Beasiswa 'CIMO Doctoral Fellowships' di Finlandia

Bicara tentang Finlandia, siapa sih, yang nggak kepingin melanjutkan sekolah di negeri yang katanya memiliki sistem pendidikan terbaik di d...

Bicara tentang Finlandia, siapa sih, yang nggak kepingin melanjutkan sekolah di negeri yang katanya memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia itu? Beasiswa kali ini adalah beasiswa untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S3-mu di Finlandia. Bisa dikatakan, beasiswa satu ini gampang-gampang-susah. Persyaratannya nggak begitu neko-neko dan semua mahasiswa dari seluruh dunia yang memang ingin meraih gelar Doktor di Finlandia, bisa mendaftar. Walaupun nggak meng-cover hingga masa studi berakhir, tapi kan lumayan bisa pergi ke Finlandia?!

Sekilas Beasiswa CIMO

CIMO memiliki sejumlah program beasiswa Doktor untuk studi dan penelitian di universitas-universitas di Finlandia. Beasiswa ini ditawarkan pada semua bidang akademik, dengan pengecualian beasiswa untuk mahasiswa yang mengambil Bahasa Finlandia level tingkat lanjut.

Perlu kamu catat bahwa CIMO tidak memiliki program beasiswa atau bantuan keuangan lain yang tersedia untuk studi gelar sarjana (Bachelor) atau Master di Finlandia, mahasiswa post-doctoral, maupun untuk mahasiswa Bahasa Finlandia atau Swedia tingkat dasar. Muke gile emang hidup kuliah mulu sampai ke gelar post-doctoral. Maklum sih, kalau di Finlandia enaknya emang dilama-lamain tinggal di sana mumpung ada kesempatan.


Pemberian dana awal bagi mahasiswa PhD muda dan peneliti

Beasiswa yang ditawarkan CIMO bukanlah beasiswa penuh. Kamu tidak bisa mengajukan beasiswa untuk meng-cover seluruh masa studi PhD-mu. Sebaliknya, beasiswa ini sebenarnya diberikan sebagai pembiayaan awal untuk mahasiswa PhD muda dan peneliti, yang belum pernah diundang ke universitas Finlandia dan yang tidak sedang aktif melakukan penelitian post-Master dalam jangka waktu yang lama.

Beasiswa CIMO juga berlaku untuk mereka yang telah diterima atau sedang menempuh studi program Doktor-nya, meskipun mereka tidak meng-cover biaya keseluruhan hingga studi untuk meraih gelar PhD-nya selesai. Perpanjangan program beasiswa bervariasi mulai dari 3 bulan sampai 1 tahun akademik. Kalau kamu dapat beasiswa CIMO dan studi atau penelitianmu terus berlanjut di Finlandia setelah periode beasiswa ini selesai, kamu tentunya harus merencanakan ke depan dan juga mencari pendanaan lainnya.


Beasiswa CIMO untuk mahasiswa Bahasa Finlandia Level Tingkat Lanjut

CIMO juga menawarkan beasiswa bagi para pelajar asing yang belajar Bahasa Finlandia level tingkat lanjut di universitas-universitas luar negeri. Dengan kata lain, beasiswa CIMO ini tidak berlaku untuk studi Bahasa Finlandia tingkat pemula. Informasi tentang beasiswa CIMO untuk studi Bahasa Finlandia level tingkat lanjut, waktu pelamaran beasiswa, dan aplikasi pendaftaran bisa dilihat di situs web organisasi CIMO.


Beasiswa CIMO dan Pajaknya

Beasiswa CIMO sendiri bebas pajak, karena jumlah total beasiswa maksimum yang dapat diberikan kepada pemohon individu tidak melebihi batas perpajakan untuk beasiswa di Finlandia. Namun, kalau kamu menerima beasiswa lainnya atau pendapatan lain secara bersamaan dengan beasiswa CIMO, kamu mungkin dikenakan pajak. Untuk pertanyaan yang berhubungan dengan perpajakan, kamu bisa mengunjungi Finlandia di www.vero.fi (administrasi perpajakan).


Apa itu CIMO Fellowships?

Program CIMO Fellowships terbuka untuk mahasiswa muda tingkat Doktor dan peneliti dari seluruh negara dan dari semua bidang akademik. Studi gelar Master ataupun gelar post-doktoral / penelitian tidak didukung oleh program ini. Kelompok sasaran utama dalam program CIMO Fellowship adalah mahasiswa program Doktor yang akan menyelesaikan studi Doktor mereka (atau Double Doktor) di sebuah universitas di Finlandia. 

Mahasiswa program Doktor dan peneliti yang datang yang berniat merampungkan gelar Doktor mereka di beberapa universitas asing juga dapat dianggap memenuhi syarat, asalkan surat motivasi dari departemen universitas Finlandia yang menjadi host-mu mengatur segalanya dengan baik untuk aplikasi sejenis itu.

Program ini terbuka untuk pelamar beasiswa dari semua negara. Namun, ketika keputusan tentang beasiswa yang dibuat, penekanan diberikan kepada pelamar dari Rusia, Cina, India, Chili, Brasil, dan Amerika Utara.

Periode beasiswa dapat bervariasi dari 3 sampai 12 bulan. Tunjangan bulanan adalah 1500 Euro. Beasiswa ini dimaksudkan untuk menutupi biaya hidup di Finlandia untuk 1 orang. Tidak ada penambahan penyisihan bayar perumahan. Beban karena perjalanan internasional ke dan dari Finlandia tidak termasuk dalam pembiayaan beasiswa CIMO.

NB: mulai tahun 2015 nanti, tunjangan bulanan dalam program CIMO Fellowship adalah sebesar € 1.500. Hal ini berlaku hanya untuk aplikasi CIMO Fellowship yang sudah dikirim setelah 1 September 2014, dan studi / penelitian dimulai 1 Januari 2015 di awal. Kenaikan tunjangan tidak akan berlaku untuk setiap Beasiswa CIMO yang telah diajukan sebelum 1 September 2014.

Kalau kamu sudah berada di Finlandia, perlu diketahui bahwa agar universitasnya di Finlandia dapat mengajukan permohonan CIMO Fellowship, maka seharusnya mahasiswa Doktor / peneliti belum tinggal di Finlandia selama lebih dari satu tahun sebelum mengajukan aplikasi CIMO Fellowship. Kalau kamu sudah berada di Finlandia lebih lama dari 1 tahun, lebih baik kamu mencari sumber pendanaan atau beasiswa lainnya.
Bagaimana cara mengajukan aplikasinya?

Prasyarat untuk mengajukan aplikasi pendaftaran beasiswa ini adalah peneliti tamu harus saling kontak dengan salah satu universitas di Finlandia yang akan menjadi tempatnya melanjutkan studi - silakan lihat bagian 'Doctoral Admission' di situs resmi untuk informasi lebih lanjut. Kamu juga disarankan untuk mengunjungi sendiri website universitas Finlandia yang kamu tuju untuk menghimpun info tentang studi tingkat Doktor beserta pilihan penelitiannya.

Formulir aplikasi untuk CIMO Fellowship dapat diunduh di situs resmi. Selain itu, lampiran berikut ini diperlukan untuk aplikasi CIMO Fellowship:

Sebuah surat motivasi dari pemohon (universitas host), maks. 1 halaman
CV lengkap calon penerima beasiswa
Rencana penelitian (3-5 halaman)

Dua berkas salinan aplikasi yang telah dicetak dan ditandatangani dengan lampiran berkas-berkas lain yang diperlukan harus diserahkan ke alamat berikut: CIMO, PO Box 343, 00531 Helsinki. Jangan lupa untuk menuliskan "CIMO Fellowships" di bagian depan amplop.


Kapan kamu bisa mengajukan beasiswa ini?

Tidak ada batas waktu pendaftaran tahunan dalam program CIMO Fellowship. Aplikasi yang kamu ajukan dapat dipertimbangkan setiap saat. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi harus diberikan paling lambat 5 bulan sebelum masa beasiswa yang dimaksud. Keputusan akan dibuat dalam waktu kurang lebih 3 bulan setelah permohonan aplikasi diterima.

Website resmi:

Bagaimana? Sepertinya tidak akan sulit untuk mengajukan beasiswa satu ini. Fakta unik mengenai sistem pendidikan di Finlandia salah satunya adalah, pemerintah Finlandia tidak memungut biaya pendidikan bagi warganya. Menurut mereka, justru adalah sebuah kesalahan besar bila memunguti uang dari warganya untuk biaya pendidikan. Kurikulum yang dijadikan standar pun disesuaikan oleh guru yang mengajar. Maksudnya pemerintah tidak memberi standar atau patokan khusus untuk kurikulum pendidikan, semuanya bergantung pada guru yang bersangkutan. Cara pengajaran sepenuhnya juga diserahkan kepada guru. Mau bandingin sama Indonesia ya jauh lah ya...

Di sekolah-sekolah Finlandia juga jarang diadakan tes. Kalaupun ada juga tidak diambil nilainya, melainkan hanya sebagai pengukur untuk mengetahui kemampuan muridnya. Bagi para guru yang terpenting muridnya mampu atau paham pada pelajaran yang sudah disampaikan, dan tidak membebani muridnya dengan berbagai tes atau ujian. Good luck!

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa 'CIMO Doctoral Fellowships' di Finlandia
Beasiswa 'CIMO Doctoral Fellowships' di Finlandia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2S-SA-02egnivmYthRB84DiYoZU3PEZM3UAlxSfIpyd8yveqm5VWjjL9I5K3Ajq3asMuaBAAUh2e2E1iKduJkLLDOzq06_z_UpUIngn7JKM2pXKxQs8wdjSndUptOFE9ds2FN8NnVJiA/s1600/wraafa.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2S-SA-02egnivmYthRB84DiYoZU3PEZM3UAlxSfIpyd8yveqm5VWjjL9I5K3Ajq3asMuaBAAUh2e2E1iKduJkLLDOzq06_z_UpUIngn7JKM2pXKxQs8wdjSndUptOFE9ds2FN8NnVJiA/s72-c/wraafa.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/11/beasiswa-cimo-doctoral-fellowships-di-finlandia-CIMO.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/11/beasiswa-cimo-doctoral-fellowships-di-finlandia-CIMO.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy