5 Jenis Beasiswa Amerika yang Layak Dicoba

Siapa sih, yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Apalagi, beasiswa kuliah di luar negeri. Meskipun mahasiswa baru memiliki kesempatan leb...

Siapa sih, yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Apalagi, beasiswa kuliah di luar negeri. Meskipun mahasiswa baru memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapat beasiswa, namun adalah anggapan yang salah jika kamu yang merupakan mahasiswa angkatan atas berpikir bahwa mereka (para mahasiswa baru) merupakan satu-satunya yang punya kesempatan untuk mendapatkan uang kuliah gratis yang berlimpah-ruah (mungkin sapai bisa buat mandi duit). Faktanya adalah hampir semua jenis mahasiswa aktif dari tingkatan berapapun, angkatan berapapun, dapat mengajukan lamaran beasiswa, terutama beasiswa untuk ‘transfer students’.



Apa itu istilah ‘transfer students’?

Biasanya, di beberapa negara (seperti Amerika Serikat dan Kanada), kamu bisa transfer dari satu universitas ke universitas lain selama masa studi kamu untuk memperoleh gelar. Sistem pendidikan di Amerika memiliki sistem kredit yang fleksibel, yang mana memungkinkan kredit yang telah diperoleh di satu institusi diakui di institusi lain, asalkan kriteria yang ditentukan terpenuhi.

Sebagian besar perguruan tinggi meminta mahasiswanya menyelesaikan masa studi selama satu tahun sebelum masuk ke universitas yang baru, namun ketentuan ini berbeda-beda tiap universitas satu dengan lainnya. Selain itu, sebagian besar perguruan tinggi meminta ketentuan residensi selama 2 tahun sebelum kelulusan. Artinya, kamu harus setidaknya belajar selama 2 tahun di universitas tersebut supaya bisa lulus dan memperoleh gelar. Transfer setelah 3 tahun masa studi biasanya sedikit sulit, namun bisa saja berbeda tiap universitas. Umumnya, mahasiswa transfer pada tahun kedua mereka, atau pada tahun ketiga ketika mereka tiba di universitas baru.

Lebih dari 1 juta siswa transfer ke college baru tiap musim gugur, dan sebagian siswa transfer saat tengah tahun pada awal semester musim semi. Sebagian dari siswa tersebut transfer dari community college ke college 4 tahun untuk menyelesaikan gelar sarjananya. Dan sebagian mulai studi di institusi 4 tahun, namun karena alasan pribadi, akademis atau keuangan mereka memutuskan untuk transfer ke college 4 tahun yang lainnya. Dan berikut ini adalah 5 jenis beasiswa mahasiswa transfer yang patut kamu lihat:


Beasiswa Transfer St. Edward’s University

Sejumlah beasiswa yang tersedia, diberikan untuk memasuki status mahasiswa transfer secara otomatis jika mereka memenuhi syarat. Hal ini terjadi di St. Edward’s University.

St. Edward’s University, yang terletak di Austin, Texas, memberikan sejumlah beasiswa untuk mahasiswa transfer sebesar $ 9.000 hingga $ 11.000 per tahunnya – diberikan bagi mereka yang mampu mempertahankan berprestasi. Kalau di Indonesia, namanya Bidik Misi. Untuk memenuhi syarat, kamu harus punya minimal IPK 3.0 pada satu semester terakhir dan 30 jam kredit perguruan tinggi (SKS). Kalau kamu memiliki kurang dari 30 SKS, transkrip nilai dan nilai tesmu tidak akan diakui. Tidak ada aplikasi beasiswa terpisah.


Beasiswa Transfer Program Sarjana Jack Kent Cooke Foundation

Jack Kent Cooke Foundation menawarkan hingga $ 30,000 per tahun untuk masing-masing 75 pemenang beasiswa tahunan. Jumlah pastinya tergantung pada biaya kuliah mahasiswa yang bersangkutan, tapi hal itu bertujuan untuk membiayai 2 atau 3 tahun kuliahmu. Pemenang dipilih karena berbagai faktor, termasuk prestasi dan kebutuhan, dan harus memenuhi persyaratan berikut ini:

Merupakan mahasiswa aktif atau baru lulus di sebuah perguruan tinggi atau college 2 tahun.
Berencana untuk mendaftar di program sarjana muda perguruan tinggi terakreditasi atau universitas pada musim gugur berikutnya.
Memiliki IPK sarjana 3,5 atau lebih tinggi.
Melampirkan kebutuhan keuangan.
Belum pernah mendaftar beasiswa ini sebelumnya.


Ada 2 tahap proses pengajuan aplikasi beasiswa ini, yang mana membutuhkan informasi akademik, surat rekomendasi, dan informasi keuangan. Batas waktu biasanya pada bulan November, dan pengumuman yang berhak mendaftar biasanya diberitahukan pada bulan April.


IIT Presidential Scholarship

Illinois Institute of Technology (IIT) di Chicago memberikan salah satu beasiswa untuk program transfer, yakni Beasiswa Presiden.

Pemenang beasiswa ini menerima $ 25.000 per tahun untuk biaya kuliah dan $ 5,000 per tahun untuk tempat tinggal. Persyaratannya, kamu adalah mahasiswa aktif undergraduate dari institusi yang memenuhi syarat (ada lebih dari 35 institusi tersebar secara internasional) dan memenuhi salah satu dari berikut: IPK 3,5 atau lebih tinggi, atau keanggotaan dengan Phi Theta Kappa Honor Society. Pemenang juga harus terlibat dalam komunitas sosial masyarakat.

Untuk mengajukan aplikasi beasiswa ini, kamu harus melengkapi formulir pendaftaran masuk IIT dan menyerahkan berikut: formulir Presiden Beasiswa, transkrip resmi (jika sudah ada), resume leadership dan esai yang diperlukan.


Beasiswa Transfer Phi Theta Kappa

Berada di Phi Theta Kappa Honor Society, pastinya akan mendapatkan fasilitas yang salah satunya adalah kamu sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan berbagai beasiswa transfer. Phi Beta Kappa Society sendiri merupakan masyarakat kehormatan tertua untuk seni liberal dan sains di Amerika Serikat.

Masyarakat kehormatan (honor society) menawarkan lebih dari selusin beasiswa untuk mahasiswa transfer setiap tahunnya - beberapa untuk musim semi, beberapa untuk musim gugur, dan beberapa berbasis regional. Nominal beasiswa yang didapatkan pun bervariasi, kadang-kadang akan sebesar $ 7.500, sesuai persyaratan pendaftaran. Kadang-kadang, kamu harus punya IPK sekitar 3,5 atau juga harus menjadi mahasiswa jurusan-jurusan tertentu, dan bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan beasiswa ini tanpa harus menjadi anggota, tentunya dengan persyaratan tertentu.


Beasiswa Transfer DeVry University College

DeVry University, yang menawarkan banyak gelar baik kelas online maupun secara langsung di kampus, memberikan sebuah penghargaan prestasi yang disebut Beasiswa College Transfer. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa transfer perguruan tinggi yang berniat untuk belajar baik untuk berasosiasi maupun untuk meraih gelar sarjananya. Beasiswa ini memberikan $ 2.250 per semester (hingga total $ 18.000), untuk mahasiswa yang belajar secara online maupun langsung di kampus di AS atau Kanada. Mendapatkan beasiswa ini membutuhkan setidaknya IPK 2,5 dan pendaftaran dalam setidaknya 9 SKS per semester. Untuk memenuhi persyaratan, kamu harus:

Telah mendaftar ke DeVry University (dengan penerima beasiswa jelas otomatis diterima).
Telah memiliki setidaknya 20 SKS (selama 2 - 4 tahun masa studi) yang bisa ditransfer.
Memiliki IPK minimal 2,8.
Tidak ada aplikasi terpisah.


Beasiswa ini sangat cocok untuk mahasiswa yang tertarik untuk mendapatkan gelar online, karena sekolah ini menawarkan begitu banyak gelar online.


Kelima beasiswa ini memberikan bukti yang cukup meyakinkan bahwa mahasiswa transfer memiliki berbagai kesempatan beasiswa yang memang disediakan untuk mereka dan bahwa beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa baru. Tapi, tentunya beasiswa di atas tersebut untuk mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di Amerika. Kalau kamu beruntung bisa kuliah di Amerika, barangkali bisa mencicipi kelima beasiswa tersebut. Keren sekali bukan, kalau kuliah kampusnya bisa pindah-pindah? Jadi, jangan hanya punya keinginan untuk menuntut ilmu sampai ke Negeri Cina saja. Tuntutlah ilmu sampai ke ujung dunia! 

Salam berkuliah.com!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 5 Jenis Beasiswa Amerika yang Layak Dicoba
5 Jenis Beasiswa Amerika yang Layak Dicoba
http://2.bp.blogspot.com/-7pqwG42fOsk/VDt345OqJXI/AAAAAAAAD38/GxzEDCHxCk0/s1600/Snap%2B2014-08-28%2Bat%2B22.44.15.png
http://2.bp.blogspot.com/-7pqwG42fOsk/VDt345OqJXI/AAAAAAAAD38/GxzEDCHxCk0/s72-c/Snap%2B2014-08-28%2Bat%2B22.44.15.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/5-jenis-beasiswa-amerika-yang-layak.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/5-jenis-beasiswa-amerika-yang-layak.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy