Tips Mendapatkan Pengalaman Pendidikan yang Memuaskan di Luar Negeri

Menjelang semester akhir, kamu akan disibukkan untuk memilih perguruan tinggi yang akan menjadi tujuan dalam melanjutkan pendidikan kamu be...

Menjelang semester akhir, kamu akan disibukkan untuk memilih perguruan tinggi yang akan menjadi tujuan dalam melanjutkan pendidikan kamu berikutnya. Kamu akan mencari berbagai perguruan tinggi terbaik yang ada di dalam maupun luar negeri. Beberapa dari kamu, mungkin ada yang memilih untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Memang mengambil jalan ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan di dalam negeri. Di antaranya yang akan kamu dapatkan adalah:

Image Credit

1) Beberapa negara seperti misalnya Inggris memberikan fasilitas layanan kesehatan gratis atau bersubsidi bagi mahasiswa internasional, sehingga kamu tidak perlu asuransi dan permasalahan kesehatanmu akan terjamin selama kuliah di sana.

2) Perbedaan bahasa, budaya, pola pikir, dan lain sebagainya di lingkungan baru akan membuat wawasan kamu semakin berkembang.

3) Biasanya, mengakses dokumen atau jurnal ketika belajar di luar negeri lebih mudah. Untuk mendapatkan beberapa buku terbaik di bidangnya juga terkadang lebih murah dan bisa didapatkan ketika di luar negeri, sehingga hal ini membuat penelitian atau penulisan yang akan kamu buat menjadi lebih mendalam.


Namun, tentunya berbagai kelebihan yang ditawarkan ketika kamu kuliah di luar negeri tersebut tidak serta merta membuat perjalanan kuliah kamu menjadi sangat mudah. Tentunya kamu juga akan menemukan keadaaan di mana kamu kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan baru tersebut. Atau mungkin karena kebiasaan yang berbeda, membuat kamu sendiri keteteran dengan sistem yang ada di kampus tersebut. Yang ada nantinya malah menghambat kelulusan kamu di sana. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lulus perkuliahan dan mendapatkan pengalaman pendidikan yang memuaskan selama di luar negeri:


Perhitungkan biaya

Beberapa negara di Eropa mungkin akan menawarkan biaya pendidikan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pendidikan di Indonesia sendiri untuk disiplin ilmu tertentu. Namun, yang tidak bisa kamu pungkiri adalah mahalnya biaya hidup di sana. Nilai tukar rupiah yang jauh berbeda juga menjadi salah satu penyebabnya. Sehingga perlu disiasati sedini mungkin.

Sebelum kamu memulai perkuliahan atau memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus dengan cermat menghitung berbagai biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah. Dan cobalah untuk membuat beberapa target waktu dan tanamkan pada diri sendiri bahwa kamu harus lulus tepat waktu, telat sedikit saja maka akan lebih banyak lagi biaya yang harus kamu keluarkan untuk hidup di sana. Dengan cermat menghitung pengeluaran, akan menjadi solusi dini dalam mencapai target kelulusan yang tepat waktu.


Banyak bergabung dengan teman lain dari berbagai negara

Bergaul dengan banyak orang yang memiliki budaya dan latar belakang yang berbeda akan membuat pikiran kamu menjadi jauh terbuka dan lebih global. Nantinya, hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam memecahkan masalah dengan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Pastinya setiap orang akan unik dan memiliki sesuatu yang tidak bisa dimiliki oleh orang lainnya. Pelajari yang baik dari mereka.


Jelajahi setiap daerah di negara tujuan

Jika kamu memiliki waktu kosong atau jadwal libur di akhir pekan, cobalah untuk menjelajahi daerah-daerah di sekililing kampus kamu. Dengan melakukan perjalanan seperti ini, kamu akan lebih dekat dengan masyarakat sekitar, kamu akan lebih mengenal bagaimana kebiasaan orang asli daerah tersebut. Dengan mencermati pola pikir dan tingkah laku mereka, kamu akan lebih mengerti keinginan mereka, mengetahui mana yang terbaik dan tidak versi mereka. Kamu bisa menerapkan apa yang kamu dapatkan ini ketika sedang menjalani perkuliahan di kampus. 

Selain itu, dengan bepergian ke daerah-daerah di negara tempat kamu kuliah itu juga tentunya akan menjadi salah satu ajang liburan dan waktu untuk kamu menyegarkan otak dan pikiran ketika sedang mumet dengan kuliah atau tugas yang menumpuk. Agar lebih asyik dan menyenangkan, ajak beberapa teman kuliah kamu untuk membuat perjalanan kalian lebih seru. Pastikan salah satu dari teman yang kamu ajak itu adalah warga asli negara tersebut, karena nantiya ia akan menjadi pemandu wisata kamu yang bisa kamu dapatkan segara gratis, hehehe...


Tetap terbuka

Yang paling penting dan membuat kehidupan perkuliahan kamu berjalan dengan baik adalah adanya sikap keterbukaan. Kamu harus bisa menerima berbagai perbedaan yang ada di antara di lingkungan baru tersebut. Memang kamu tidak akan begitu mudahnya menjadi terbiasa akan perbedaan yang ada tersebut. Namun, dengan keterbukaan akan membuat semuanya lebih baik. 

Terbuka di sini juga berarti kamu bisa harus bisa menerima kritik dan saran dari orang-orang di sekitarmu. Mereka tentunya menginginkan kamu untuk menjadi lebih baik. Terima dan pertimbangkan dengan baik tanggapan yang mereka berikan. Kamu juga jangan ragu untuk menceritakan kepada orang sekitar kamu ketika mendapat permasalahan selama perkuliahan. Misalnya saja, kamu merasa kesulitan dalam memahami mata kuliah tertentu, atau mungkin nilai yang tidak bisa terpenuhi, padahal kamu merasa sudah memberikan yang terbaik. Coba konsultasikan dengan dosen mata kuliah bersangkutan agar kamu bisa menemukan solusinya. Jangan karena malu sampai akhirnya kamu sendiri yang kelimpungan dan menghambat perjalanan kelulusan kamu nantinya.


Pastikan kamu memenuhi persyaratan kelulusan

Inilah poin pentingnya agar kamu bisa segera lulus dan mendapatkan gelar sarjana di luar negeri. Pastikan dari jauh-jauh hari kamu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan kelulusan. Misalnya saja jumlah IPK atau SKS yang harus kamu penuhi. Ketika awal kuliah, mungkin kamu akan mendapat beberapa nilai kurang memuaskan. Jangan menunda untuk mengatasi kekurangan tersebut. Takutnya nanti ketika diakumulasi di akhir perkuliahan, nilai yang kamu peroleh tersebut tidak bisa memenuhi syarat kelulusan dan akan memakan waktu lebih lama lagi untuk mengurusnya. Jadi, kamu dituntut untuk lebih peka dengan segala hal yang berbau akademis sedini mungkin.


Peka terhadap jadwal penting

Kamu perlu untuk mengecek kalender akademik. Sehingga kamu akan mengetahui kapan saat harus mengurus semester baru, atau mungkin mendaftarkan permohonan wisuda kamu nantinya. Untuk kasus daftar ulang semester, pastikan kamu lakukan jauh dari tenggang waktu yang ditentukan. Kalau sampai terlewat dari jadwal yang sudah ditentukan, nantinya kamu tidak akan tercatat sebagai mahasiswa di semester tersebut. Tentunya hal ini akan merugikanmu, kamu perlu menunggu dan mengulang di semester berikutnya agar bisa mengikuti perkuliahan. Tentunya akan sangat membuang waktu, bukan?


Demikianlah cara yang bisa kamu tempuh agar bisa lulus dan mendapatkan gelar sarjana, serta mendapatkan pengalaman pendidikan yang memuaskan selama di luar negeri. Yang terpenting adalah bagaimana kamu mengetahui secara rinci mengenai proses kelulusan, dan pastikan bahwa kamu berada di koridor yang tepat sesuai dengan proses tersebut. Sehingga dapat dipastikan dengan menerapkan hal tersebut, kamu akan memenuhi keinginan kamu tersebut untuk mendapatkan gelar sarjana di luar negeri.
Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,282,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,145,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,85,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Tips Mendapatkan Pengalaman Pendidikan yang Memuaskan di Luar Negeri
Tips Mendapatkan Pengalaman Pendidikan yang Memuaskan di Luar Negeri
http://3.bp.blogspot.com/-4HExdXBSjkQ/VFBzEqhUqxI/AAAAAAAAEkk/bXydvv1ZXHU/s1600/gsa.png
http://3.bp.blogspot.com/-4HExdXBSjkQ/VFBzEqhUqxI/AAAAAAAAEkk/bXydvv1ZXHU/s72-c/gsa.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-mendapatkan-pengalaman-pendidikan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-mendapatkan-pengalaman-pendidikan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy