Cerita Asiknya Maryam Ahyani Siddiqah Berkuliah di Finlandia

Well , kali ini kita kembali berjumpa dengan nama ‘Finlandia’, sebuah negara yang berlokasi di Eropa yang dikenal memiliki sistem pendidika...

Well, kali ini kita kembali berjumpa dengan nama ‘Finlandia’, sebuah negara yang berlokasi di Eropa yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Tidak heran, meskipun memiliki kondisi geografis yang kurang menyenangkan dengan cuacanya yang begitu dingin, tapi hal tersebut tidak membuat orang-orang dari berbagai negara kehilangan ketertarikan mereka untuk menuntut ilmu di negara ini. Salah satunya, pelajar asal Indonesia yang satu ini, yaitu Maryam. Nah, kali ini berkuliah.com kembali akan menyajikan hasil interview yang memuat berbagai kisah pengalaman menarik dari mahasiswa Indonesia yang menjalani studinya di Finlandia. Simak ulasannya berikut ini. 
  


Halo, Salam kenal, Maryam. Bisakah diceritakan secara singkat tentang profil diri kamu? 

Perkenalkan, nama saya Maryam Ahyani Siddiqah-Oinonen, panggil saja Acha. Saya lahir dan besar di Jakarta, tapi almarhum Papa berasal dari Surakarta, Ja-Teng, dan ibu dari Bolang Mongondow, Sulawesi Utara. Saya kuliah di Universitas Oulu, jurusan Education and Globalisation Master Degree Program. 


Bagaimana dengan kondisi alam yang ada di daerah kamu di Finlandia? 

Kondisi alam di Oulu, karena posisinya lebih di bagian utara Finlandia, tentunya cuaca jauh lebih dingin dibandingkan dengan di Helsinki, ibukota Finlandia yang berada di bagian selatan. Terutama pada musim dingin, sekitar bulan Desember sampai Februari. Di Oulu sendiri, masih banyak hutan-hutan yang masih asri, dan banyak dikelilingi danau dan juga laut. 


Apa saja bentuk kebiasaan yang sering kamu temukan dari orang-orang di Finlandia sana? 

Kesadaran orang-orang Finland untuk recycling tidak hanya dalam hal recycling sampah-sampah organik saja, tapi juga dalam hal menjual barang-barang yang tidak dipakai lagi dengan kondisi yang masih bagus dan harga yang murah. Jadi, tidak perlu heboh belanja pakaian musim dingin di Indonesia, karena di sini bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, sebagian baju musim dingin yang dijual di Indonesia, belum tentu tepat digunakan di sini. 

Orang-orang sini juga lebih banyak yang berkendara dengan sepeda atau bis. Jadi, jangan heran kalau misalnya habis pergi menikmati hiburan malam dan menuju ke apartemen di pagi hari, banyak yang memilih naik bis atau sepeda. Tidak ada yang namanya gengsi saat pergi pesta hanya dengan naik sepeda atau bis.


Berkuliah di Universitas Oulu, apa saja kelebihan dari kampus kamu tersebut? 

Saya kuliah di Universitas Oulu jurusan Education and Globalisation Master Degree Program. Kelebihan kampus saya, hanya di Universitas Oulu yang menyediakan program pendidikan untuk sertifikasi guru dalam bahasa Inggris. Bahkan, para pelajar yang tinggal di Helsinki dan mau mengikuti program sertifikasi guru berbahasa Inggris mendaftar di sini semua. Jurusan saya sendiri tidak memberikan sertifikasi guru, karena untuk program sertifikasi guru dibutuhkan waktu 5 tahun. 3 tahun S1 dan 2 tahun S2, dengan seleksi yang ketat. 

Kelebihan lainnya, kota Oulu merupakan kota terbesar di bagian utara Finland, di mana banyak terdapat mahasiswa internasional di sini.


Bagaimana dengan jurusan Education and Globalisation yang kamu ambil? Apakah ada kesulitan yang kamu temui dalam belajarmu? Jika ada, apakah itu dan bagaimana cara kamu mengatasinya?

Kesulitan di awal sebenarnya lebih ke pola belajar yang jauh berbeda dengan di Indonesia. Setidaknya, jika dibandingkan dengan masa di mana saya kuliah S1 lebih dari 10 tahun lalu. Di sini, para dosen memberikan kebebasan bertanggung jawab untuk menentukan topik tugas mata kuliah, topik presentasi, dan buku-buku yang digunakan. Kita harus bisa justifikasi dengan terorganisir kenapa kita pilih topik tersebut. Kalau kita menemukan kendala, kita selalu bisa diskusi dengan para dosen. Ada dosen yang perlu bikin janji temu terlebih dahulu, banyak juga dosen yang bisa ditemui kapan saja. Tergantung dosennya. Mereka sangat membantu dan mendukung para siswa sepenuhnya. Di sini, kita memanggil dosen cukup dengan panggilan nama saja, dan untuk beberapa dosen bahkan kita bisa menjalin hubungan yang sangat baik, bahkan banyak yang curhat ke dosen-dosen yang cukup dipercaya. Bisa dikatakan, hubungan dosen-siswa cukup dekat dan terbuka. 

Selain diskusi dengan dosen, tentunya juga disarankan untuk sering-sering  diskusi dengan teman-teman  sekelas. Ingat! Semua siswa di sini jauh dari keluarga, maka, kamu tidak harus sendirian menghadapi masalah yang ada. Teman-teman di sini yang akan menjadi keluarga baru kamu, yang akan membantu kamu selama di sini.

Satu hal lagi. Di sini, kita sebagai pelajar, harus jauh lebih aktif mencari informasi, biasanya lewat situs-situs kampus atau akademis. Kalau memang sudah mentok, baru tanya ke orang lain. Jadi, kalo belum siap hidup mandiri, lebih baik dimantapkan dulu.


Pertama kali datang ke Finlandia, apakah Maryam mengalami culture shock? Jika iya, seperti apakah itu, dan bagaimana cara kamu mengatasinya?

Sebenarnya sih menurut saya, orang Finland itu hampir mirip karakternya seperti orang Jawa. Kalem, pendiam, tapi baik hati dan sabar. Orang Finland tidak banyak bicara, apalagi basa basi. Kalau tidak ada yang perlu dibicarakan, mereka akan diam saja. Namun, bukan berarti mereka sombong ya. Kalaupun kamu perlu bantuan mereka, mereka pasti akan bantu kamu. Meskipun mereka lagi buru-buru dan kamu berhentikan mereka karena kamu butuh pertolongan, mereka akan berhenti dan akan bantu kamu. 

Untuk culture shock lainnya, yang biasa tinggal di kota besar, terbiasa dengan keramaian dan took-toko dan restoran yang buka sampai tengah malam, sangat berbeda di sini. Di sini sangat sepi suasananya. Tempat hiburan malampun terbatas, tidak seramai dan seheboh di Jakarta (karena saya dari Jakarta, jadi perbandingan saya dengan Jakarta). Toko-toko groceries pun hari Minggu hanya buka dari jam 12-6. Di sini harga makanan di restoran sangat mahal, lebih baik masak sendiri. Selain lebih murah, rasa juga lebih sesuai selera. Berhubung memang saya sangat bosan dengan keramaian Jakarta, jadi saya cukup menikmati keheningan di sini. 



Oh iya, satu hal lagi yang bikin saya culture shock. Pada waktu winter, matahari hanya muncul 3-4 jam saja. Sisanya, gelap gulita! Jadi, biasanya di awal-awal, saya bisa tidur lebih lama dan merasa lemas bawaannya karena suasana yang gelap gulita. Makanya orang sini biasanya pada saat winter selalu minum vitamin D, karena membantu agar tubuh juga tidak shock menghadapi kegelapan. Kulit juga jauh lebih kering saat winter. Makanya harus boros pakai body lotion di sini. Kebalikannya, waktu summer, gelapnya hanya 2-4 jam saja. Makanya banyak orang yang beli tirai yang tebal dan gelap agar bisa tidur di malam hari.


Bagaimana karakter masyarakat Finlandia terhadap werga negara lain? Apakah mereka pandai berbahasa Inggris?

Pada dasarnya, orang Finland itu bisa berbahasa Inggris (kebanyakan, tidak semua). Namun, mereka terkadang kurang percaya diri untuk berbicara berbahasa Inggris. Mereka amat sangat peduli dengan apa yang dipikirkan oleh orang lain, terutama orang asing. Makanya, mereka takut salah ngomong jika mereka berbicara bahasa Inggris. Maka dari itu, kadang mereka bilangnya hanya bisa bahasa Inggris sedikit. Seperti yang saya utarakan di atas, orang Finland itu sangat baik dan penolong kepada warga negara lain. Tapi perlu diingat, mereka hanya bantu kita pada saat kita memang minta bantuan mereka. Namun, kalau kita tidak minta, mereka akan diam saja.


Berapa biaya hidup minimal di Finlandia baik konsumsi, tempat tinggal, dan transportasi? Serta bagaimana jika mengajak keluarga?

Mengenai biaya hidup, amat sangat tergantung dengan gaya hidup dan seberapa banyak kita makan sehari-hari. Jadi, jawabannya bisa variatif. Saya hanya bisa kasih acuan rentang harga untuk biaya makan (masak sendiri) untuk 2 orang kurang lebih sekitar 200-300 Euro. 

Untuk apartemen, kalau misal di apartement yang shared room sama siswa lain dan penyedia jasa apartemennya khusus untuk melayani student apt (PSOAS: http://www.psoas.fi/en/), sekitar 190-250 Euro. Sudah termasuk air dan listrik. Untuk family apartement, harga beda lagi. Bisa dicek di tautan tersebut. 

Untuk transportasi, tergantung juga, mau naik sepeda atau naik bis. Harga sepeda bekas sekitar 40-150 Euro (tergantung jenis dan berapa lama sepedanya). Itupun pada saat winter, harus beli ban khusus winter, biasanya ada kaya paku kecil di bannya. Sedangkan untuk transportasi bisa dicek di sini: http://www.oulunjoukkoliikenne.fi/tickest-and-prices. FYI, jika waktu pemakaian bis dalam waktu 1 jam, hanya dihitung 1x perjalanan. Misal: dari apartement naik bis jam 13:00, lalu ke pusat kota (ke bank, toko, atau lainnya), balik ke apartement jam 13.55, hanya dihitung 1x perjalanan. Lebih dari itu, dihitung 2x perjalanan. Kebanyakan siswa internasional yang tinggalnya di sekitar kampus, lebih memilih kartu bis yang bisa dipakai 40x perjalanan. Namun, untuk yang tinggal lebih dekat ke kota, mereka biasanya beli kartu bis yang bulanan. 

Mengenai pindah ke sini mengajak keluarga, untuk persaratannya, bisa dicek di: http://www.migri.fi/frontpage.


Menurut kamu, mana saja tempat-tempat yang perlu dikunjungi oleh para mahasiswa untuk menambah pengalaman mereka?

Karena saya tinggalnya di bagian utara Finland, saya merekomendasikan museum Siida di Inari. Museum ini sendiri berisi tentang budaya suku Sámi yang merupakan suku asli Finland, di mana kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai pemburu rusa dan juga sebagai pengrajin kulit rusa (dompet, sepatu, dll). Di museum tersebut, selain kita bisa belajar mengenai budaya suku Sámi, kita juga bisa belajar mengenai penataan museum tentang suku asli agar bisa menarik pengunjung. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di tautan berikut: http://www.siida.fi/contents/sami-museum

Inari sendiri letaknya tidak jauh dari kutub utara, dan perbatasan Finland-Norwegia. Di musim dingin, khusus bagian utara Finland (kurang lebih dari wilayah Oulu hingga ke wilayah Rovaniemi), kita bisa menikmati indahnya Aurora Borealis, atau lebih dikenal dengan Northern Light. Saya sendiri sudah beberapa kali bisa menikmati indahnya ciptaan Tuhan tersebut dari jendela apartement saya.

Selain itu, untuk tempat menarik yang wajib dikunjungi di Oulu sendiri, saya merekomendasikan Tietomaa, yang merupakan science center, di mana kita bisa belajar tentang science dengan berbagai macam alat interaksi sambil bermain. Berikut tautannya: http://www.tietomaa.fi/index.php?id=1&lang_id=1.

Tidak lupa, sempatkanlah menonton pertandingan ice hockey di stadion ice hockey Oulu. Finland dikenal dengan olahraga ice hockey nya, dan Oulu dikenal dengan tim ice hockey nya yang bernama Oulun Kärpät, yang merupakan juara ice hockey Finland tahun 2014. Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di tautan ini: http://www.oulunkarpat.fi/en/home.html

Last but not least, tentunya mengunjungi Nallikari beach. Pada waktu musim dingin, tidak hanya bisa melakukan cross-country skiing di sini, tapi juga pada saat suhu sudah mencapai minus derajat celcius dan air laut sudah membeku, kita bisa berjalan di laut yang membeku tersebut. Jadi, salah satu wish list saya untuk berjalan di atas laut, sudah tercapai. Berikut tautan untuk info lebih lanjut: http://www.nallikari.info/en/home.


Apakah di Finlandia mahasiswa bisa melakukan kerja part time? jika iya, apa saja jenis pekerjaan part time yang bisa diambil? 

Tergantung di kota mana kamu tinggal. Kalau di Helsinki, mungkin sedikit lebih mudah mendapatkan pekerjaan, karena requirement berbahasa Finland biasanya tidak seketat di kota lain, seperti di Oulu, misalnya. Di Oulu, banyak lowongan pekerjaan yang mengharuskan kita bisa berbahasa Finland. Bahkan untuk bekerja sebagai waiter/waitress pun, kita harus punya hygienic passi (kartu higienis). Jadi, agak sulit mendapatkan part time di kota lain di Finland, kecuali di Helsinki.


Adakah tips-tips dan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada adik-adik di Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Finlandia? Mungkin dari segi persiapan bahasa asing, surat-surat, dan hal lainnya?

Tipsnya: HARUS MANDIRI! Jangan malas mencari informasi via internet dan baca semua info yang dibutuhkan. Karena, kebiasaan beberapa orang Indonesia, meskipun sudah dikasih link website yang menyediakan semua info yang dibutuhkan, mereka malas membaca semua detil info. Lebih menggampangkan, "Ah, nanya aja entar detilnya." Nah, di sini, kalaupun kita tanya, mereka biasanya akan tanya balik, "Udah cek websitenya?"

Tidak perlu menggunakan jasa agen untuk melamar kuliah di Finland. Semua gratis dan langsung bisa dilakukan sendiri dengan mengecek website http://www.studyinfinland.fi/ 

Pastikan surat-surat yang dibutuhkan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum penutupan pendaftaran. Perhitungkan waktu kirim semua dokumen yang diperlukan dari Indonesia ke Finlandia.

Untuk jurusan yang membutuhkan hasil tes bahasa asing, pastikan 4 bulan sebelum penutupan aplikasi sudah dipersiapkan, dengan menghitung waktu belajar untuk persiapan tes, dan jika diperlukan beberapa kali tes hingga tercapai angka target yang diminta oleh pihak universitas. Belajar menjawab latihan-latihan soal 1 jam sehari, 1 bulan sebelum pelaksanaan tes.

Satu hal lagi. Pertimbangkan melamar di beberapa universitas di kota lain di Finland. Karena biasanya jumlah pelamar di universitas yang berada di Helsinki banyak saingannya, baik orang Finland sendiri, maupun dari luar Finland. Silakan dibaca informasi lebih lengkap tentang bagaimana belajar di Finland di: http://ppifinland-belajar.blogspot.fi/



Nah, demikian ulasan dari hasil interview bersama Maryam Ahyani Siddiqah-Oinonen yang sudah bersedia membagi cerita pengalamannya selama di Finlandia. Menarik, bukan? Jangan lupa, simak terus informasi di berkuliah.com. Salam sukses! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Cerita Asiknya Maryam Ahyani Siddiqah Berkuliah di Finlandia
Cerita Asiknya Maryam Ahyani Siddiqah Berkuliah di Finlandia
http://4.bp.blogspot.com/-sdauFCbnAOk/VDePecJ9j5I/AAAAAAAAD0c/u9N-wKcp6ro/s1600/maryam.png
http://4.bp.blogspot.com/-sdauFCbnAOk/VDePecJ9j5I/AAAAAAAAD0c/u9N-wKcp6ro/s72-c/maryam.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/cerita-finlandia-asiknya-maryam-ahyani-siddiqah.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/cerita-finlandia-asiknya-maryam-ahyani-siddiqah.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy