Artikel Terbaru

Tipe-Tipe Mahasiswa di Kampus

Halo, teman-teman mahasiswa dan mahasiswi anak muda yang lagi sibuk banget sama semua aktivitas dalam berkuliah! Selamat bertemu lagi dengan berkuliah.com, sebuah situs yang selalu bersedia menambah pengetahuan kamu semua tentang dunia perkuliahan, dari beasiswa, universitas favorit, dan informasi lainnya yang berkenaan dengan dunia ‘pelajar’. 
Kali ini, kita akan mengulas topik yang akan membuat kamu makin tahu soal tipe mahasiswa yang pastinya akan ditemui di kampus. Mahasiswa itu banyak tipenya loh, dan mereka memiliki keunikannya masing-masing. Ya, namanya juga anak muda pasti lagi senang-senangnya menunjukan jati dirinya. Betul?

Dalam kelompok besarnya, tipe mahasiswa di tiap kampus dapat dikelompokkan dalam 8 tipe yang berbeda-beda. Apa sajakah itu? SImak ulasannya berikut ini:


Tipe ‘Kupu-Kupu’

Kamu tahu nggak itu artinya apa? Yup, betul banget. ‘Mahasiswa yang kuliah pulang, trus kuliah pulang lagi. Nah, mahasiswa masuk dalam tipe kupu-kupu jika dia memiliki criteria ini. Mahasiswa ini selalu hadir di kelas. Jarang nitip absen. Tapi begitu dia keluar kelas, dia langsung menghilang. Aktivitasnya ya ‘kuliah-pulang-kuliah-pulang’. 

Nggak heran kalau dia nggak banyak dikenal sama junior, senior ataupun yang beda jurusan. Dia langsung ngilang bagai ninja begitu kelas bubar. Bisa jadi dia buru-buru pulang karena harus mengurusi kucing-kucingnya di rumah, atau emang nurut sama pesan mama yang nyuruh langsung pulang tiap habis kuliah. 

Eh, tapi bisa juga sih karena dia harus langsung kerja begitu kelar jam kuliah. Gimana? Apakah punya teman yang masuk dalam kelompok ‘kupu-kupu’, atau malah kamu juga termasuk dalam tipe ini? Apapun itu nggak masalah, karena kan kita pasti punya pilihan sendiri untuk membawa diri kita dalam keseharian. Jadi, jika kamu atau teman kamu masuk dalam tipe yang mana, nggak ada yang salah kok.

Tipe ‘Kunang-Kunang’

Mahasiswa dengan tipe ‘kunang-kunang’ ini maksudnya ‘kuliah nangkring-kuliah nangkring’. Nah, mahasiswa yang masuk dalam kelompok ini pasti memiliki kriteria seperti ini nih. Mahasiswa jenis ini menguasai tempat-tempat nongkrong di kampus atau Mall. Biasanya, waktu yang dihabiskan buat nongkrong itu lebih banyak dari waktu kuliah ataupun waktu ngerjain tugasnya. 

Aktivitasnya ya, ‘Kuliah-nangkring-kuliah-nangkring’ itu. Biasanya mahasiswa tipe ‘kunang-kunang’ sering merasa jadi mahasiswa paling gaul dan eksis di kampus. Trus, tipe ini juga gampang dapat pacar, karena dia banyak dikenal orang dan punya daerah kekuasaan pos di titik-titik tertentu. Mereka memiliki banyak teman dari fakultas yang berbeda dan hampir dikenal oleh setiap orang di fakultasnya sendiri. Ya, tipe ini adalah mahasiswa yang bisa dibilang cukup eksis.


Tipe ‘Aktivis’

Kalau kamu anak Senat atau tergabung dalam sebuah organisasi di kampus, kamu  bisa dikatakan masuk dalam tipe yang satu ini, dan kamu pasti memiliki kriteria seperti. Kegiatannya sehari-hari tidak luput dari seputar organisasi. Dia bisa aja ada di kampus sampai tengah malam buat ngurusin organisasi, atau sekedar ngobrol yang topiknya nggak jauh-jauh dari hal yang berbau politik. Kadang, pas moment-moment tertentu mereka juga demo. Biasanya, mereka juga kritis dan nggak takut buat ngasih kritik kemanapun, dan kepada siapapun. Merekalah yang menguasai jabatan di organisasi kampus. Biasanya, mahasiswa kayak gini lulusnya lama, dan kalau kuliah pagi sering dateng telat. Soalnya mereka sering begadang buat rapat-rapat. 

Nah, tipe mahasiswa aktivis sendiri terbagi lagi ke dalam tipe mahasiswa ‘aktivis lomba’ dan ‘kontes'. Nah, yang termasuk dalam aktivis yang satu ini pasti memiliki kriteria seperti ini. Jangan heran kalau tiba-tiba orang yang biasanya nggak pernah nyapa ngajak chat di Facebook dan ngasih link, “vote aku ya, klik like page dulu, trus buka foto..blablabla…”. Atau dia tiba-tiba upload foto di sosial media dan bilang, “Mohon doanya, dukung saya jadi Putri blablabla…”. 

Aktifitasnya, ya googling tentang lomba dan kontes apa aja yang bisa diikutin. Dari mulai kontes nulis, fotografi, bikin video, sampai ikutan ajang putri-putrian. Nah, apapun tipe aktivisnya mereka, mereka mahasiswa yang ada dalam tipe ini pastinya akan tahu dan aktif banget di tiap organisasi di kampus dan lomba juga kontes yang ada di kota kamu maupun di luar kota, bahkan luar negeri. Keren juga sih, ya.


Tipe 'Konfrensi'

Nggak cuma sampai situ, masih ada tipe lain yang bisa kamu ketahui untuk tipe mahasiswa yang dikelompokan dalam tipe besar. Berikutnya ada mahasiswa dengan tipe ‘konfrensi’. Loh, kok kayak nggak ada bedanya sama tipe 'aktivis'? Beda dong, kamu baca dulu nih kriteria mereka. Jangan heran kalau hari ini dia ada di kelas, tapi besoknya tahu-tahu dia ada di luar negeri atau luar kota. 

Misalnya nih, hari ini dia ada di Norwegia buat jadi pembicara di seminar tingkat dunia yang membicarakan tentang punahnya naga Norwegia akibat pemanasan global. Trus, sebulan kemudian dia ada di Yunani buat jadi peserta konferensi pemuda peduli Socrates. Tipe ini sangat menginspirasi generasi muda karena dia jadi kayak leader muda yang sering jadi delegasi Indonesia. 

Oh iya, bisa jadi dia juga menjelma jadi sosok populer karena sering bikin orang envy liat dia jalan-jalan ke luar negeri mulu. Aktivitas dia adalah ikutan call for paper, bolak-balik kedutaan negara tujuan buat bikin visa, browsing info konferensi internasional, cek harga tiket pesawat dan bikin proposal sponsorship buat perusahaan-perusahaan potensial yang mau biayain dia ke luar negeri.


Tipe 'Seleb'

Nah, yang bakalan ngalahin mahasiswa dengan tipe konfrensi adalah mahasiswa dengan ‘tipe seleb’. Mau tahu kriteria mereka yang termasuk dalam  tipe ini seperti apa? Nih, tinggal kamu baca aja. 

Kalau kuliah di Jakarta, kita akan terbiasa lihat artis yang biasa kita liat di TV nongol di kampus kita jadi mahasiswa. Tipe kayak gini, meskipun dia jarang datang ke kampus karena mesti syuting, show, manggung, dll, dia tetap aja punya teman dekat yang bisa diandalkan buat nanya-nanya kalau pas ada tugas atau ujian. Selalu ada di dunia ini, orang-orang yang senang punya teman dari kalangan artis. Makanya, kalau kamu udah ngerasa jadi orang baik, cakep, tajir, tapi tetap nggak punya temen, jadi artis aja gih. Sekarang pasti tahu dan sadar banget kan sama tipe mahasiswa seleb. Apakah kamu termasuk jenis ini?


Tipe 'diskusi & pendebat'

Nah, untuk selanjutnya ada tipe mahasiswa yang mirip dengan tipe 'konfrensi', mahasiswa ini sering banget ada di klub debat atu diskusi dan semacamnya, kamu mau kriterianya, silahkan dibaca. 

Dia ini sering dateng ke acara-acara diskusi apa aja. Dia bisa nguasain banyak topik. Mulai filsafat, politik, agama, seni dan barangkali topik yang nggak kamu pikirkan sebelumnya. Tipe orang kayak gini sering keliatan menonjol di forum-forum karena terbiasa ngomong dan menguasai wacana. Kalau kamu tipe orang yang nggak suka diskusi atau debat, mending jauh-jauh deh. Bisa panjang urusan soalnya. Tipe diskusi dan pendebat ini seringkali bisa muncul sepaket sama tipe aktivis mahasiswa.


Tipe 'misterius'

Nah, tipe yang terakhir namun tak kalah penting adalah mahasiswa yang masuk dalam tipe misterius. Dia adalah mahasiswa dengan kriteria yang tampak seperti mahasiswa biasa yang dateng ke kampus. Tapi, kita semua nggak tau pas dia ke kampus aktifitasnya apaan. Barangkali dia adalah seorang agen intelegen yang lagi undercover dan sedang menjalankan sebuah konspirasi. Mungkin tipe yang satu ini agak sulit dikenali ya, karena mungkin kamu atau teman-teman kamu pun tidak ada yang bergaul dengan mahasiswa yang termasuk ke dalam tipe 'misterius' ini. 


Nah, gimana? Apakah kamu sendiri sudah menemukan tipemu yang seperti apa? Apapun tipe kamu dan teman-teman kamu saat ini, kamu pasti bisa kok tetap menunjukkan yang terbaik dengan menjadi diri kamu sendiri. Karena memang sebagai seorang mahasiswa yang paling diperlukan adalah konsistensi dalam menempuh masa berkuliah. Kamu bisa saja memilih banyak aktvitas di luar berkuliah, namun dengan adanya konsistensi kamu pastinya akan selalu bisa mendapatkan  yang terbaik saat berkuliah.

Hidup menjadi seorang mahasiswa itu seru dan menyenangkan karena bakalan banyak banget hal baru dan seru yang bisa kamu ikuti. Jadi, saat kamu menjadi seorang mahasiswa dan pengen membuat aktivitas berkuliah kamu menjadi seru, kamu bisa memulai dengan menjadi seseorang yang aktif dalam aktifitas kamu di kampus. Jangan malu-malu untuk bergaul, tapi jangan lupa juga untuk belajar, ya! 

Salam berkuliah.com

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top