Artikel Terbaru

15 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa di Luar Negeri

Bagi kamu yang kuliah di luar negeri dan memiliki jadwal yang tidak terlalu padat, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mencari pekerjaan paruh waktu atau part time. Biasanya, di luar negeri sana lebih banyak dan mudah mendapatkannya dibandingkan di dalam negeri. Beberapa perusahaan atau organisasi yang ada di luar negeri biasanya banyak yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa menjadi pekerjanya. Kamupun akan mendapatkan uang saku tambahan dan juga bisa menambah daftar pengalaman bekerja dalam resume kamu nantinya. Sangat menguntungkan, bukan? Apalagi untuk mahasiswa di beberapa negara yang membutuhkan biaya cukup tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Dengan adanya pekerjaan paruh waktu ini, maka akan sangat membantu keuangan kamu. 

Image Credit
Buat kamu yang tidak suka bersantai-santai, ada baiknya cobalah beberapa pekerjaan paruh waktu berikut ini untuk mengisi kekosongan waktu yang kamu miliki:


Menjadi seorang Blogger

Kamu memiliki passion menulis? Manfaatkan hobi kamu ini untuk menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Apalagi kalau memang kamu sudah memiliki blog pribadi. Cobalah untuk mengkomersilkan blog tersebut. Atau bisa juga kamu mengajukannya ke perusahaan untuk menjadi profesional blogger yang akan mempromosikan kegiatan atau produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Biasanya kalau bekerja di bidang yang memang kalian minati, akan membuat pekerjaan kamu nantinya jadi lebih mudah karena kamu akan menganggap bahwa waktu yang kamu buang untuk mengerjakan pekerjaan tersebut akan habis untuk menyalurkan hobi kamu.


Landscaping

Mengambil kuliah di jurusan landscape? Mengapa tidak memanfaatkan ilmu yang kamu punya tersebut untuk bekerja paruh waktu. Cukup banyak bidang pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu ambil, misalnya menjadi konsultan jalur hijau, mendesain tata letak tanaman, atau justru langsung menata tanaman tersebut. Jika kamu mencintai alam, lahan ini sangat cocok bagi kamu untuk menghasilkan uang.


Menjadi IT Support 

Hidup di era modern seperti ini tidak akan lepas dari kemajuan teknologi. Jika kamu merupakan anak TI atau berkecimpung di dunia perkomputeran dan lain sejenisnya, ini merupakan lahan yang sangat menggiurkan bagi kamu untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjadi IT Support di berbagai instansi atau perusahaan, karena pasti sebagain besar dari mereka sudah menerapkan teknologi informasi dalam proses bisnis mereka. Kamu akan mendapatkan pengalaman secara real mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan nyata. 


Desainer Grafis

Boleh dibilang ini merupakan pekerjaan paruh waktu yang paling banyak ditawarkan untuk mahasiswa di luar negeri. Banyak permintaan baik dari perusahaan, pemilik usaha kecil, dan individu lainnya yang mencari seseorang untuk merancang spanduk website, desain logo, atau media grafis lainnya. Sebenarnya, untuk bisa terjun di bidang ini tidak hanya terbatas pada mahasiswa yang kuliah di jurusan desain saja. Jika kamu memiliki kemampuan desain yang apik dan kemampuan menggunakan berbagai aplikasi desain di komputer secara ahli, kamu bisa manjadikan bidang ini sebagai cara untuk medapatkan uang saku lebih.


Menjadi Freelancer di berbagai hal

Untuk kamu yang lebih menyukai banyak tantangan atau mungkin belum mengetahui spesifikasi keahlian yang kamu miliki, kamu bisa mencoba menjadi freelancer di bidang apa saja. Cakupan pekerjaannya tentunya akan menjadi lebih luas seperti misalnya pengembangan aplikasi mobile, web developer, blogging, video editing, photographer freelance, desain grafis, data input, content writer dan lain sebagainya. Dengan menjadi freelancer, kamu bisa belajar dan mencoba banyak hal. Tentunya akan semakin beragam pengalaman yang akan kamu dapatkan.


Menjadi Tutor

Jika kamu adalah orang pendidikan yang memiliki banyak ilmu, mengapa tidak mengalokasikan ilmu yang kamu miliki agar lebih berguna bagi orang lain? Kamu bisa saja menjadi tutor mata pelajaran tertentu yang memang kamu minati. Menjadi pengajar paruh waktu di berbagai bimbingan belajar atau privat bisa kamu lakukan. Banyak mahasiswa yang melakukan ini, dan banyak pula bimbingan belajar yang merekrut mahasiswa untuk menjadi salah satu tutor mereka. Kamu bisa mengatur sendiri jadwal kamu mengajar sesuai dengan jadwal kosong di antara jadwal perkuliahan yang ada. 


Spesialis Social Media

Bagi kamu yang aktif di dunia sosial media (sosmed), cobalah manfaatkan hal ini menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Banyak perusahan di luar sana yang akan membayar kamu untuk membuat profil jaringan sosial mereka. Kamu akan diberikan tugas untuk memposting segala informasi yang berkaitan dengan perusahaan dan berinteraksi dengan costumer, investor atau pihak lain di luar perusahaan melalui social media tersebut. Jika kamu memiliki keahlian khusus mengatasi permasalahan ketika server sedang down, tentunya ini akan menjadi nilai plus juga bagi kamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu seperti ini.


Recycle Barang

Jika kamu memiliki jiwa seni yang cukup tinggi, kamu bisa memanfaatkan beberapa barang yang tidak lagi kamu gunakan untuk di daur ulang agar menghasilkan sebuah produk yang unik dan bisa dijual. Misalnya saja ketika kamu pindahan kos, ada beberapa barang yang menjadi tidak terpakai karena adanya keterbatasan dari segi luas kamar seperti kursi. Kamu bisa “mendandani” kursi tersebut dengen mengecat ulang atau berikan beberapa hiasan yang bisa membuatnya menjadi lebih unik. Kalau sudah jadi, kamu bisa menawarkan produk tersebut ke toko teman-teman, furniture, mempostingnya di media sosial atau situs jual beli online.


Berjualan di Pameran

Kamu mampu berkreasi menghasilkan suatu produk misalnya aksesoris seperti kalung, gelang, cincin, dan lain sebagainya? Cobalah untuk menjual produk kamu ini di pameran, festival atau acara sosial. Setiap kota biasanya memiliki acara seperti ini dengan membuka stand di tengah acara mereka. Kamu yang berjiwa bisnis, pastinya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan seperti ini. Pendapatan yang diperoleh pun biasanya cukup fantastis, karena biasanya banyak orang di berbagai acara di sana. Seperti pendapat beberapa orang yang mengatakan, “Asal ada keramaian orang, kamu jual apa saja di sana pasti akan laku.” Dan tentunya pekerjaan seperti ini sifatnya musiman, sehingga kamu tidak perlu harus melakukannya setiap hari.


Menjadi Fotografer atau videografer

Akhir-akhir ini sudah banyak orang yang memiliki kamera DSLR, padahal dulu biasanya barang tersebut hanya dimiliki oleh fotografer yang profesional. Kamu bisa memanfaatkan barang tersebut untuk menjadi freelancer fotografer atau videografer untuk acar pernikahan, wisuda, konser, acara sekolah dan lain sebagainya. Kamu hanya butuh untuk mempelajari beberapa teknik agar hasil kerjaanmu tidak kalah bagusnya dengan mereka yang sudah profesional. Yang enak adalah jam kerjanya yang bisa kamu pilih sendiri, dan tidak akan mengganggu kegiatan belajar.


Menjadi seorang programmer freelance

Pekerjaan yang satu ini membutuhkan beberapa keahlian dalam pemograman komputer. Atau mungkin memang kamu memiliki minat dan pengetahuan di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba. Banyak perusahaan yang mempekerjakan pengembangan web atau pengembangan aplikasi mobile. Kamu bisa memanfaatkan salah satu bidangnya untuk mendapatkan uang saku lebih.


Kamu bisa melakukan perbaikan rumah

Hampir setiap kontraktor untuk perbaikan rumah mempekerjakan mahasiswa untuk melukis rumah, meletakkan karpet, memasang bathub, dan pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan desain atau tata letak ruangan. Biasanya kamu menjadi bawahan seseorang yang ahli di bidangnya dan memiliki lisensi yang baik. Mereka akan membayar kamu sepanjang tahun, sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak memperoleh penghasilan di akhir musim.


Menjadi Volunteer

Banyak sekali tawaran untuk menjadi relawan berbagai acara, dan beberapa di antaranya memberikan fee yang cukup menjanjikan untuk kamu. Besar kecilnya pendapatan tentunya tergantung seperti apa acaranya. Misalnya, kamu bisa menjadi LO (liasion organizer), atau membagikan brosur di acara konser musik. 


Menjadi pengasuh hewan peliharaan

Di luar negeri sana, banyak orang yang memang sangat concern menjaga hewan peliharaan mereka seperti kucing dan anjing. Mereka yang memiliki uang lebih, tidak segan-segan untuk menitipkan hewan peliharaan mereka ketika mereka akan bepergian. Jika kamu sudah memiliki pelanggan tetap, kamu tidak perlu lagi khawatir, karena akan ada orang yang siap menghubungi kamu kapan saja untuk mengurus hewan peliharaan mereka.


Menjadi promotor atau marketer

Banyak pekerjaan yang mempromosikan produk kepada masyarakat. Pengalaman ini akan memberikan banyak manfaat bagi kamu untuk bersosialisasi dengan orang banyak. Biasanya waktu bekerja di saat ada event tertentu dengan mendirikan stand dan membagikan brosur, agar konsumen mengenal produk yang kamu tawarkan dan tertarik untuk mengunjungi stand, bahkan membeli produk tersebut.

Salam berkuliah.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top