Mahasiswa: 10 Cara Menikmati Liburan yang Murah

Menjelang akhir semester, biasanya mahasiswa sudah mulai berangan-angan kemana ingin menghabiskan masa liburan mereka. Apalagi saat naik tingkat, lamanya waktu liburan biasanya bisa mencapai sebulan lebih. Kalau hanya menghabiskan waktu berdiam diri di rumah atau di kota asal, mungkin rasanya akan membosankan. Bagaimana kalau mencoba untuk pergi berlibur? 
Image Credit
Memang terkadang dari kita akan menemukan kendala besar di masalah biaya. Tapi, siapa bilang liburan yang asyik hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki uang banyak saja? Ya, memang terkadang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, kita sebagai mahasiswa masih merasa sulit atau pas-pasan, apalagi untuk pergi liburan yang biasanya membutuhkan biaya yang banyak. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Jika kamu mahasiswa, berikut ini adalah 10 cara menikmati liburan yang murah yang bisa kamu coba:


“Kencangkan” Dana

Bagi kamu yang memiliki dana super terbatas, cobalah untuk menabung. Sisihkan sebagian uang saku untuk berlibur. Misalnya dalam sehari uang saku kamu adalah 50 ribu, ambil 10 ribu Rupiahnya untuk ditabung, atau minimal 10% dari uang saku kamu sehari-hari. Lakukan hal ini secara konsisten. Kalau  misalnya dalam seminggu ada satu hari yang tidak bisa menyisihkan uang sakunya, berarti hari berikutnya harus menyisihkan uang saku dua kali lipat. Setidaknya kalau menyisihkan uang saku 10 ribu per hari, maka sebulan bisa terkumpul sekitar 240 ribu, dan dalam satu semester bisa mengumpulkan dana sebesar 1.440.000. Lumayah, bukan?

Tapi, mungkin beberapa dari kita ada yang memiliki kendala dalam menabung. Jika membayangkan memang terlihat sangat mudah, namun dalam prakteknya sulit luar biasa. Banyak dari kita tergoda untuk mengalokasikannya untuk beberapa hal yang tidak terlalu penting, atau mungkin kendala lainnya adalah adanya pengeluaran tak terduga yang cukup menguras kantong. 

Solusi lain selain menabung, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lainnya selain dari orang tua, misalnya kerja paruh waktu, freelance atau mungkin berdagang kecil-kecilan. Banyak perusahaan atau lembaga yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan lebih. Kita harus rajin-rajin cari informasi melalui teman atau gunakan fasilitas internet. Untuk lebih mudah, pasang target berapa banyak biaya yang harus terkumpul. 


Rencanakan tujuan dengan matang

Poin penting dari sebuah liburan yang berhasil adalah dengan merencanakannya terlebih dahulu jauh sebelum  berangkat. Apalagi untuk liburan yang terbatas dengan biaya. Pastikan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat yang akan menjadi tujuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai transportasi, tempat penginapan, berapa lama waktu liburan, dan kalau perlu buatlah rundown atau susunan acara agar lebih terorganisir dengan baik. Jangan lupa juga tambahkan planning cadangan, jika terjadi berbagai kendala pada saat hari H. Tidak akan ada waktu dan biaya yang terbuang dengan merencanakan tujuan dengan matang dan liburan kita pun akan semakin asyik. 


Pilih waktu yang tepat

Kapan waktu kamu berlibur akan sangat mempengaruhi banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan. Kalau dana terbatas, kita harus cermat dalam memilih waktu berlibur. Hindari tanggal merah, weekend, liburan sekolah, atau acara hari besar dan libur nasional. Pada waktu-waktu tersebut, biasanya biaya untuk liburan akan melonjak dua kali lipat. 


Cari informasi promo

Banyak tawaran promo paket berlibur, hotel atau mungkin tiket pesawat. Biasanya, kamu bisa menjumpai hal ini di internet. Kamu harus rajin-rajin mengaksesnya. Rajin-rajinlah untuk mengecek harga tiket, biasanya beda beberapa jam saja, harga bisa berubah. Kalau perlu, daftarkan email kamu agar bisa mendapatkan email langganan untuk promo yang mereka tawarkan. Dengan mendapatkan promo seperti ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki dana minim.


Lakukan reservasi sejak dini

Kalau memang sudah tahu ke mana tujuan dan kapan waktu berlibur sejak jauh-jauh hari, segeralah lakukan reservasi untuk hotel atau tiket. Lakukan reservasi minimal sebulan sebelum keberangkatanmu. Biasanya, dengan melakukan reservasi dari jauh hari, kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan kalau waktunya mepet. 


Semakin banyak teman, semakin menguntungkan

Ingin liburan yang hemat dan lebih asyik? Jangan ragu untuk mengajak teman kamu sebanyak-banyaknya. Dengan mengajak teman, beberapa pengeluaran bisa dibagi bersama. Misalnya kalau ingin menyewa mobil, kamar hotel, biaya pengeluarannya bisa dibagi sebanyak jumlah yang ikut. Kamu juga bisa bergantian foto dengan teman. Terdengar lebih seru dan mengasyikkan, bukan?


Jangan ragu berteman dengan orang baru

Pergi berlibur ke daerah baru? Manfaatkan momen seperti ini untuk banyak mengeksplor daerah tersebut, termasuk masyarakatnya seperti apa. Lakukan komunikasi dengan warga sekitar. Kita akan banyak menambah wawasan dan juga teman pastinya. Saling bertukar nomor hp atau alamat yang bisa dihubungi, agar hubungan yang baru tercipta bisa berlangsung lama. Kamu akan memiliki banyak teman atau kenalan di berbagai daerah. Ini sangat seru sekali. Jadi, suatu saat ketika kamu singgah di daerah tertentu, kamu bisa menghubungi teman atau kenalanmu. Siapa tahu dia bisa mengajak kamu untuk  menginap di rumahnya selama liburan. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya kamu dalam pergi berlibur, bukan?


Manfaatkan diskon untuk pelajar atau fasilitas gratis

Beberapa paket wisata juga ada yang memberikan diskon khusus bagi pelajar atau mahasiswa apabila menunjukkan KTM nya. Ini kabar yang baik bagi kamu yang ingin berlibur dengan dana yang minim. Atau mungkin beberapa hotel ada yang menawarkan paket hemat bila membooking kamar 2 hari. Misalnya juga ada paket kamar hotel yang bisa sharing dengan orang yang berlibur lainnya dengan penawaran harga yang sangat menggiurkan.


Siasati makan, bawa cemilan

Jangan pernah menyepelekan asupan makan selama pergi berlibur. Jangan sampai karena dana yang terbatas, sampai membuat kamu mengesampingkan urusan makan. Siasati porsi makan. Kalau porsi makan yang disajikan melimpah ruah, kamu bisa membaginya bersama teman yang pergi berlibur bersama. Atau misalkan minta saja porsi setengah kalau memang kamu tidak sanggup untuk memakannya sendiri. Selain itu, alangkah lebih baik kalau kamu menyediakan cemilan mengenyangkan seperti misalnya buah pisang. Selain menyehatkan, buah ini bisa membantu kamu dalam menahan rasa lapar. Yang terpenting adalah bagaimana makanan yang kamu makan dapat memenuhi gizi dan kebutuhanmu sehari-hari.


Nekat

Mungkin poin terakhir ini akan terdengar lebih menantang, tapi memang hanya dengan bermodal nekatlah mungkin kamu akan bisa merealisasikan liburanmu yang dananya terbatas. Memang terkadang sesuatu yang spontanitas biasanya akan lebih seru dan tak terlupakan. Mungkin saran terakhir ini bisa dilakukan bagi kamu yang lebih suka sesuatu yang menantang dan siap bertahan dalam kondisi apapun.


Demikianlah tips yang bisa kamu lakukan jika ingin berlibur dengan dana terbatas. Sebagai tambahan, kamu bisa mengeksplor keindahan alam dan daerah yang dimiliki oleh Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk pergi ke luar negeri. Yang penting liburan bisa tetap jalan, hati senang, dan siap untuk menghadapi semester baru di perkuliahan nantinya. Selamat mencoba!

Salam berkuliah.com
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.