Universitas Hokkaido: Belajar di Lingkungan yang Nyaman di Jepang

Jepang. Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama negara yang satu ini? Negara yang terkenal dengan berbagai hal yang berhubung...

Jepang. Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama negara yang satu ini? Negara yang terkenal dengan berbagai hal yang berhubungan dengan keindahan dan keunikan, baik dari cara penyajian makanan khas yang dimiliki, keindahan alam, dan keindahan lainnya yang tidak bisa ditemui di negara lain, menjadikan magnet yang luar biasa bagi jepang untuk memikat hati berbagai kalangan untuk menyukai ‘negeri sakura’ ini. 

Panorama di Kota Sapporo

Berkenaan dengan dunia pendidikannya, Jepang juga terkenal dengan memiliki berbagai perguruan tinggi ternama yang sampai saat ini telah berhasi menarik perhatian para pelajar di dunia, salah satunya Indonesia. Kita bisa temukan banyak mahasiswa Indonesia yang telah menginjakkan kakinya untuk menuntut ilmu di berbagai universitas terkenal yang ada di Jepang. Lalu, apa saja nama kampus terkenal di Jepang yang sering kamu dengar? Universitas Tokyo, kah? Selain itu apa lagi? Nah, bagi kamu yang masih belum terlalu mengenal jauh dengan beberapa universitas terkenal lainnya yang ada di Jepang, kali ini tim berkuliah.com akan memberikan kamu informasi mengenai kampus lainnya yang ada di sana. Dan pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu perguruan tinggi terkenalnya, yaitu Universitas Hokkaido. 


Profil Universitas Hokkaido

Universitas Hokkaido merupakan salah satu Universitas Negeri yang ada di Jepang. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Hokkaido yang merupakan pulau paling utara di Jepang. Dan jika kamu penggemar dari film-film Jepang, Hokkaido merupakan salah satu tempat shooting terfavorit untuk film romantis di Jepang. Universitas Hokkaido ini terdiri dari ‘Kampus Sapporo’ yang merupakan kampus utama, dan ‘Kampus Hakadote’ yang merupakan kampus di mana Fakultas Perikanannya berada.

Sapporo merupakan kota terbesar ke-5 di Jepang. Sapporo yang dikenal memiliki suasana yang harmonis antara kenyamanan kota besar dan keindahan alamnya, merupakan kota yang memiliki lingkungan yang begitu indah, dan mendapatkan peringkat sebagai kota yang diminati oleh orang Jepang untuk ditinggali. Meskipun terletak di pusat kota besar, Kampus Sapporo sangat tenang, dan berada di lingkungan yang sangat nyaman untuk belajar dan melakukan penelitian.

Iklim kota Sapporo di mana kampus Sapporo berada, memiliki peralihan 4 musim yang sangat jelas. Di musim panas hawanya tetap segar, dan ketika musim dingin memiliki ciri khas dengan timbunan saljunya. Dari bulan April hingga Juni, kondisi langit di kota ini cerah dan bisa ditemukan banyak bunga yang bermekaran. Dari akhir bulan Juni hingga Agustus, suhunya bisa mencapai melebihi 30 derajat celcius pada siang hari, namun pada pagi dan malam hari akan terasa sejuk dan nyaman. Di bulan Oktober, kamu bisa menemukan fenomena ketika daun-daun yang akan kelihatan mulai berubah menjadi memerah yang disebut ‘kouyou’. Dan pada awal Desember mulai muncul timbunan salju. Dari bulan Desember hingga Februari, kota akan tertutup oleh banyaknya salju. Namun, pada saat memasuki bulan Maret, suhu yang dingin akan mulai berkurang dan saljunyapun mulai meleleh.

Iklim di Sapporo tidak sepeti di Honshu yang memiliki musim hujan, dan karena efek ‘taifuu’nya pun kecil, Sapporo dapat dikatakan sebagai lokasi yang mudah dan nyaman untuk ditinggali. Ketika musim dingin berlangsung, berbagai olahraga musim dingin seperti ski, snowboard, dan lainnya dapat dinikmati. Banyak mahasiswa asing yang mencoba pengalaman menikmati tantangan olahraga di musim dingin, atau menikmati pengalaman unik di Hokkaido seperti Sapporo Snow Festival, White Illumination, dan acara-acara lainnya yang dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. 

Berdasarkan sejarah berdirinya, Universitas Hokkaido berawal dari Sekolah Tinggi Pertanian Sapporo yang dibangun pada tahun 1876. Sekolah Tinggi Pertanian Sapporo merupakan Sekolah Tinggi yang memberikan gelar sarjana pertama di Jepang. Dan dengan seiring berjalannya waktu, Sekolah tinggi ini kemudian menjadi ‘Universitas Kekaisaran Hokkaido’, dan setelah perang dunia ke-2, namanya menjadi ‘Universitas Hokkaido’ hingga sekarang. 

Saat ini, Universitas Hokkaido telah menjadi kampus yang menitikberatkan pada penelitian, yang memiliki 26 organisasi penelitian, 18 program pasca sarjana, dan memiliki 12 fakultas. Selain mengadakan penelitian dengan standar tertinggi di Jepang dalam berbagai macam bidang studi, seperti penelitian katalisator dan ilmu pengetahuan lingkungan, sebagai kampus negeri yang ada di bagian paling utara Jepang, Universitas Hokkaido juga mengadakan pendidikan dan penelitian yang memiliki ciri khas sejak dulu. Misalnya dalam field work yang memanfaatkan hutan penelitian yang sangat luas, dan penelitian mengenai lingkungan yang sangat dingin, sehingga akhirnya dikenal menjadi karya nyata yang bisa melampaui kampus lainnya. Bersadarkan survey terkini, terdapat sebanyak 18.043 mahasiswa yang ada di Universitas Hokkaido, dan mahasiswa asingnya sebanyak 1.384 orang. 


Image Credit

Asrama kampus

Kamu tertarik untuk berkuliah di Jepang dan memilih kampusmu di Universitas Hokkaido? Tapi, masih bingung memikirkan tempat tinggal nantinya? Jangan khawatir, di Universitas Hokkaido ini juga menyediakan fasilitas asrama bagi para mahasiswanya. Seluruh asrama di Universitas Hokkaido berada di lokasi yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Kampus Sapporo. Jumlah seluruh asrama untuk mahasiswa asing sebanyak 642 kamar. Bagi mahasiswa asing yang baru masuk unvirsitas, mereka diprioritaskan untuk tinggal di asrama tersebut. 


Prestasi Nobel

Pernahkan kamu mendengar nama Akira Suzuki? Profesor emeritus Akira Suzuki, yang juga merupakan lulusan dari Universitas Hokkaido, dalam waktu lama melanjutkan penelitiannya di Universitas Hokkaido, dan pada tahun 2010 beliau menerima penghargaan Nobel di bidang Kimia. Hasil penelitian Profesor Suzuki tersebut memberikan berkontribusi pada pengembangan dunia secara berkelanjutan, seperti pengembangan EL organik (electroluminescene) yang merupakan bahan bahan emisi cahaya generasi baru, obat-obatan, dan pestisida. 


Fakultas dan Jurusan 

Nah, jika kamu ingin mengetahui berbagai fakultas dan program studi yang tersedia di Universitas Hokkaido, berikut ini ulasannya. 

Untuk program undergraduated (S1) yaitu: 

- Fakultas Sastra
- Fakultas Hukum
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Kedokteran Gigi
- Fakultas Kedokteran Hewan
- Fakultas Teknik
- Fakultas Pendidikan 
- Fakultas Pertanian 
- Fakultas Farmasi
- Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam
- Fakultas Perikanan

Sedangkan untuk beberapa bidang studi Program Pasca Sarjana yang ada di Universitas Hokkaido antara lain: 

- Kedokteran 
- Kedokteran Gigi
- Kedokteran Hewan
- Sastra
- Ekonomi
- Hukum
- Ilmu Informasi dan Teknologi
- Ilmu Kehidupan
- Ilmu Perikanan
- Ilmu Lingkungan Hidup
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Pendidikan 
- Teknik
- Kebijakan Publik 
- Ilmu dan Teknik Kimia
- Ilmu Kesehatan 
- Media Internasional, Komunikasi, dan Pariwisata
- Pertanian 


Pasca sarjana: Penggunaan bahasa Inggris dalam perkuliahan

Pada program pasca sarjana yang ada di Universitas Hokkaido, bimbingan penelitian dan kelas dilakukan dalam bahasa Inggris. Selain itu juga disediakan alur perolehan gelar yang khusus hanya dalam bahasa Inggris. Jalur pasca sarjana dan bahasa Inggris tersedia untuk program studi untuk pasca sarjana bidang Teknik, Pertanian, Ilmu Pengetahuan Alam, Kedokteran Hewan, Ilmu dan Teknik Kimia,dan Ilmu Pendidikan. Selain itu, saat ini juga sedang dipersiapkan jalur dalam bahasa Inggris untuk program studi pasca sarjana Eknomi, dan juga Ilmu Lingkungan  Hidup, serta sejumlah kelas lainnya yang perkuliahannya dijalankan dengan menggunakan bahasa Inggris.


Bimbingan karir

Di Universitas Hokkaido terdapat Departemen Akademik dengan Pusat Bimbingan Karir untuk membimbing para mahasiswa untuk mencari pekerjaan di Jepang, menulis resume, uji coba wawancara, seminar rekrutmen, konsultasi pilihan karir, serta berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pencarian lowongan pekerjaan. 


Lokasi utama pekerjaan dari mahasiswa master (S2) dan doktor (S3) lulusan tahun 2012
(Riset dari Pusat Bimbingan Karir Universitas Hokkaido 1 Mei 2013 hingga sekarang)


- Pada Program S2

Toyota Motor Corporation, Nissan Motor Co, Ltd, Kobe Steel, Ltd, Toshiba Corporation, Hitachi System, Mitsubishi Electric Corporation,JFE Engineering Corporation, Sharp Corporation, Sumitomo Electric Industries. Ltd, All Nippon Airways Co, Ltd, IBM Jepang, Ltd, NSK Ltd, NEC Corporation (NEC), Bandai Co, Ltd, Hitachi, Ltd, Bridgestone Corporation, Morinaga Co, Yanmar Co, Ltd. 

- Pada Program Doktor (S3)

Universitas Far Estern Federal Rusia, Universitas Hokkaido, Universitas Tokyo, Universitas Pasca Sarjana Kansai, Universitas    Wisconsil (AS), Universitas Hawaii (AS), Universitas Katolik Leuven (Belgia), Universitas Nasional Mongolia, Universitas Gadjah Mada (Indonesia), Universitas Zambia, Changchun Universitas Sains dan Teknologi (Cina),  Universitas Teknik Harbin (Cina), Universitas Pertanian Bangladesh, Universitas Songkhla-Rachapatto (Thailand). 

Selain itu, terdapat juga Departemen Perindustrian Myanmar, Universitas Kedokteran Sapporo, Universitas Kedokteran Zhejiang Cina, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Lembaga Ilmu Pengetahuan Kimia Indonesia, Institut Riset Produk Kehutanan Indonesia, NSK Ltd, Toyo Engineering Corporation. 

Gerbang utama Universitas Hokkaido Image Credit

Demikian ulasan dari berkuliah.com yang berkenaan dengan profil singkat dari Universitas Hokkaido. Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih detail tentang Universitas Hokkaido ini, kamu bisa melihatnya di: http://www.oia.hokudai.ac.jp/ 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Universitas Hokkaido: Belajar di Lingkungan yang Nyaman di Jepang
Universitas Hokkaido: Belajar di Lingkungan yang Nyaman di Jepang
https://4.bp.blogspot.com/-RLUqpukB-YY/VC-yfgk8mQI/AAAAAAAADN4/dAlgJ2iuT-k/s1600/japan-357240_640.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-RLUqpukB-YY/VC-yfgk8mQI/AAAAAAAADN4/dAlgJ2iuT-k/s72-c/japan-357240_640.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/jepang-profil-universitas-hokkaido.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/jepang-profil-universitas-hokkaido.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy