3 Hal Penting yang Sering Diabaikan oleh Mahasiswa

Berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan sampai lulus? Ada berapa jumlah jurusan yang ditawarkan? Bagaimana peluang kerja yang didapatkan...

Berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan sampai lulus? Ada berapa jumlah jurusan yang ditawarkan? Bagaimana peluang kerja yang didapatkan oleh alumni dari suatu universitas? Bagaimana presentase kelulusan mahasiswanya? Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali terdengar klise. Berkali-kali, orang menanyakan hal yang sama ketika mereka mencari perguruan tinggi.



Pertanyaan-pertanyaan klise tersebut memang penting untuk ditanyakan ketika kamu sedang memilih perguruan tinggi. Kamu perlu tahu berapa biaya yang perlu dikeluarkan supaya kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Kamu perlu tahu juga jumlah jurusan karena akan mempengaruhi kamu dalam menjatuhkan pilihan. Dan yang dinilai paling penting untuk ditanyakan adalah bagaimana peluang kerjanya kelak.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang sering kali dilupakan oleh mahasiswa ketika memilih perguruan tinggi? Padahal, poin-poin ini juga cukup penting untuk kamu ketahui sebelum kamu memilih universitas. Bahkan terkadang baru disadari ketika kamu sudah setengah perjalanan menempuh kuliah. Nah, nggak mau kan menyesal di kemudian hari? Maka dari itu, perhatikan hal-hal penting yang kadang dilupakan oleh sebagian besar orang berikut ini.

Ada 3 poin penting yang kadang dilupakan oleh mahasiswa. Apa saja itu? Yuk, simak baik-baik ulasannya berikut ini:


Jumlah komputer yang bisa digunakan di perpustakaan dan laboratorium

Pernah nggak sih mengalami laptopmu dicuri orang? Atau mungkin rusak? Atau mungkin sedang berada di tempat reparasi? Terus, bagaimana kamu mengerjakan tugas-tugas kalau komputermu tidak ada di tanganmu? Nah, ini dia pentingnya universitas menyediakan fasilitas berupa komputer untuk mahasiswanya. Jika universitas menyediakan komputer untuk mahasiswanya, kamu bisa memanfaatkan komputer-komputer itu jika milikmu sedang tidak bisa digunakan.

Masalah berikutnya adalah berapa sih jumlah komputer yang disediakan oleh universitas untuk mahasiswanya? Jumlah mahasiswa dalam satu universitas tidak bisa dihitung dengan jumlah jari kita. Ada ribuan mahasiswa yang sama-sama memiliki hak untuk menikmati fasilitas yang diberikan pihak universitas. Maka dari itu, penting sekali untukmu mengetahui ada berapa jumlah komputer yang bisa digunakan di perpustakaan atau juga di laboratorium.

Bagaimana caranya mengetahui jumlah komputer yang bisa digunakan? Ketika kamu melakukan kunjungan universitas, pastikan kamu melihat berapa jumlah komputer yang kosong atau tidak digunakan ketika suasana perustakaan atau laboratorium sedang dalam keadaan ramai. Jika ada cukup banyak komputer yang tidak digunakan, maka universitas sudah menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Tetapi, jika tidak ada komputer yang kosong atau dalam arti semua komputer dipakai oleh mahasiswa, itu artinya universitas tidak menyediakan fasilitas yang seimbang dengan jumlah mahasiswa.

Benar bukan, kalau hal sepenting ini sering dilupakan oleh mahasiswa ketika memilih universitas? Bisa jadi mereka memang mempertimbangkan keberadaan fasilitas elektronik seperti komputer, akan tetapi sering dilupakan berapa jumlah dari komputer itu. Kadang kalau sudah tahu bahwa ada komputer orang akan berpikir ‘Oh…berarti lengkap ya fasilitasnya ada komputer juga,’. Padahal belum tentu jumlah komputernya seimbang dengan jumlah mahasiswa yang menggunakannya.

Selain jumlahnya, perhatikan pula kualitas komputernya. Apakah komputer bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Percuma saja jika jumlahnya banyak tapi tidak berfungsi dengan baik, misalnya sering rusak atau terkena virus yang malah bisa mengancam keberadaan tugas-tugasmu. Pastikan juga komputer-komputer itu memiliki koneksi internet yang disediakan universitas. Koneksi internet bisa menjadi poin lebih untuk kamu mempertimbangkan suatu universitas. Karena tampaknya jaman sekarang ini, internet telah menjadi kebutuhan pokok setiap mahasiswa. Iya, kan?


Tersedianya tempat tenang untuk belajar

Sadar nggak sih kalau kamu memerlukan tempat yang tenang di mana kamu bisa sendiri dan belajar dengan nyaman? Adakah tempat tersebut di kampusmu? Apakah universitas menyediakan tempat semacam ini untuk mahasiswanya?

Tempat yang tenang seperti ini sangat penting terutama untuk mahasiswa baru. Apalagi jika kamu sebagai mahasiswa baru yang tidur sekamar dengan teman asrama. Kamu tidak bisa belajar dengan tenang di kamarmu sendiri, karena mau tidak mau akan selalu ada orang lain di kamar yakni teman sekamarmu. Mungkin dia memang tidak mengganggu, tapi secara tidak langsung konsentrasimu akan terpecah jika ada orang lain di sekitarmu saat kamu butuh ketenangan untuk belajar.

Bagaimana? Hal penting semacam ini juga pasti sering dilupakan, bukan? Kebanyakan orang hanya akan menanyakan bagaimana suasana kelas atau ruangan kuliah yang digunakan. Apa saja fasilitas yang disediakan di ruang kelas tersebut. Padahal, untuk belajar mahasiswa tidak hanya membutuhkan ruang kelas di kampusnya, tetapi juga tempat pribadi yang tenang yang dapat mengajak kamu untuk konsentrasi penuh.

Seandainya saja pihak kampus sudah menyediakan tempat semacam ini di lingkungan kampus, usahakan kamu melihatnya ketika kamu mengikuti kunjungan universitas. Amati ruangan yang disediakan oleh pihak kampus tersebut. Apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu bayangkan atau belum. Jangan lupa perhatikan juga ada berapa ruangan khusus untuk belajar seperti ini yang ada di kampus. Jangan-jangan terlalu sedikit sampai-sampai kamu kesulitan untuk memakai ruangan tersebut ketika akan belajar.


Kualitas pelayanan kesehatan untuk mahasiswa

Tidak ada yang bisa menjamin kamu akan selalu sehat selama mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus. Bisa saja tiba-tiba kamu jatuh sakit dan membutuhkan perawatan. Bagaimana peranan pihak kampus jika hal seperti ini terjadi padamu? Fasilitas apa yang mereka sediakan untuk mengatasi hal-hal semacam ini?

Pernah tidak, pertanyaan seperti ini terlintas di pikiranmu? Jarang, bukan? Karena biasanya orang tidak akan berpikir sampai jauh, sampai ke kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba. 

Jika universitas menyediakan pelayanan kesehatan untuk mahasiswanya, perlu kamu ketahui lebih lanjut bagaimana kualitas pelayanan kesehatan tersebut. Apakah sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan untuk kuliah di universitas tersebut? Apakah fasilitas kesehatan yang disediakan pihak kampus bisa mencakup semua bentuk keadaan emergency yang bisa saja menyerang kondisi kesehatanmu?

Ada banyak hal yang perlu kamu tanyakan lebih lanjut tentang ketersediaan layanan kesehatan yang disediakan pihak kampus untukmu. Misalnya, tanyakan ada berapa jumlah dokter yang bekerja di sana. Sama seperti jumlah komputer tadi, jika jumlah dokternya terlalu sedikit sehingga tidak seimbang dengan jumlah mahasiswanya, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk mencari universitas lain yang memberikan layanan kesehatan lebih baik. Kemudian tanyakan pula apakah ada biaya tambahan jika kamu ingin menggunakan layanan kesehatan yang disediakan pihak kampus.

Sadar atau tidak, ketiga hal tersebut adalah poin penting yang justru paling sering dilupakan oleh mahasiswa. Terkadang hal-hal detail seperti ini malah menjadi pertimbangan akhir dalam memilih universitas, atau bahkan malah sama sekali tidak menjadi pertimbangan. Jangan sampai kamu salah memilih universitas dan menyadari bahwa universitasmu ternyata tidak memberikan fasilitas yang memadai seperti yang kamu inginkan. Jadi, berhati-hatilah dalam mempertimbangkan universitas mana yang akan kamu pilih.

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,24,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 3 Hal Penting yang Sering Diabaikan oleh Mahasiswa
3 Hal Penting yang Sering Diabaikan oleh Mahasiswa
http://3.bp.blogspot.com/-eR3y9wsz7vU/VFMTiHZZ4WI/AAAAAAAAErc/rhvI3PBY5es/s1600/nn.png
http://3.bp.blogspot.com/-eR3y9wsz7vU/VFMTiHZZ4WI/AAAAAAAAErc/rhvI3PBY5es/s72-c/nn.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/3-hal-penting-yang-sering-diabaikan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/3-hal-penting-yang-sering-diabaikan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy