Profil McGill University

Satu lagi universitas terkemuka di dunia yang berasal dari Amerika Utara, tepatnya di Kanada. Ia adalah McGill University. McGill Universi...

Satu lagi universitas terkemuka di dunia yang berasal dari Amerika Utara, tepatnya di Kanada. Ia adalah McGill University. McGill University atau yang biasa disebut ‘McGill’ saja merupakan perguruan tinggi yang berada di kota Montreal, Quebec, Kanada, Amerika Utara. Instansi pendidikan ini telah berdiri sejak jaman kolonial Inggris tepatnya pada tahun 1821. Diambil dari nama belakang sang pendiri—James McGill—McGill University termasuk pula ke dalam asosiasi universitas Amerika yang berlokasi di luar wilayah Amerika Serikat. Lokasi dari kampus utama McGill adalah di kaki Mount Royal, sedangkan kampus keduanya terletak di Sainte-Anne-de-Bellevue, sekitar 30 kilometer jauhnya dari kampus utama. Di dekat kampus bisa ditemukan stasiun metro Peel and McGill.

image credit
Fakultas 

Terdapat sebanyak 12 fakultas yang bisa dipilih di universitas ini. Fakultas-fakultas tersebut adalah Faculty of Agricultural and Environmental Sciences, Faculty of Arts, School of Continuing Studies, Faculty of Dentistry, Faculty of Education, Faculty of Engineering, Faculty of Law, Desautels Faculty of Management, Faculty of Medicine, Schulich School of Music, Faculty of Religious Studies, dan Faculty of Science. 12 fakultas tersebut dapat dikategorikan ke dalam 5 fakultas besar yakni Seni (Arts), Sains (Science), Kedokteran (Medicine), Teknik (Engineering), dan Manajemen (Management). Di antara kedua belas tersebut, Faculty of Arts merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak yakni sekitar 22% dari total mahasiswa McGill. 

Hingga saat ini, tercatat ada 22.778 mahasiswa sarjana dan 7.247 mahasiswa pascasarjana di McGill. Para mahasiswa tentunya berasal dari berbagai wilayah geografis yang berbeda dan latar belakang etnis yang berbeda-beda pula. Jika dilihat dari asal daerahnya, separuh dari mahasiswa di McGill berasal dari Quebec sedangkan sekitar 40% dari total mahasiswa berasal dari luar Quebec dan luar Kanada. Mahasiswa asing yang terdaftar di universitas ini berasal dari 150 negara di seluruh dunia dan mayoritasnya berbahasa ibu Inggris meskipun universitas ini berada di wilayah provinsi.


Biaya kuliah dan beasiswa

Untuk biaya pendidikan di McGill, terdapat perbedaan bagi masing-masing mahasiswa yang didasarkan pada asal mahasiswa. Mahasiswa yang berasal dari Provinsi Quebec dikenakan biaya sekitar $3,167.80 setiap tahun, sedangkan warga negara Kanada yang berasal dari luar Quebec harus membayar sekitar $7,858.10 setiap tahun. Sementara itu, biaya sebesar $19,461.80–$34,840 dibebankan kepada para mahasiswa internasional yang akan bersekolah di McGill. Biaya tersebut hanya untuk biaya pendidikan, dan belum termasuk pengeluaran perumahan atau tempat tinggal dan pengeluaran lainnya.

Bagi mahasiswa Internasional, McGill merumuskan 8 kriteria yang memungkinkan mahasiswa terbebas atau mendapat keringanan biaya pendidikan. Aturan 8 kategori ini berlaku sejak tahun 1996 berdasarkan peraturan Ministère de l'Éducation, du Loisir et du Sport (MELS). 8 kategori tersebut meliputi mahasiswa yang berasal dari Perancis, mahasiswa yang termasuk ke dalam kuota negara-negara yang memiliki kesepakatan dengan MELS termasuk Aljazair, Cina, dan Moroko, mahasiswa yang memiliki status diplomatik, dan mahasiswa yang mengikuti program bahasa tertentu sebagai pembimbingan untuk memperoleh gelar di Perancis.

Keringanan biaya pendidikan bisa diperoleh pula melalui program beasiswa. Namun, program beasiswa di McGill terbilang sulit didapat dibandingkan dengan universitas-universitas Kanada lainnya. Calon mahasiswa yang bukan merupakan warga Provinsi Quebec harus berasal dari sekolah menengah dengan rata-rata 95% untuk bisa mendapat jaminan beasiswa selama satu tahun pertama. Untuk menerima beasiswa yang sama, calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Quebec harus memiliki skor minimum CEGEP sebesar 3.5 sementara calon mahasiswa dari Amerika Serikat harus memiliki nilai rata-rata minimum A, atau setidaknya memiliki skor SAT 700 atau bisa pula skor ACT 33. Ketentuan lain akan diterapkan bagi mahasiswa yang bermaksud untuk menerima kembali atau melanjutkan program beasiswa untuk tahun selanjutnya. Mahasiswa yang bersangkutan harus termasuk ke dalam mahasiswa terbaik di fakultasnya.

Program beasiswa lainnya yang dapat diikuti oleh mahasiswa McGill adalah ‘Project Hero’, bantuan dana pendidikan dari General Rick Hillier yang diperuntukkan bagi keluarga dari tentara Kanada yang telah gugur. Kerjasama beasiswa lainnya yang dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa McGill adalah Schulich Leader Scholarships. Besarnya beasiswa ini setiap tahunnya ialah $80,000 bagi calon mahasiswa teknik dan $60,000 bagi mahasiswa yang mendaftarkan diri di bidang sains, teknologi, atau matematika.


Fasilitas kampus 

Fasilitas perpustakaan sebagai penunjang kegiatan akademik di universitas ini terbilang baik. The McGill University Libraries, Department of Rare Books & Special Collections memiliki sekitar 350 ribu item yang terdiri dari buku, manuskrip, peta, dan koleksi buku-buku langka. Adapula McGill University Archives yang merupakan tempat dari rekaman-rekaman yang berkaitan dengan perjalanan sejarah McGill baik tentang orang-orangnya ataupun aktivitas-aktivitas bersejarahnya. Bentuk koleksi di dalamnya berupa manuskrip, teks, foto, rekaman audio visual, rekaman arsitektural, gambar, dan sebagainya. Selain itu, terdapat The McGill Medical Museum di mana akan ditemukan koleksi dokumen mengenai penelitian kedokteran di McGill.

Fasilitas lain yang bisa ditemukan di McGill adalah Molson Stadium. Nama Molson diambil sebagai bentuk penghargaan kepada General Sir Arthur William Currie. Di sini terdapat sejumlah fasilitas olahraga yang bisa dengan mudah diakses oleh para mahasiswa. Letak Molson Stadium sendiri ialah di Mount Royal berdekatan dengan wilayah tempat tinggal dan Montreal Neurological Institute.

Sebagai ‘desa universitas’, McGill yang pernah dianugerahi sebagai salah satu kampus terindah di dunia pada tahun 2012 ini memiliki sejumlah bangunan selain gedung perkuliahan. Gedung-gedung tersebut antara lain Maass Chemistry Building, Trottier Building, Wong Building, Leacock Building, McIntyre Medical Sciences Building, Stewart Biology Building, Strathcona Anatomy and Dentistry Building, Rutherford Physics Building, Birks Building, Ferrier Building, Lady Meredith House, Charles Meredith House, Life Sciences Complex, New Music Building, University Hall Residence, Wilson Hall, dan masih banyak lagi.


Tempat tinggal mahasiswa

Untuk perumahan atau tempat tinggal mahasiswa, McGill menyediakan area asrama yang tidak begitu besar bagi mahasiswa tingkat pertama bernama Bishop Mountain Residences atau biasa juga disebut Upper Rez. Upper Rez terdiri dari bangunan lain seperti bangunan asrama bernama Bishop Mountain Hall, McConnell Hall, Molson Hall, Gardner Hall, dan Douglas Hall. Terdapat sekitar 3.100 tempat tinggal bagi mahasiswa sarjana dan beberapa mahasiswa pascasarjana. Jumlah tersebut jelas tidak mencukupi bagi seluruh mahasiswa tingkat pertama pada setiap tahunnya. Untuk itu, asrama ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa yang baru masuk ke McGill sedangkan mahasiswa tingkat lanjut dipersilakan untuk mencari tempat tinggal di luar wilayah kampus.

Salah satu pilihan tempat tinggal di luar kampus adalah The McGill Off-Campus Residence Experience (M.O.R.E.). Ia merupakan kumpulan gedung apartemen dan rumah-rumah dan menjadi tempat tinggal terbesar ketiga bagi para mahasiswa McGill karena mampu menampung sekitar 300 orang. Pilihan selanjutnya yang juga merupakan tempat tinggal terbesar kedua di McGill adalah Solin Hall. Ia juga mampu menampung sekitar 300 mahasiswa dengan tipe bangunan bergaya apartemen. Gaya bangunan tersebut memungkinkan para penghuninya untuk memasak sendiri karena memang Solin Hall tidak menyediakan fasilitas semacam katering (meal plan) seperti asrama-asrama lainnya.

image credit
Selanjutnya, tempat tinggal bergaya hotel yang bisa ditemukan di wilayah luar McGill adalah New Residence Hall, atau bisa disebut juga New Rez. Tempat tinggal ini merupakan yang terbesar dan layaknya hotel bintang empat. Dengan jumlah lantai gedung sbanyak 16 lantai, gedung tempat tinggal ini mampu menampung 700 orang di dalamnya.

Pilihan mayoritas mahasiswa McGill untuk tempat tinggal mereka di luar kampus adalah McGill Ghetto.  Tahun berganti, dan ternyata bukan lagi hal yang mudah untuk menemukan tempat tinggal di McGill apalagi dengan harga yang terjangkau. Apalagi jika menginginkan tempat tinggal yang berdekatan dengan kampus. Hal itu menjadi semakin sulit karena semakin banyak rumah toko yang dibangun di dekat McGill. Dengan kondisi demikian, mahasiswa McGill pun kita mulai mengalihkan pilihan mereka ke wilayah lain seperti Mile End, The Plateau, atau bahkan ke wilayah lain yang terbilang cukup jauh seperti Verdun.

Namun, sejak tahun 2008 mulai dibangun gedung-gedung asrama tambahan disebabkan oleh semakin tingginya permintaan terhadap tempat tinggal bagi mahasiswa tahun pertama. Pembangunan gedung asramapun menghasilkan sejumlah tempat tinggal baru dengan fasilitas tambahan yang menjadi nilai plusnya, antara lain 515 Ste. Catherine yang berjarak angat dekat dengan kampus, VARCITY 515 yang dilengkapi pula dengan gym dan teater film, Carrefour Sherbrooke Residence Hall atau “C4” yang memiliki kafe dengan fasilitas katering, serta La Citadelle yang mampu menampung 286 mahasiswa di dalamnya dengan pilihan kamar single atau double.


Organisasi mahasiswa

Untuk kegiatan kemahasiswaan yang bersifat non-akademik, McGill memiliki 2 organisasi kemahasiswaan baik untuk program sarjana maupun program pascasarjana. Untuk program sarjana, organisasi tersebut bernama Students' Society of McGill University (SSMU) sedangkan untuk program pascasajana  bernama Post-Graduate Students' Society of McGill University (PGSS). Salah satu kelebihan SSMU ialah ia telah memiliki sistem pemungutan suara secara online dalam hal pemilihan anggotanya. Sementara itu, di dalam PGSS terdapat pula asosiasi semi-autonom bernama Association of Postdoctoral Fellows (APF) untuk memfasilitasi peningkatan jumlah mahasiswa pascadoktoral. Sementara itu, untuk masing-masing fakultas pun terdapat struktur organisasinya sendiri. Secara umum, ada ratusan organisasi kemahasiswaan yang dimiliki oleh universitas ini di mana sebagian besarnya berpusat di University Centre, gedung perhimpunan mahasiswa McGill.

Klub mahasiswa yang terbilang tidak umum bisa pula ditemukan di McGill, seperti klub-klub yang memberi dukungan bagi para mahasiswa lesbian, biseksual, gay, dan transgender. Klub ini sudah ada sejak tahun 1972 dengan nama Gay McGill. Namun, pada tahun 1998 nama ini kemudian diganti menjadi Queer McGill karena dirasa dapat lebih menggambarkan keragaman dari para anggotanya. Meskipun didirikan di McGill, namun keanggotaan perkumpulan ini dapat meliputi orang-orang yang bukan mahasiswa McGill. Hingga tahun 2022 telah ada lebih dari 400 orang yang tergabung sebagai anggota di Queer McGill. Selain perkumpulan ini, ada pula kelompok akapela kampus yang sering mempertunjukan kebolehanya setiap tahun  baik untuk kegiatan di dalam maupun luar kampus. Tiga kelompok akapela yang paling tua bernama Tonal Ecstasy, Effusion, dan Soulstice. Sementara itu, mahasiswa yang tertarik pada bidang kemanusiaan bisa bergabung dengan sejumlah organisasi seperti UNICEF McGill, Oxfam McGill, End Poverty Now, Right to Play McGill, and Free the Children.

Yang mengagumkan dari organisasi kemahasiswaan McGill ialah bahwa beberapa di antaranya telah dikenali dunia internasional. The International Relations Students Association of McGill (IRSAM) adalah salah satu organisasi yang memiliki status konsultatif dengan UN's Economic and Social Council (ECOSOC) dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). IRSAM pun kerap kali menggelar kegiatan tahunan bernama Model United Nations, McMUN untuk mahasiswa terhitung sejak 1990. Tiga tahun kemudian, kegiatan serupa dilaksanakan pula setiap tahun untuk siswa sekolah menengah.

Dalam hal berkompetisi, McGill terkenal pula sebagai rival abadi dari sejumlah universitas terkemuka lainnya. Untuk urusan akademik dan atletik, Queen's University di Ontario adalah salah satu tandingan McGill. Antara kedua universitaspun saling berkompetisi dalam pertandingan olahraga hoki. Para mahasiswa Queen menyebut pertandingan antara kedua universitas sebagai pertandingan “Kill McGill”. Sementara itu, pada pertandingan sepak bola antaruniversitas pada kejuaraan Old Four (IV), McGill kerap berkompetisi dengan Queen's University, University of Toronto, dan University of Western Ontario. 


Point membanggakan McGill University

Sebagai universitas kelas dunia, McGill University memiliki 10 poin membanggakan (10 points of pride) sebagai berikut:

- Peringkat 

McGill berada di peringkat pertama di Kanada sebagai universitas dengan program doktoral kedokteran terbaik berdasarkan Maclean's University Rankings 2014 selama 9 tahun berturut-turut, peringkat ke-21 dunia berdasarkan QS World University Rankings 2013, peringkat ke-35 dunia berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2013/2014, dan peringkat pertama di Kanada dalam hal teknologi informasi, kepuasan terhadap kota, dan reputasinya dengan para pekerja dan pustakawan berdasarkan Globe and Mail’s Canadian University Report.

- Mahasiswa-mahasiswa terbaik

McGill memiliki mahasiswa dengan jumlah penerima beasiswa Rhodes terbanyak dibandingkan universitas lain di Kanada yakni sebanyak 136. Setiap tahun para mahasiswa McGill pun menerima banyak penghargaan pada berbagai bidang.

- McGill sebagai yang pertama

McGill merupakan pihak yang menemukan banyak hal pertama kali seperti menemukan bahwa atom dapat dibagi, memetakan koteks motorik otak, dan sebagainya.

- Alumni berdaya saing global

Para alumni McGill tersebar di berbagai bidang dan berkontribusi penuh di dalamnya. Terdapat 3 orang lulusan McGill yang menjadi  astronot, 3 orang peraih Pulitzer Prize, 28 peraih medali emas Olimpiade, 4 orang menjadi pemimpin di negara lain, 9 orang pemenang Academy Award, 13 hakim di Mahkamah Agung Kanada, dan 2 orang Perdana Menteri Kanada.

- Reputasi untuk penelitian

McGill menerima penghargaan sebagai universitas dengan penelitian intensif terbaik di dunia pada berbagai bidang.

- Universitas terbaik di Kanada

McGill merupakan salah satu universitas terkemuka dan pemimping penelitian intensif di dunia.

- Metropolis

McGill terletak di Montreal yang merupakan titik pertemuan antara dunia lama dan dunia baru. Kota ini merupakan rumah dari kurang lebih 220 ribu siswa, di mana ratusan restoran dan kafe terkenal berada dengan memberikan pesona serta kenyamanan tersendiri. 

- Komitmen terhadap keberlanjutan

McGill menunjukkan komitmennya tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan, yang salah satunya ditunjukkan melalui penyusunan Vision 2020 Sustainability Strategy. Melalui program Sustainability Projects Fund, McGill mengalokasikan dana hingga $840.000 dan sejak tahun 2009 telah banyak dana bantuan yang diberikan kepada gerakan-gerakan inisiatif seperti proyek berkebun, kegiatan bersepeda kolektif, dan sistem manajemen pembuangan hijau (ramah lingkungan).

- Pemenang penghargaan Nobel

Hingga saat ini, terhitung telah ada 9 penghargaan Nobel yang diterima oleh fakultas dan para alumni McGill. Para penyumbang Nobel ini telah berkontribusi di berbagai bidang seperti teknologi di balik kamera, penemuan berkaitan dengan sistem genetik manusia, teori transfer elektron, persepsi visual, kerja hormon, dan sebagainya.

- Tempat terbaik untuk bekerja

Kebanggaan ini ditunjukkan McGill sebagai bukti atas diterimanya penghargaan sebagai Montreal’s Top Employers pada tahun 2014. 

image credit
Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan McGill University ini? Jangan hanya sekedar terkatik, jika kamu memang ingin menjadi salah satu mahasiswa yang duduk di kampus ini, persiapkan dirimu dengan baik dengan memperkaya pengetahuanmu sebanyak mungkin. Semoga bermanfaat!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil McGill University
Profil McGill University
https://3.bp.blogspot.com/-7qc-JJW-GtE/VDYh6AJ90SI/AAAAAAAADrw/ly5Rf7v0HHk/s1600/rgdsgsdg.png
https://3.bp.blogspot.com/-7qc-JJW-GtE/VDYh6AJ90SI/AAAAAAAADrw/ly5Rf7v0HHk/s72-c/rgdsgsdg.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-mcgill-university.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-mcgill-university.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy