Profil University of Toronto

Universitas Toronto (University of Toronto) adalah salah satu universitas terkenal di Amerika Utara tepatnya di wilayah Toronto, Ontario, ...

Universitas Toronto (University of Toronto) adalah salah satu universitas terkenal di Amerika Utara tepatnya di wilayah Toronto, Ontario, Kanada. Di wilayah Amerika Serikat sendiri, universitas ini termasuk ke dalam 5universitas terbaik. Sedangkan jika dibandingkan dengan universitas di seluruh dunia, ia berada di urutan ke 20. Universitas Toronto atau dikenal pula dengan sebutan ‘U of T’ telah berdiri sejak tahun 1827 di atas lahan seluas 71 hektar. Ia dikelilingi pula oleh Queen’s Park, sebuah taman yang terkenal di Kanada, The Spadina, St. George, museum, dan berada di sebelah utara Gedung Legislatif Ontario. 

image credit
Sejak lama universitas ini telah berkomitmen dalam bidang penelitian, terutama penelitian di bidang kedokteran. Tidak mengherankan jika hasil penelitian dari ‘U of T’ termasuk yang paling banyak dikutip dan menjadi referensi oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Beberapa hasil penelitian terkemuka yang dihasilkan melalui para akademisi di ‘U of T’ yaitu penemuan insulin dan penelitian sel induk, situs pertama dari miskroskop elektron praktis, identifikasi terhadap Cygnus X-1 sebagai lubang hitam, perkembangan teknologi multi-sentuh, dan masih banyak lagi. Fakultas Kedokteran (Faculty of Medicine) di ‘U of T’ pun telah melakukan kerjasama dengan 10 rumah sakit pendidikan, memfasilitasi perawatan medis, serta penelitian dan konsultasi pelayanan kepada pasien dan klien’ baik yang berasal dari Kanada maupun luar negeri. Karya penting lainnya dari ‘U of T’ ialah pendirian Toronto School, sebuah sekolah yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan teori komunikasi dan kritik terhadap sastra. Pemrakarsa berdirinya sekolah ini adalah Eric A. Havelock dan Harold Innis yang kemudian disusul dengan sejumlah kontribusi dari Edmund Snow Carpenter, Northrop Frye and Marshall McLuhan terhadap sekolah ini. 


Penghargaan kampus

Sejumlah penghargaanpun kerap diterima oleh ‘U of T’ yang semakin memperkuatnya sebagai universitas terbaik yang pernah ada, khususnya di Kanada. Pada tahun 2013, ‘U of T’ berada di urutan ke-17 dunia berdasarkan peringkat dari QS World University Rankings, sedangkan di tahun 2014 mendapat peringkat 24 dunia dan ke-1 di Kanada berdasarkan Academic Ranking of World Universities. Peringkat lain yang diterima ‘U of T’ adalah peringkat ke-9 dunia pada 2010 sebagai Performance Ranking of Scientific Papers for World Universities, peringkat ke-14 sebagai High Impact Universities, dan peringkat ke-2 universitas dunia oleh Academic Performance pada 2012. 

Pada tahun 2011, ‘U of T’pun dianugerahi peringkat A oleh The Sustainable Endowments Institute atas upaya keberlanjutan lingkungan yang diterapkan ‘U of T’ di kampusnya. Di tahun yang sama, ‘U of T’ masuk ke dalam tiga besar sekolah terbaik di luar wilayah Amerika Serikat berdasarkan publikasi Newsweek. Sejak tahun 2001, ‘U of T’ juga selalu menerima peringkat pertama sebagai universitas dengan penelitian terbaik di Kanada dalam gelaran tahunan oleh Research Infosource. Belum sampai di situ saja, selama 11 tahun berturut-turut terhitung sejak 1994 hingga 2004, majalah Maclean's menganugerahi universitas di Kanada ini sebagai ‘top universitas kedokteran program doktoral’. Lalu, pada tahun 2013 Fakultas Hukum ‘U of T’ menjadi sekolah hukum terbaik di Kanada berdasarkan publikasi majalah Maclean's. Tahun tersebut menjadi tahun ke-7 bagi ‘U of T’ menerima penghargaan sekolah hukum terbaik tanpa pernah tergantikan alias 7 tahun berturut-turut.

Image Credit
Fasilitas kampus

Dalam hal sistem pendidikan, ‘U of T’ terbilang berbeda dibandingkan dengan universitas lainnya di wilayah Amerika Utara. ‘U of T’ merupakan ‘collegiate university’, artinya universitas yang terdiri dari sejumlah perguruan tinggi atau sekolah (college) sebagaimana yang ada di Universitas Cambridge dan Universitas Oxford di Inggris. Sebagai collegiate university, setiap college di ‘U of T’ memiliki otonomi meliputi pendaftaran, beasiswa, program dan urusan keuangan, termasuk pula tempat tinggal dan tugas sosial dari masing-masing college. Di ‘U of T’ kamu akan menemukan 7 college, yaitu: Innis College, New College, St. Michael’s College, Trinity College, University College, Victoria College, dan Woodsworth College.

Setiap college di ‘U of T’ memiliki area tempat tinggal dan kafetarianya masing-masing yang tersebar di seluruh lingkungan kampus. Umumnya, kampus menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa program S1 di tahun pertama mereka, sedangkan mahasiswa tahun selanjutnya bertempat tinggal di luar dan wilayah sekitar kampus. Hal ini disebabkan oleh jumlah maksimal yang bisa ditampung oleh tempat tinggal di ‘U of T’ berjumlah sekitar 6.400 mahasiswa saja. Salah satu tempat tinggal di luar wilayah kampus yang banyak dihuni oleh mahasiswa ‘U of T’ dari berbagai college dan fakultas adalah Chestnut Residence. Tempat ini semula adalah hotel-hotel yang kemudian diubah menjadi gedung tempat tinggal bagi mahasiswa ‘U of T’. Sementara itu, mahasiswa pascasarjana banyak ditemukan di Massey College, sedangkan para mahasiswa pascasarjana teologi banyak menghuni Knox dan Wycliffe Colleges. Untuk para mahasiswa perempuan, di Kanada terdapat tempat tinggal khusus mahasiswa perempuan bernama Annesley Hall of Victoria College dan Loretto College of St. Michael's College.

‘U of T’ memiliki 17 fakultas, yaitu: Faculty of Arts and Science, Faculty of Applied Science and Engineering, Faculty of Architecture, Landscape and Design, Faculty of Music Faculty of Forestry, Faculty of Information, Faculty of Medicine, Faculty of Nursing, Faculty of Pharmacy, Faculty of Dentistry, Faculty of Kinesiology and Physical Education, Dalla Lana School of Public Health, Faculty of Law, Rotman School of Management, Ontario Institute for Studies in Education, Faculty of Social Work, dan Toronto School of Theology.

Untuk urusan biaya sekolah, ‘U of T’ membebankan biaya yang berbeda kepada mahasiswa tentunya tergantung pada program dan fakultas di mana mahasiswa terdaftar. Secara umum, besarnya biaya pendidikan ‘U of T’ adalah $5,865 atau lebih. Untuk biaya tempat tinggal besarnya berkisar antara $7,550 hingga $15,000 atau bahkan mungkin lebih dari itu, tergantung pada di mana mahasiswa tinggal dan bagaimana gaya hidup yang diterapkannya (misalnya memasak sendiri atau membeli). Angka tersebut belum termasuk dengan pengeluaran lainnya seperti biaya untuk membeli buku, keperluan tidak terduga, transportasi, telepon, internet, dan sebagainya.


Beasiswa 

Tapi, jangan khawatir. ‘U of T’ juga menyediakan program beasiswa, baik bagi mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional. Terdapat fasilitas beasiswa pendaftaran yang ditawarkan baik dari pihak universitas, college, dan fakultas di ‘U of T’ bagi 3 ribu mahasiswa setiap tahunnya. Beberapa college dan fakultas juga ada yang memberikan beasiswa tempat tinggal. Selain itu, setiap akhir tahun pertama, kedua, dan ketiga masa ajar, ‘U of T’ memberikan penghargaan pula kepada mahasiswa dengan pencapaian akademik terbaik. Di luar beasiswa yang disediakan oleh ‘U of T’, terdapat pula sejumlah institusi dan perusahaan yang memberikan bantuan biaya pendidikan bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Jika kamu salah satunya, yang harus dilakukan adalah mencari informai sebanyak mungkin karena kesempatan untuk itu terbuka lebar.

Sementara itu, salah satu fasilitas terbaik yang dimiliki oleh ‘U of T’ adalah perpustakaan. ‘U of T’ merupakan universitas dengan sistem perpustakaan akademik terbaik nomor 3 yang ada di Amerika Utara, tepat berada di bawah perpustakaan yang dimiliki oleh Universitas Harvard dan Universitas Yale. Hal ini didasarkan pada banyaknya koleksi literatur di perpustakaan ini, baik dalam bentuk buku, jurnal, DVD, rekaman suara maupun bentuk koleksi lainnya. Di dalam perpustakaan yang super luas ini akan ditemukan 10 juta koleksi meliputi 5.4 juta mikrofilm, 70 ribu judul seri dan 1 juta peta, film, serta rekaman grafis dan suara. Sebagian dari koleksi tersebutpun telah disimpan dalam bentuk digital melalui kerjasama yang dilakukan ‘U of T’ dengan Internet Archive sejak tahun 2005. Dengan demikian, setiap literatur yang ada di perpustakaan ini akan ‘long-lasting’ dan semakin mudah pula untuk diakses hingga ke generasi mendatang tanpa khawatir rusak dimakan waktu apalagi hilang.

Tempat lain yang tidak boleh terlewatkan dari ‘U of T’ adalah Hart House. Tempat ini didirikan pada tahun 1919 oleh salah seorang alumni U of T bernama Vincent Massey yang mengambil nama Hart dari nama kakeknya sendiri. Tempat ini bisa dibilang sebagai salah satu pusat kehidupan mahasiswa U of T, di mana jantung kehidupan sosial, budaya, dan rekreasi atau hiburan bisa dirasakan di dalamnya. Di Hart House mahasiswa bisa membaca di perpustakaan, makan malam dengan gaya yang disukainya (kasual ataupun formal), mencukur/memotong rambut, melihat galeri seni, dan menyaksikan pertunjukan drama di teater ataupun konser musik. Belum sampai di situ, mahasiswa juga bisa menyaksikan atau ikut bergabung dalam kegiatan debat, bermain biliar, berenang, atau bahkan mencari spot yang nyaman untuk belajar. Semuanya bisa ditemukan di satu atap yang sama dan pergerakannya akan selalu bisa dirasakan sepanjang hari. Dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar holistik bagi para mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, Hart House menjadi tempat luar biasa yang bisa dibanggakan para mahasiswa ‘U of T’.


Kegiatan organisasi mahasiswa 

Selain unggul dalam bidang akademik, ‘U of T’ juga mendukung kegiatan non-akademik para mahasiswanya. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan mahasiswa tidak semata pada aspek intelektualnya saja, namun juga aspek lainnya. ‘U of T’ menyadari pentingnya softskill dan bahwa mahasiswa tidak selayaknya menghabiskan waktu mereka hanya di dalam kelas selama perkuliahan, tetapi perlu ada kegiatan lain dalam rangka mengembangkan minat, bakat, dan potensi mahasiswa. Hingga saat ini telah terdapat lebih dari 800 klub dan/atau organisasi kemahasiswaan dengan berbagai bidang konsentrasinya masing-masing yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa ‘U of T’.

Untuk mahasiswa yang memiliki kepedulian dan perhatian yang tinggi terhadap lingkungan, bisa bergabung dengan organisasi kemahasiswaan bernama Environmental Student Union. Mahasiswa juga berkesempatan menjadi tenaga relawan (volunteer) di rumah kaca yang ada di ‘U of T’ ataupun komunitas-komunitas berkebun di sana. Dalam bidang seni, beberapa kegiatan kemahasiswaan yang bisa dikuti meliputi drama, fotografi, sinema atau perfilman, dan terdapat pula klub Hip Hop dan Bhangra. Ada pula the Undergraduate Commerce Society and the Historical Studies Society yang kerap mengadakan kegiatan pub malam, kuliah tamu, dan malam perfilman. Selain itu, mereka yang menyukai dunia jurnalistik dan public speaking dapat mengikuti kegiatan produksi koran kampus dan radio kampus, saling melempar argumen untuk mempersiapkan diri pada kompetisi debat antar mahasiswa, dan menyumbangkan waktunya sebagai tenaga relawan dalam kegiatan penyadaran media kepada para remaja. Organisasi lainnya yang terbilang menarik adalah the Kurdish Students Association, klub the Chinese Magazine, the Islamic Business Association, dan the Caribbean Connectionists. Kelompok-kelompok tersebut menunjukkan bahwa ‘U of T’ terdiri dari berbagai latar belakang mahasiswa baik dalam hal budaya, etnis, ras maupun agama, dan semuanya dimungkinkan untuk dapat membentuk kelompoknya masing-masing.

Organisasi dan klub kemahasiswaan tersebutpun tidak sekedar menjadi ajang berkumpul dan menyalurkan minat serta bakat para mahasiswa. Beberapa di antaranya menorehkan prestasi yang luar biasa dan semakin mengharumkan nama ‘U of T’. Prestasi membanggakan dari organisasi kemahasiswaan ‘U of T’ diperlihatkan oleh Hart House Debating Club yang pernah memenangkan World Universities Debating Championship pada tahun 1981 dan 2006. Beberapa anggota Hart House Debating Club ada yang berasal dari klub debat kecil di Trinity, University, dan Victoria College untuk kemudian berlanjut dengan bergabung di Hart House Debating Club. Di Hart House Debating Club sendiri mahasiswa dilatih untuk melakukan debat dengan kombinasi gaya Amerika dan Inggris. 

Prestasi lainnya datang dari bidang olahraga. Tim catur dari ‘U of T’ pernah memenangkan top titel sebanyak 6 kali pada pagelaran Pan American Intercollegiate Team Chess Championship. Sementara itu, pada pertandingan olahraga lainnya, tim balap ‘U of T’ bernama Formula SAE Racing Team memenangkan Formula Student European Championships pada tahun 2003, 2005, dan 2006.

Selain menelurkan klub debat yang luar biasa, Hart House juga menjadi tempat terbentuknya kelompok teater amatir yang dibentuk para mahasiswa ‘U of T’ dengan nama Hart House Theatre. Kelompok teater ini rutin menampilkan pertunjukan setiap musim. Dalam sejarahnya, Hart House Theatre bahkan dipandang sebagai pemrakarsa yang memperkenalkan Little Theatre Movement dari Eropa. Setiap tahunnya, digelar pula pertunjukan oleh para mahasiswa dari berbagai college dan fakultas. Beberapa pertunjukan yang paling terkenal adalah U.C. Follies dari University College, Skule Nite dari the Fakultas Teknik, dan Daffodil dari the Fakultas Kedokteran. Tahun 2010-2011pun menjadi tahun keseratus dari kegiatan produksi teater ini.

Bagi mahasiswa pecinta musik, Hart House juga memiliki pertunjukannya sendiri. Musik ansambel dari Hart House yang paling terkenal adalah orkestra, paduan suara, paduan suara jazz, ansambel jazz, dan band. Setiap Jumat malam akan ada suguhan musik jazz dari The Jazz di konser seri Oscar's dengan menampilkan big band dan lagu jazz. Suguhan jazz ini dilaksanakan di lounge dan bar Hart House Arbor Room. Selain itu, Hart House juga memiliki Sunday Concert sebagai penampilan musik seri tertua di sana karena telah dilaksanakan sejak tahun 1922. Hingga saat ini telah ada lebih dari 600 konser musik klasik yang dilaksanakan di Great Hall, di mana semua warga ‘U of T’ dan masyarakat umum bisa datang dan menyaksikannya.

image credit
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki ‘U of T’ sebagai universitas kelas dunia, lulusan dari ‘U of T’ pun tentunya bukan orang-orang sembarangan. Mereka merupakan orang-orang yang berkontribusi besar khususnya di wilayah Kanada. Sebanyak 4 orang Perdana Menteri Kanada pernah mencatatkan namanya sebagai salah satu mahasiswa ‘U of T’. Begitu pula dengan 2 orang Gubernur Jendral Kanada, dan tak terhitung jumlah pengusaha serta para akademisi yang menjadi lulusan universitas ini. Bahkan, jika dibandingkan dengan universitas-universitas lainnya di Kanada, para lulusan ‘U of T’ yang paling banyak menerima penghargaan Nobel. Mengagumkan sekali, bukan? 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil University of Toronto
Profil University of Toronto
https://1.bp.blogspot.com/-9nsR3NT4cXc/VDUW-uvWCTI/AAAAAAAADpA/nGJiGpxH-7Q/s1600/sdhsrhh.png
https://1.bp.blogspot.com/-9nsR3NT4cXc/VDUW-uvWCTI/AAAAAAAADpA/nGJiGpxH-7Q/s72-c/sdhsrhh.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-university-of-toronto.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/profil-university-of-toronto.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy