Apa Itu Beasiswa ‘Program Bilateral’ Pemerintah Tiongkok (China)?

Ada pepatah lucu tentang Negeri Panda ini: “God made the universe, everything else is made in China.” Ya, rasanya banyak sekali barang bua...

Ada pepatah lucu tentang Negeri Panda ini: “God made the universe, everything else is made in China.” Ya, rasanya banyak sekali barang buatan Tiongkok di sekitar kita. Pensil, penghapus, buku tulis, piring, gelas, rata-rata adalah barang-barang yang diimpor dari negeri itu. Eh, mulai Maret 2014 ini, nama resmi Cina yang sebelumnya kita kenal dengan Republik Rakyat Cina, sekarang berganti menjadi Republik Rakyat Tiongkok. Nah, mulai sekarang biasakan dirimu untuk menyebut Cina dengan nama barunya: Tiongkok. Karena kata orang-orang Indonesia yang ber-etnis chinese, mereka agak tersinggung jika disebut orang ‘cina’.

Image  Credit
Sama seperti banyak negara yang ingin memajukan bidang pendidikan di negaranya pada umumnya, Pemerintah Tiongkok menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin menempuh ataupun melanjutkan studi di negaranya. Salah satu program beasiswa yang ditawarkan adalah ‘Program Bilateral’. Program Beasiswa Bilateral Pemerintah Tiongkok yang terdiri dari beasiswa penuh maupun sebagian didirikan oleh MOE sesuai dengan perjanjian pertukaran dalam bidang pendidikan atau MOU antara pemerintah Tiongkok dengan pemerintah, institusi, perguruan tinggi, serta organisasi dari negara lain.

Yuk, baca lebih jauh tentang beasiswa ini!


Deskripsi singkat

Beasiswa Pemerintah Tiongkok mendukung 7 program berikut. Program Beasiswa Bilateral Pemerintah Tiongkok yang terdiri dari beasiswa penuh maupun sebagian didirikan oleh MOE sesuai dengan perjanjian pertukaran dalam bidang pendidikan atau MOU antara pemerintah Tiongkok dengan pemerintah, institusi, perguruan tinggi, serta organisasi dari negara lain. Beasiswa ini mendukung program studi sarjana, master, doktor, sarjana umum, dan sarjana senior. Pelamar beasiswa bisa mengajukan berkas pada pihak berwenang di negara asal mereka (biasanya dari Kedutaan Besar Tiongkok) yang berada di departemen bagian studi luar negeri.


Program Studi, Durasi, dan Persiapan Bahasa Mandarin



Program bilateral mendukung program sarjana, master, doktor, sarjana umum, dan sarjana senior. Jika ingin mengajukan aplikasi beasiswa, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak terkait (bisa di Kedutaan Besar Tiongkok) di Indonesia untuk program studi yang tersedia.

Semua kelas program studi sarjana, sebagian besar program studi pascasarjana maupun program studi non-gelar, menggunakan bahasa Mandarin. Universitas tertentu menawarkan kelas berbahasa Inggris untuk program studi pascasarjana dan non-gelar. Untuk keterangan program yang lebih detail, kamu bisa cek Directory of the Chinese Institutions Admitting International Students under Chinese Government Scholarship Program di www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org

Durasi beasiswa yang mencakup baik itu jurusan pilihan utama dan pelatihan persiapan bahasa Mandarin, sebagaimana ditentukan dalam Surat Penerimaan, tidak dapat diperpanjang secara umum.


Keuntungan Beasiswa yang kamu dapatkan

A. Beasiswa penuh meliputi:

Bebas biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya percobaan laboratorium, magang, dan buku pelajaran dasar.
Gratis akomodasi asrama kampus.
Tunjangan hidup bulanan.
Subsidi pemukiman (diberikan sekali).
Pelayanan medis rawat jalan dan Asuransi Kesehatan Komprehensif serta Skema Perlindungan untuk Mahasiswa Internasional di Tiongkok.
Penggantian biaya perjalanan antar kota (diberikan sekali).

B. Beasiswa sebagian mencakup satu atau beberapa poin dari beasiswa penuh.


Agen Penerima Pengajuan Aplikasi Beasiswa dan deadline

Jika kamu berniat mendaftar beasiswa ini, kamu harus mengajukan aplikasi kepada pihak terkait, bisa dengan mengunjungi Kedubes Tiongkok di Indonesia. Biasanya deadline yang ditetapkan tiap tahun berada di rentang waktu yang sama, antara Januari hingga awal April.


Persyaratan

Agar memenuhi persyaratan, pelamar beasiswa harus:

Merupakan warga negara selain Republik Rakyat Tiongkok, dan berada dalam kesehatan yang baik.
Lulusan SMA atau sederajat di bawah usia 25 tahun saat melamar program sarjana.
Lulusan bergelar sarjana di bawah usia 35 tahun saat melamar program master.
Lulusan bergelar master di bawah usia 40 tahun saat melamar program doktor.
Berusia di bawah 45 tahun dan telah menyelesaikan setidaknya dua tahun program studi sarjana saat melamar program sarjana umum.
Memiliki gelar master atau profesor (atau di atasnya) di bawah usia 50 tahun saat melamar program sarjana senior.


Prosedur Pengajuan Aplikasi

Pelamar berkonsultasi dengan pihak terkait mengenai rincian dan persyaratan pengajuan aplikasi beasiswa Program Bilateral dan mengajukan permohonan beasiswa sesuai persyaratan.

Setelah direkomendasikan oleh pihak yang berwenang, calon penerima beasiswa harus menghubungi universitas pilihan mereka untuk mendapatkan Surat Pendaftaran.

Calon yang direkomendasikan harus menyelesaikan prosedur aplikasi online di Sistem Aplikasi CSC Online untuk Mahasiswa Internasional. Kunjungi www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org dan klik Aplikasi Online untuk Mahasiswa Internasional, lalu melengkapi informasi yang diperlukan, menyerahkan secara online Formulir Permohonan Beasiswa Pemerintah Tiongkok yang telah dilengkapi dan mencetak hardcopy-nya.

Berkas dokumen aplikasi lengkap harus diserahkan jadi satu kepada pihak yang berwenang di negara asal pelamar beasiswa sebelum batas waktu yang ditentukan. (Silakan cek Dokumen Aplikasi untuk daftar yang lebih rinci).

CSC tidak menerima aplikasi individu selain aplikasi yang direkomendasikan dari pihak berwenang yang mengirimkan berkas. Calon dengan Surat Pendaftaran dari universitas akan ditempatkan di universitas yang dituju; sedangkan mereka yang tidak memiliki Surat Pendaftaran harus mengikuti sesuai penempatan CSC.

Penting untuk kamu CATAT bahwa kamu harus berkonsultasi dengan pihak berwenang yang melakukan pengiriman aplikasi pendaftaran tentang instruksi Sistem Aplikasi CSC Online untuk Mahasiswa Internasional dan Nomor Agensi.


Berkas yang dibutuhkan (dirangkap sesuai kebutuhan)

Aplikasi Formulir Beasiswa Pemerintah Tiongkok (dalam bahasa Mandarin atau Inggris).

Ijazah pendidikan terakhir (fotokopi): calon penerima beasiswa harus menyerahkan dokumen bukti resmi status aktif belajar dengan sekolah mereka saat ini. Dokumen dalam bahasa lain selain bahasa Mandarin atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan Mandarin atau Inggris.

Transkrip akademik: transkrip dalam bahasa lain selain bahasa Mandarin atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan Mandarin atau Inggris.

Rencana Belajar atau Proposal Penelitian dalam bahasa Mandarin atau Inggris. (Minimal 200 kata untuk program studi sarjana, 500 kata untuk program studi non-gelar, dan 800 kata untuk program studi pascasarjana).

Surat rekomendasi: pelamar untuk program studi pascasarjana atau program studi sarjana senior harus menyerahkan dua surat rekomendasi dalam bahasa Mandarin atau Inggris dari dosen atau profesor terkait.

Pelamar yang memilih jurusan musik diharapkan untuk menyerahkan CD karya mereka sendiri. Pelamar untuk program seni rupa harus menyerahkan CD karya mereka sendiri yang meliputi 2 sketsa, 2 lukisan warna, dan 2 karya lainnya.

Pelamar di bawah usia 18 harus menyerahkan dokumen-dokumen yang sah dari wali mereka yang legal di Tiongkok.

Pelamar yang berencana untuk tinggal di Tiongkok selama lebih dari 6 bulan harus menyerahkan fotokopi Foreigner Physical Examination Form yang telah dilengkapi dalam bahasa Inggris (salinan asli disimpan oleh pelamar beasiswa. Formulir resmi dapat diunduh dari www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org). Pemeriksaan fisik harus mencakup semua poin yang tercantum dalam formulir. Formulir yang tidak lengkap atau tanpa tanda tangan dari dokter yang hadir, cap resmi rumah sakit, atau foto tersegel dari pelamar dianggap tidak valid. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan fisik yang hasilnya bisa berlaku untuk 6 bulan.

Pelamar dengan Surat Penerimaan dari universitas yang dituju harus melampirkan surat tersebut sepaket dengan aplikasi beasiswa.

Pelamar dengan Sertifikat HSK yang berlaku harus disertakan juga dalam satu paket dengan aplikasi.

CATATAN: Dokumen-dokumen di atas harus direkatkan menggunakan stapler atau lem di sudut kiri atas (dalam rangkap dua). Tidak ada dokumen aplikasi yang dikembalikan.


Pengumuman Penerimaan dan Pemberitahuan

Dokumen aplikasi yang direkomendasikan dari pihak berwenang yang melakukan pengiriman akan diperiksa oleh CSC. Aplikasi akan dianggap tidak sah jika dokumen aplikasi tidak memenuhi persyaratan ataupun pelamar tidak memenuhi syarat.

Aplikasi yang memenuhi syarat akan diteruskan ke universitas untuk diseleksi. CSC berhak untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan pada pilihan universitas, jurusan, kategori program, dan masa studi. CSC akan meneruskan nominasi universitas untuk persetujuan seleksi. Aplikasi bersama dengan Surat Pendaftaran akan diteruskan langsung ke universitas tujuan yang memberikan Surat.

Pelamar beasiswa diterima oleh universitas di Tiongkok akan secara resmi dianugerahi Beasiswa Pemerintah Cina dengan persetujuan dari CSC. Setiap pelamar hanya bisa diberikan satu program beasiswa saja.

CSC akan mengirim, sebelum 31 Juli, daftar penerima beasiswa, Surat Pendaftaran dan Formulir Aplikasi Visa untuk menempuh studi di Tiongkok (JW201) ke Kedutaan Besar China (KJRI), yang akan meneruskan dokumen kepada pihak berwenang yang melakukan pengiriman berkas untuk studi di luar negeri ataupun kepada penerima beasiswa.

Mahasiswa tidak diizinkan, secara umum, untuk mengubah jurusan, universitas, atau masa studi mereka, sebagaimana tercantum dalam Surat Penerimaan setelah mereka setuju untuk menerima beasiswa.

Jika pelamar gagal mendaftar sebelum batas akhir pendaftaran, beasiswa mereka tidak akan dilayani.

Image Credit
Website resmi beasiswa yang bisa kamu kunjungi untuk informasi lebih lanjut: http://www.csc.edu.cn/studyinchina/scholarshipdetailen.aspx?cid=97&id=3157

Semoga bermanfaat! Salam berkuliah.com. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Apa Itu Beasiswa ‘Program Bilateral’ Pemerintah Tiongkok (China)?
Apa Itu Beasiswa ‘Program Bilateral’ Pemerintah Tiongkok (China)?
https://2.bp.blogspot.com/-4_ZfPb1lLRs/VG70q9PkNdI/AAAAAAAAFVs/aN7IWcumT2c/s1600/wtwytasg.png
https://2.bp.blogspot.com/-4_ZfPb1lLRs/VG70q9PkNdI/AAAAAAAAFVs/aN7IWcumT2c/s72-c/wtwytasg.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/11/apa-itu-beasiswa-program-bilateral-pemerintah-tiongkok-china.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/11/apa-itu-beasiswa-program-bilateral-pemerintah-tiongkok-china.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy