Merasakan Pengalaman Kuliah di Perancis, Bersama Nauval Atmaja

Halo, sobat berkuliah.com! Bagaimana kabar kamu hari ini? semoga tetap luar biasa ya semangatnya? Menyimak dunia pendidikan di Perancis te...

Halo, sobat berkuliah.com! Bagaimana kabar kamu hari ini? semoga tetap luar biasa ya semangatnya? Menyimak dunia pendidikan di Perancis tentunya merupakan hal yang selalu menarik dan tidak akan pernah membosankan. Kenapa? Ya, karena di negara ini banyak sekali universitas yang memiliki standar internasional dan termasuk dalam universitas terbaik dunia. Sistem pendidikan yang lebih baik daripada negara kita menjadi salah satu alasan mengapa Perancis dijadikan tujuan kuliah oleh para mahasiswa Indonesia.



Kali ini berkuliah.com akan menampilkan hasil interview dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang pernah merasakan betapa indahnya menjalani dunia perkuliahan di Perancis. Tak usah berlama-lama, mari kita simak liputan selengkapnya di bawah ini.


Halo, Naufal. Untuk perkenalan, bisakah diceritakan mengenai profil diri kamu? Baik dari nama, asal, tempt kuliah dan bidang studi yang diambil, tempat tinggal selama di Perancis, dan apakah kuliah menggunakan beasiswa atau biaya pribadi?

Salam kenal, ya! Nama saya Nauval Panca Atmaja, saya lahir dan besar di Jombang, Jawa Timur, tepatnya di desa Randuwatang, kecamatan Kudu, sekitar 20 KM dari kota Jombang. Saya lulus dari jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun 2008. Saya sempat bekerja di sebuah perusahaan IT konsultan di Jakarta selama setahun sebelum pindah ke Batam sebagai bagian dari IT Team McDermott Asia Pacific.

Pada tahun 2012, alhamdulillah saya diterima sebagai awardee beasiswa Erasmus Mundus untuk program Dependable Software Systems (DESEM). Di program tersebut, saya harus memilih 2 dari 3 universitas anggota consortium: National University of Ireland Maynooth (Ireland), University of St Andrews (Scotland) atau Université de Lorraine (Perancis). Saya memilih University of St Andrews untuk di tahun pertama dan Université de Lorraine di tahun ke dua. Dan Alhamdulillah, sekarang studi saya sudah selesai.


Bisa diceritakan tentang kedua kampus kamu di University of St.Andrews dan Université de Lorraine? Hal-hal apa saja yang paling kamu sukai dari kedua kampus tersebut?

Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi di kedua universitas, baik secara akademis maupun non akademis. St. Andrews adalah salah satu universitas terbaik di UK. Mungkin, banyak yang tahu universitas ini karena pangeran Willam dan Kate Middleton berkuliah dan bertemu di sini. St. Andrews adalah kota kecil di tepi pantai sebelah timur Scotland, atau mungkin lebih tepat kota di dalam universitas, karena saking kecilnya, jadi cocok untuk belajar. Yang saya sukai dari St.Andrews adalah selain dari segi akademis, di sana terdapat bangunan-bangunan tua sehingga terkesan ‘Harry Potter-ish’. Bahkan, ada salah satu gedung universitas yang sudah berdiri sejak awal abad ke-15. Selain itu, St. Andrews juga terkenal sebagai home of golf, dan ada golf course yang sangat terkenal yaitu The Old Course. 

Université de Lorarine adalah universitas baru hasil merger dari beberapa universitas di Lorraine, tepatnya di kota Nancy dan Metz. Untuk program DESEM ini, saya berkuliah di kampus Science yang terletak di kota Nancy. Nancy jauh lebih besar dari St.Andrews dan lebih ramai. Di Nancy banyak sekali event yang bisa dijadikan sebagai pelepas stress, salah satunya adalah light show di Place Stanislas, sebuah plasa di pusat kota Nancy, dan ada juga Nancy jazz festival di setiap musim gugurnya.



Apakah universitas di kedua kampus tersebut menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia? Jika ada, bolehkah diceritakan detailnya?

Untuk Erasmus, peluangnya selalu ada, dan banyak sekali mahasiswa dari Indonesia yang mendapat beasiswa ini. Untuk detailnya bisa dilihat di blog saya. Kalau tidak salah, sekarang namanya berganti menjadi Erasmus+ (http://ec.europa.eu/programmes/erasmus-plus/index_en.htm). Sekarang sebenarnya ada beberapa beasiswa yang disediakan pemerintah indonesia bagi masyarakat yang ingin berkuliah, baik di luar maupun dalam negeri, antara lain beasiswa kominfo dan LPDP. 


Bagaimana karakter dosen di Prancis ketika mereka menyampaikan materi kuliah? Apakah ada cara khusus untuk lebih dekat dengan dosen?

As far as I know, para dosen baik di Perancis ataupun Scotland, mereka sangat terbuka akan pertanyaan. There are no stupid questions. Kalau memang tidak tahu, tidak bisa atau tidak mengerti lebih baik ditanyakan, dan mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan materi yang ditanyakan, bahkan bisa dilanjutkan di luar kelas. Akan tetapi, budaya di Perancis adalah kita harus janjian terlebih dahulu dengan dosen yang bersangkutan jika ingin bertemu di luar jam kuliah. Sedangkan di St.Andrews, para dosen lebih approachable, less formalities. Banyak bertanya bisa menjadi awal untuk bisa dekat dengan dosen karena dengan begitu dosen akan lebih ingat dengan kita.


Berapa lama waktu minimal yang dibutuhkan untuk persiapan kuliah di Perancis? Mulai dari pendaftaran beasiswa sampai persiapan bahasa, dan hal lainnya?

Karena saya masuk melalui program Erasmus, jadi tidak ada persyaratan khusus untuk bahasa Perancis, jadi cukup dengan bahasa Inggris saja sesuai dengan syarat dari program Erasmus. Namun, untuk yang non-erasmus, salah satu persyaratan untuk mendapat visa student Perancis adalah minimal harus mempunyai sertifikat DELF B2, yang mungkin membutuhkan waktu sekitar 1.5 - 2 tahun untuk mendapatkannya. 


Berapakah biaya hidup minimal di kota tempat Nauval tinggal?

Biaya hidup di Nancy minimal bisa sekitar 400 Euro sebulan, dengan rincian sekitar 250 untuk akomodasi, dan 150 untuk konsumsi (dengan catatan masak sendiri). Di Perancis ada bantuan akomodasi dari pemerintah, CAF, yang nilainya hingga 40% dari total akomodasi perbulannya, jadi sangat disarankan bagi para mahasiswa untuk apply CAF secepatnya.


Apa perbedaan budaya yang paling terasa antara Perancis dengan Indonesia? Dan bagaimana sikap kamu atas perbedaan tersebut?

Bagi saya adalah bahasa, karena saya hanya tahu sedikit sekali bahasa Perancis, sedangkan mayoritas warga Perancis tidak mengerti bahasa Inggris. Dan juga birokrasi Perancis juga tak kalah ribetnya dengan Indonesia, jadi kalau mau kuliah di Perancis persiapkan untuk membawa dokumen-dokumen yang sekiranya perlu, seperti: Akta kelahiran, ijazah dan lain-lain. Oh ya satu lagi, di Perancis  ada budaya ‘Bizou’, atau cipika-cipiki. Kalau yang tidak biasa dengan hal tersebut, kita bisa bilang ke orang yang bersangkutan kalau memang tidak biasa, dan biasanya mereka akan paham.


Apakah ada pengalaman yang paling unik dan menarik yang pernah kamu alami dan tidak bisa dilupakan selama di sana?

Most of them are about travelling around. Jadi, waktu winter break saya bersama beberapa teman saya sempat backpacking ke beberapa kota di Eropa:  Fussen, Salzburg, Austria, Budapest, Prague dan Berlin. Ada banyak momen-momen menarik, mulai dari berkunjung ke gereja yang penuh dengan tengkorak di Kutna Hora, sampai tidur di sleeping compartment di sebuah kereta malam. Di kesempatan itu saya banyak bertemu teman-teman baru dan melihat banyak tempat yang indah.


Apakah ada tips yang ingin kamu bagikan untuk para pelajar di Indonesia, apa saja yang harus dipersiapakan agar bisa mudah dalam mengikuti kegiatan kuliah di Perancis?

Untuk kuliah di Perancis, persiapan yang utama adalah bahasa dan mental. Kuliah di Perancis bisa dikatakan agak berat karena memang mereka mempunyai standard penilaian yang tinggi. Di sinilah mental seseorang diuji, jauh dari keluarga, tekanan akademik berat, bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi mental seseorang sehingga bisa saja menghambat studi seseorang tersebut. Selain itu, mungkin kamu juga bisa baca-baca website ini: http://www.standrews.com/Play/Courses/Old-course dan mungkin blog saya juga: http://noval78.wordpress.com/2012/08/29/erasmus-mundus-whats-the-deal/.



Baiklah, demikian tadi sebuah cerita pengalaman dari Nauval Atmaja yang telah berhasil menginjakkan kakinya untuk kuliah di Perancis. Kalau kamu juga memiliki impian yang sama dengan Nauval, tentunya kamu juga harus terus mendorong semangatmu dalam belajar, dan ikuti tips yang tadi telah dibagikan oleh Nauval. Dan jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang dunia perkuliahan di Perancis, kamu bisa tongkrongin terus berkuliah.com. Salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Merasakan Pengalaman Kuliah di Perancis, Bersama Nauval Atmaja
Merasakan Pengalaman Kuliah di Perancis, Bersama Nauval Atmaja
http://2.bp.blogspot.com/-sut2XwgM3J0/VC5TgnJpWUI/AAAAAAAADMA/ewR1H_6gI8E/s1600/gfmlkl.png
http://2.bp.blogspot.com/-sut2XwgM3J0/VC5TgnJpWUI/AAAAAAAADMA/ewR1H_6gI8E/s72-c/gfmlkl.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/merasakan-pengalaman-kuliah-di-perancis.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/merasakan-pengalaman-kuliah-di-perancis.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy