Saat Kuliah: 5 Pertanyaan yang Bisa Kamu Ajukan ke Profesor

Menjadi dekat dengan profesor sebagai dosen pengajar atau fasilitator selama proses perkuliahan, tentunya menjadi hal penting yang harus ma...

Menjadi dekat dengan profesor sebagai dosen pengajar atau fasilitator selama proses perkuliahan, tentunya menjadi hal penting yang harus mahasiswa lakukan selain belajar. Penting rasanya untuk mengenal lingkungan di mana kita berada, termasuk dengan orang-orang yang ada di sana. Ketika memasuki dunia perkuliahan, tentu kamu dituntut untuk belajar kembali bersosialisasi dengan teman baru, karyawan kampus, dan yang pasti adalah dengan staff pengajar yakni dosen.

Image Credit

Profesor adalah sosok cerdas yang dianggap tahu segalanya oleh mahasiswa. Tugasnya sebagai fasilitator proses belajar mahasiswa membuat ia tak bisa lepas dari hubungannya dengan mahasiswa. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan profesor kita di kampus? Bangunlah komunikasi yang menyenangkan antara dirimu dengan profesor yang mengajarmu. Ini akan menjadi kunci suksesmu dalam mengikuti mata kuliah yang beliau ampu. Nggak percaya? Ayo coba praktekkan!

Komunikasi adalah kunci membangun sebuah hubungan yang baik dengan orang lain. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mau menyempatkan dirimu untuk berkomunikasi dengn profesor. Kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu tambahan langsung dari beliau dan kamu bisa mendapat motivasi yang mungkin secara tersirat akan kamu dapat ketika kamu berbicara dengan beliau. Terus, mau nanya apa saja kalau sudah bisa berkomunikasi dengan profesor? Nah, supaya obrolanmu dengan profesor berkualitas dan bermanfaat, kamu jangan asal melontarkan pertanyaan. Yuk, simak daftar pertanyaan yang penting untuk kamu tanyakan kepada profesor-mu berkut ini:

Supaya menjadi mahasiswa yang dinilai baik oleh sang profesor, tanyakan padanya selama ia mengajar, “apa sih yang menjadi kriteria mahasiswa baik dari kacamata beliau?” Pertanyaan seperti ini akan menunjukkan dirimu yang peduli untuk menjadi lebih baik di hadapan sang profesor. Dengan bertanya seperti itu menunjukkan bahwa kamu ingin berusaha untuk mengikuti kriteria yang diberikan oleh professor. Ini akan memberikan nilai plus di mata profesor mengenai dirimu. Tapi, jangan hanya sekadar mengajukan pertanyaan. Setelah tahu apa-apa saja yang menurut professor itu baik diterapkan oleh mahasiswa, maka kamu harus bisa mempraktekannya. Tunjukkan pada sang professor bahwa kamu adalah mahasiswa yang baik dan mampu memenuhi harapannya.


Untuk menyiapkan dirimu dalam mengikuti kegiatan perkuliahan, tanyakan pada profesormu itu tentang gaya yang dia terapkan ketika mengajar. Ada banyak gaya yang diterapkan dosen ketika melakukan kegiatan perkuliahan seperti membuat kelompok diskusi, mengajukan kasus untuk didikusikan, mengajar di depan kelas terus-terusan, atau bisa juga memerintahkan mahasiswanya menggali ilmu sendiri lalu mempresentasikannya di depan kelas.  Dengan memberikan pertanyaan ini, kamu membentuk kesan yang baik di hadapan profesor. Beliau akan menilaimu sebagai mahasiswa yang peduli dan sangat memperhatikan kuliah dengan sepenuh hati. Lagipula, kalau kamu sudah tahu bagaimana gaya mengajar beliau, kamu akan lebih mudah mengikuti kegiatan perkuliahannya nanti. Kamu akan terpacu untuk mempersiapkan dirimu agar bisa mengikuti kegiatan perkuliahan sesuai dengan gaya mengajar yang diterapkan oleh sang profesor. 

Tak ada salahnya untuk menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi. Bukankah salah satu tujuan dari komunikasi adalah untuk menjalin kedekatan dengan seseorang? Tanyakan pada sang profesor, mengapa ia memilih subjek mata kuliah yang ia ampu sekarang ini. Apa manfaatnya kita bertanya seperti ini? Kamu akan membangun koneksi yang lebih baik dengan sang profesor ketika kamu mulai menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi. Selain itu, dengan mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu yang satu ini, kamu bisa tahu lebih banyak tentang mata kuliah yang beliau ampu. Dengan tahu lebih banyak, maka kamu akan lebih mudah untuk tertarik dengan mata kuliah tersebut. Siapa tahu kan, nanti kamu juga ikut-ikutan tertarik untuk kelak bisa mengajar mata kuliah tersebut? Lebih baik lagi kalau kamu menanyakan seluk beluk mengenai mata kuliah tersebut. Tunjukan pada beliau bahwa kamu adalah mahasiswa kritis yang ingin banyak tahu dan ingin banyak belajar darinya.

Pertanyaan selanjutnya adalah untuk kepentingan belajarmu sendiri, tanyakan apa ekspektasi terbesar yang dimiliki sang profesor terhadap seorang mahasiswa? Nah, dengan tahu apa sebenarnya yang beliau harapkan, kamu akan lebih mudah untuk berusaha agar menjadi salah satu mahasiswa yang sesuai dengan apa yang diharapkan profesor.

Oh iya, penting juga kamu menanyakan alasan-alasan dari setiap jawaban profesor. Misalkan, ia mengatakan bahwa ekspektasi terbesarnya tentang mahasiswa adalah mahasiswa mampu memberikan kritik atas pendapat yang ia sampaikan di depan kelas. Lalu, kamu tanyakan padanya mengapa itu menjadi salah satu ekspektasi terbesar beliau? Kalau bisa kamu malah bisa ikut menanyakan bagaimana tips-tipsnya untuk bisa memenuhi harapan beliau itu. Karena biasanya, jika beliau memiliki ekpektasi seperti itu, berarti secara tidak langsung beliau memiliki sikap yang sesuai dengan ekspektasinya tersebut. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini beliau akan menilaimu sebagai mahasiswa yang berusaha untuk menjadi terbaik di matanya. Paling tidak, sebelum kamu berusaha beliau sudah bisa melihat niatmu untuk menuju yang terbaik.

Terakhir, ajukan pertanyaan yang penting untuk menunjang kegiatan perkuliahanmu pada umumnya dan mata kuliah sang profesor pada khususnya. Tanyakan sumber-sumber apa saja yang bisa kamu akses untuk lebih mendalami mata kuliah yang diampu beliau. Biasanya seorang profesor memiliki kamus yang begitu luas di dalam kepalanya. Beliau pasti telah berkelana dari satu buku ke buku lainnya dari satu jurnal ke jurnal lainnya. Siapa tahu dengan menanyakan hal ini pada beliau, kamu malah bisa mendapatkan buku atau jurnal gratis? Seandainya pun tidak diberi gratis, paling tidak kamu lebih maju dari teman-temanmu yang tidak menanyakan hal ini pada beliau. Kamu bisa mulai mengumpulkan sumber-sumber yang beliau beritahukan kepadamu sebagai persiapanmu mengikuti mata kuliah yang beliau ampu.

Profesor bukanlah orang yang harus kita takuti di kampus. Mungkin tak semuanya berwajah ramah dan bersikap terbuka dengan mahasiswanya. Namun, menjadi dekat dengan seorang profesor akan memberikan banyak manfaat untukmu. Seperti biasa, kuncinya terletak pada komunikasi. Bangunlah komunikasi yang baik dengan semua orang di lingkungan kampusmu termasuk dengan sang profesor. Sisipkan pertanyaan-pertanyaan yang bermanfaat bagimu ketika berkomunikasi dengan beliau. Tunjukan pada beliau bahwa kamu adalah mahasiswa yang patut menjadi kebanggaannya.


5 pertanyaan dalam ulasan ini hanyalah segelintir contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan saat berkomunikasi dengan profesor. Selain itu, kamu tentu bisa menambahkan pertanyaan-pertanyaan lain. Tapi ingat, ajukan pertanyaan yang sopan dan jangan melenceng jauh dari dunia perkuliahan. Kalaupun kamu ingin menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi, kamu harus bisa mengemasnya dengan baik dan sopan. Jangan terkesan menghakimi atau memaksa. Oh ya, perlu juga loh kamu menyisipkan sedikit guyonan ketika berkomunikasi dengan profesor. Biasanya profesor akan tampak terlalu serius ketika mengajar, ajaklah dia bercanda dan kamu akan menemukan sisi lain dari beliau.

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Saat Kuliah: 5 Pertanyaan yang Bisa Kamu Ajukan ke Profesor
Saat Kuliah: 5 Pertanyaan yang Bisa Kamu Ajukan ke Profesor
http://2.bp.blogspot.com/--nETZMxE0O8/VD33iHLEjYI/AAAAAAAAEHY/07R5KUrOfSk/s1600/adxdg.png
http://2.bp.blogspot.com/--nETZMxE0O8/VD33iHLEjYI/AAAAAAAAEHY/07R5KUrOfSk/s72-c/adxdg.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/saat-kuliah-5-pertanyaan-yang-bisa-kamu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/saat-kuliah-5-pertanyaan-yang-bisa-kamu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy