Artikel Terbaru

6 Cara Belajar Unik Mempersiapkan Ujian

Banyak orang yang merasa kesulitan ketika akan menghadapi suatu ujian. Ada yang menganggap ujian itu sangat berat karena materi yang perlu dihafalkan sangatlah banyak. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan agar proses belajar menjadi menyenangkan.



Untuk bisa membuat belajar menjadi menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

Keragaman warna  

Otak manusia memiliki banyak fungsi seperti berpikir, mengingat, menghitung dan sebagainya. Saat mendapatkan pelajaran baru, kamu pasti akan mencatat hal tersebut di selembar kertas agar kamu tidak lupa dengan ilmu baru tersebut. Kamu biasanya akan menuliskan catatan kamu menggunakan warna hitam yang memang sudah ada di dalam pensil atau pena yang kamu gunakan. Namun, warna hitam tersebut bisa membuat kamu bosan karena catatan kamu akan terkesan monoton dan tidak menarik. Untuk membantu kamu mengingat suatu ilmu baru, kamu bisa menulisnya dengan waran-warna lain selain hitam. Kamu bisa menggunakan pena berwarna yang memiliki warna berbeda untuk menyorot atau menulis bagian penting yang ada dalam catatan kamu. 

Hasil penelitian juga membuktikan jika warna yang berbeda-beda mampu berpengaruh secara nyata kepada suasana hati kamu. Dengan mengubah warna dari dari pena hitam yang membosankan dengan warna yang lebih cerah, maka proses belajar kamu akan menjadi lebih menarik.  Belajar dengan mengunakan warna yang berbeda akan menjadi pengalaman belajar yang lebih positif. Selain membantu otak untuk menghafal suatu ilmu baru, dengan melakukan hal ini, kamu juga bisa melatih diri untuk menjadi orang yang lebih kreatif. Melakukan hal yang kreatif sambil belajar akan sangat membantu kamu dalam menghadapi ujian nanti. Dengan warna, kamu akan lebih mudah dalam memilah dan menvisualisasikan suatu catatan. Hal ini akan membantu mengasah bakat visual kamu, dan akan membantu kamu dalam mengubah tugas tersebut menjadi suatu bentuk  seperti gambar, diagram, grafik atau tabel. Grafik yang menarik akan menarik mata untuk membacanya. 


Mendengarkan musik  

Bagi kamu yang suka mendengarkan musik, kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik. Musik yang digunakan juga bukan sembarang musik, tapi musik yang kira-kira mampu membuat rileks otak. Jika kamu adalah orang yang kreatif, kamu bisa saja mengubah catatan menjadi sebuah lirik lagu sehingga kamu bisa menghafalnya dengan mudah. Lagu yang sering dinyanyikan berulang-ulang tentu akan memudahkan kamu dalam belajar, karena kamu akan terus menyanyikannya. Jika kamu tidak bisa membuat lagu baru, kamu bisa mencoba belajar dengan satu lagu untuk satu ilmu. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak akan hanya merasa senang, tapi juga akan merasa lebih mudah mengingat. Karena saat kamu mendengarkan musik tersebut, kamu akan mengingat ilmu yang kamu pelajari.  


Gunakan aplikasi blocking Internet

Internet bisa sangat membantu kamu dalam belajar. Internet bisa membuat kamu belajar banyak hal dalam waktu yang relatif cepat. Kamu bisa memilih bahan bacaan dari berbagai belahan dunia. Namun, dibalik keutungan tersebut, internet juga mampu membuat kamu terlena. Saat kamu terlalu asik menggunakan internet, kamu bisa saja hanya bermain game atau membuka situs lain yang tidak ada hubungannya dengan ilmu yang sedang kamu pelajari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa memblok sementara beberapa situs agar kamu bisa fokus kepada ilmu yang sedang kamu dalami. Bila kamu terlalu banyak membuka situs yang tidak ada hubungannya dengan ilmu kamu, maka kamu hanya akan membuang-buang waktu dengan percuma, dan hal tersebut akan merugikan kamu saat menjelang ujian. 


Pakai bantuan teknologi 

Teknologi semakin berkembang, dan alat untuk membantu kamu dalam belajar juga semakin banyak. Dengan banyaknya alat bantu belajar, kamu bisa memaksimalkan waktu belajar. Kamu bisa merekam saat kuliah atau materi lain dengan cepat, dan kamupun bisa mendengar  ulang saat tiba di rumah. Salah satu program yang bisa kamu coba gunakan adalah Audacity. 

Audacity dapat membantu kamu  untuk merekam segala jenis file audio, sehingga akan sangat membantu kamu dalam merekam audio dan video. Dengan program ini, kamu dapat melihatnya gerakanya 2 kali lebih cepat, dengan catatan kamu bisa mengikutinya. Menu efek yang diberikan oleh program Audacity akan membuat kamu kagum karena memiliki kecepatan yang berbeda, dan kamu bisa menyesuikannya sendiri. Gerakan serta irama yang sesuai akan membantu kamu dalam belajar nanti, dan ini bisa jadi pengamalan belajar yang menarik.


Tantang diri sendiri 

Saat kamu akan menghadipi suatu ujian, kamu perlu untuk menantang diri kamu sendiri. Proses menantang ini akan melihat seberapa besar kemampuan kamu dalam menghadapi suatu soal. Kamu dapat memberikan motivasi pembangkit semangat agar menjadi orang yang lebih baik. Kamu bisa membuat kesepakatan dengan diri kamu sendiri seperti “Jika aku bisa membaca 20 halaman lagi, maka aku bisa makan beberapa yoghurt beku”. Atau “Setelah aku menyelesaikan semua tugas ini, aku bisa menonton film favoritku”. Jika kamu masih merasa sulit, kamu harus berusaha keras untuk fokus dan menyerap ilmu baru kamu. Segala sesuatu yang dipaksakan memang tidak baik, sehingga kamu bisa beristirahat sejenak dengan makan cemilan atau minum sesuatu. Adanya sedikit aktivitas lain, maka kamu bisa sedikit rileks dan tidak terlalu kaku dalam belajar.


Menonton situs Youtube

Ilmu bisa didapat dari mana saja baik membaca buku, mendengarkan radio, ataupun menonton video. Di era yang modern ini kamu bisa menonton banyak video edukatif melalui stus youtube. Di situs ini kamu bisa kamu bisa lebih jelas untuk memahamkan materi kuliahmu. Dengan video yang menarik, kamu bisa menjadikannya sebagai sumber belajar. Sumber belajar yang menarik akan merangsang otak kamu untuk mengingat lebih banyak hal. Dengan adanya video yang menarik, materi-materi yang kamu rasa sulit untuk diingat akan berubah menjadi materi yang sangat gampang untuk diingat, karena kamu bisa dengan mudah memvisualisaskan materi tersebut. 

Salah satu contoh pelajaran yang bisa menggunakan cara ini adalah pelajaran sejarah. Kamu bisa melihat langsung cerita sejarahnya dan bisa melihat perjuangan yang dilakukan, sehingga kamu dapat memvisualkan ilmu kamu dan memiliki imajinasi yang berkembang lebih banyak dibandingkan dengan ilmu yang kamu dapat dengan hanya membaca sebuah buku. Video yang ditonton juga bisa dipilih yang tidak terlalu lama, bisa dipilih antara 10 hingga 15 menit saja. 

Itulah beberapa cara belajar yang bisa kamu digunakan untuk memberi kemudahan dan memperlancar proses kamu dalam menjalani ujian. Belajar seharusnya tidak membuat kamu semakin sulit dan membuat kamu jenuh. Untuk mencegah kebosanan, kamu bisa melakukan kegiatan belajar yang lain daripada yang biasanya, sehingga kamu akan mendapat ilma baru dengan cara yang unik. Selamat mencoba!

Salam berkuliah.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top