7 Manfaat Berkuliah di Luar Negeri

Berada di akhir semester di SMA tentunya akan membuat kamu cukup galau untuk memilih akan melanjutkan ke mana pendidikan kamu nantinya. Begitu banyaknya tawaran perguruan tinggi, tidak ada salahnya jika kamu melirik perguruan tinggi yang berada di luar negeri. Kamu akan mendapat banyak kelebihan jika mengambil kesempatan berkuliah di luar negeri, dibandingkan dengan di dalam negeri. Bukan berarti pendidikan yang ada di dalam negeri tidak baik, namun ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapat kesempatan untuk bisa berkuliah di negari orang. Banyak hal positif yang bisa kamu dengan memilih pendidikan di tempat yang berbeda dan baru buatmu. 

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berkuliah di luar negeri:  

Dapat mengenal perbedaan kultur di setiap negara

Dengan diadakannya pertukaran pelajar/mahasiswa dari berbagai negara, menjadi jembatan antar warga untuk mengenal perbedaan kultur dan budaya negara masing-masing. Jika setiap tahun banyak sekali terdapat pertukaran mahasiswa, hal ini dapat memperbaiki hubungan antar setiap negara di berbagai aspek sosial dan ekonomi, khususnya bidang pendidikan. Melalui program pertukaran ini, diharapkan masing-masing kontingen dapat  memahami perbedaan yang ada. Oleh karena ini, ada banyak mahasiswa asing yang ikut mempelajari kebudayaan negara tempat mereka mengenyam pendidikan.

Di saat kamu mendapat kesempatan kuliah di negara orang, maka secara otomatis kamu juga harus membiasakan diri untuk mengikuti peraturan dan adat istiadat wilayah setempat. Setidaknya setiap hal baik dari negara tersebut dapat kamu tanamkan di dalam dirimu dan dijadikan kebiasaan yang baik pula.


Menambah teman baik dari negara lain

Saling berkenalan di saat perkuliahan ataupun pertemuan secara tidak sengaja di suatu tempat, misalnya perpustakaan atau laboratorium pastinya akan menjadi ajang perkenalan bagi mahasiswa asing yang tinggal di negeri orang. Jika kamu adalah pribadi yang mudah bergaul, maka kamu akan dengan mudah mendapatkan banyak teman. 

Hal ini sangat diperlukan apabila kamu tinggal di tempat yang sama sekali belum pernah kamu kunjungi, karena dengan memiliki teman baik, maka kamu dapat dengan cepat menganal lingkungan sekitar. Saat ingin bepergian ke tempat-tempat wisata di wilayah tersebut, kamu bisa pergi bersama dengan teman kampus di saat liburan akhir pekan atau masa libur semester. Biasanya manfaat dari pertemanan yang baik ini, baru akan terasa sangat bermanfaat ketika menjelang perkuliahan usai dan mahasiswa sibuk untuk mengurus tugas akhir serta proses kembali ke negeri masing-masing. Pasti kamu akan merasakan perpisahan sementara itu sebagai awal pertemanan abadi kamu dan temanmu di masa-masa selanjutnya.


Banyak mempelajari hal baru

Banyak hal baru yang kamu dapatkan ketika kuliah, atau bahkan tinggal dan menetap di daerah asing yang belum pernah kamu singgahi. Bagi kamu yang memiliki hobi travelling dan bersikap terbuka dengan hal-hal baru, tentu saja hal itu akan sangat menyenangkan. Begitu pula bagi kamu yang tadinya tidak memiliki hobi seperti itu, tetap saja hal itu akan menjadi sesuatu yang mengagumkan apabila kamu dapat berada di lingkungan yang baru dan menuntut kamu untuk mempelajari segala macam seluk beluk kegiatan di dalamnya. Pasti kamu akan tetap dapat merasakan nikmat dan nyaman bisa memperoleh pengalaman tersebut.


Hidup mandiri

Terbiasa mengurus segala sesuatu sendiri saat kamu tinggal di negara lain akan  membuat dirimu lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Hal ini akan membiasakan dirimu untuk bersikap cekatan dan baik untuk mengurangi resiko kelalaian dalam melakukan sebuah tindakan. Orang yang telah mampu hidup mandiri, biasanya akan lebih mudah beradaptasi untuk menyelesaikan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya dengan tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan. Tentu saja hal ini akan berpengaruh positif yang berhubungan dengan bidang pekerjaan apapun itu.


Meningkatkan jenjang karir

Dalam mencari pekerjaan setelah selesai berkuliah, biasanya lulusan dari luar negeri menjadi pertimbangan khusus. Namun, bukan berarti 100% akan diterima di perusahaan dan secara otomatis mendapat jabatan tinggi. Dengan adanya pernyataan bahwa kamu pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, setidaknya pihak perusahaan pasti mengetahui bahwa kamu memiliki kelebihan berbahasa asing. Di samping itu juga banyak kriteria lainnya yang diperhitungkan, seperti pengalaman dan juga keterampilan lain yang kamu miliki. Apalagi jika perguruan tinggi yang kamu pilih termasuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik sedunia yang kualitas lulusannya sudah terjamin secara internasional, niscaya kamu akan menjadi “rebutan” para pemberi kerja nantinya.


Menambah pengalaman

Sebuah pengalaman yang amat berharga apabila kamu bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Pastinya orang tua turut bangga dan bahagia apabila anaknya dapat menempuh pendidikan dan berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Pengalaman yang didapat tentu saja berbeda dengan mahasiswa lain yang tidak memiliki kesempatan kuliah di luar negeri. 

Salah satu pengalaman yang paling berharga ialah ketika kamu berani untuk tampil saat mempresentasikan tugas kamu dengan berbahasa asing dan diuji serta ditonton langsung oleh profesor ahli/penguji, pastinya perasaan kamu akan menjadi tak karuan. Hal tersebut akan memperkaya pengalaman serta kemampuan kamu dalam bidang ilmu yang kamu pelajari, setelah kamu dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh penguji. 


Menjelajah tempat baru

Bepergian ke tempat baru pasti akan sangat menyenangkan, apalagi berlibur di luar negeri. Sungguh sebuah impian yang dapat terwujud apabila kamu berkesempatan kuliah di luar negeri. Menjelajahi tempat baru seperti museum, tempat rekreasi, taman atau apapun yang menjadi tujuan wisata para pelancong dunia, akan menjadi sesuatu yang membahagiakan. Apalagi hal tersebut bisa didapat secara gratis di sela-sela waktu liburan kuliahmu. Hal tersebut juga dapat menambah wawasan kamu tentang wilayah yang kamu kunjungi. Mulai dari mengenal peradaban, lingkungan sosial, serta pemahaman kamu tentang letak dari tempat yang dapat dijadikan objek wisata disaat kamu merekomendasikan ke orang lain jika mereka ingin berlibur ke wilayah tersebut. 


Demikian 7 manfaat  dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapat kesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Salah satu yang bisa kamu bagikan untuk mahasiswa atau adik-adik kelas ialah menyebarkan banyak informasi menarik mengenai hal yang kamu dapatkan sewaktu kuliah di negeri orang. Dengan begitu, diharapkan mereka akan lebih antusias untuk mau mencoba peruntungan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Memang berkuliah di luar negeri adalah sebuah pilihan yang harus kamu buat sendiri. Akan tetapi, kalau memang kamu mendapatkan rezeki untuk merasakannya, kamupun akan mendapatkan banyak manfaat dari itu semua. Dan manfaat yang kamu dapatkan nantinya juga akan sangat berguna untuk kehidupanmu kelak, karena pengalaman akan banyak mengajarkan kepadamu arti dari kehidupan. Jadi, sekarang saatnya bagi kamu untuk membuat keputusan untuk hidupmu di masa depan nanti. The future is now! 

Salam berkuliah.com
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.