Artikel Terbaru

5 Jenis Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa

Kali ini, Berkuliah.com akan berbagi info tentang beberapa laptop yang cocok buat mahasiswa. Di era majunya teknologi dan multimedia seperti sekarang ini, tentunya laptop sudah menjadi kebutuhan tersendiri dan wajib untuk mahasiswa. 



Gimana nggak? Tiap ada tugas kuliah ngerjainnya pake laptop, bikin laporan pake laptop, searching pake laptop, kalau lagi senggang pengen nonton film di kos dan nggak punya tv nontonnya pake laptop, apalagi berstres-stres ria ngerjain tugas akhir juga pake laptop. Laptop sudah bagaikan pacar kedua setelah hape.

Di bawah ini, kamu bakal menemukan daftar laptop yang cocok banget buat kamu yang lagi kuliah. Daftar ini dikumpulkan buat yang suka laptop minimalis dan praktis, atau laptop yang rata-rata menjadi pilihan orang, gamer, maupun pecinta produk Apple.

Tentunya tidak disusun berdasarkan urutan peringkat terbaik sampai terburuk atau sebaliknya, masing-masing laptop memiliki fasilitas yang berbeda. Pilih sesuai kebutuhanmu, ya...


Acer C720 Chromebook 

Chromebook adalah sebuah perangkat kecil yang cukup menarik. Kamu enggak akan bisa menggunakan program seperti Microsoft Word atau Photoshop di laptop ini, tapi bisa menggunakan aplikasi Google yang menyediakan aplikasi office sejenis seperti Google Docs.

Nah, kalau kamu bukan seorang gamer kelas berat dan gak cinta mati sama Microsoft Office, laptop ini sangat cocok buat kamu. C270 sangat ringan sehingga laptop ini gampang buat dibawa ke kelas.

Selain itu, karena laptop ini merupakan perangkat yang cukup minimalis, prosesornya hampir nggak mengkonsumsi daya apapun. Ini artinya, laptop ini bakalan tetap nyala tanpa harus dicharge untuk kurang lebih 9 jam. Jelas keuntungan yang sangat besar kalau kamu lagi numpang wifi an di tempat yang nggak ada colokannya (atau kalau nggak, kamu gak kebagian colokan, dan ironisnya hal ini sering terjadi). 

Kalau kamu adalah tipe orang yang cuma buka laptop karena ada hal penting yang emang harus dikerjakan, laptop ini adalah perangkat yang cocok buat kamu.

Spesifikasi:

- Built-in dual band Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
- Intel Celeron 2955U 1.4 GHz (Haswell micro-architecture)
- 16 GB Solid-State Drive
- 11.6-Inch Anti-Glare Screen, Intel HD Graphics
- HDMI port, 8.5-hour battery life


ASUS Chromebook C300MA-DB01 

Nah, ini adalah jenis Chromebook lain yang punya rating tinggi. Yang membedakan ASUS Chromebook ini dengan Acer C720 Chromebook adalah layarnya yang sedikit lebih besar daripada C720, yaitu 13,3 inch. Selain itu, laptop ini juga punya daya tahan baterai yang lebih baik, sekitar 10 jam dan kualitasnya lebih substansial. 

Di sisi lain tentu saja biayanya sekitar USD 50 lebih mahal daripada C720. Namun, prosesornya agak lebih lambat daripada C720. Walaupun kamu nggak bakal terlalu banyak masalah kalau hanya memakai laptop ini untuk browsing (asal nggak terlalu banyak buka tab browser aja). Keyboard ASUS cukup luas dan sempurna untuk segala jenis jurusan yang mahasiswanya sering dapet tugas nulis essay tiap minggu.

Spesifikasi:

- 10-Hours battery life
- 802.11ac wireless
- Intel BayTrail-M N2830 Dual Core 2.16 GHz processor (turbo up to 2.41 GHz)
- 16 GB solid state storage. 13.3″ HD LED display
- 1.2MP camera. 1x USB 3.0, 1x USB 2.0, HDMI, SD card slot (SDXC), Bluetooth 4.0


HP ProBook 450 G1 

Kali ini bukan lagi Chromebook. Kita akan memasuki dunia perangkat yang didukung Windows. ProBook adalah laptop minimalis yang memiliki sistem operasi Windows 7. Bisa di upgrade ke Windows 8 tapi performanya tidak akan begitu bagus. 

Nah, kalau kamu nggak suka harus ngerjakan segala sesuatunya dengan internet melalui Google Chrome, perangkat ini merupakan laptop yang akan memiliki penjualan terbaik yang menjalankan Microsoft Word, dan kamu bisa melakukan hampir semua yang perlu dilakukan tanpa harus menguras habis isi dompetmu.

Di sisi lain, laptop ini nggak akan bisa menjalankan game-game baru dengan baik karena pengaruh chip grafis Intel yang telah terintegrasi. Kalau bukan seorang gamer atau bukan tipikal orang yang bakal menguras daya baterai laptop, perangkat ini tentunya cocok buat kamu. 

Perangkat ini dibekali prosesor Core i3 yang cukup familiar. Kalau cuma sekedar untuk browsing internet, nonton video, atau nulis makalah kayaknya nggak bakal bermasalah.

Spesifikasi:

- Intel Core i3 4000M (2.4GHz)
- 4GB Memory 500GB HDD
- Intel HD Graphics 4600
- 1366 x 768
- Windows 7 Home Premium 64-bit
- DVD+/-RW


ASUS ROG G56JK-EB72 

Para gamer, berbahagialah!

Laptop ini merupakan laptop gaming ultrabook produksi ASUS. Daya baterainya lumayan lama, desainnya ramping dan ringan. Perangkat ini adalah “mesin” yang akan kamu butuhkan kalau kamu adalah seorang gamer serius (dan tidak ingin membawanya untuk sekedar main di asrama kampusmu) atau juga untuk kamu yang butuh aplikasi berat untuk ngerjakan tugas jurusanmu (jurusan teknik misalnya). 

Walaupun mahal banget, tapi masih lebih murah ribuan dollar lebih murah daripada laptop yang akan dibahas berikutnya.

Spesifikasi:

- Intel Core i7 4710HQ (2.50GHz)
- 12GB Memory 1TB HDD
- NVIDIA GeForce GTX 850M 2GB GDDR3
- 1920 x 1080
- Windows 8.1 64-Bit
- DL DVD+-RW/CD-RW


Apple MacBook Pro dengan Retina Display 

Bagi kamu penggemar produk Apple, maka inilah perangkat untukmu. Mahal. Itu pasti. Tapi bisa diakui kualitas perangkatnya luar dalam. Bukan hanya perangkat yang terlihat sangat berkelas, tapi kamu juga akan mendapatkan hardware dan software tingkat atas. 

Meskipun bisa beli laptop untuk harga yang lebih murah (lihat nomor 4), yang menarik dari perangkat ini adalah kamu bisa memilih warnanya. MacBook sangat ringan dan cukup awet selama bertahun-tahun kalau kamu tahu perawatan yang tepat. 

Spesifikasi:

- Intel Core i5 2.60GHz (4th Gen Haswell)
- 8GB Memory 512GB PCIe-Based Flash Storage SSD
- Integrated Intel Iris Graphics
- 2560 x 1600
- Mac OS X v10.9 Mavericks


Terakhir, ada kesamaan tema umum yang diusung kelima laptop dalam daftar di atas. Kecuali kamu cukup gila, sengaja pergi ke mana-mana dengan laptop raksasa ukuran 17,3 inch hanya karena kekuatan chip grafisnya. Saat memilih laptop untuk kuliah, kamu pastinya lebih mempertimbangkan kemudahan dengan memilih ukuran laptop yang portabel yang lebih mudah dibawa ke mana-mana. 

Kamu nggak bakal tahu kalau ketika jam kuliah atau belajar kelompok tiba-tiba laptop menjadi sangat dibutuhkan, dan ketika hal ini terjadi, kamu pastinya ingin laptop yang ringan dan mudah dibawa.

Kedua, semua perangkat di atas tersebut memiliki prosesor yang lebih dari mampu untuk melakukan pekerjaan kuliah dasarmu, seperti mengetik essay, melakukan penelitian, dan ‘menunda-nunda’ kerjaan, meskipun barangkali kamu juga kemungkinan butuh perangkat yang lebih powerfull daripada tiga pilihan laptop pertama dalam daftar.

Kalau kamu seorang gamer, atau kamu dari jurusan yang menuntut spesifikasi laptop yang lebih tinggi dalam mengerjakan tugas. Selamat berburu laptop!

Salam berkuliah.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top