7 Manfaat Berkuliah di Luar Negeri

Berada di akhir semester di SMA tentunya akan membuat kamu cukup galau untuk memilih akan melanjutkan ke mana pendidikan kamu nantinya. Be...

Berada di akhir semester di SMA tentunya akan membuat kamu cukup galau untuk memilih akan melanjutkan ke mana pendidikan kamu nantinya. Begitu banyaknya tawaran perguruan tinggi, tidak ada salahnya jika kamu melirik perguruan tinggi yang berada di luar negeri. Kamu akan mendapat banyak kelebihan jika mengambil kesempatan berkuliah di luar negeri, dibandingkan dengan di dalam negeri. Bukan berarti pendidikan yang ada di dalam negeri tidak baik, namun ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapat kesempatan untuk bisa berkuliah di negari orang. Banyak hal positif yang bisa kamu dengan memilih pendidikan di tempat yang berbeda dan baru buatmu. 

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berkuliah di luar negeri:  

Dapat mengenal perbedaan kultur di setiap negara

Dengan diadakannya pertukaran pelajar/mahasiswa dari berbagai negara, menjadi jembatan antar warga untuk mengenal perbedaan kultur dan budaya negara masing-masing. Jika setiap tahun banyak sekali terdapat pertukaran mahasiswa, hal ini dapat memperbaiki hubungan antar setiap negara di berbagai aspek sosial dan ekonomi, khususnya bidang pendidikan. Melalui program pertukaran ini, diharapkan masing-masing kontingen dapat  memahami perbedaan yang ada. Oleh karena ini, ada banyak mahasiswa asing yang ikut mempelajari kebudayaan negara tempat mereka mengenyam pendidikan.

Di saat kamu mendapat kesempatan kuliah di negara orang, maka secara otomatis kamu juga harus membiasakan diri untuk mengikuti peraturan dan adat istiadat wilayah setempat. Setidaknya setiap hal baik dari negara tersebut dapat kamu tanamkan di dalam dirimu dan dijadikan kebiasaan yang baik pula.


Menambah teman baik dari negara lain

Saling berkenalan di saat perkuliahan ataupun pertemuan secara tidak sengaja di suatu tempat, misalnya perpustakaan atau laboratorium pastinya akan menjadi ajang perkenalan bagi mahasiswa asing yang tinggal di negeri orang. Jika kamu adalah pribadi yang mudah bergaul, maka kamu akan dengan mudah mendapatkan banyak teman. 

Hal ini sangat diperlukan apabila kamu tinggal di tempat yang sama sekali belum pernah kamu kunjungi, karena dengan memiliki teman baik, maka kamu dapat dengan cepat menganal lingkungan sekitar. Saat ingin bepergian ke tempat-tempat wisata di wilayah tersebut, kamu bisa pergi bersama dengan teman kampus di saat liburan akhir pekan atau masa libur semester. Biasanya manfaat dari pertemanan yang baik ini, baru akan terasa sangat bermanfaat ketika menjelang perkuliahan usai dan mahasiswa sibuk untuk mengurus tugas akhir serta proses kembali ke negeri masing-masing. Pasti kamu akan merasakan perpisahan sementara itu sebagai awal pertemanan abadi kamu dan temanmu di masa-masa selanjutnya.


Banyak mempelajari hal baru

Banyak hal baru yang kamu dapatkan ketika kuliah, atau bahkan tinggal dan menetap di daerah asing yang belum pernah kamu singgahi. Bagi kamu yang memiliki hobi travelling dan bersikap terbuka dengan hal-hal baru, tentu saja hal itu akan sangat menyenangkan. Begitu pula bagi kamu yang tadinya tidak memiliki hobi seperti itu, tetap saja hal itu akan menjadi sesuatu yang mengagumkan apabila kamu dapat berada di lingkungan yang baru dan menuntut kamu untuk mempelajari segala macam seluk beluk kegiatan di dalamnya. Pasti kamu akan tetap dapat merasakan nikmat dan nyaman bisa memperoleh pengalaman tersebut.


Hidup mandiri

Terbiasa mengurus segala sesuatu sendiri saat kamu tinggal di negara lain akan  membuat dirimu lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Hal ini akan membiasakan dirimu untuk bersikap cekatan dan baik untuk mengurangi resiko kelalaian dalam melakukan sebuah tindakan. Orang yang telah mampu hidup mandiri, biasanya akan lebih mudah beradaptasi untuk menyelesaikan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya dengan tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan. Tentu saja hal ini akan berpengaruh positif yang berhubungan dengan bidang pekerjaan apapun itu.


Meningkatkan jenjang karir

Dalam mencari pekerjaan setelah selesai berkuliah, biasanya lulusan dari luar negeri menjadi pertimbangan khusus. Namun, bukan berarti 100% akan diterima di perusahaan dan secara otomatis mendapat jabatan tinggi. Dengan adanya pernyataan bahwa kamu pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, setidaknya pihak perusahaan pasti mengetahui bahwa kamu memiliki kelebihan berbahasa asing. Di samping itu juga banyak kriteria lainnya yang diperhitungkan, seperti pengalaman dan juga keterampilan lain yang kamu miliki. Apalagi jika perguruan tinggi yang kamu pilih termasuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik sedunia yang kualitas lulusannya sudah terjamin secara internasional, niscaya kamu akan menjadi “rebutan” para pemberi kerja nantinya.


Menambah pengalaman

Sebuah pengalaman yang amat berharga apabila kamu bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Pastinya orang tua turut bangga dan bahagia apabila anaknya dapat menempuh pendidikan dan berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Pengalaman yang didapat tentu saja berbeda dengan mahasiswa lain yang tidak memiliki kesempatan kuliah di luar negeri. 

Salah satu pengalaman yang paling berharga ialah ketika kamu berani untuk tampil saat mempresentasikan tugas kamu dengan berbahasa asing dan diuji serta ditonton langsung oleh profesor ahli/penguji, pastinya perasaan kamu akan menjadi tak karuan. Hal tersebut akan memperkaya pengalaman serta kemampuan kamu dalam bidang ilmu yang kamu pelajari, setelah kamu dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh penguji. 


Menjelajah tempat baru

Bepergian ke tempat baru pasti akan sangat menyenangkan, apalagi berlibur di luar negeri. Sungguh sebuah impian yang dapat terwujud apabila kamu berkesempatan kuliah di luar negeri. Menjelajahi tempat baru seperti museum, tempat rekreasi, taman atau apapun yang menjadi tujuan wisata para pelancong dunia, akan menjadi sesuatu yang membahagiakan. Apalagi hal tersebut bisa didapat secara gratis di sela-sela waktu liburan kuliahmu. Hal tersebut juga dapat menambah wawasan kamu tentang wilayah yang kamu kunjungi. Mulai dari mengenal peradaban, lingkungan sosial, serta pemahaman kamu tentang letak dari tempat yang dapat dijadikan objek wisata disaat kamu merekomendasikan ke orang lain jika mereka ingin berlibur ke wilayah tersebut. 


Demikian 7 manfaat  dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapat kesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Salah satu yang bisa kamu bagikan untuk mahasiswa atau adik-adik kelas ialah menyebarkan banyak informasi menarik mengenai hal yang kamu dapatkan sewaktu kuliah di negeri orang. Dengan begitu, diharapkan mereka akan lebih antusias untuk mau mencoba peruntungan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Memang berkuliah di luar negeri adalah sebuah pilihan yang harus kamu buat sendiri. Akan tetapi, kalau memang kamu mendapatkan rezeki untuk merasakannya, kamupun akan mendapatkan banyak manfaat dari itu semua. Dan manfaat yang kamu dapatkan nantinya juga akan sangat berguna untuk kehidupanmu kelak, karena pengalaman akan banyak mengajarkan kepadamu arti dari kehidupan. Jadi, sekarang saatnya bagi kamu untuk membuat keputusan untuk hidupmu di masa depan nanti. The future is now! 

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 7 Manfaat Berkuliah di Luar Negeri
7 Manfaat Berkuliah di Luar Negeri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf_fGmhm6b8moyx0tpoFWr8T4gptUh5VN9-MZ81ch7I4nRTxe40hziQPAOXNXiY7BSA9VYeStvuU8-hCh_iZTgtWy5xdJxjBWCVpkKFNPXrK_L0fzvz32l-enSVdmTROjMU3q5rQJaYS4/s1600/fsgvv.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf_fGmhm6b8moyx0tpoFWr8T4gptUh5VN9-MZ81ch7I4nRTxe40hziQPAOXNXiY7BSA9VYeStvuU8-hCh_iZTgtWy5xdJxjBWCVpkKFNPXrK_L0fzvz32l-enSVdmTROjMU3q5rQJaYS4/s72-c/fsgvv.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/7-manfaat-berkuliah-di-luar-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/7-manfaat-berkuliah-di-luar-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy