Mahasiswa & Skripsi: Tips Penting dalam Melakukan Revisi

Topik kali ini bener-bener mahasiswa banget. Biasanya kalau ujian akhir semester udah dekat, kamu berasa dikejar deadline tugas-tugas dosen...

Topik kali ini bener-bener mahasiswa banget. Biasanya kalau ujian akhir semester udah dekat, kamu berasa dikejar deadline tugas-tugas dosen yang menggunung. Itu masih ringan, karena kaum yang ‘ngenes’adalah mahasiswa tingkat akhir yang dikejar deadline skripsi. Nah, bagi kamu-kamu yang sedang dikejar deadline skripsi, anggap saja kamu beruntung, karena dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, niscaya kamu akan selamat dan lancar jaya ketika mengerjakan skripsimu. 



Apa rencanamu?

Dengan begitu banyak hal untuk diperbaiki dalam waktu yang singkat, kamu sangat perlu berpikir hati-hati tentang bagaimana, kapan dan apa yang perlu kamu revisi. Buat jadwal revisi, seimbangkan subjek, identifikasi topik penting yang perlu untuk diperbaiki, dan tuliskan berapa banyak ujian yang akan kamu hadapi (jika ada).


Jangan suka menunda

Sementara beberapa mahasiswa memang tampak seperti mendapat hidayah dari langit pada menit-menit terakhir menjelang ujian ataupun deadline, dan hal ini diterima secara luas bahwa bagi kebanyakan dari kita, ini sebenarnya bukanlah cara terbaik untuk menghadapi ujian. Alokasikan waktu setidaknya 2-3 minggu untuk setiap ujian yang akan kamu hadapi, dan mulailah revisian lebih awal untuk menghindari begadang larut malam di perpustakaan! Kan serem juga di perpustakaan sendirian malem-malem.


Buat warna-warni 

Nah, kegiatan ini biasanya kebanyakan dilakukan cewek-cewek. Kadang-kadang ini cukup membantu dan terlihat kreatif ketika revisian–ya, kenapa gak mencoba menggunakan warna untuk membuat revisianmu lebih efektif? Telusuri tulisanmu dan berikan stabilo atau apapun yang warna-warni. Biasanya, warna yang umum dipakai adalah hijau, kuning, dan merah muda.


Jangan buang waktu

Berhenti menunda-nunda dan mulai fokus. Menjauhlah dari Facebook, berhenti beresin kamar kos yang berantakan, dan berhenti sms-in teman-temanmu, dan beri tahu mereka kalau kamu bener-bener kerja keras demi ujian ini. Tetap positif dan tetap fokus!


Bikin 'contekan' 

Bikin contekan ini untuk revisi ya, bukan untuk ujian. Bikinlah contekan atau catatan kecil berisi poin dan ide-ide yang bisa kamu lihat dengan cepatkalau kamu sedang revisian dengan dosen. Bikin lembar contekan itu bagus, soalnya kamu bisa minta teman untuk menguji pengetahuanmu di pelajaran/kuliah yang kamu inginkan, dan kamu bisa melihat kertas contekan ini sebelum ujian dimulai.


Buat 'revisi lingkungan'

Menyingkirkan semua gangguan merupakan hal yang sangat penting demi kelancaran pekerjaan. Pastikan dirimu merasa nyaman dan bisa fokus pada pekerjaan. Ketahui juga kapan waktu yang baik untukmu belajar, dan pastikan semua orang dalam hidupmu tahu kalau kamu juga perlu belajar, sehingga mereka tidak mengganggu kelangsungan hidupmu. Jika lingkungan kamu nggak mendukung, pergilah ke perpustakaan, jangan ke mbah dukun. Sekali-kali, JANGAN!


Berhenti panik 

Banyak mahasiswa yang khawatir sampai-sampai mereka akhirnya tidak melakukan pekerjaan karena nggak tahu harus ngelakuin apa dan mulai dari mana! Kebanyakan mikir dan telalu menekan kinerja otak menjadi pressure cooker itu tidak baik. Jangan takut dan jangan lupa bahwa otak kamu juga butuh istirahat.


Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain 

Khawatir bahwa teman-teman seperjuanganmu ternyata merevisi lebih keras dari yang kamu dapat menjadi kontra-produktif. Jangan merasa tertekan kalau kamu tidak menghabiskan 24 jam sehari di perpustakaan, atau nggak mengerjakan semua makalah 90 kali seperti teman-temanmu. Tetap fokus pada rencana revisi sendiri dan biarkan teman-temanmu khawatir tentang skripsi mereka sendiri.


Meminta bantuan 

Jangan dikira memperbaiki somethingwe usually call 'skripsi' adalah hal mudah. Revisi itu sulit. Dibutuhkan banyak fokus dan kerja keras, dan bagi banyak mahasiswa, hal ini bisa menjadi penyebab utama stress dan galau akut, serta benar-benar dapat menyebabkan mereka mendapatkan nilai yang jelek banget jika berbenturan dengan jadwal ujian. Jangan takut untuk meminta dukungan dari teman ataupun dosen.

Khusus untuk yang sedang skripsian, jangan kecewa dulu kalo ternyata setelah menjalani sidang dan setelah pengumuman hasil, rupanya kamu lulus tetapi dengan revisi/perbaikan. Cukup pasang hashtag #AkuRapopo. Ada sedikit tips dan saran (dan kasih sayang) kalo kamu terpaksa harus revisi skripsi/penelitian. Untuk memudahkan, revisi bisa dibagi menjadi 3 kategori:

1. Revisi Non Teknis 
2. Revisi Teknis 
3. Rombak Ulang

Revisi Non Teknis 

Biasanya inilah hal nyebelin yang terjadi kalo dosen pembimbing perfeksionis minta ampun. Yang seperti ini biasanya dilakukan oleh dosen-dosen penguji senior. Sebenernya, nggak ada kesalahan yang fatal di dalam skripsi, cuma karena mereka biasanya gak mau kehilangan muka dengan meluluskan mahasiswa begitu saja, alasan untuk ‘menyalahkan’ skripsi kita ada-ada saja.
Biasanya yang direvisi pun bersifat ecek-ecek (gak penting) seperti tanda baca, kalimat baku yang dipergunakan, kurang referensi/literatur pendukung, dan sebagainya.

Tipsnya adalah: 

- Jangan sekali-kali menunda-nunda revisi ke dosen jenis ini. Semakin ditunda, maka akan semakin molor dan kamu nggak akan selesai-selesai revisian dengan dosen menyebalkan jenis ini. Cepat digarap dan kemudian ajukan ke dosen untuk disetujui.
- Dosennya sibuk? Kejar terus, menangkan hatinya. Kalau perlu, apelin ke rumahnya.
- Jika tidak begitu paham seputar tanda baca dan EYD-EYD, tanya senior, deh. Belajar online juga bisa,atau jangan males buka KBBI.
- Bingung cari referensi/literatur tambahan? Ada triknya. Kamu cari penelitian/skripsi yang mirip-mirip dengan milikmu. Ambil aja referensi tambahannya dari situ. Oke. Cara ini seems tidak baik.

Revisi Teknis 

Revisi teknis sedikit lebih berat daripada non teknis, karena revisi teknis itu berkaitan dengan isi skripsi atau penelitianmu. Biasanya terjadi jika dosen penguji tidak terlalu puas dengan hasil akhir atau kesimpulan dari skripsi/penelitian kita. Terasa sedikit berat, tapi dengan ketekunan dan kecerdikan dijamin nanti bisa kelar.

Tipsnya adalah: 

- Cermati dengan baik apa saja yang harus direvisi. Nggak usah kerajinan dengan menggali-gali dan menanyakan hal-hal yangtidak berkaitan dengan revisi itu.
- Masih bingung juga? Gak ada salahnya minta bimbingan lagi dari dosen pembimbing kita plus nanya-nanya sama dosen penguji soal kekurangan kita.
- Musuh utama revisi adalah‘kemalasan’. Semakin susah revisinya semakin malas. Jangan males, lah. Semakin kamu rajin, dosen pembimbing juga akan semangat bantu kamu revisi. Alhasil revisi cepet tuntas. 


Rombak ulang

Kalau yang ini parah banget, tapi biasanya juga jarang banget. Biasanya kalau udah disuruh rombak ulang, artinya kita dinyatakan tidak lulus, atau kalopun lulus nilai kita C/D. Rombak ulang itu terjadi karena: 

- Kamu dan dosen pembimbing dari awal udah nggak kompak.
- Kamu dapat dosen pembimbing yang nggak paham sama sekali tentang skripsi/penelitian kamu, tapi tetep nekad mau membimbing.
- Dosen pembimbingmu punya prinsip "terserah kamu deh". Pertama-pertamanya sih enak, lama-lama jadi bumerang saat sidang. 
Tipsnya adalah: 
- Sekali lagi, nggak usah nge-down. Tetaplah pede aja ngerjain revisinya.
- Walaupun namanya rombak ulang, namun biasanya yang dirombak adalah antara BAB 3, 4, dan 5 saja. Pendahuluan dan Landasan Teori biasanya tidak terlalu diutak atik.
- Coba minta saran dari dosen penguji, di mana saja kesalahanmu.


Setelah mengetahui dan membaca tips-tips di atas, maka silakan kamu coba untuk dipraktekkan. Semoga sukses! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mahasiswa & Skripsi: Tips Penting dalam Melakukan Revisi
Mahasiswa & Skripsi: Tips Penting dalam Melakukan Revisi
http://1.bp.blogspot.com/-iEpFNQIJ1Rc/VDPPc2MVpjI/AAAAAAAADcc/kUsbXL_f9DM/s1600/stack-letters-447579_640.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-iEpFNQIJ1Rc/VDPPc2MVpjI/AAAAAAAADcc/kUsbXL_f9DM/s72-c/stack-letters-447579_640.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-skripsi-tips-penting-dalam_7.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/mahasiswa-skripsi-tips-penting-dalam_7.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy