Tips Menemukan Teman di Luar Negeri

Beberapa dari kamu yang belajar di luar negeri, biasanya pada awalnya akan sangat merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang...

Beberapa dari kamu yang belajar di luar negeri, biasanya pada awalnya akan sangat merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang benar-benar jauh berbeda dari sebelumnya. Bagaimana tidak, selain karakter, adat istiadat dan pola pikir yang berbeda, bahasa yang digunakanpun nyaris berbeda. Akan sulit ketika bahasa yang digunakan sebagai media komunikasi sudah berbeda seperti itu. Sebenarnya, kita tahu ada juga bahasa penyatu yang sifatnya universal, yaitu bahasa Inggris. Namun sayangnya, tidak semua negara yang kamu tuju menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Sehingga kita perlu untuk mempelajari bahasa lokal atau bahasa sehari-hari yang mereka gunakan.

Image Credit
Untuk bisa bertahan hidup dari dunia yang jauh dari kebiasan, kamu tentunya perlu mendapatkan teman. Mau bagaimanapun, teman baru kamu itulah yang nantinya akan menjadi tempat kamu berbagi dan mengalami masa susah, sedih, dan senang bersama-sama. Bisa dikatakan mereka itulah yang akan menjadi keluarga terdekatmu di negara yang baru kamu tempati itu. Membuat kontak pertama dengan orang baru mungkin akan menjadi bagian paling sulit untuk mendapatkan teman baru. 


Nah, berikut ini adalah tips bagaimana kamu bisa menemukan banyak teman ketika sedang menempuh pendidikan di luar negeri:


Terlibat dalam bimbingan pertukaran bahasa

Kendala terberat menjadi pendatang baru di negara yang berbeda adalah bahasa. Bahasa memberikan cara yang unik dan menyenangkan ketika kamu bertemu dengan seseorang. Kamu bisa menawarkan kemampuan bahasa yang kamu miliki untuk membantu orang lain memahaminya dalam bentuk les, atau misalnya klub bahasa pertukaran di kampus. Hal ini merupakan cara sempurna untuk bisa bersosialisasi dengan penduduk setempat atau mereka yang merupakan warga pribumi. Sebagai timbal baliknya, mereka juga akan memberikan pemahaman kepada kita mengenai bagaimana bahasa yang mereka gunakan.


Pelajari daerah sekitar

Sebagai orang yang tanggap, kamu harus peka dengan lingkungan sekitar. Cobalah untuk bersosialisasi dengan siapa saja, salah satunya bisa dengan petugas kebersihan di asrama misalnya. Berawal dari obrolan ringan tentang meminta bantuan untuk membersihkan kamar, bisa menjadi obrolan panjang yang akan mengasyikkan. Dari merekalah kamu akan mengetahui bagaimana kebiasan masyarakat lokal, bagaimana karakteristik, dan hal-hal yang boleh dan tidak dilakukan di daerah tersebut. Kamu juga perlu untuk mengecek surat kabar lokal atau tonton televisi lokal untuk mendapatkan banyak informasi mengenai negara baru tempat tinggal kamu.


Gunakan koneksi yang sudah ada

Jauh sebelum melakukan perpindahan ke luar negeri, kamu bisa memanfaatkan rekan, keluarga, kenalan atau mungkin rekanan dari teman dekat kamu yang memang tinggal atau juga menempuh studi di negara yang akan kamu tuju tersebut. Kamu bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara tersebut, sehingga ketika sudah berada di sana nantinya kamu tidak lagi terkejut dengan fenomena yang terjadi di sana. Jangan sungkan untuk banyak bertanya langsung kepada orang tersebut. Setidaknya dengan begini, kamu sudah memiliki satu teman baru di lingkungan baru kamu nantinya.


Mengikuti organisasi eskpatriat

Kamu tidak perlu khawatir dan merasa hanya diri kamu sendirilah yang merupakan orang “asing” di daerah baru tersebut. Banyak orang yang mengalami hal yang sama. Biasanya, di setiap negara pasti akan ada orang asingnya dan wadah atau organisasi yang menyatukan mereka para ekspatriat. Cobalah kamu cari info mengenai bagaimana perkumpulan mereka. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam teman dari berbagai belahan dunia yang memiliki kesamaan sebagai pendatang baru. 


Bergabung dalam komunitas sesuai hobi

Jika kamu memiliki hobi teater, olahraga atau musik, tetap salurkan hobi tersebut pada berbagai macam klub yang ada di kampus. Jangan sampai karena kamu merasa anak baru, kamu menjadi minder untuk bergabung dalam klub tersebut. Padahal, dengan bergabung dengan klub tersebut akan membuka kesempatan besar bagi kamu untuk menemukan teman-teman baru yang memiliki kegemaran yang sama. Biasanya dengan adanya kesamaan, maka obrolan yang terjadi akan lebih cepat nyambung dan begitu menarik bagi kalian berdua.


Aktif dalam kegiatan lokal 

Bingung untuk menghabiskan akhir pekan kemana? Cobalah untuk mengikuti berbagai macam aktivitas yang diadakan oleh warga atau pemerintah setempat. Pertama, kamu bisa mengunjungi acara tersebut dan menjadi penontonnya. Namun, lama-lama tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk terlibat lebih aktif lagi dalam kegiatan tersebut menjadi panitia penyelenggaranya. Untuk mendapatkan info, kamu bisa secara aktif membacanya melalui surat kabar atau website organisasi terkait. 


Mengikuti tur perjalanan

Kamu bisa juga menghabiskan akhir pekan atau mungkin libur di tengah-tengah jadwal yang kosong dengan mengikuti tur perjalanan ke beberapa wilayah atau tempat yang menjadi ciri khas dari negara kamu tersebut, misalnya tempat ibadah, taman wisata, perkebunan dan lain sebagainya. Selain mendapatkan banyak informasi yang disajikan oleh pemandu wisata, kamu bisa menemukan teman baru di sana.


Membuka obrolan dengan orang yang punya perjalanan yang sama

Bagi kamu yang hobi bepergian, coba manfaatkan waktu perjalanan yang sedang kamu tempuh untuk bisa mendapatkan teman atau kenalan baru. Buka obrolan dengan tanyakan tujuan yang akan dituju orang yang duduk di sebelah kamu dalam kereta, pesawat, bis dan angkutan kota lainnya. Jika memang memiliki tujuan yang sama, akan menguntungkan kalian berdua karena kalian akan memiliki teman perjalanan bersama. Biasanya obrolan akan mengalir dengan sendirinya. Jangan lupa untuk bertukar kontak dengan orang tersebut, agar kalian bisa menjaga hubungan pertemanan untuk jangka panjang nantinya. Namun, kamu juga perlu berhati-hati untuk bertemu teman atau kenalan yang baru seperti ini. Jangan mudah akrab dahulu sampai kamu benar-benar tahu apakah orang tersebut berniat baik atau tidak dengan kamu.


Aktif dalam beberapa jaringan komunitas sosial

Kecanggihan zaman dan media sosial memang sudah menjadi gaya hidup orang modern saat ini. Kamu bisa memanfaatkan keduanya sebagai ajang untuk menemukan teman baru di negara lain. Banyak komunitas-komunitas yang anggotanya berisis dari belahan dunia. Dengan kamu bergabung di salah satunya, mungkin saja beberapa dari mereka adalah teman satu kampus kalian nantinya di negara yang akan kamu tuju.


Membuat pesta atau acara kumpul kecil-kecilan

Ketika kamu sudah memiliki beberapa kontak kenalan, cobalah untuk membuat acara kumpul kecil-kecilan. Hubungi mereka di akhir pekan untuk sekedar menikmati masakan yang kamu buat, atau mencoba tempat makan yang baru dibuka dekat kampus. Dengan kegiatan seperti ini akan meningkatkan keharmonisan kamu dengan kenalan-kenalan baru kamu tersebut.

Kunci penting dalam mendapatkan teman baru di luar negeri adalah keterbukaan, dan kamu harus ramah.  Jangan tertutup atau terlalu skeptis dengan orang baru. Hal ini hanya akan menghambat kamu dalam berteman dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Anggaplah bahwa teman-teman baru tersebut juga sama seperti kamu, meski banyak perbedaan di antara kalian. Lebih fokuslah pada kesamaan yang kalian miliki, jangan terlalu memusingkan banyaknya perbedaan yang kalian miliki. Selamat berteman!

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Tips Menemukan Teman di Luar Negeri
Tips Menemukan Teman di Luar Negeri
http://1.bp.blogspot.com/-cOirWSCS7Ec/VFChilGqgMI/AAAAAAAAEls/AKku3ZF3qV4/s1600/sgvzv.png
http://1.bp.blogspot.com/-cOirWSCS7Ec/VFChilGqgMI/AAAAAAAAEls/AKku3ZF3qV4/s72-c/sgvzv.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-menemukan-teman-di-luar-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-menemukan-teman-di-luar-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy