoleh beasiswa. Pernah memenangkan suatu lomba akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengajukan suatu beasiswa. 


Pilih universitas

Dalam menentukan tujuan universitas, kamu harus jelas dan memiliki kompeten yang sesuai dengan yang diharapkan oleh kampusmu. Dalam memilih universitas yang sesuai, kamu harus menimbang banyak faktor seperti univeristas yang dipilih negeri atau swasta, banyaknya murid internasional, rangking sekolah, lokasi kampus dan asrama yang disediakan. Semua itu akan mempengaruhi kamu dalam tinggal dan belajar di sana. Dengan banyaknya pertimbangan dan informasi yang kamu dapat, maka kamu akan semakin matang dan mantap dalam memilih sekolah untuk melanjutkan studimu.


Beasiswa 

Kebutuhan dana bisa menjadi salah satu pengambat untuk meneruskan impian kamu. Jalan keluar yang bisa kamu lakukan untuk meneruskan impianmu adalah dengan menggunakan beasiswa. Dengan mengajukan beasiswa, maka kehidupan kamu di luar negeri akan terbantu. Beasiswa yang dapat kamu pilih juga beragam, seperti beasiswa universitas, beasiswa pemerintah, beasiswa budaya dan beasiswa swasta. 

Beasiswa juga dibedakan menjadi 2 macam, yaitu beasiswa sebagian dan beasiswa penuh. 

Beasiswa sebagian biasanya hanya menanggung biaya unuk perkuliahan, akomodasi, dan perjalanan, sementara biaya hidup masih perlu kamu cari sendiri. Kamu bisa menutupi kekurangan tersebut dengan cara mencari pekerjaan sampingan, yang tentu saja jam kerjanya tidak bertabrakan dengan jadwal perkuliah yang sedang kamu dalami. Selain mencari pekerjaan sampingan untuk menutupi kekurangan dana, kamu juga harus jeli dalam membaca peraturan beasiswa. Kamu harus membacanya dengan teliti, apakah beasiswa ini mengijinkan kamu untuk mencari pihak sponsor lain. dengan menacari sponsor lain tentunya akan mampu menutup kekurangan dana kamu. 

Hal ini berbeda untuk beasiswa penuh. Beasiswa penuh umumnya sudah meliputi pendanaan seluruh komponen pendidikan. Beasiswa macam ini sangat menguntungkan mahasiswa/i karena beasiswa ini akan menanggung semua biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian, hingga tiket perjalanan.


Beasiswa internasional

Beasiswa ini biasanya diberikan oleh pihak swasta yang telah mengadakan kerjasama dengan negara lain. beasiswa ini akan mengajak kamu yang memiliki prestasi untuk belajar di negaranya, sekaligus memperkenal sistem pendidikan yang ada di negara tersebut. beasiswa ini banyaknya dalam bentuk beasiswa penuh, namun kamu tetap harus waspada dalam membaca kontrak perjanjiannya. 


Pertukaran pelajar

Melakukan pertukaran pelajar tentu akan sangat mengasikkan. Pertukaran pelajar merupakan salah satu cara agar kamu bisa keluar negeri dengan biaya minim. Mengikuti pertukaran pelajar akan mampu menambah pengalaman kamu dalam belajar di luar negeri. Untuk bisa mengikuti program ini, tentu saja kamu harus memiliki suatu prestasi. Aktif dalam organisasi, memiliki kepribadian yang baik dan menarik, atau memiliki keahlian khusus dapat dijadikan modal untuk mengikuti kegiatan ini. 

Biasanya dalam program ini, kamu tidak hanya akan belajar dan memperoleh ilmu baru, tapi juga akan belajar dalam bersosialisasi dengan tinggal di sebuah rumah keluarga lokal. Tinggal di sebuah keluarga lokal akan membuat kamu semakin mengenal suatu wilayah.


Student loan

Banyak pelajar dari Indonesia yang belajar di Singapura seperti NUS dan NTU. Di kampus ini, mahasiswa bisa mengambil program ‘student loan’ atau peminjaman uang kuliah. Para mahasiswa nantinya akan diberi pinjaman uang dengan jumlah tertentu selama kamu berkuliah di kampus ini. Uang tersebut nantinya bisa kamu kembalikan ketika kamu lulus , atau jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan. Dalam mengikuti program ini, kamu harus   membaca kontraknya dengan sangat teliti. Kamu harus memperhatikan berapa bunga yang harus kamu bayar, kapan kamu harus membayarnya, dan dengan cara apa kamu bisa membayarnya. Jika ini semua sesuai dengan harapan dan kondisi kamu, kamupun bisa menandatangani kontrak dengan tenang.


Jadi volunteer

Menjadi volunteer atau relawan bisa dijadikan batu loncatan untuk belajar ke luar negeri. Dengan menjadi volunteer, kamu akan merasakan sensai baru dalam belajar dan menjelajahi dunia. Salah satu kampus di Indonesia yang terkenal dengan program volunteernya adalah AIESEC. 

AIESEC merupakan organisasi internasional untuk membantu para pemuda dalam mengembangkan potensi kepemimpinan yang ada pada diri mereka. Mereka yang ikut dalam program AIESEC akan dikirim untuk melakukan kegiatan sosial seperti mengajar anak SD, mengadakan peyuluhan, dan juga mengadakan riset kecil-kecilan. Untuk program volunteer ini, awalnya kamu mungkin akan mengeluarkan dana probadi seperti biaya tiket pesawat dan biaya hidup selama di sana, namun sertifikat yang didapat setelah mengikuti program ini akan sangat membantu kamu dalam mengikuti tes beasiswa karena bisa dijadikan bahan pertimbangan. 


Summer course

Summer course atau kelas musim panas merupakan program yang diadakan oleh suatu pemerintah atau pihak swasta. Program ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing merasakan pengalaman hidup di negara lain. Dalam program ini, kamu tidak diharuskan untuk belajar secara akademis, namun juga belajar tentang kebudayaan dan bahasa yang ada di negara tersebut. 

Summer course biasanya diadakan selama 1 hingga 6 bulan. Walaupun waktunya terkesan singkat, tapi hal itu akan sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan selama ada di negara lain. Program ini tidak menyediakan gelar apa-apa untuk kamu yang mengikutinya, namun kamu akan mendapatkan sebuah sertifikat yang akan membantu kamu dalam mencari beasiswa nanti. 


Riset

Jika kamu bisa membuat sebuah riset yang memiliki peluang untuk dilaksanakan di luar negeri, maka segeralah buat! Dengan memiliki riset, maka kamu berpeluang untuk mengajukan sebuah beasiswa. Beasiswa ini, umumnya diajukan oleh para lulusan S2 yang ingin melanjutkan kuliahnya di S3. Kamu bisa mengajukannya kepada pihak swasta atau pemerintah. 

Yang terpenting dalam mengajukan riset adalah proposal riset yang kamu ajukan harus sempurna. Pastikan proposal dibuat dalam format bahasa Inggris, dan memiliki stempel dari universitas tempat kamu belajar. Adanya bukti ini akan memperkuat kamu dalam mengajukan lamaran beasiswa. Kesempatan kamu untuk mengajukan beasiswa dengan riset sangtlah besar, karena di Indonesia masih sedikit orang yang mau mengajukan risetnya. 


Seminar

Selain dengan riset, kamu bisa belajar di luar negeri dengan menghadiri seminar-seminar akademis yang diadakan oleh negara lain. Seminar biasanya hanya berlangsung dalam beberapa hari, sehingga kamu cukup datang dengan visa sebagai turis. Karena kamu datang sebagi turis, maka proses pengurusan visanya akan menjadi lebih mudah. Untuk dapat melihat seminar yang ada, kamu harus rajin membuka website luar negeri dan mencatat kapan saja jadwal diadakannya seminar. 

Untuk mengikuti seminar ini, kamu akan mengeluarkan dana pribadi seperti biaya tiket pesawat dan biaya hidup sementara di sana. Namun, sertifikat yang didapat setelah mengikuti program ini akan sangat membantu kamu dalam mengikuti tes beasiswa karena bisa dijadikan bahan pertimbangan.


Demikian ulasan mengenai beberapa langkah serta jalan yang bisa kamu ikuti untuk bisa melajutkan studimu di luar negeri. Dengan belajar di luar negeri, maka tentunya pengalaman hidup dan ilmu kamu akan bertambah, dan bisa menambah nilai kualitas diri kamu sendiri tentunya. 

Salam berkuliah.com   
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Langkah Mudah Bisa Kuliah di Luar Negeri
10 Langkah Mudah Bisa Kuliah di Luar Negeri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuAcK2IZBdBVpOBz1nuFw_eezaq2Anqr65vB0o3OarvqCehndGhSDZdqhh4hMpGk-yn-RYTHN1vs3bdk8kxuTKebfeYWyCGRhk68JWkPSyYNN10d_gwHqgo79dGjJYgoAsPpzYTxH3nJ4/s1600/fvh.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuAcK2IZBdBVpOBz1nuFw_eezaq2Anqr65vB0o3OarvqCehndGhSDZdqhh4hMpGk-yn-RYTHN1vs3bdk8kxuTKebfeYWyCGRhk68JWkPSyYNN10d_gwHqgo79dGjJYgoAsPpzYTxH3nJ4/s72-c/fvh.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/10-langkah-mudah-bisa-kuliah-di-luar.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/10-langkah-mudah-bisa-kuliah-di-luar.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy