Mahasiswa: 9 Tips Menjalani Semester Saat Musim Panas

Di luar negeri, pikiran para mahasiswa akan diselubungi semacam kegilaan ketika bulan Mei datang. Summer is coming, Dude! Ketika melewatka...

Di luar negeri, pikiran para mahasiswa akan diselubungi semacam kegilaan ketika bulan Mei datang. Summer is coming, Dude! Ketika melewatkan musim panas di pantai adalah salah satu hal yang menarik bagi kebanyakan pelajar di luar negeri, lebih baik kamu jangan ikut-ikutan ke pantai.

Lakukan sesuatu yang lebih bermanfaat daripada itu! Apalagi hutang merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan untuk dipikirkan selama liburan, dan makin lama makin numpuk kalau kamu nggak segera nyicil bayar. Makanya jangan ngutang... 

Image Credit
Bagi kamu yang selama di luar negeri ingin melakukan hal-hal yang produktif, berilah dirimu kesempatan untuk memulai sesuatu bermanfaat dengan mengikuti tips-tips berikut ini selama semester musim panas:


Lebih baik pikirkan karirmu 

Coba liat CV - mu. Lalu temukan dan lihatlah CV seseorang yang nasibnya sama sepertimu beberapa tahun yang lalu. Biasanya, orang-orang seperti ini adalah alumni dari sekolah atau universitas tempatmu belajar, atau seseorang yang seumuran denganmu. Bandingkan aspek yang paling disorot dalam resume mereka, dan mencari tahu satu hal yang membuat mereka kelihatan ‘bersinar’. Lakukan hal ini terhadap CV sepuluh orang yang telah lulus 5 tahun yang lalu. Ini akan memberimu beberapa ide tentang di mana kamu dapat melihat diri kamu dalam lima tahun mendatang dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapainya hanya dalam dua tahun. Selain itu, hal ini juga akan menjadi cara yang baik untuk mengenali para orang-orang ‘bersinar’ itu dan apa yang telah mereka capai. Lalu kamu secara otomatis akan mendapatkan sepuluh orang baru yang akan membantumu masuk dalam jaringan pertemanan yang luas dan memudahkanmu mencari pekerjaan ketika kamu lulus nantinya.


Tingkatkan skill dirimu

Kamu selalu ingin belajar cara bermain gitar. Kamu ingin bisa menari lepas di lantai dansa. Jika kamu bisa melakukan beberapa meditasi yoga, hal itu akan mengagumkan. Musim panas adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan keahlianmu secara individual dan menekuninya. Biasanya, kegiatan-kegiatan seperti ini disediakan di sekolah atau universitasmu, dan sebagian besar kegiatan pengembangan diri ini (seharusnya) gratis atau murah, harga pelajar. Jadi, lakukan saja! 


Hasilkan pendapatan pasif 

Ada 2 cara untuk mencari pendapatan pasif. 

Pertama, jika kamu memiliki bakat yang bisa membantu orang lain. Misalnya, kalau kamu bisa merekam video testimoni untuk sebuah layanan atau sebuah acara, kamu bisa mendapatkan bayaran untuk kegiatan yang kamu lakukan. Semacam kerja paruh waktu gitu deh. Untuk mencari pembeli bakatmu, coba kunjungi situs Fiverr.com, situs di mana orang melakukan hal-hal untuk uang senilai USD 5 dan daftarkan bakatmu. Melalui cara ini, kamu akan mampu membuat penghasilan pasif kecil sambil membantu orang lain. Lumayan kan, kalau bisa bermanfaat bagi orang lain?

Cara kedua untuk mendapatkan uang, bahkan tidak memerlukan bakat. Sebagai mahasiswa, banyak mahasiswa mendapatkan uang yang layak dari situs-situs semacam Flippiness.com – sebuah website untuk mendapatkan uang secara online dengan ‘membalik buku’. Flippiness menjual sepasang link padamu, satu adalah di mana kamu bisa membeli buku dan satunya lagi adalah di mana kamu bisa menjual buku itu.

Kamu hanya memesan dari situs penjualannya, mendapatkan pengirimannya di rumahmu, dan mengirimkannya ke situs web yang membeli buku ini kembali. Ini adalah kesempatan jual beli yang didukung oleh teknologi, mengambil keuntungan dari penjualan buku yang mana harganya bervariasi pada website yang berbeda. Dengan menghabiskan sekitar 30-60 menit sehari, kamu bisa memperoleh setidaknya USD 200 per hari.


Tetapkan tujuanmu

Semester musim panas memberimu cukup waktu untuk menetapkan tujuan-tujuan hidupmu dengan benar. Buatlah daftar targetmu untuk tahun depan, sehingga kamu punya pandangan ke depannya. Kemudian perkecil lingkup daftarmu dengan membuat target bulanan sehingga kamu memiliki target-target jangka pendek untuk mencapai target yang besar. Perkecil lagi targetmu menjadi target-target mingguan sehingga kamu bisa melakukan aktivitas riil yang bisa segera kamu lakukan.

Setelah kamu menetapkan targetmu, pastikan kamu memajang daftar target mingguanmu di tempat-tempat yang bisa kamu lihat setiap saat di kamarmu. Centang target-target yang telah berhasil kamu capai. Hal ini akan membantumu untuk tetap fokus dan juga akan meningkatkan rasa percaya dirimu. 

Target-targetmu untuk tahun depan juga mencakup rencanamu pada semester musim gugur ketika tahun ajaran dimulai. Tentukan mata kuliah yang ingin kamu ambil, dan daftar kelas sebelum orang lain untuk menghindari terburu-buru di menit terakhir. Kumpulkan aplikasi bantuan keuanganmu dan ajukan aplikasi beasiswa yang layak untukmu. 


Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

60% mahasiswa membayar lebih dari yang seharusnya, atau lebih dari yang mereka perlukan untuk biaya dasar. Buatlah daftar pengeluaran mingguan atau bulanan dan periksalah di mana pengeluaran yang terbesar. Kemudian, pisahkan dalam daftar antara kebutuhan dan keinginan. Jika pengeluaran tidak dibutuhkan, kamu buat komitmen untuk tidak mengeluarkan anggaran-anggaran untuk sesuatu yang tidak kamu butuhkan.


Magang

Jika universitasmu memiliki situs khusus yang menyediakan informasi lowongan-lowongan pekerjaan, cobalah pantau untuk mendapatkan pekerjaan magang. Kamu boleh mencoba magang yang dibayar, tapi setidaknya dapatkan juga satu yang tidak dibayar. Magang memberikan pengalaman bagaimana rasanya mencari uang di dunia nyata dan mengajarkanmu bagaimana berkembang dalam lingkungan profesional. Kamu tidak akan bekerja pada hal-hal yang paling penting hanya dalam sebuah organisasi, tapi membantu penasihat keuangan menyusun lembar-lembar Excel untuk meeting dengan atasan akan cukup menjadi pengalaman untuk belajar. 


Belajar di luar negeri

Jika kamu ingin pengalaman kuliah yang hebat, pergilah belajar ke negara lain selama 1 semester. Sebagian besar mahasiswa harus mengambil mata kuliah wajib mereka pada musim gugur dan musim semi, sehingga tidak mudah untuk studi di luar negeri begitu saja. Namun, semester musim panas adalah waktu terbaik untuk menjajal kesempatan ini. Pastikan kamu memilih institusi yang tepat dan jurusan yang benar. Konsultasi dengan konselor karir di sekolahmu yang mana banyak perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah di luar negeri atau memiliki afiliasi dengan perguruan tinggi di luar negeri. 


Hindari gangguan

Segala sesuatu yang tampaknya menarik tetapi membuang waktumu dari kegiatan-kegiatan produktif adalah salah satu bentuk gangguan. Kamu tidak perlu main video game dan kamu tidak benar-benar ingin menonton sinetron itu. Tentukan berapa banyak waktu yang ingin kamu habiskan di Facebook dan kapan kamu harus mengabaikan pemberitahuan. Gangguan tidak selalu berbasis teknologi. Kamu mungkin bersemangat mempelajari hobi baru, yang tentunya menyenangkan, tetapi ada batas pada seberapa banyak waktu yang bisa kamu luangkan untuk hal ini.


Hormati waktu profesormu 

Semester musim panas itu pendek, dan karenanya perlu seorang profesor yang bisa mengajar banyak dalam waktu singkat. Mereka akan secepat mungkin menyelesaikan sesuatu tepat waktu. Bacalah materi sebelum kamu pergi ke kelas untuk pemahaman yang lebih baik saat mereka mengajar. Jangan mengirim email kepada mereka untuk ujian ulangan dan kuis kecuali ada keadaan darurat. Membuat pekerjaan mereka lebih mudah akan membuat pekerjaanmu jauh lebih mudah sebagai mahasiswa. Tetaplah disiplin. 


Itulah tadi beberapa tips keren untuk melewatkan semester musim panas di luar negeri. Jika kamu memiliki tips lain untuk semester musim panas tinggalkan komentar di bawah ini, ya!

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa: 9 Tips Menjalani Semester Saat Musim Panas
Mahasiswa: 9 Tips Menjalani Semester Saat Musim Panas
http://2.bp.blogspot.com/-TO2wN15dyN8/VECMDOvdjAI/AAAAAAAAEJs/uucgv0x-CuI/s1600/wfwqtwfa.png
http://2.bp.blogspot.com/-TO2wN15dyN8/VECMDOvdjAI/AAAAAAAAEJs/uucgv0x-CuI/s72-c/wfwqtwfa.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-9-tips-menjalani-semester.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-9-tips-menjalani-semester.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy