Mahasiswa di Luar Negeri: Tips Memilih & Menggunakan Hostel

Sebagai mahasiswa yang bepergian ke luar negeri, tidak diragukan lagi kamu bakalan mengeluarkan banyak anggaran, apalagi jika kamu berniat...

Sebagai mahasiswa yang bepergian ke luar negeri, tidak diragukan lagi kamu bakalan mengeluarkan banyak anggaran, apalagi jika kamu berniat untuk melakukan perjalanan antar-negara. Belajar sekaligus jalan-jalan di luar negeri membuatmu tahu bahwa hostel merupakan anugrah bagi para wisatawan dan petualang yang anggaran travelingnya cekak. Oke, langsung saja simak tips berikut ini dan selalu ingat-ingat di pikiran kamu, terutama kalau kamu berniat tur ke Amerika Tengah.



Ingat! Hostel memiliki standar

Salah satu harapanmu dari sebuah perjalanan adalah untuk bertemu orang-orang baru, bukan?

Hostel adalah tempat yang sempurna untuk bertemu orang-orang baru, dan kamu akan menjalin persahabatan dan membuat koneksi secara instan dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Menginap di hostel, jelas kamu nggak bisa mengharapkan semua kenyamanan yang bisa kamu dapatkan dari hotel-hotel mewah, namun ada beberapa standar untuk memastikan wisatawan telah mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan harga yang wajar. Setidaknya, kamu sudah dapat fasilitas berikut ini ketika menginap di hostel murah yang harganya berkisar USD 10-15 per malam.

Listrik
Kamar mandi / fasilitas shower
Selimut bersih / bantal 
Loker (kunci biasanya tidak termasuk)

Dan hal-hal ini terkadang memerlukan biaya ekstra: 

Handuk 
Air panas 
Sarapan
Internet Wi-Fi
AC 
Kamar pribadi (single room)


Beberapa hostel menyediakan hiburan untuk tamu, baik itu peminjaman buku, televisi, kolam renang, atau penyewaan alat-alat olahraga. Jika menginap di hostel-hostel dekat pantai, biasanya mereka akan menyediakan penyewaan papan selancar murah sekitar USD 5 per hari dan sepeda sekitar USD 5 - 10 per harinya. Ada pula yang juga menyediakan paket khusus, bekerja sama dengan toko menyelam lokal, yang menawarkan Scuba Diving seharga USD 60 untuk 2 tabung oksigen menyelam.


Banyak searching dan membaca buku

Apa gunanya banyak searching dan membaca buku?

Kesalahan paling mendasar yang paling banyak dilakukan para traveler pemula adalah, kurangnya info dan baca buku. Kalau cari info secara mandiri aja sudah malas, jangan sok-sok-an deh jalan-jalan jauh. Selain pinter berburu tiket pesawat murah, hal kedua yang perlu kamu latih adalah, nyari hostel yang murah di setiap negara yang ingin kamu kunjungi. Pesan kamar hostel beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum menginap adalah hal yang penting. Kamu nggak mau kan, waktu terbuang untuk cari penginapan on the spot? Belum lagi kalau penginapannya penuh.

Perlu diingat juga bahwa kamar hostel yang bisa diisi orang banyak (dormitory style)  akan selalu lebih murah daripada kamar yang hanya bisa diisi satu orang (private / single room). Beberapa hostel juga memiliki jam malam dan aturan-aturan lain yang harus dipatuhi. Hormatilah aturan ini dan kamu akan lebih nyaman untuk menginap di sana.


Packing ringan dan membawa barang seperlunya saja 

Packing adalah salah salah satu seni dalam traveling, dan setelah kamu menjadi seorang traveler yang keranjingan keliling dunia, kamu bakalan menyadari bahwa sebenarnya tak perlu membawa terlalu banyak barang ketika melakukan perjalanan, terutama kalau kamu cuma ingin bersantai di pantai. Barang-barang yang perlu dibawa biasanya sepatu yang nyaman dipakai buat jalan-jalan, kunci/pengaman untuk mengamankan barang-barangmu, handuk (karena di hostel belum tentu tersedia), dan uang ekstra kalau-kalau terjadi hal-hal yang nggak kamu inginkan (semoga saja tidak terjadi padamu, ya).

Kamu mungkin perlu memanggul ransel di punggungmu naik turun bus lalu berjalan beberapa menit sebelum sampai ke tempat menginap yang telah kamu pesan sebelumnya. Membawa terlalu banyak barang hanya akan membuat badanmu lebih cepat lelah. Lalu pastikan kamu membawa day pack, ransel kecil yang akan mempermudah kamu saat jalan-jalan. Membawa backpack akan terlalu besar dan berat.

Sayangnya, tidak semua orang di hostel memiliki niat baik dan pencurian kerap terjadi. Jangan mudah percaya pada orang-orang yang baru kamu kenal, dan pastikan kamu tidak lupa mengunci atau menyimpan semua barang yang berharga. 


Pastikan kamu tahu bagaimana cara pergi begitu sampai di tujuan

Sekali lagi, searching, searching, searching. Baik itu melalui google maupun melalui buku-buku referensi perjalanan. Sangat penting untuk mengetahui sistem bus atau sarana transportasi lainnya setelah kamu mencapai tujuan. Kurangnya informasi tentang hal ini, hanya akan membuat perjalananmu kurang efektif. Pilihlah tempat menginap yang strategis, dekat dengan banyak objek wisata, walaupun mungkin akan sedikit mahal. Memilih tempat yang strategis akan memudahkanmu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dengan berjalan kaki.

Jika menginap di daerah pantai, carilah penyewaan sepeda untuk mempermudahmu berkeliling menelusuri pantai. Menyewa sepeda lebih murah jika dibandingkan dengan naik transportasi lain. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati dan menyusuri banyak pantai kecil. Menyewa sepeda biasanya hanya USD 5 per hari. Di kawasan wisata di Indonesia seperti Pulau Lombok biasanya lebih banyak tersedia penyewaan sepeda motor seharga Rp 50.000 per hari, dan penyewaan sepeda di daerah pantai-pantainya hanya Rp 10.000 per jam.

Terkadang, hostel bisa pilihan tepat daripada hotel, karena tempat ini lebih tenang dan memiliki suasana yang ramah dan menyenangkan.


Bawa makanan ringan, dan manfaatkan fasilitas dapur hostel untuk menyimpan 

Kebanyakan hostel memiliki semacam dapur atau tempat untuk memasak makananmu sendiri. Membawa makanan ringan dari negara asalmu juga akan cukup membantumu dalam menghemat anggaran makan ketika kamu sampai di sana. Sebelum berangkat traveling, isilah tasmu dengan banyak makanan-makanan ringan sebagai cemilan perjalanan. Selain menghemat uang, begitu waktunya pulang, ranselmu akan memiliki ruang yang lebih karena cemilan-cemilan tadi sudah habis dimakan. Bawalah sachet-an saus dan sambal, abon, roti tawar, yang bisa dikonsumsi untuk jangka waktu beberapa lama dan menjadi alternatif jika kamu mendadak lapar. Pintar-pintarlah dalam mencari hostel yang menyediakan sarapan gratis juga.


Jika memang harus menginap di hotel. . .

Kalau kamu memang masih nggak sepenuhnya nyaman dengan ide menginap di hostel selama perjalananmu, kamu masih layak hotel yang menyediakan makanan dan ranjang yang nyaman. Kadang-kadang, akomodasi yang hotel berikan lebih royal dan layak untuk wisatawan yang sudah lelah banget, tetapi kalau kamu benar-benar beruntung, kamu bisa menemukan fasilitas ini tanpa harus mengorbankan harga. 

Ada beberapa hotel, walaupun tidak banyak dan cenderung sulit ditemukan, yang memiliki fasilitas yang tergolong mewah namun kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang sama seperti menginap di kamar hostel.

Beberapa link bermanfaat untuk mencari pilihan hostel adalah Hostel World dan Hostel Bookers. Selamat jalan -jalan! 
Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa di Luar Negeri: Tips Memilih & Menggunakan Hostel
Mahasiswa di Luar Negeri: Tips Memilih & Menggunakan Hostel
http://1.bp.blogspot.com/-rmEPf1yWXTc/VEBXLF4ex1I/AAAAAAAAEIs/QLk02jovMiE/s1600/gsgaa.png
http://1.bp.blogspot.com/-rmEPf1yWXTc/VEBXLF4ex1I/AAAAAAAAEIs/QLk02jovMiE/s72-c/gsgaa.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-di-luar-negeri-tips-memilih.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-di-luar-negeri-tips-memilih.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy