Cara Menganalisa Buku dengan Cepat

Sebagai mahasiswa, buku pegangan yang dipakai akan sangat berbeda dengan buku pegangan sewaktu di SMA, di mana biasanya perbedaan khususnya berasal dari ukuran dan berat buku. Dengan buku yang tebal ini, tentu saja berisi banyak materi sehingga kamu mungkin merasa kesulitan memahami materi di buku tersebut. Nah, di bawah ini ada teknik yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa buku dengan cepat: 
Baca Ikhtisar 

Biasanya kamu dapat menemukan ringkasan pada buku online. Ringkasan dapat memberikan pemahaman umum tentang alur buku sebelum kamu membuka buku tersebut. Ini akan membantu kamu berfokus pada alur utama buku saat membaca.


Bacalah Tema, Motif dan Simbol 

Sparknotes.com menawarkan bagian Tema, Motif dan Simbol untuk setiap buku dalam database. Ini akan memberi kamu gambaran tentang tema-tema utama yang harus kamu perhatikan. Jika kamu tahu tema dan simbol, ke depannya kamu dapat mulai menyoroti referensi dalam buku yang berkaitan dengan tema tersebut. 


Garis bawahi, sorot, dan buat catatan 

Setelah kamu tahu plot dan tema utama, bersiap untuk mulai membedah buku kamu. Ketika kamu belajar, mulai menggaris bawahi bagian kunci yang berhubungan dengan plot utama dan tema dalam buku. Kemudian, pastikan untuk membuat katalog semua notasi atau kata penting pada selembar kertas terpisah. Tuliskan nomor halaman dan komentar singkat tentang mengapa halaman atau bagian itu penting untuk tema utama atau plot kamu belajar. Ini akan sangat membantu ketika kamu mulai menulis laporan atau esai tentang buku itu. 


Baca jurnal artikel abstrak 

Jika kamu punya waktu, mencari artikel jurnal tentang buku yang sedang kamu baca juga akan membantu. Tidak berarti mulai membaca artikel. Artikel di jurnal berisi hal yang padat dan membutuhkan waktu  terlalu lama. Sehingga bacalah bagian abstraknya saja agar kamu tahu apa yang penulis pikir tentang buku yang baru saja kamu baca. Cukup kunjungi Google Scholar dan ketik nama buku kamu. Dengan membaca artikel abstrak dapat memberikan ide-ide tentang apa yang harus kamu tulis.

Salam berkuliah.com
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.