Artikel Terbaru

5 Cara Cerdas Mempersiapkan Diri untuk Ujian Akhir

Apakah tinggal menghitung hari lagi kamu akan menghadapi ujian akhir? Itu berarti bahwa sudah waktunya kamu untuk mulai mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. Jika kamu mengambil banyak jumah sks dan mata kuliah di semester tersebut, maka tentu ada banyak tugas dan beban yang harus kamu hadapi. Apalagi ketika akan ujian, tentunya akan ada banyak materi yang harus kamu pelajari dan kuasai.

Image Credit
Nah, berikut ini adalah 5 cara untuk membantu kamu dalam mempersiapkan diri agar bisa sukses dalam menjalani ujian akhir: 


Luangkan waktu belajar untuk tes yang paling berat 

Tidak semua ujian akhir dan makalah berbobot sama. Pastikan kamu tahu berapa persen setiap kertas atau ujian akhir memberikan kontribusi untuk nilai semester kamu. Ini akan memberikan beberapa perspektif tentang berapa banyak waktu yang harus kamu habiskan untuk belajar pada masing-masing mata kuliah. 


Fokuskan waktumu pada mata kuliah yang sulit

Jika kamu mengambil mata kulaih yang tergolong mudah, maka kamu jelas tidak perlu menghabiskan banyak waktu belajar untuk kelas itu. Sebaliknya, kamu perlu menghabiskan sebagian besar waktu belajar kamu untuk mata kuliah yang sulit.


Gunakan waktu untuk meninjau catatan kelas sejak dini 

Jangan terlalu santai dalam menjalani perkuliahanmu sehari-hari. Lebih baik kamu menghabiskan setidaknya waktumu di kelas selain mendengar dosen juga untuk sekaligus membuat catatan.

Fokuskan pada point-point yang penting, dan lihat silabus untuk mempersempit bidang utama untuk kamu pelajari sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak wantumu. Hanya dengan meninjau semua catatan kelas, kamu akan mendapatkan gambaran yang baik dari materi tertentu yang harus kamu pelajari. Hal ini dapat membuat otak kamu mengenal ringkasan tentang segala sesuatu yang telah kamu pelajari pada semester tersebut.


Mengatur kelompok belajar 

Kebanyakan siswa menunggu sampai menit terakhir untuk membentuk kelompok belajar. Dan pertemuan-pertemuan kelompok sering berubah menjadi sesi belajar cepat atau kita kenal dengan sistem sks. Untuk menghindari hal ini, atur kelompok belajar kamu pada awal-awal semester sehingga kamu sempat untuk mempelajari catatan kelas dan hal-hal yang perlu untuk dipelajari bersama-sama. Kamu dan temanmu akan merasa seperti sedang melakukan sebuah permainan jika kamu mulai kelompok belajar sejak sekarang, dan tentunya juga menjadi salah satu cara untuk menjauhkanmu dari stress ketika menjelang dan mendekati masa-masa ujian.  


Desain jadwal belajar, dan patuhi jadwal tersebut

Sebenarnya kamu perlu membuat komitmen untuk menghabiskan setidaknya satu jam seminggu (per mata kuliah) untuk fokus pada ujian akhir. Dengan menyisihkan waktu sekarang untuk fokus pada ujian akhir, kamu bisa mempersiapkan pikiran untuk hal-hal yang akan terjadi di depan, dan kamu juga akan menemukan hal-hal yang kurang kamu pahami. Ii juga akan memberikanmu banyak waktu untuk menanyakan hal yang kurang kamu pahami kepada dosenmu.


Well, demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dirimu untuk ujian akhir. Semoga dengan tips-tips ini bisa membantumu untuk kelancaran ujianmu. Selamat mencoba, dan good luck!

Salam berkuliah.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top