Profil ‘U of M’: University of Michigan

Universitas Michigan (University of Michigan) lahir sebagai salah satu top universities di Amerika Serikat pada tahun 1817. Di Amerika Ser...

Universitas Michigan (University of Michigan) lahir sebagai salah satu top universities di Amerika Serikat pada tahun 1817. Di Amerika Serikat, universitas ini merupakan universitas tertua yang ada. Universitas ini memiliki banyak panggilan singkat seperti UM, U-M, Umich, U of M, atau Michigan. Saat pertama kali dibentuk, ia diberi nama ‘Catholepistemiad’ atau ‘University of Michigania’. Dengan luas sekitar 3.16 km2, ‘U of M’ didirikan di daerah Ann Arbor. Kota ini merupakan salah satu kota terindah yang dimiliki Michigan. Sebagai kota yang mendapat julukan kota pendidikan atau kota intelektual, Ann Arbor menawarkan sejuta pesonanya dengan kekayaan budaya dan komunitas masyarakat yang menarik. Memang, Ann Arbor selalu dibanjiri oleh warga dari berbagai belahan dunia.Tidak berlebihan pula jika Ann Arbor disebut sebagai kota yang memiliki segalanya. Sejumlah taman, fasilitas atletik, galeri, museum, dan teater dengan kualitas baik tak akan absen untuk bisa ditemukan di sini. Sistem transportasi yang dimiliki Ann Arbor pun patut diacungi jempol. Salah satu aktor Hollywood, Jeff Daniels yang juga merupakan warga asli Michigan, bahkan pernah menyelenggarakan perayaan Valentine’s Day di sini. Fakta-fakta tersebut menjadi nilai plus yang bisa dirasakan mahasiswa ‘U of M’. 

image credit
Fakta lainnya tentang Ann Abor ialah di kota ini akan ditemukan banyak komunitas muslim. Mahasiswa muslim di ‘U of M’ tak perlu merasa khawatir, karena hanya dalam jarak 100 meter dari kampus akan ditemukan sebuah masjid. ‘U of M’ memang salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat yang memiliki banyak komunitas muslim, sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menfasilitasi kelompok ini ialah dengan membangun sebuah masjid. Sementara itu, hal penting lainnya yang dibutuhkan terutama oleh mahasiswa Asia ialah makanan Asia. Masih di sekitar kampus ‘U of M’, akan ditemukan pula pasar Asia yang menjual berbagai macam bahan dan makanan termasuk nasi. Jadi, tak perlu khawatir bagi para mahasiswa Asia khususnya Indonesia yang sangat mencintai nasi, karena bahkan di negeri orangpun nasi tidak akan terlalu sulit ditemukan.

Saat ini ‘U of M’ memiliki 28 ribu mahasiswa sarjana dan 15 ribu mahasiswa pascasarjana atau profesi yang berasal dari 50 negara bagian Amerika dan 113 negara. Mahasiswa sarjana dapat memilih program dari sekitar 240 mayor, sedangkan untuk mahasiswa pascasarjana serta program doktor masing-masing dapat memilih dari sekitar 90 dan 100 program. Terhitung pada tahun 2012 ‘U of M’ memiliki 600 program akademik dengan total mahasiswa sebanyak 43.426 yang terdiri dari 27.979 mahasiswa sarjana, 12.714 mahasiswa pascasarjana, dan 2.733 mahasiswa profesi. Sebanyak 87.4% di antaranya adalah penduduk Amerika Serikat atau warga permanen, sedangkan 12% sisanya diisi oleh para mahasiswa internasional. Setiap tahunnya, ‘U of M’ akan dibanjiri oleh para calon mahasiswa hingga mencapai 45 ribu orang, sementara hanya akan ada sepertiganya yang benar-benar mencatatkan diri sebagai mahasiswa ‘U of M’. Dengan banyaknya mahasiswa di seluruh dunia yang memilih ‘U of M’ sebagai rumah kedua mereka, Rolling Stone bahkan pernah menyebut Michigan sebagai “A campus scene that rocks”.

‘U of M’ terdiri dari sejumlah sekolah, yaitu: Architecture & Urban Planning,Art & Design,Business,Dentistry,Education,Engineering,Information,Kinesiology,Law,Literature, Scienceand the Arts, Medicine, Music, Theatre & Dance, Natural Resources & Environment, Nursing, Pharmacy, Public Health, Public Policy, Rackham Schoolof Graduate Studies, serta Social Work.


Fasilitas kampus 

Kampus di Ann Arbor ini terdiri dari 4 area utama, meliputi: North Campus, Central Campus, Medical Campus, dan South Campus. Masing-masingnya memiliki fasilitas berbeda-beda. Salah satu fasilitas yang pasti dimiliki oleh setiap kampus ialah fasilitas rekreasi dan fasilitas olahraga di dalam ruangan, karena memang kegiatan tersebut sangat populer di tengah mahasiswa ‘U of M’. Secara keseluruhan, terdapat 500 bangunan berupa infrastruktur fisik di sini. Sementara itu, untuk berpindah dari satu area ke area yang lain, ‘U of M’ menyediakan transportasi berupa bis. Di antara keempat area, North Campus dipisahkan dari area lainnya dengan Huron River. Sementara itu, lokasi Central dan South Campus saling bersebelahan.

Central Campus adalah lokasi dimana gedung ‘U of M’ pertama kali didirikan. Pada  tahun 1873 barulah lokasi ini kemudian berpindah ke Ann Arbor. Di sini terdapat bangunan sekolah dan asrama asli serta rumah-rumah bagi profesor. Selain itu, akan ditemukan pula The President’s House yang merupakan bangunan tertua yang dimiliki universitas ini.

Di area kampus ini pula terdapat bangunan tempat tinggal yang terbagi ke dalam 2 kelompok: Hill Neighbourhood dan Central Campus. Untuk gedung perkuliahan, Central Campus menjadi area berdirinya gedung College of Literature, Science and the Arts, Medical Campus, Ross School of Business, Gerald R. Ford School of Public Policy, Law School, dan School of Dentistry. Fasilitas lain yang dimiliki Central Campus adalah 2 buah perpustakaan terkemuka dan sebuah museum. Perpustakaan-perpustakaan tersebut bernama Harlan Hatcher Graduate Library dan Shapiro Undergraduate Library. Keduanya dihubungkan oleh skywalk. Sementara itu, di museum Central Campus ada sejumlah koleksi arkeologi, antropologi, paleontologi, zoologi, dentistry, dan seni. Gedung-gedung di area ini terbilang menarik karena bergaya kombinasi antara klasik dan gotik.

image credit
Selanjutnya, North Campus berdiri sejak tahun 1952 di atas lahan pertanian seluas kurang lebih 800 hektar. Dibandingkan Central Campus, North Campus adalah area yang lebih baru didirikan dengan bangunan-bangunan bergaya modern. Di area ini terdapat tempat tinggal terbesar di ‘U of M’ yakni Bursley Hall. Sementara itu, North Campus menjadi area berdirinya gedung perkuliahan College of Engineering, School of Music, Theatre & Dance, School of Art & Design, Taubman College of Architecture and Urban Planning, serta School of Information. Di sini juga ada Duderstadt Center yang merupakan Art, Architecture and Engineering Library. Di perpustakaan ini bisa ditemukan laboratorium komputer, studio edit video, studio musik elektronik, studio audio, studio video, tempat kerja multimedia, dan ruangan realitas virtual. Perpustakaan lain yang bisa ditemukan di area North Campus ialah Gerald R. Ford Preidential Library dan Bentley Histrorical Library. 

Area selanjutnya dari kampus ‘U of M’ adalah South Campus. Area ini pasti cocok untuk mahasiswa yang sangat sporty atau menyukai olahraga. Mengapa begitu? Karena area ini menjadi tempat terselenggaranya program atletik dengan sejumlah fasilitas olahraga yang pastinya lengkap seperti Michigan Stadium, Crisler Center, dan Yost Ice Arena. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Michigan Stadium dan Crisler Arena adalah latihan golf. Kegiatan latihan ini hanya diperuntukan bagi para mahasiswa, alumni, dan staf U of M. Selain kegiatan latihan di South Campus, latihan golf bernama Radrick Farms Golf Course dapat ditemukan pula di Geddes Road. Selain terdapat fasilitas olahraga, di area ini juga bisa ditemukan tempat penyimpanan fasilitas perpustakaan bernama Buhr, Institute for Continuing Legal Education dan sebuah gedung tempat berkumpulnya kelompok teater bernama Student Theatre Arts Complex. Di basecamp para anggota teater ini terdapat pula pertokoan dan tempat latihan bagi para anggota kelompok teater kampus. 


Fasilitas asrama mahasiswa 

Sistem perumahan atau tempat tinggal yang diterapkan di ‘U of M’ mampu menampung sebanyak 30% dari jumlah total mahasiswa yang ada, yakni sekitar 10.900 orang. Di sini bisa ditemukan sekitar 18 pilihan tempat tinggal ataupun asrama yang bisa dihuni oleh para mahasiswa. Hal ini memperlihatkan perhatian yang tinggi dari pihak universitas dalam menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi para mahasiswanya. Beberapa hal yang bisa dirasakan dari tempat tinggal atau asrama itu ialah adanya jasa laundry, pusat-pusat komunitas, dan akses yang sangat mudah untuk mendapatkan halte bus universitas di mana tentunya mahasiswa tidak dipungut biaya untuk membayar. Untuk tempat tinggal yang disediakan, ‘U of M’ memiliki asrama terbesar yang mampu menampung sebanyak 1.240 penghuni. Sementara itu, asrama yang berukuran paling kecil hanya cukup untuk 25 penghuni saja. Lokasi asrama-asrama tersebut tersebar di tiga titik berbeda: Central Campus, Hill Area, dan North Campus. Mayoritas mahasiswa pascasarjana akan ditemukan di area tempat tinggal Central dan South Campus. Di sana banyak terdapat tempat tinggal berbentuk apartemen dan perumahan yang umumnya menjadi pilihan para mahasiswa strata 2 tersebut.

Di Central Campus, terdapat pilihan tempat tinggal, yaitu: Betsy Barbour, East Quadrangle, Fletcher Hall, Helen Newberry, North Quadrangle, South Quadrangle, dan West Quadrangle & Cambridge House. Sementara itu, di Hill Area, pilihan tempat tinggal meliputi Alice Lloyd Hall, Couzens Hall, Mary Markley Hall, Mosher-Jordan Hall, Oxford Houses, dan Stockwell Hall. Area lainnya yaitu North Campus terdiri dari Baits Houses, Bursley Hall, Northwood I & II, dan Northwood III. Selain itu, pilihan tempat tinggal lainnya ialah Henderson House dan Martha Cook Building. Untuk bisa tinggal di sana, rata-ratabesarnya biaya yang diperlukan ialah sebesar $7.000 sampai $15.000 per musim.

Sistem tempat tinggal di ‘U of M’ merupakan salah satu daya tarik pula dari kampus ini. Masing-masing tempat tinggal dapat merepresentasikan para penghuninya melalui sejumlah kesamaan. Mahasiswa dapat memilih di mana mereka akan tinggal. Misalnya, tempat tinggal dengan kesamaan aktivitas akademik seperti The Michigan Reasearch Community dan Women in Science and Engineering Residence Program, serta The Residential College yang terdiri dari mahasiswa College of Literature, Science and the Arts. Ssistem lain yang bisa ditemukan ialah kesamaan minat mahasiswa. Helen Newberry House adalah salah satu tempat tinggal dengan kesamaan minat terhadap kepemimpinan global, pengalaman transisi sekolah, dan internasionalisme. 


Organisasi mahasiswa

‘U of M’ kaya pula akan organisasi kemahasiswaan. Telah ada kurang lebih 1.438 organisasi yang terbentuk di sini dan merepresentasikan berbagai minat yang berbeda yang dimiliki mahasiswa ‘U of M’. Perguruan tinggi ini sendiri terkenal dengan kegiatan mahasiswanya sebagai aktivis. Salah satu dari organisasi kemahasiswaan yang menggambarkan hal tersebut ialah ‘Students for a Democratic Society’. Ia merupakan perkumpulan mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap perjuangan hak-hak warga sipil dan pekerja. Organisasi lain yang giat menggalakan kampanye pekerja ialah ‘United Students Against Sweatshops’ (USAS). Ada pula kelompok konservatif bernama ‘Young Americans for Freedom’ dan ‘Roosevelt Institution’. University of Michigan Pops Orchestra, University of Michigan Men’s Glee Club, The Michigan Marching Band, dan University of Michigan Friars adalah kelompok-kelompok lain yang terbilang terkenal di universitas ini. The Michigan Marching Band telah berumur 100 tahun, dan selama itu pula selalu menampilkan kebolehannya dalam pertandingan sepak bola baik ketika ‘U of M’ menjadi tuan rumah, maupun ketika bertandang ke tempat tim dari kampus lain. Setidaknya, terdapat 350 mahasiswa yang tergabung di dalam kelompok marching band ini.

Lain halnya dengan University of Michigan Pops Orchestra. Kelompok inipun salah satu yang terkenal di ‘U of M’. Kelompok ini selalu sukses menarik perhatian para mahasiswa, tak peduli asal fakultas ataupun jurusannya, terutama pada setiap penampilan mereka di Michigan Theater. Di ‘U of M’ bisa ditemukan juga salah satu kelompok paduan suara pria yang tertua di negara ini, yakni University of Michigan Men’s Glee Club. Kelompok ini terdiri dari 100 orang anggota. 8 orang di antaranya tergabung ke dalam tim akapela ‘U of M’ yang bernama ‘University of Michigan Friars’. Kelompok ini juga merupakan kelompok akapela tertua yang bisa ditemukan di ‘U of M’. ‘U of M’ juga memiliki kelompok-kelompok kemahasiswaan lainnya yang tergabung sebagai organisasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dan proyek-proyek amal serta sosial. Beberapa di antaranya yaitu:  Foundation for International Medical Relief of Children, Dance Marathon at the University of Michigan,The Detroit Partnership, Relay For Life, U-M Stars for the Make-A-Wish Foundation, InnoWorks at the University of Michigan, SERVE, Letters to Success, PROVIDES, Circle K, Habitat for Humanity, dan Ann Arbor Reaching Out. 

Khusus untuk pelajar Indonesia yang akan terbang untuk melanjutkan studi di Negeri Paman Sam ini harus pula bergabung di Perhimpunan Pelajar Indonesia Amerika Serikat atau disingkat Permias. Di sini menjadi tempat bergabungnya para penimba ilmu Indonesia, bukan saja dari ‘U of M’, tapi juga dari kampus dan sekolah lain yang ada di Amerika Serikat.


Alumni 

Selanjutnya, kalau bicara soal lulusan, ‘U of M’ tidak mau kalah dari universitas lain. Dari universitas terkemuka di Amerika Serikat ini telah lahir pula orang-orang hebat yang berkontribusi dalam bidangnya masing-masing. Tercatat telah ada 26 mahasiswa ‘U of M’ yang meraih beasiswa Rhodes. Pada tahun 2012 terdapat 500 ribu alumni yang masih hidup. Nama-nama besar yang telah mencatatkan namanya sebagai lulusan ‘U of M’ yaitu peraih Pulitzer Theodore Roethkedan CEO Turkish Airlines Temel Kotil. Sebanyak 40 orang lulusan U of M menjadi Senator di Amerika Serikat dan lebih dari 200 lulusan lainnya merupakan para perwakilan kongres. Selain itu, ada pula Marjorie Lee Browne yang menjadi wanita Afrika Amerika pertama yang meraih gelar doktor di bidang Matematika di University of Michigan ini. Bagi kamu penggemar serial Glee Cast, tentu tak asing dengan nama Darren Criss. Ia juga merupakan salah satu alumni kampus ‘U of M’. Nama lulusan lainnya yang ada di jajaran aktris Hollywood yaitu James Earl Jones, David Alan Grier, Lucy Liu, dan Selma Blair, serta sejumlah bintang Broadway.


Syarat pendaftar di kampus ‘U of M’

Untuk bisa bergabung sebagai civitas akademika kampus ‘U of M’, calon mahasiswa harus memastikan dirinya memenuhi sejumlah kriteria. Kualitas berbahasa Inggris adalah salah satu yang pasti diperhitungkan pada setiap universitas di Amerika ataupun Eropa. Di ‘U of M’, standar Bahasa Inggris dinilai melalui skor TOEFL atau IELTS. Bagi mahasiswa sarjana, TOEFL iBT yang dimiliki harus mencapai angka 88, begitu pula dengan mahasiswa pascasarjana. Sementara itu, skor IELTS yangdicapai baik oleh mahasiswa sarjana maupun mahasiswa pascasarjana ialah sebesar 6.5. Namun, beberapa jurusan ada pula yang mensyaratkan skor lebih tinggi seperti bisnis, hukum, dan komunikasi. Secara umum, ketentuan lainnya yang harus dipenuhi pada seleksi ‘U of M’ sama saja dengan seleksi mahasiswa pada universitas-universitas lainnya. 

image credit
Baiklah, demikian ulasan mengenai profil universitas Michigan, atau dengan nama kerennya yaitu ‘U of M’. Kamu tertarik ingin menjadi salah satu mahasiswa di kampus beken di Amerika ini? Ayo, segera persiapkan dirimu! Tetap semangat, ya! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil ‘U of M’: University of Michigan
Profil ‘U of M’: University of Michigan
https://1.bp.blogspot.com/-UU9maWHEXm0/VDYlv_WYqTI/AAAAAAAADsM/Zrw82kRKeNg/s1600/gsgsdgg.png
https://1.bp.blogspot.com/-UU9maWHEXm0/VDYlv_WYqTI/AAAAAAAADsM/Zrw82kRKeNg/s72-c/gsgsdgg.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-u-of-m-university-of-michigan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-u-of-m-university-of-michigan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy