Bagaimana Cara Membuat 'Asuransi Kesehatan' di Jerman???

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu ingin memutuskan studi di Jerman. Selain biaya pendidikan, asuransi kesehatan harus dim...

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu ingin memutuskan studi di Jerman. Selain biaya pendidikan, asuransi kesehatan harus dimiliki oleh setiap pendatang yang datang ke Jerman. Baik warga negara Jerman maupun pendatang, diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Terdapat penyedia asuransi swasta maupun publik di negara ini.

Image Credit
Ada harga khusus yang tersedia untuk mahasiswa internasional dan biayanya tentu lebih murah. Khusus bagi mahasiwa berusia di bawah 30 tahun, biaya asuransinya sekitar 70 Euro per bulan. 

Bagi yang berumur di atas 30 tahun sekitar 130 Euro, dan perempuan di atas usia 30 tahun lebih mahal lagi, sekitar 150 Euro per bulannya. Asuransi ini sangat berguna jika kamu sakit. Pihak asuransi akan membayar ongkos dokter atau rumah sakit. Jenis yang ditanggung tergantung dengan kontrak yang dibuat pelanggan dengan pihak asuransi. Obat-obatan juga beberapa di antaranya mendapat subsidi dari asuransi.

Biasanya bagi mahasiswa internasional yang masih baru, mendapatkan kartu asuransi sementara. Apa itu ‘kartu asuransi sementara’? Jika kartu asuransi yang asli milik kamu belum selesai dibuat, kamu bisa mengajukan kartu sementara dalam bahasa Jermannya (vorläufige Versicherten Karte) sampai kamu mendapat kartu asuransi yang asli. Kartu asuransi sementara ini berlaku layaknya kartu asuransi yang asli. 

Lalu, bagaimana cara bikin asuransinya ? Berikut prosedur yang harus kamu lakukan!

1) Pergi ke salah satu cabang dari perusahaan asuransi yang kamu pilih (AOK / TK / Barmer GEK / DAK).
2) Sampaikan bahwa kamu ingin mengurus asuransi mahasiswa (Studentische Krankenversicherung).
3) Mengisi formulir yang disediakan (termasuk data-data di rekening bank kamu, karena pembayaran dilakukan dengan cara autodebit).
4) Kamudian kamu akan mendapatkan bukti asuransi.
5) Menyerahkan bukti asuransi kepada pihak universitas saat pendaftaran.
6) Menyerahkan formulir pendaftaran kepada pihak asuransi beserta pasfoto untuk foto di kartu asuransi.
7) Menyerahkan kartu asuransi sementara.
8) Selang 2 minggu setelah mendapatkan kartu asuransi sementara, kamu akan  menerima kiriman via pos dari pihak AOK berisi kartu asuransi. Kartu ini bentuknya seperti kartu kredit dan memiliki chip. Di kartu ini juga terdapat foto beserta data-data kamu. 


Selain itu, Asuransi juga juga menampung klaim yang diajukan oleh pemohon. Syarat-syaratnya, antara lain :

Copy resep dokter
Surat likuidasi dari dokter (Jangan lupa setiap berobat ke dokter selalu bilang pada saat mendaftar bahwa kita memakai asuransi privat)
Kwitansi obat
Secarik kertas dengan data (IBAN BIC/ KONTONUMMER BLZ, Nama, No Asuransi


Lalu kirim ke :

AGA International S.A.
Schadenabteilung mawista
Bahnhofstr. 16
85609 Aschheim


Biasanya, beberapa hari kemudian mereka akan mengirim surat atau email ke kita bahwa klaim kita sedang dalam proses atau juga bisa semua persyaratan di scan kemudian kirim via email. Mudah bukan?! 


Asuransi kesehatan hukum dan swasta

Di Jerman, ada 2 sistem asuransi kesehatan paralel:

(a) asuransi kesehatan negara dijalankan oleh pemerintah Jerman. Kebanyakan orang asing (dan Jerman juga) wajib mengambil asuransi kesehatan negara.
(b) Asuransi kesehatan swasta dapat dipilih dalam beberapa kasus tertentu. Hal ini biasanya menawarkan penutup yang lebih luas, tetapi tidak secara otomatis keuntungan untuk semua kasus


Sistem Asuransi Kesehatan Pemerintah (GKV)

Asuransi kesehatan perundang-undangan yang disediakan oleh jaringan non-profit membuat perusahaan bekerja sama dengan negara untuk mengelola program kesehatan nasional. Beberapa yang paling populer termasuk TK, AOK dan BEK. Sejak tahun 1996, setiap orang bebas untuk memilih dana yang mereka ingin diasuransikan dengan. Meskipun manfaat yang sama di semua perusahaan, seringkali kontribusi membandingkan senilai karena ini dapat bervariasi secara signifikan. Perusahaan asuransi akan mengeluarkan kartu asuransi kesehatan harus dibawa setiap kali kamu mengunjungi dokter, dokter gigi atau spesialis. Pasien yang tercakup oleh sistem asuransi negara masih perlu membayar 10 EUR per tahun.

Manfaat sistem asuransi kesehatan pemerintah yang diberikan meliputi: rawat inap (rumah sakit), perawatan sebagai pasien bangsal dengan dokter yang bertugas di rumah sakit terdekat, rawat perawatan dengan dokter terdaftar dan perawatan gigi dasar. 

Sekedar catatan bahwa tidak ada cakupan untuk dokter pribadi atau ahli bedah, kamar pribadi di rumah sakit, perawatan medis alternatif / homeopati, implan gigi, dan produk-produk visi untuk orang dewasa atau tunjangan kesehatan di luar Eropa. 

Jika kamu memilih untuk bergabung dengan sistem pemerintah Jerman, kamu dapat mendaftar dengan salah satu asuransi kesehatan yang tersedia dan merupakan asosiasi nirlaba pengadministrasian skema kesehatan pemerintah. Beberapa organisasi nirlaba tersebut di antaranya: AOK, TK, BEK, DAK yang sangat besar dan memiliki jutaan anggota sementara yang lain (sering disebut BKK) mungkin hanya beberapa ribu anggota.


Ada 3 pilihan untuk asuransi kesehatan ketika tinggal di Jerman, yaitu :

1. Sistem jaminan kesehatan masyarakat yang diatur pemerintah (GKV)
2. Asuransi kesehatan swasta dari perusahaan Jerman atau asuransi internasional  (PKV) 
3. Atau kombinasi dari keduanya.

Sebagian orang yang memiliki kebutuhan berbeda, tentu memilih asuransi yang sesuai dengan pilihan mereka ketika tinggal di Jerman. Asuransi kesehatan bukanlah komoditas melainkan adalah dukungan keuangan penting pada saat sakit atau setelah kecelakaan. 

Meskipun menimbulkan berbagai keluhan, skema asuransi kesehatan pemerintah juga menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan skema swasta. Poin yang terpenting adalah bahwa hal itu juga menjamin keluarga tanpa biaya tambahan! Semua bisa dicover dalam asuransi secara kolektif selama pendapatan mereka mereka tidak melebihi 365 EUR per bulan. Dalam kasus mereka bekerja, penghasilan mereka tidak boleh lebih dari 400 EUR per bulan.


Kapan Asuransi Kesehatan Negara menjadi wajib?

Asuransi Kesehatan Negara adalah wajib untuk kelompok berikut:

Karyawan yang pendapatan rutin sebelum dipotong tidak melebihi 400 EUR per bulan dan tetap di bawah batas tahunan yang ditetapkan. Semua karyawan di Jerman tunduk pada asuransi kesehatan wajib. Sampai gaji kotor 50.850 EUR (batas atas pendapatan untuk 2012) Hal tersebut wajib diasuransikan oleh perusahaan asuransi kesehatan wajib.

Mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan negara-disetujui. Arus (2012) premium untuk perawatan kesehatan dan keperawatan dimulai pada 77,90 EUR per bulan untuk mahasiswa lokal lebih dari 23 tahun tanpa anak. Siswa internasional bisa mendapatkan asuransi dari 26 EUR / bulan.
Orang-orang di pengalaman kerja (magang) atau pendidikan menengah.

Pensiunan tua yang telah berada di skema asuransi kesehatan wajib diasuransikan atau sebagai anggota keluarga untuk sebagian besar paruh kedua kehidupan kerja.

Pengangguran yang menerima manfaat dari federal Jasa Ketenagakerjaan (dengan beberapa pengecualian).


Dalam jangka waktu 3 bulan, kamu dapat bergabung dengan skema Asuransi Kesehatan Negara secara sukarela jika kamu bisa memenuhi syarat berikut :

Telah menjadi anggota wajib asuransi, keanggotaan bisa dihentikan dan kamumemiliki periode asuransi kualifikasi tertentu.
Kamu adalah seorang karyawan dan pendapatan dalam pekerjaan pertama kamu melebihi batas, asalkan kamu mengajukan permohonan untuk keanggotaan dalam waktu tiga bulan mulai bekerja.
Tunduk pada persyaratan tertentu lainnya.
Telah diasuransikan melalui anggota keluarga untuk jangka waktu minimum tertentu dan asuransi ini telah berakhir.
Siswa dari negara-negara yang telah mengikat perjanjian jaminan sosial yang mencakup asuransi sehingga dapat terus ditanggung oleh perusahaan asuransi  mereka selama berada di Jerman.
Untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada International Office institusi terkait. Dalam kasus tersebut, kamu akan diminta untuk menunjukkan bukti asuransi kepada perusahaan asuransi kesehatan di Jerman.


Adapun tanggungan yang dibebankan pihak asuransi, antara lain :

Medis dan gigi perawatan, dengan pilihan bebas dokter dan dokter gigi
Perawatan rumah sakit
Obat, pengobatan komplementer, dan alat bantu seperti alat bantu dengar dan kursi roda
Deteksi dini penyakit tertentu
Perawatan ortodontik, biasanya hanya sampai usia 18 tahun 
Gigi palsu 
Jika memiliki anak, bisa mengklaim berbagai kebutuhan tambahan. 


Asuransi Kesehatan Swasta

Siapa yang bisa memilih asuransi kesehatan swasta?

Semua orang dapat memilih skema Asuransi Swasta. Namun, setelah kamu memilih keluar dari skema asuransi negara, itu bisa sangat sulit untuk kembali untuk menjadi bagian dari asuransi negara. Beralih kembali ke asuransi negara mungkin dalam situasi berikut, ketika:

Seseorang telah kehilangan pekerjaan mereka
Gaji berada di bawah 50.850 EUR
Digunakan untuk menjadi wiraswasta tetapi sekarang memiliki posisi full-time dengan gaji yang sama. 

Kontribusi asuransi kesehatan negara didasarkan pada pendapatan kotor (sekitar 15,5% dari penghasilan). Semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin lebih murah untuk memilih polis asuransi swasta. Seseorang dapat menggunakan skema asuransi khusus yang menawarkan tarif yang menguntungkan.

Kontribusi asuransi kesehatan swasta didasarkan pada profil resiko, bukan pada penghasilan kamu. Sebagai contoh, wanita dan orang tua umumnya membayar kontribusi lebih tinggi dibandingkan laki-laki muda. Hal ini disebabkan perhitungan biaya rata-rata untuk perawatan medis untuk kelompok yang berbeda. Semakin tua, semakin kurang cocok untuk memilih asuransi swasta.

Skema asuransi kesehatan swasta memberikan penutup yang lebih luas, termasuk pilihan pribadi / rumah sakit semi-swasta, terapi alternatif seperti akupunktur dan perawatan herbal, kacamata dan lensa kontak serta pengobatan lain yang mungkin tidak tersedia di bawah skema negara. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan asuransi wajib juga memperluas cakupan mereka pengobatan alternatif, tapi masih tidak selebar cakupan asuransi swasta.


Pembayaran obat-obatan dan perawatan: 

Jika diasuransikan melalui sistem negara, kamu hanya perlu membayar biaya nominal untuk perawatan dan obat-obatan karena semua langsung dibayar oleh perusahaan asuransi. Sedangkan yang tertanggung pribadi antara lain, membayar biaya dokter dan biaya obat-obatan (yang tidak termasuk di dalam asuransi) dan mengirim tanda terima untuk perusahaan asuransi untuk penggantian (klaim). 

Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki reputasi terbaik dalam bidang perawatan kesehatan di dunia dengan memberikan asuransi yang cukup komprehensif bagi warganya. Sekitar 85% dari poluasi warganya wajib untuk memiliki asuransi kesehatan publik, sedangkan sisanya wajib memiliki asuransi kesehatan swasta. Biaya sistem perawatan kesehatan Jerman sangat besar dan meningkat karena demografi serta inflasi biaya medis. Reformasi pemerintah baru-baru ini telah berusaha untuk membuat rumah sakit yang lebih kompetitif dengan mengurangi biaya untuk penyedia asuransi kesehatan negara (Gesetzliche Krankenversicherung atau GKV). 

Warga negara Uni Eropa dapat tetap berada dalam sistem perawatan kesehatan negara mereka. Namun, mereka masih harus membawa berkas-berkas mereka ke kantor asuransi negara dan meminta pembebasan. Sedangkan warga Non-Uni Eropa penduduk jangka pendek yang tidak ingin mengubah perusahaan asuransi kesehatan mereka selama mereka tinggal di Jerman harus membawa konfirmasi dari perusahaan asuransi rumah mereka dalam bahasa Inggris dan Jerman bahwa asuransi mereka mencakup semua biaya pengobatan yang mungkin. Dokumen ini harus diserahkan dalam asuransi kesehatan wajib Jerman untuk persetujuan. Jika dokumen disetujui, pengecualian dari asuransi kesehatan wajib Jerman akan dikeluarkan.

Jangka panjang penduduk non-Uni Eropa harus mendapatkan kontrak dengan penyedia asuransi kesehatan setempat tergantung pada situasi mereka (freelancer dan orang-orang wiraswasta harus mendaftar untuk asuransi kesehatan swasta).

Umumnya, asuransi kesehatan swasta mencakup pilihan yang lebih luas daripada asuransi yang disediakan pemerintah. Cakupan perawatan medis dan gigi lebih luas dan menyeluruh. Dengan memiliki asuransi kesehatan swasta, kamu akan dianggap sebagai pasien swasta yang dapat mengharapkan layanan lebih dari petugas medis. 

Premi asuransi pemerintah meliputi semua tanggungan non-kerja, sedangkan premi asuransi kesehatan swasta umumnya dibayar untuk setiap orang tertutup. Kamu dapat mengurangi biaya bulanan asuransi pribadimu dengan menyetujui deductible (juga dikenal sebagai kelebihan atau franchise). 

Asuransi kesehatan perusahaan swasta Jerman tidak diperbolehkan untuk membatalkan kebijakan, jika kamu mengajukan klaim yang diperlukan minimal 10%. Selain itu, juga diberlakukan premi sebesar 10% untuk bekal masa tua (pensiun). Hati-hati untuk menghindari kebijakan jangka terbatas dengan tidak ada persyaratan untuk menanggungsegala tenaga medis. Kebijakan ini sangat jarang menawarkan perpanjangan medis secara permanen dan tidak mencakup kondisi yang sudah ada.

Pilihan yang menarik pada terhadap asuransi kesehatan swasta memang difokuskan pada pihak-pihak tertentu. Terutama untuk anak muda, sehat, laki-laki wiraswasta, yang mungkin membayar kurang dari € 100 per bulan. Harga didasarkan pada usia, jenis kelamin, catatan kesehatan yang baik dan seberapa besar mampu untuk membayar asuransi dari hasil jerih payah sendiri. Namun, berhati-hatilah: premi asuransi swasta dapat naik setiap tahunnya. Beberapa pensiunan diasuransikan secara pribadi membayar sebanyak € 1.000 per bulan!


Contoh pelayanan yang dicover asuransi swasta : 

Perawatan Gigi
Di Jerman, perawatan gigi sangat mahal. Untuk perawatan gigi dalam skala besar seperti orthodonsi, pemilik asuransi mendapatkan perkiraan biaya dan menyampaikannya kepada perusahaan asuransi Anda sebelum perawatan. Jika tidak, kamu bisa dihadapkan dengan biaya yang sangat tinggi.

Yang perlu diperhatikan adalah dokter gigi Jerman kadang-kadang dapat menyarankan perawatan gigi yang rumit. Jumlah penggantian dihitung berdasarkan harga tetap tergantung pada kasus ini dan kamu diwajibkan untuk membayar antara 30% - 80% dari biaya pribadi untuk perawatan gigi jika tidak memiliki asuransi gigi tambahan.


Apotek
Jerman memiliki jaringan apotek yang luas dengan cabang hampir di setiap sudut kota. Di Jerman, Apotek mudah dikenali karena berlambang huruf besar "A"(merah). Asuransi kesehatan negara umumnya menyediakan penggantian untuk obat generik yang tercantum dalam resep, meskipun dengan sistem asuransi, skala yang ditanggung sesuai pada biaya obat yang diambil. Sistem publik sedang mencoba untuk mengurangi biaya besar obat-obatan dan telah memaksa diskon dari perusahaan obat besar. Apotek harus mencari harga terendah untuk obat generik ketika ada resep dari dokter yang terdaftar sebagai pasien umum. Jika kamu diasuransikan secara pribadi, merk dan nama obat akan dirkomendasikan, asalkan memiliki resep. 

Image Credit

Itulah beberapa cara membuat asuransi di Jerman beserta jenis-jenis asuransinya. Semoga bermanfaat! Salam berkuliah.com. 

Oleh: Andreanyta Erni
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Bagaimana Cara Membuat 'Asuransi Kesehatan' di Jerman???
Bagaimana Cara Membuat 'Asuransi Kesehatan' di Jerman???
http://4.bp.blogspot.com/-3RYzUPtGVNE/VHgDitwr0PI/AAAAAAAAFeI/95SqJASPR7o/s1600/ad.png
http://4.bp.blogspot.com/-3RYzUPtGVNE/VHgDitwr0PI/AAAAAAAAFeI/95SqJASPR7o/s72-c/ad.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/11/bagaimana-cara-membuat-asuransi-kesehatan-di-jerman.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/11/bagaimana-cara-membuat-asuransi-kesehatan-di-jerman.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy