Tips Menjadi Orang yang Eksis di Kampus

Gimana ya rasanya jadi popular, dikenal banyak orang mulai dari dosen, senior, junior, sampai ibu-ibu kantin? Pastinya berasa jadi artis ya...

Gimana ya rasanya jadi popular, dikenal banyak orang mulai dari dosen, senior, junior, sampai ibu-ibu kantin? Pastinya berasa jadi artis ya, kesana disapa orang, kesini disapa, mau makan pun banyak yang kenal. Asik banget ya guys bisa dikenal di kampus yang segede itu karena prestasi atau kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan selama menjadi mahasiswa di kampus. 

Image Credit

Pasti banyak dong mahasiswa yang pengen eksis dan popular di kampus? Nggak cuma cewek kok, cowok juga pasti mau kali jadi eksis dan terkenal di kampus. Dan pastinya ngerasa iri kalau ngelihat teman kamu yang lebih eksis dan dikenal banyak orang dari pada kamu yang hanya dikenal beberapa orang saja.

Hmm...mungkin kamu juga salah satu dari mereka, jika memang iya itu wajar kok guys pengen jadi anak eksis di kampus. Pasti pengen juga kan jadi kayak mereka yang sudah eksis di kampus? Tapi sudah tahu belum sih caranya biar bisa eksis di kampus? 

Sok kenal sama orang, ikut nimbrung saat orang lagi ngobrol, pamer sana sini, bisa gak sih jadiin kamu popular? Eitzzz...yang ada mereka pada ilfeel kali. Kalau mau jadi popular sih boleh-boleh saja ya, siapa sih yang gak mau dianggap oleh ribuan penghuni kampus disatu universitas? 

Tapi kalau popularnya karena keburukan seperti kasus tertentu, pasti gak banget ya guys. Terus gimana caranya ya, biar tetep eksis tapi dengan cara yang gak norak dan buruk? Berkuliah.com punya solusinya nih sist and bro, siapa tahu bisa membantu untuk mendapatkan predikat orang eksis di kampus.


Aktif di kelas 

Mahasiswa yang aktif dikelas otomatis akan menjadi pusat perhatian.Bukan hanya untuk teman sekelas saja tapi juga bagi dosen. Dosen akan cepat mengenali jika kamu aktif di kelas, seperti bertanya atau menjawab pertanyaan dari dosen. Saat dosen sudah mulai mengenali dan mengetahui namamu, dengan cepat kamu akan selalu diingat dan sering disebut namanya. Itu adalah langkah awal untuk menjadi eksis di kampus. 

Jika disemua mata kuliah kamu menjadi mahasiswa yang aktif, para dosen akan sering membicarakanmu dan mereka akan tahu satu sama lain. Jika banyak dosen yang sudah mengena, bisa jadi mereka akan meminta kamu untuk membantunya melakukan sesuatu seperti membantunya melakukan penelitian, dan lain sebagainya. 

Dengan membantu melakukan penelitian, pastinyaakan bertemu dengan banyak orang baik di dalam kampus atau luar kampus, dan otomatis akan bertambah banyak lagi orang yang mengenali. Jadi deh kamu menjadi orang yang eksis di kampus. 

Kalau sudah melakukan hal ini, yaitu aktif di kelas berarti selamat untuk kamu karena sudah menjadi orang eksis di kampus. Kalau belum karena memang tidak PeDe atau percaya diri untuk mengacungkan tangan guna bertanya atau menjawab pertanyaan, masih banyak cara lain kok yang bisa bikin kamu eksis, lihat cara berikut ini.
.

Ikut organisasi 

Untuk menjadi popular itu, kamu harus dikenal banyak orang dan memiliki banyak teman. Salah satu untuk membuat dikenal banyak orang adalah dengan bergabung disalah satu atau lebih organisasi yang ada di kampus. Seperti BEM dan himpunan mahasiswa lainnya yang ada di setiap fakultas. Organisasi sering digunakan mereka yang ingin eksis loh guys, jadi pengaruhnya sangat besar untuk membantu kamu menjadi popular dan eksis. 

Dengan join di organisasi, maka kamu akan semakin sering untuk berhubungan dengan orang-orang di kampus karena organisasi tersebut akan sering mengadakan acara. Nah, aktiflah di organisasi tersebut. Kamu akan semakin cepat dikenal jika menjadi ketua diorganisasi tersebut. 

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga buat kamu yang tidak menjadi ketua bisa popular, itu semua tergantung dengan bagaimana aktif diorganisasi. Semakin aktif dan mengikuti berbagai acara untuk menjadi panitia dan lain sebagainya, maka semakin mudah juga orang-orang untuk mengenalimu.

Kamu tidak perlu mengikuti banyak organisasi agar bisa eksis di kampus, malah bisa -bisa kamu nggak bisa fokus dan bingung membagi waktumu. Cukup satu organisasi saja asalkan fokus dan serius diorganisasi tersebut. Pasti kamu akan eksis dengan sendirinya kok. Sering menjadi panitia penyelenggara untuk acara yang dibuat organisasi tersebut juga akan memudahkan untuk dikenal banyak orang.


Jadi berbeda 

Buatlah diri kamu berbeda dari yang lain, berbeda dengan yang lainnyaakanmembuatmusering diingat dan diperhatikan orang lain. Ingat ya, tidak perlu membuat orang lain merasa risih dan ilfeel ngeliat kamu kalau ingin jadi popular.

Menjadi unik disini berarti kamu harus menunjukkan apa yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya, misalnya jika kamu hobby melawakatau melucu cobalah sesekali melakukan itu, sehingga membuat orang tertawa dan merasa kalau suasana tidak akan meriah tanpa lawakan kamu. Nah, nanti orang akan mengenalmu dengan cara humormu itu. 

Tidak perlu malu untuk menjadi berbeda dengan yang lain, justru itu akan menjadikan kamu sebagai pusat perhatian. Jika hanya biasa-biasa saja atau bahkan sama dengan mereka pada umumnya, pastilah tidak ada orang yang memperhatikan karena tidak ada sesuatu yang unik, menarik, dan berbeda yang ada pada dirimu. 


Ikuti hobi

Kamu pasti punya hobi kan, guys? Entah hobi atau hanya ingin mencoba karena tertarik. Ikutilah hobimu itu untuk menarik orang-orang yang mengenalmu, dan membawamu pada ke popularan di kampus. Jangan ragu untuk menyalurkannya guys, sayang loh kalau punya hobi dan bakat yang menonjol tapi tidak digunakan dan diperlihatkan ke orang-orang. 

Di kampus pasti banyak unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa menjadi tempat untuk menyalurkan bakat dan hobimu itu. Cobalah untuk masuk ke UKM itu, bertemu banyak orang, mengikuti acara yang telah disiapkan, pasti dalam sekejap kamu akan menjadi popular di kampus. 

Misalnya, jika hobi bermain musik dan bisa memainkan salah satu alat musik atau memiliki suara yang bagus, kamu bisa bergabung di UKM musik. Terus nanti kalau ada acara-acara musik di dalam atau di luar kampus dan akan mengundang band dari kampus, kamu nanti akan tampil di depan banyak warga kampus, dan ketenaran sudah berada di depan mata guys.

Bisa juga buat yang tertarik di dunia olahraga, bisa menyumbangkan bakat ke Unit Kegiatan Mahasiswa dibidang olahraga seperti futsal, sepak bola, basket, bulu tangkis, dan masih banyak lagi lainnya. Kalau sudah masuk dan menjadi anggota tetap di UKM basket misalnya, nanti saat ada kompetisi antar fakultas atau antar kampus kamu akan diajak untuk mewakili nama kampus.

Untuk yang satu ini, kamu bakalan dikenal gak cuma di dalam kampus, pasti kampus-kampus yang lain saat bertemu di kompetisi juga bakalan mengenalmu guys. Apalagi jika kamu bisa mendapatkan juara dikompetisi tersebut.Sudah pasti deh satu kampus akan mencari tahu tentangmu, dan akan mengenalmu. Siap-siap jadi orang eksis baru di kampus ya, guys!

Makanya jangan malas untuk mengikuti UKM yang ada di kampus jika pengen jadi mahasiswa eksis seantero kampus. 


Supel 

Menjadi orang yang supel dan mudah bergaul akan membuat orang tertarik untuk mendekat, ingin mengenal dan pada akhirnya akan menjadi teman. Semakin banyak teman, maka kamu akan semakin dekat juga dengan dunia kepopularan. 

Untuk menjadi seorang yang supel itu gampang-gampang susah sih sebenarnya, cukup dengan selalu tersenyum kepada orang akan menarik mereka untuk mengenalmu. Mungkin tersenyum adalah tindakan yang sangat mudah yang bisa dilakukan oleh setiap orang.Tapi, ini juga akan menjadi sulit bila tersenyum kepada orang yang tidak dikenal.Bias-bisa dikira orang gila yang sok kenal. 

Tapi, cobalah hilangkan pemikiran itu, cobalah untuk selalu tersenyum dengan orang yang kamu temui. Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan banyak teman dan diingat oleh banyak orang. 

Image Credit

Selain menebar senyum mempesona, sering berkomunikasi dengan orang disekitar juga akan membantumu menjadi makhluk eksis di kampus. Maka, mulailah perbanyak berkomunikasi dengan orang sekitar.Bias tentang pelajaran, tentang organisasi, tentang acara, atau tentang hal-hal lain yang memang patut untuk di komunikasikan.

Jangan menceritakan tentang penderitaan kamu ya guys, dan jangan bergosip juga tapi sesekali boleh sih. Jangan menjadi orang yang anti sosial, saat ada orang disekitar ingin berbicara, kamu malah sibuk dengan gadgetmu tanpa memperhatikannya. Ya, gimana mau dikenal orang kalau mainnya sama gadget mulu, emang gadget bikin kamu dikenal dan popular di kampus? Hmm...bisa sih, tapi hanya dalam dunia maya ya bukan di dunia nyata. 

Kalau bisa saat berkomunikasi, carilah topik yang menyenangkan dan tidak berat. Nanti orang akan mudah bergaul dengan kamu dan akan senang berbicara denganmu. Berkomunikasi tidak hanya bisa dilakukan dengan anak yang berada dijurusan yang sama. Kamu bisa saja bertemu dengan orang dari jurusan atau bahkan dari universitas lain saat terlibat dalam UKM atau organisasi. 


Jadi  sukarelawan

Membantu orang untuk melakukan sesuatu, sudah pastiakan mendapatkan pahala. Nah, kali ini membantu orang secara ikhlas dengan sukarelawan juga akan membawamu untuk menjadi eksis di kampus. Loh kok bisa? Gimana caranya?Hm...menjadi volunteer di sini misalnya kamu membantu temanmu yang memiliki acara diorganisasinya untuk menjadi MC atau pembawa acara. 

Contoh lain adalah pada saat penerimaan mahasiswa baru, di kampus kan pasti ada namanya OSPEK untuk mahasiswa baru. Di sini pasti akanada senior yang membimbing mereka selama masa ospek. Mungkin disini kamu bisa merubah dirimu untuk menjadi lebih dikenal dan eksis di kampus dengan menjadi volunteer membimbing mahasiswa baru itu. 

Dengan menjadi volunteer, akan banyak mahasiswa baru yang mengenalmu dan juga banyak para volunteer lainnya juga yang akan mengenalmu. Pintu ke eksisan akan semakin dekat denganmu. 

Mungkin kamu gak mau ikut jadi volunteer ini karena tidak dibayar, bikin capek, dan lain sebagainya, tapi buat yang benar-benar ingin menjadi eksis di kampus, cara ini bisa sangat jitu untuk mendapatkan gelar ratu atau raja eksis di kampus. 

Cobalah untuk melihat sisi positif apa yang akan kamu dapatkan.Bukan hanya melihat dari sisi materi saja, syukur-syukur kalau diberi uang kalau tidak ya lakukan saja dengan ikhlas dan niat agar bisa dikenal banyak orang, bukannya banyak teman itu lebih baik dari pada banyak musuhkan. Semua yang dilakukan pasti ada manfaatnya kok selama itu positif dan tidak melanggar peraturan ya. 

Bisa juga hlo melakukan volunteer untuk dosen, misalnya menjadi tutor yang membantu dosen untuk menjelaskan materi apa yang sudah diberikan ke mahasiswa. Nah, kamu bisa tuh menjadi tutor atau kata lain bisa juga disebut asisten dosen untuk mendapatkan kepopuleran. 

Saat menjadi asisten dosen, otomatis mereka yang kamu ajarin akan mengenal kamu dan dosen yang menjadikanmu asistennya juga akan mengenalmu.


Menjadi koordinator kelas 

Menjadi koordinator kelas juga akan membawa kamu menjadi orang eksis di kampus hlo guys, sering dicari orang juga. Menjadi koordinator kelas itu biasanya membantu teman-teman untuk melakukan apayang bisa dilakukan secara kolektif. Misalnya mengatur teman untuk mendapatkan kelompok presentasi atau tugas, terus bisa juga menjadi orang yang mengumpulkan fotokopian tugas yang diberikan dosen. 

Di sini kamu akan selalu dicari dan diingat keberadaannya, sudah berasa menjadi artis yang dikejar paparazzi ya guys. Atau bisa juga menjadi jembatan untuk dosen kepada siswanya tentang jadwal kuliah, misalnya hari ini kuliah ditiadakan maka dosen akan menghubungi kamu kemudian bisa menyebarkan berita itu kepada teman yang lainnya. 

Secara otomatis kamu akan berhubungan dengan banyak orang mengenai hal ini, dan secara tidak sengaja juga akan lebih dikenal dan menjadi orang eksis di kampus dalam bidang koordinasi. 


Cara berpakaian 

Untuk menjadi pusat perhatian, kamu juga harus memperhatikan cara berpakaian ya. Saat kamu berpakaian yang menarik, maka orang-orang juga akan tertarik untuk melihatmu, mengenalmu, dan menjadi temanmu. Cobalahuntuk mencari cara berpakaian yang berbeda dari yang biasanya. Tak perlu yang mahal dan bermerek untuk mendapatkan perhatian, cukup pakailah pakaian yang rapi, dan yang pantas untuk digunakan. 

Tidak perlu menggunakan pakaian yang warnanya bisa merusak mata ya, bias-bisa orang akan menggunakan kacamata hitam saat ingin menatapmu. Mungkin memakai warna yang mencolok juga akan membuat kamu menjadi pusat perhatian, tapi bukan karena kagum atau tertarik malah mereka akan menetertawakan dan membicarakanmu dibelakang. Kamu gak mau kan jadi terkenal di kampus gara-gara sesuatu yang jelek tentangmu? Jadi perhatikan betul cara berpakaian ya. 

Carilah model fashion yang berbeda yang unik dan yang tidak dipakai oleh kebanyakan orang. Untuk cowok yang biasanya di kampus memakai kaos dan sedikit berantakan, coba untuk merubahnya dengan lebih rapi. Mungkin biasanya kamu memakai kemeja namun tidak dikancingkan karena dalamnya memakai kaos, mulai saat ini mulailah menggunakan kemeja yang dikancingkan agar terlihat lebih rapi. 

Untuk cewek, bisa dengan model baju yang hampir tidak pernah dilihat di kampus sehingga kamu akan menjadi pusat perhatian banyak orang dengan cara berpakaianmu yang berbeda namun tetap menarik. 


ulasan di atas adalah 8 cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamu di kenal, eksis, dan popular di kampus. Mungkin kamu telah melakukan salah satu cara di atas dan belum juga menjadi eksis. Bisa jadi karena kurang aktif di dalam organisasi atau UKM. Coba untuk sedikit merubah diri.Persiapkan untuk dikenal orang banyak, dan jangan menutup diri.

Mudah-mudahan orang akan cepat mengenal kamu, tidak sungkan untuk menjadi temanmu. Lakukan satu demi satu cara yang sudah dijelaskan di atas, lihatlah orang yang sudah eksis di kampus. 

Kenali cara dia berkomunikasi, kegiatan apa yang dia ikuti dan bagaimana cara dia menarik orang untuk mengenal dia. Kemudian kamu bisa meniru apa yang dilakukan dia, meniru bukan berarti melakukan sama persis seperti apa yang dia lakukan ya, jangan sampai ikut dalam organisasi BEM karena dia juga ikut BEM. Terusmasuk UKM tari karena dia juga ikut UKM tari, yang ada kamu akan dibenci dia karena mengikuti semua apa yang dia lakukan. 

Mungkin kamu bisa masuk organisasi sama seperti yang dilakukan oleh orang eksis di kampus, tapi pilihlah sesuai bakat dan minatya.Jangan hanya ikut-ikutan tapi tidak tahu harus menjadi apa dan bagaimana berperilaku di organisasi tersebut. 

Image Credit

Gampangkan jadi anak eksis di kampus? Jangan terlalu memaksakan diri untuk menjadi eksis di kampus ya, sebisa kamu saja untuk menarik perhatian orang disekitar.Nanti pada akhirnya juga kamu akan dikenal dengan sendirinya kok. 

Ingatkan mutiara yang berada di dasar laut saja dicari banyak orang, kamu mungkin tidak perlu menunjukkan diri. Cukup menjadi diri sendiri saja biarkan orang lain yang akan menilai. Tapi, merubah sedikit diri kamu secara positif untuk mendapatkan perhatian dan predikat orang eksis di kampus tidak apa-apa sih, asalkan tidak kelewatan batas saja ya. Keep positive dan selamat mencoba bro and sist, siap-siap jadi anak eksis sekampus, ya!

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,438,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Tips Menjadi Orang yang Eksis di Kampus
Tips Menjadi Orang yang Eksis di Kampus
http://2.bp.blogspot.com/-YbppHiRqf3w/VEc5Pq61uvI/AAAAAAAAEUA/U23TkdrQA8o/s1600/zvvvv.png
http://2.bp.blogspot.com/-YbppHiRqf3w/VEc5Pq61uvI/AAAAAAAAEUA/U23TkdrQA8o/s72-c/zvvvv.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-menjadi-orang-yang-eksis-di-kampus.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-menjadi-orang-yang-eksis-di-kampus.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy