Mahasiswa: Alasan Wajib Kenapa Kamu Harus Masak Sendiri

Kalau kamu adalah mahasiswa yang selama ini masih menggunakan cara praktis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti nggak mau masak c...

Kalau kamu adalah mahasiswa yang selama ini masih menggunakan cara praktis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti nggak mau masak cukup dengan membeli di luar, terus nggak mau mencuci baju juga karena sudah banyak toko-toko yang menawarkan jasa laundry. Mungkin, dengan memanfaatkan jasa-jasa yang ditawarkan itu memang lebih mudah, cepat dan tidak menghabiskan waktu kamu. Dengan membeli makan yang sudah siap saji, kamu akan memiliki banyak waktu untuk melakukan apapun, misalnya mengerjakan tugas, bermain dengan teman, tidur, dan lain sebagainya.

Image Credit

Tapi, tentunya kamu mengetahui bahwa semua yang berhubungan dengan yang praktis akan memiliki efek negatif bagi diri sendiri. Pasti nggak mau kan mendapatkan efek negatif karena lebih memilih bermalas-malasan dan mencari yang mudah dan cepat alias praktis?

Apalagi kamu seorang mahasiswa yang sudah pasti banyak alasan kenapa memilih yang praktis dan tidak mau mengerjakannya dengan sendiri, jawaban yang sering digunakan adalah “sibuk, kuliah padat dan banyak tugas” hmm.. sudah wajar kalau tugas banyak. Namanya juga orang sekolah, kalau nggak ada tugas ya nggak sekolah namanya. 

Tapi, kalau jadwal padat emang beneran ya? Bukannya jadwal kuliah itu banyak waktu senggang yang diberikan? Meskipun padat, paling tidak sih hanya satu atau dua hari, dan masih ada malam hari yang kosong, dan biasanya juga masuk kuliahnya tidak sepagi kalau kamu masih di bangku SMA. 

Paling tidak, jadwal kuliah kebanyakan paling pagi itu jam 9 ya, meskipun ada jam 7 tapi itu hanya beberapa. Nah, gunakan waktu sebelum kamu berangkat kuliah untuk memasak atau mencuci baju. 

Mungkin dari kamu ada yang bertanya “kenapa harus repot masak sendiri, kan sudah ada yang jualan ,kita tinggal beli saja beres tinggal makan?” Hmm..memang iya sih tinggal pesan, nunggu di buatin terus bayar gampang banget sih. Apalagi sekarang ini banyak juga delivery order, jadi kamu tinggal pesan lewat sms, terus nunggu aja di rumah nanti makanan akan datang sendiri. 

Hey, tapi ada juga nih alasan kenapa para mahasiswa menjadi wajib untuk memasak makanan sendiri dari pada membeli di luar. Mau tahu kenapa? Berikut alasannya:


Hemat 

Alasan utama kenapa harus memasak sendiri adalah untuk berhemat. Ya, sebagai mahasiswa yang kebanyakan harus merantau dan tinggal jauh dari orang tua, berhemat itu sangat penting ya guys, untuk memenuhi kehidupan kamu selama jauh dari orang tua. 

Nah, kalau selama ini kamu memilih untuk makan selalu beli di luar, gimana mau berhemat? Maka dari itu memasak makanan sendiri akan sangat membantumu untuk menghemat pengeluaran kamu loh. 

Kalau dihitung-hitung nih ya, membeli makanan siap saji itu lebih mahal daripada saat membeli bahan makan mentah lalu dimasak sendiri. Ya, perbedaannya sih lumayan banyak sist dan bro, kalau nggak percaya coba hitung sendiri. 

Ya, kamu bisa belanja bahan makanan yang akan dimasak selama seminggu sekali. Jadi, tidak perlu membuang waktu juga untuk pergi membeli bahan sehari sekali. Sudah pasti dong kalau membeli kolektif akan menghabiskan biaya lebih sedikit dibandingkan membeli makan siap saji yang akan dibeli sehari dua kali. 

Memasak bersama-sama dengan teman juga bisa menjadi pilihan tepat yang akan sangat membantu untuk menghemat loh. Nanti kamu membeli bahannya juga bareng-bareng, jadi biayanya bisa terkumpul dari berapa banyak jumlah teman kamu yang mau masak bersama.

Kamu nggak mau kan jadi mahasiswa yang boros? Uang yang seharusnya dipakai selama satu bulan, belum sampai satu bulan malah sudah habis untuk membeli makan yang kamu inginkan. Alhasil, kebingungan untuk memenuhi biaya makan dan biaya lainnya selama beberapa hari yang masih tersisa dan akhirnya meminta orang tua lagi. 

Hmm..kamu nggak mau seperti itu kan, guys? Maka dari itu, yuk mulai untuk memasak sendiri agar menjadi mahasiswa yang hemat dan tidak merepotkan orang tua karena selalu meminta uang lebih selama sebulan. 

Hemat dan memasak sendiri itu tidak merepotkan dan tidak memberikan dampak negatifkan, jadi kenapa tidak untuk melakukannya.

Hidup menjadi lebih sehat

Sudah tahu kan guys, berita-berita yang disampaikan di media masa yang menunjukkan bahwa kebanyakan pedagang makanan mencampurkan bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh? Ya, meskipun tidak semua pedagang di Indonesia seperti itu sih. Tapi, akan lebih baik kalau kita mencegahnya. 

Toh, kamu juga tidak tahu kan pedagang mana yang jujur dan pedagang mana yang tidak jujur? Daripada kamu hanya mengira, menerka dan menebak-nebak, lebih baik mengambil tindakan untuk menghindarinya dengan memasak sendiri kan, guys?!

Kamu pasti tidak mau kan kena penyakit ganas gara-gara kebanyakan memakan makanan yang mengandung bahan yang tidak sehat untuk tubuh. Apalagi, kamu masih sangat muda untuk mendapatkan penyakit ganas. Nah, untuk mencegah semua itu terjadi pada diri kamu, akan lebih baik jika kamu memasak makanan dengan sendiri. 

Jadi, kamu akan mengerti dan mengetahui secara jelas bahan apa yang terkandung dalam makanan itu. Tidak mungkin kan guys kamu menggunakan bahan makanan yang tidak baik buat tubuh sendiri untuk memasak makanan yang kamu buat dan akan kamu makan sendiri?

Nah, inilah alasan kenapa kamu wajib untuk memasak makanan sendiri, karena kamu akan hidup lebih sehat tanpa adanya bahan-bahan kimia di dalam makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kamu. 

Biasanya, kalau kamu di rumah tinggal bersama orang tua, ibu kamu atau mungkin yang membantu di rumah akan memasakkan makanan yang sehat juga kan, tanpa bahan makanan yang menakutkan seperti yang digunakan pada makanan yang diperjualbelikan di luar. Jangan sampai tubuh kamu yang selama ini telah dijaga oleh orang tua dengan memberikan makanan yang sehat berubah menjadi tidak sehat lagi.

Karena sudah tidak tinggal dengan orang tua dan memakan makanan seenaknya yang tidak tahu kandungan apa yang ada dalam makanan yang akan kamu makan itu, maka dari itu akan lebih baik jika meneruskan tradisi di rumah. Hanya bedanya saat di rumah ada orang tua atau siapa saja yang memasakkanmu makanan sehat dan tinggal memakannya. Tapi di sini, di tempat kamu berada yang jauh dari orang tua, harus memasak makanan sehat itu dengan tangan sendiri. 

Nah, dengan begitu, hidup akan berubah menjadi sehat daripada sebelumnya yang hanya makan makanan sebatas untuk mengenyangkan perut saja, tetapi tidak ada kandungan gizi di dalamnya.Yang terpenting hanyalah makan itu sehat untuk dikonsumsi tubuh karena tidak mengandung bahan kimia yang tidak layak konsumsi dan akan menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. 


Latihan mandiri

Buat kamu yang selama ini tidak pernah tinggal jauh dari orang tua, dan semua keperluan disiapkan oleh orang tua, pasti kesulitan banget ya untuk memulai hari-hari tanpa adanya orang tua yang selalu menyiapkan apa yang dibutuhkan. Apalagi buat kamu yang selama di rumah tidak pernah merasakan rasanya berada di dapur. Hmm...akan kerepotan sekali untuk memenuhi keperluan makan kamu sendiri. 

Meskipun begitu, kalau memang berniat untuk memasak sendiri, ini akan sangat bermanfaat untuk belajar mandiri. Saat tidak bisa memasak dan keadaan mengharuskan memasak karena ingin hidup sehat. Maka, mau tidak mau harus berusaha untuk bisa memasak sendiri. Nah, selain bisa hidup mandiri yang jauh dari orang tua, kamu juga bisa sekalian latihan masak kan, guys?!

Keadaan yang akan merubahmu. Manfaat dari memasak sendiri, kamu juga nggak bakalan sering bangun siang loh. Karena masak dahulu sebelum berangkat kuliah. Sedangkan jika membeli makan di luar, ini akan membuat kamu malas untuk bangun pagi. Ini yang sering terjadi saat sudah menjadi seorang mahasiswa di perkuliahan.

Saat di rumah, pasti ada orang tua yang membangunkan saat pagi hari sudah datang. Tapi, saat sudah berada di tempat perantauan, tidak ada yang akan membangunkanmu. Dengan memasak sendiri, ini akan membuat kamu harus dan wajib bangun pagi sebelum berangkat kuliah. Jika tidak, kamu tidak akan makan, atau memilih untuk makan makanan yang tidak sehat yang ditawarkan di luar sana.

Tergantung mau memilih tidak makan, makan makanan tidak sehat, atau bangun pagi untuk memasak, toh bangun pagi tidak akan merugikan, malah akan membantu untuk bisa menjadi lebih dewasa dan mandiri. Masak sendiri juga bisa menjadi bekal di masa depan kelak loh kalau sudah berumah tangga. 


Bisa memilih menu sendiri 

Kalau kamu termasuk dalam kategori orang yang memilih-milih makan, nggak suka ini, nggak mau itu, kurang selera sama yang itu, menunya kurang menarik, dan terkadang saat menemukan menu yang cocok tetapi harganya yang kurang cocok, hmm...untuk hal seperti itu memasak sendiri adalah wajib hukumnya buat kamu. 

Ya, karena dengan memasak sendiri kamu bisa memilih menu apa saja yang diinginkan dan dengan harga yang seminim mungkin yang akan dikeluarkan. Berbeda dengan menu makanan yang ditawarkan di luar sana yang sedikit variasinya. Mungkin ada sih menu yang kamu cari, tapi dengan harga yang sedikit mahal.

Buat yang terbiasa dengan menu mahal sih tidak masalah, tapi kalau bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sehat, dan rasa yang lebih enak kenapa tidak? Lebih baik memilih pilihan yang kedua kan?

Kamu akan lebih kreatif untuk memadupadankan bahan yang akan digunakan untuk membuat makanan, lama kelamaan memasak akan menjadi hobi nih. Kamu pasti bosan kan dengan menu makanan yang itu-itu saja yang dijual? Alhasil kamu akan malas untuk makan dan tidak punya nafsu makan.

Nah, untuk menghindari makanan yang kurang bervariasi dan yang bisa mengakibatkan berkurangnya nafsu makan, mendingan kamu bikin makanan sendiri dengan banyak variasi yang bisa kamu buat sendiri. 

Memasak sendiri juga bisa mengajak kamu untuk membuat menu baru loh, guys. Kalau lagi bosen dengan menu simple yang itu-itu saja, kamu bisa membentuk makanan dengan bentuk yang unik, atau membuat menu yang belum pernah ada di pasaran. Nah, kan dengan begitu akan menambah semangat untuk makan dan tidak ada lagi kata “bosan dengan menu”. 

Jangan sampai kamu sakit di tempat perantauan hanya karena nggak nafsu makan dengan makanan yang di jual di luar ya, guys! Karena jika sakit nantinya akan semakin repot dan mahal untuk mengobatinya. Akan lebih baik jika mencegahnya dahulu dengan memasak sendiri, bukan?


Mengurangi waktu di luar

Kalau biasanya membeli makan di luar, otomatis harus menghabiskan waktu diluar, kan? Mencari tempat di mana akan makan, mencari menu yang cocok, dan menunggu menu yang dipilih dibuatkan oleh penjual, lumayan lama ya. 

Tetapi, kalau memilih untuk membuat makanan di rumah, tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar. Cukup di dapur yang tidak begitu menghabiskan banyak waktu. Dan nanti, di waktu yang tersisa bisa kamu gunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas. 

Coba kalau memilih untuk membeli makanan di warung, harus mengantri dahulu, dan belum lagi kalau bertemu dengan teman yang bisa membuat kamu nggak berhenti mengobrol sampai menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu, jika kamu tidak mau menghabiskan banyak waktu di luar, cukup berdiam diri di dapur untuk memasak, dan jadi deh tidak perlu menunggu lama dan juga tidak perlu mengantri. 

Meskipun kalau makan di luar akan mendapatkan suasana baru dan juga rame bersama teman-teman, tapi di rumah atau di kos juga tidak berarti tidak bisa berramai-ramai. Ajak saja teman untuk memasak dan makan bersama, pasti nggak kalah seru dengan makan di luar. Tidak perlu meluangkan banyak waktu, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, tidak perlu pergi jauh untuk mencari makan.


Untuk persiapan dalam keadaan darurat

Ini nih yang penting kalau kamu adalah anak rantau yang jarang pulang ke rumah di daerah asal. Jika sering membeli makanan di luar, pasti suatu saat ada keadaan di mana warung atau café yang jual makanan akan tutup karena ada suatu hal, lalu bagaimana kalau seperti ini? Kamu pasti akan kebingungan mencari makanan, kan?

Berbeda ceritanya kalau sudah terbiasa dengan memasak. Saat warung makanan lagi pada tutup, kamu masih punya persediaan bahan makanan mentah yang bisa dimasak. Keadaan darurat itu misalnya saat Idul Adha, pasti banyakkan di antara kamu yang tidak pulang dan lebih memilih untuk tetap tinggal. Nah, berdasarkan pengalaman, saat Idul Adha warung-warung yang biasanya menjajakan makanan akan tutup.

Lalu, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan perut yang tidak bisa dihentikan dalam keadaan apapun termasuk Idul Adha? Tidak mungkin kan akan menunggu warung itu buka, atau membeli di tempat yang jaraknya cukup jauh? Maka dari itu dalam keadaan seperti ini, memasak sangat diperlukan. 

Kalau tidak terbiasa memasak, pasti kamu malas dan bingung mau memasak apa. Tapi, buat yang sudah terbiasa dengan memasak bisa bergembira ria dan tidak perlu galau memikirkan warung makanan yang tutup. 

Nah, buat kamu yang masih membeli makanan di luar, pasti sudah tahu kan dampak negatif yang akan didapatkan dari memakan makanan yang tidak tahu asal usulnya. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus memikirkan untuk merubah pola hidup dengan memasak sendiri. Baik cewek maupun cowok. 

Dan pastinya juga banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika memasak sendiri, yaitu kamu akan bisa berhemat, lebih sehat dan tidak ada penyakit ganas yang akan menempel dalam tubuh karena salah memilih makanan. 

Memasak sendiri juga membuat kamu lebih mandiri saat berada jauh dari orang tua. Mau nggak mau harus belajar cara memasak jika sebelumnya belum pernah masuk ke dapur, bisa memilih menu makan yang diinginkan dengan biaya yang seminimal mungkin. Karena bisa mengira-ngira dengan sendiri bahan yang akan digunakan, dan yang pasti akan membuat kamu mengurangi banyak waktu di luar. Oh iya, kamu juga akan bisa menghadapi keadaan darurat di mana saat warung makan tutup semua. 


Setelah melihat 6 alasan di atas, mengenai kenapa para mahasiswa wajib untuk memasak makanan sendiri, pasti kamu sudah tahu kan apa saja manfaat yang diberikan dan sedikit dampak buruk karena sering membeli makanan cepat saji dari luar?

Jadi bagaimana guys, masih ingin makan dengan makanan yang mengenyangkan perut dan juga menyimpan penyakit di dalamnya? Atau, ingin memakan makanan yang mengenyangkan, murah, menarik, bervariasi, sehat, dan pastinya mengandung banyak gizi bagi tubuh? 

Pasti kamu memilih pilihan yang kedu kan, atau ada yang memilih yang pertama? Hmm...ya itu semua pilihan kamu guys. Tapi kalau lebih memilih yang kedua, mulai dari sekarang mulailah untuk memasak sendiri, dan persiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang sehat ya! Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. 

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,282,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,145,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,85,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa: Alasan Wajib Kenapa Kamu Harus Masak Sendiri
Mahasiswa: Alasan Wajib Kenapa Kamu Harus Masak Sendiri
http://4.bp.blogspot.com/-wJm_VY68T7k/VESCenBXo0I/AAAAAAAAEPo/zlZzBsHgwNw/s1600/vzvvzv.png
http://4.bp.blogspot.com/-wJm_VY68T7k/VESCenBXo0I/AAAAAAAAEPo/zlZzBsHgwNw/s72-c/vzvvzv.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-alasan-wajib-kenapa-kamu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-alasan-wajib-kenapa-kamu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy