Profil Kampus: ‘Seoul National University’ di Korea Selatan

Saat ini negara Korea Selatan sangat digandrungi oleh remaja-remaja Indonesia, bahkan tidak hanya Indonesia saja tapi dari seluruh belahan ...

Saat ini negara Korea Selatan sangat digandrungi oleh remaja-remaja Indonesia, bahkan tidak hanya Indonesia saja tapi dari seluruh belahan dunia sedang demam Korea. Yap, mereka sedang gila-gilanya dengan boyband dan drama Korea yang menampilkan banyak sekali artis yang cantik dan gantengnya. 

Image Credit

Jika kamu adalah salah satu orang yang termasuk dalam kategori penggemar apapun tentang Korea (maniak Korea) dan ingin belajar bahasa Korea langsung di negaranya.Kamu bisa mengambil kesempatan untuk menjadi mahasiswa di universitas paling populer di Korea. Nah, bagi kamu pecinta Korea, pastinya tahu atau sekedar pernah mendengar tentang universitas populer yang menjadi salah satu Top University ini?

Ya, itulah ‘Seoul National University’, atau dalam bahasa Korea ‘Seoul Daehakgyo’ adalah universitas populer di Korea Selatan yang berada di ibukota dari negara ini, yaitu Seoul. Sudah pasti jika kamu pecinta drama Korea ataupun K-pop, menjadi mahasiswa di universitas ini adalah suatu impian.Bukan hanya sekedar karena merupakan universitas bergengsi, tapi juga kamu akan sesering mungkin untuk melihat kegiatan artis-artis nan ganteng dan cantik yang sebelumnya hanya bisa dipandang dalam layar kaca. 

Pastilah banyak pertanyaan yang muncul dari benak saat ingin menjadi mahasiswa di Universitas Seoul ini, seperti tentang bagaimana cara pendaftarannya? Apa saja keunggulan dari universitas ini dibandingkan yang lain? Syarat apa yang harus dipenuhi untuk menjadi mahasiswa di sini? Apakah ada program keringanan (beasiswa)? 

Jika ada, lalu bagaimana cara mendapatkannya, dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang pastinya membuat kamu penasaran. Untuk itu, Berkuliah.com akan menjawab dan memberi informasi tentang semua pertanyaan yang dipikirkan tersebut. 


Sejarah kampus

Sebelum membahas tentang cara pendaftaran dan lain sebagainya,akan lebih baik jika mengenal dulu lebih dalam tentang sejarah universitas nasional Seoul ini. Sejak Korea menjadi New Nation, warga Koreaselalu terjaga kesetiaannya pada kekuatan pendidikan, bahkan ketika masa pendudukan kolonial dan perang pada abad ke-20. 

Dengan demikian pada tahun 1946, hanya beberapa bulan setelah Korea kembali kemerdekaannya, Seoul National University didirikan sebagai bagian pertama dari dasar pendidikan bagi bangsa baru.Setelah beberapa tahun yang singkat, kampus harus ditinggalkan sementara pada awal Perang Korea di tahun 1950.Sebagian warga sipil melarikan diri ke selatan untuk menghindari peperangan. 

Tapi, semangat para profesor dan mahasiswa tetap terus melanjutkan sekolah meskipun dalam kondisi perang.Dengan kelas yang diadakan di luar camps pengungsi. Comprehensive Research University sangat senang dengan adanya kemunculan demam pendidikan di Seoul National University yang telah tumbuh sangat dalam di 6 dekade terakhir.

Seoul National University berasal dan terbentuk dari berbagai institusi pendidikan yang didirikan oleh Raja Gojong dari Dinasti Joseon.Yang beberapa dari institusi tersebut menggabungkan ke dalam berbagai perguruan tinggi, yang kemudian didirikan Seoul National University.

Untuk memodernisasi negara, Gojong memprakarsai pembentukan lembaga pendidikan tinggi yang modern. Melalui isu perintah kerajaan, akhirnya akademi hukum Beopkwan Yangseongso  yang didirikan pada tahun 1895 telah berhasil menghasilkan 209 lulusan.Kemudian, sebuah sekolah pelatihan bagi para guru Hanseong Sabeomhakgyo didirikan pada 1895, dan Euihakkyo didirikan pada 1899 yaitu Sekolah Kedokteran.

Setelah proklamasi kekaisaran Korea tahun 1897, Gojong sebagai kaisar termotivasi untuk menciptakan lembaga-lembaga pendidikan yang lebih modern. Pada tahun 1899, sekolah kedokteran didirikan. Sekolah ini berubah nama beberapa kali menjadi Daehan Euiwon Gyoyukbu, dan Gyeongseong Euihak Jeonmunhakgyo (Gyeongseong Medical College), yang akhirnya berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Seoul. Pada tahun 1901, lembaga keperawatan telah didirikan, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal dari berdirinya College of Nursing.

Sekarang Universitas ini terdiri dari 16 perguruan tinggi dan sekolah yang terkait dengan graduate, 6 sekolah professional graduate, dan 65 lembaga penelitian. Setelah pembangunan kampus utama yang baru di Gwanak pada bulan Februari 1975, sebagian besar perguruan tinggi dari universitas ini dipindahkan ke kampus baru yang berada di Gwanak antara tahun 1975 dan 1979. 

Sebagian dari kampus utama yang berada di Jongnodigunakan untuk College of Medicine, College of Dentistry dan College of Nursing yang sekarang disebut dengan kampus Yeongeon.


KENAPA: Kuliah di Seoul National University (SNU)?

Setelah mengetahui sejarah tentang Seoul National University yang sangat panjang dan lebar itu, sekarang saatnya untuk membahas: “Kenapa sih, harus milih kuliah di SNU?  Bukannya ada banyak universitas lain di Korea?”Untuk kamu yang mempertanyakan tentang alasan kenapa memilih SNU, boleh lah mengintip sebentar alasannya dari ulasan di bawah ini.

SNU memiliki visi untuk menjadi universitas yang benar-benar global, dan akanada penekanan pada keragaman atau perbedaan dan masyarakat internasional di kampus yang lebih besar daripada sebelum-sebelumnya. 

Dengan hal tersebut, universitas Nasional Seoul terus mempromosikan kolaborasi internasional dan telah memiliki perjanjian tentang pertukaran akademik dengan sekitar 860 universitas dan lembaga penelitian di seluruh dunia. Hebat, bukan? Nah, selain itu SNU ini juga menawarkan sejumlah program dual degree dalam hubungannya dengan universitas bergengsi. Wah, kurang apa lagi? Kampus ini keren sekali, bukan?

Di kampus ini juga terdapat The International Summer Institute yang diluncurkan pada tahun 2007, yang merupakan program jangka pendek yang ukuran dan skalanya tidak bisa diperkirakan. Saat ini terdapat lebih dari 2 ribu mahasiswa dan sarjana dari 50 negara yangmelakukan kunjungan di kampus tersebut.


Beasiswa

Membahas tentang beasiswa, kamu tenang saja. Untuk membantu mahasiswa internasional, SNU memiliki Kantor Urusan Internasional tersendiri yang juga menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional, dan diatur untuk meningkatkan dukungan keuangan dalam waktu dekat.

Lebih dari 250 kelas di SNU menggunakan bahasa Inggris untuk proses pembelajaran sehari-hari, dan jumlah ini terus meningkat dengan pesat. Jadi, untuk kamu yang takut karena tidak mengerti bahasa Korea, jangan khawatir tentang bahasa yang digunakan di kelas, ya. 


Prestasi dan Alumni

Alasan yang lainnya yaitu tentang “Tradisi yang luar biasa”. Sejak didirikan pada tahun 1946, Seoul National University telah menjadi pemimpin pendidikan tinggi di Korea yang tak perlu lagi dipertanyakan prestasinya.Dantelah memiliki reputasi yang mendunia. Telah banyak juga lulusannya dari SNU yang menjabat sebagai pemimpin dalam negeri dan bahkan di dunia internasional.

Cutting-Edge ResearchAs

Hasil dari komitmen SNU untuk mendorong lingkungan penelitian yang produktif, banyak departemen dan lembaga penelitian khususnya di bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam yang kini telah diakui secara mendunia untuk penelitian mutakhir mereka. 
Jumlah makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional dan disertifikasi oleh Scientific Citation Index (SCI) adalah 3,792 pada 2008 sebagai peringkat 20 di dunia, dan angka itu terus meningkat tajam. Sebuah Indeks Kualitas Penelitian Kapasitas, berdasarkan jumlah kutipan dari karya ilmiah, menunjukkan bahwa SNU sebanding dengan 10-30 universitas di Amerika Serikat.


Jaringan alumni yang Extraordinary

Sebagai universitas yang paling popular di Korea, tak heran bila alumni dari SNU merupakan salah satu yang paling menonjol dan terkuat di Korea. Ini adalah presentasi alumi sebagai bukti bahwa mereka menjadi orang penting di dalam maupun luar Korea. 

Pada tahun 2007, 38% dari CEO di 100 perusahaan hebat di Korea adalah alumni SNU, 88% menjadi hakim di pengadilan tinggi dan Mahkamah Agung, sekitar 60% dari menteri, dan sekitar setengah dari anggota Majelis Nasional juga merupakan bagian dari alumni SNU lulusan tahun 2007. Salah satu lulusan SNU yang saat ini sangat terkenal adalah Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon.


Fasilitas kampus

Untuk masalah kehidupan kampus,SNU memiliki 2 museum yang diakui secara nasional dan keduanya memiliki potensi untuk menambah semangat budaya di kampus.Fasilitas seperti pusat kesehatan, layanan konseling dan pusat-pusat rekreasi dan olahraga menambah kenyamanan dan kualitas hidup di kampus.Selain itu, SNU terkenal sebagai kampus teknologi tinggi dengan jaringan nirkabel dan a high-speed gigabyte backbone network for general operations.

Nah, itu semua alasan kenapa kamu harus memilih SNU ini, guys! Memiliki alumni yang tersebar di seluruh belahan dunia seperti salah satunya adalah Ban Ki-Moon, kampus berteknologi tinggi dan suasana kampus yang nyaman untuk belajar, dengan bonus akan sering melihat artis-artis korea. Kurang apa lagi, guys? Pasti rasanya akan asik sekali jika bisa kuliah di Seoul National University. 

Sudah tidak sabar untuk mendaftar dan kuliah di Seoul? Ingin segera mencari berkas-berkas persyaratan dan langsung mengirimnya? Tapi, belum tahu jadwal pembukaan dan penutupan pendaftaran? Sabar dulu guys, lihat dulu jadwal pendaftaran untuk program graduate and juga undergraduate yang ada di SNU berikut ini. 

Tahun akademik di Seoul National University dimulai pada musim semi, pembukaan untuk penerimaan baik program graduate atau undergraduate spring 2015 sama saja,yaitu dimusim semi seperti biasanya. Namun, untuk tanggal tepatnya pendaftaran undergraduate lebih awal dari pada program graduate. Simak jadwalnya berikut ini.

Suasana Perpustakaan Image Credit

Program Undergraduate

Untuk seleksi penerimaannya, ada beberapa tahapan yang pada umumnya harus dilalui bagi para pendaftar.

1. Pendaftaran online

Langkah melalui online ini dimulai biasanya pada bulan Juni sampai dengan Juli. Perlu diingat bahwa program ini akan berlangsung untuk musim semi. 

2. Pengumpulan dokumen

Setelah kamu melakukan pendaftaran secara online, dokumen yang diperlukan harus dikumpulkan dan tiba di kantor Seoul National University pada bulan Juni hingga Juli pada tahun yang bersangkutan. 

3. Pelaksanaan test

Untuk pendaftar di program undergraduate yang berasal dari Korea yang menerima pendidikan luar negeri sepenuhnya yang mengambil jurusan seni, musik, dan pendidikan jasmani atau physical education, akan dilaksanakan pada bulan september. Untuk lebih jelasnya, akan diberitahukan oleh perwakilan dari masing-masing jurusan yang dituju.

4. Pengumuman keputusan penerimaan 

Untuk pengumumannya akan langsung diberitahukan oleh pihak Seoul National University dengan cara di upload di website resmi SNU. Dan akan diumumkan pada bulan Oktobernya. 

5. Registrasi
Biasanya dimulai pada bulan Februari di tahun berikutnya. Pembayaran untuk registrasi ini bisa melalui semua cabang Bank NongHyup, Bank Shinhan, Woori Bank Nationwide atau bisa via Virtual account transfet.

6. Korean Proficiency Test

Diadakan juga pada bulan Februari. Ketika sudah melihat bahwa diterima di Universitas National Seoul pada tanggal yang telah ditentukan. Maka akan ada pemberitahuan tentang test kecakapan atau keahlian yang jadwalnya bisa kamu lihat di attachment file: "Reference Guide for newly admitted students" pada kolom penerimaan pemberitahuan penerimaan.  

Perlu kamu perhatikan jika pihak universitas tidak memberikan pendaftaran secara online, maka kamu harus mengirim berkas-berkas pendaftaran yang diperlukan langsung ke SNU melalui pos atau langsung mengantarkannya. Dan jangan lupa ya guys, lampirkan pembayaran pendaftaran ke dalam paket yang akan dikirim tersebut. 

Berkas harus sudah diterima oleh pihak kampus sebelum tanggal penutupan yang telah ditentukan. Jika tidak, maka berkas pendaftaran tidak akan diterima, jadi harus benar-benar memperhitungkan agar berkas dapat diterima sebelum tanggal penutupan pendaftaran. Sayangkan, kalau sudah mempersiapkan semuanya dengan sepenuh hati tapi gagal hanya karena berkas belum sampai hingga deadline? So, perhitungkan semuanya dengan baik ya, guys!


Program Graduate

Yang kedua adalah jadwal seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program graduate. Disini, pembelajaran akan dimulai sama seperti program undergraduate, yaitu pada musim semi di tahun yang bersangkutan. Yang membedakan hanyalah jadwal seleksi dan pendaftaraan yang dibagi sebagai berikut: 

1. Pendaftaran online 

Dimulai pada bulan Agustus hingga September. Untuk program ini, akan masuk perkuliahan pada bulan Maret. 

2. Pengumpulan dokumen 

Diadakan pada bulan Agustus hingga September. Sama seperti program undergraduate, setelah kamu mengisi pendaftaran online, kamu harus segera mengirimkan dokumen persyaratan pada tanggal yang ditentukan dan jangan sampai telat, ya!

3. Pengumuman penerimaan

Dilakukan pada bulan November, dan akan diumumkan di website Seoul National University.

4. Pembayaran
Dilakukan pada bulan Februari. Proses pembayaran melalui Bank yang telah ditentukan atau via virtual account transfer.

5. Proficiency Test
Dilakukan pada bulan Februari, di mana tanggal testnya bisa dilihat di attachment file "Reference Guide for newly admitted students” dalam website tentang pemberitahuan penerimaan. 


Macam-macam Beasiswa

Kurang lengkap rasanya kalau mencari informasi tentang suatu universitas tetapi tidak sekalian stalking tentang beasiswa yang diberikan universitas tersebut. Berikut ini terdapat informasi beasiswa yang diberikan untuk kamu dari Seoul National University. Universitas ini memberikan beasiswa untuk semua program baik graduate maupun undergraduate. Berikut beasiswa yang di tawarkan:


Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Untuk program beasiswa KGSP ini memberikan beasiswa kepada mahasiswa graduate dan undergraduate, dan ini persyaratan untuk masing-masing program.

Undergraduate 

1. Mahasiswa asing yang mendaftar di program undergraduate selama 4 tahun di SNU. Beasiswa ini tidak diberikan kepada mereka yang ingin belajar diprogram dengan jangka waktu lebih dari 4 tahun seperti kesehatan, farmasi, dan arsitektur.

2. Jumlah siswa yang diterima sekitar 20-40 setiap tahunnya.

3. Beasiswa mencakup beasiswa full selama 8 semester.Biaya hidup 800,000 KRW per bulan.Penerbangan round trip kelas ekonomi. Biaya kursus bahasa Korea selama satu tahun.Dan lain sebagainya seperti, medical insurance, settlement and returning expenses.

4. Periode pendaftaran : Oktober

5. Prosedur seleksi : kamu harus mengumpulkan dokumen pendaftaran di kedutaan Korea yang berada di Negara kamu tinggal, kemudian pihak kedutaan akan melakukan seleksi tahap awal, dan the National Institute for International Education yang akan melakukan seleksi terakhir. 


Program Graduate 

1. Mahasiswa asing yang mendaftar di program graduate di Universitas Nasional Seoul.

2. Siswa yang akan diterima lebih besar dari postgraduate, yaitu 130 siswa.

3. Beasiswa yang diberikan :beasiswa full selama 4 semester untuk program master, dan 6 semester untuk program PhD. Biaya hidup sebesar 900,000 KRW per bulan. Tiket pesawat round trip kelas ekonomi. Kursus bahasa korea selama setahun, dan lain-lain.

4. Periode pendaftaran di bulan januari.

5. Prosedur seleksi : prosedur seleksi dibagi menjadi 2, yang bisa kamu pilih salah satunya.Rekomendasi dari universitas dan rekomendasi dari kedutaan 

Image Credit

Itu adalah salah satu beasiswa yang diberikan bagi yang ingin menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Nasional Seoul. Jadi, bagaimana dengan kamu yang sudah punya niat untuk mendaftar? Apakah sudah jelas informasi tentang SNU di atas? 

Bagi kamu yang sebelumnya masih bingung memilih universitas terbaik di Korea, Apakah sekarang sudah bisa menentukan pilihan? Selamat mencoba! 

Salam berkuliah.com 
Nama

Afrika,25,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,9,Info Universitas,30,Inggris,85,Interview,436,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,9,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,19,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,46,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,32,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil Kampus: ‘Seoul National University’ di Korea Selatan
Profil Kampus: ‘Seoul National University’ di Korea Selatan
https://1.bp.blogspot.com/-Si8h6ZhLT9E/VEc01qpJrKI/AAAAAAAAETk/ILUB-5hRqDU/s1600/vxbbb.png
https://1.bp.blogspot.com/-Si8h6ZhLT9E/VEc01qpJrKI/AAAAAAAAETk/ILUB-5hRqDU/s72-c/vxbbb.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-kampus-seoul-national-university.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-kampus-seoul-national-university.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy