Kehidupan Mahasiswa: Ini 10 Cara Hidup Simpel Selama di Asrama & Kampus

Sebagai mahasiswa, penting loh bagi kamu untuk mengenal ‘life hacks’ . Mungkin sebagian besar dari kamu belum terbiasa menggunakan istilah ...

Sebagai mahasiswa, penting loh bagi kamu untuk mengenal ‘life hacks’. Mungkin sebagian besar dari kamu belum terbiasa menggunakan istilah ini. Pada dasarnya,arti dari ‘life hacks’ sendiri adalah jalan pintas atau cara mudah untuk melakukan sesuatu di kehidupan kita. Lalu, apa pentingnya untuk mahasiswa?

Image Credit
Sebagian besar mahasiswa dan keluarganya akan mulai mempersiapkan untuk kuliah di jauh-jauh hari. Tetapi, untuk kehidupan secara nyata di kampus, kamu tidak bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Kamu harus mengalaminya sendiri. Kamu harus menghadapinya sendiri barulah kamu bisa mengerti. Karena kehidupan di kampus tidak akan bisa kamu bayangkan apalagi kamu rencanakan. Nah, untuk menjalani kehidupan kampus yang sulit ditebak ini, kamu butuh life hacks atau tips-tips sederhana yang bisa kamu terapkan selama menjadi mahasiswa. 

Apa saja life hacks yang bisa diterapkan sebagai mahasiswa selama di asrama dan kampus? Berkuliah.com kali ini memiliki 10 tips yang perlu kamu pertimbangkan agar kehidupanmu di asrama dan kampus menjadi lebih menyenangkan dan ringan tentunya:


Jadikan koneksi media sosial sebagai kepentinganmu

Media sosial sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru loh! Bukan hanya setelah kegiatan perkuliahan di kampus dimulai. Bahkan, sebelum kegiatan kampus dimulai pun, kamu sudah mulai bisa memanfaatkan media sosial untuk berkenalan dengan teman-temanmu. Lewat media sosial, kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa berkenalan dengan teman-teman yang satu kampus denganmu. Lewat media sosial pula, kamu bisa lebih mengenal teman sekamarmu di asrama nanti, bahkan sebelum kamu bertemu langsung dengannya.

Penting juga untukmu menggunakan media sosial sebagai media berbagi saran, tips, dan informasi mengenai kampus. Tidak diragukan lagi, media sosial telah memberi banyak manfaat bagimu. Terakhir, media sosial akan memberi kamu kesempatan untuk membuka koneksi seluas mungkin sehingga kamu tidak akan merasa sendirian nanti ketika perkuliahan dimulai.


Mengunjungi profesor selama jam kerja

Memulai kelas di perguruan tinggi akan menjadi bagian yang menyenangkan. Untuk pertama kalinya kamu bisa merasakan bagaimana bedanya belajar di perguruan tinggi dengan belajar di sekolah menengah atas. Ketika kamu memulai kelas, kamu akan mendapatkan silabus dan agenda yang memuat jam kantor masing-masing profesor. Luangkanlah sedikit dari waktumu untuk bertemu dengan profesor. Dengan menemui profesor, kamu bisa menjadi lebih dekat dengannya sekaligus bisa menanyakan hal-hal penting yang berhubungan dengan kuliah. Contohnya, kamu bisa bertanya mengenai materi kuliah yang tidak kamu pahami, kamu bisa meminta saran sumber bacaan apa yang tepat sekaligus relevan untuk kamu baca. Tenang saja, profesor tidak akan bersikap tertutup kalau kamu berani bertanya padanya. Justru beliau akan senang karena kamu sudah merelakan diri untuk aktif bertanya.


Meminta bantuan proyek penelitian

Setelah memasuki dunia kuliah, kamu akan dihadapkan pada berbagai jenis pilihan untuk membantumu maju dalam bidangmu dan sekaligus menaikkan resume kamu yang nanti akan bermanfaat ketika kamu lulus lalu bekerja pada proyek-proyek penelitian. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta tolong kepada professor untuk mengikutsertakanmu dalam sebuah proyek penelitian. Katakan pada beliau bahwa kamu bersedia membantu penelitian dan akan melaksanakan tugas sebaik mungkin. Dengan bergabung dalam suatu proyek penelitian, kamu akan tampak hebat di resume. Selain itu, kamu bisa lebih mengenal profesormu yang akan membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan surat rekomendasi dari mereka.


Kenyamanan kamar asrama

Transisi dari kamar di rumah tempat tinggal ke asrama kampus adalah salah satu perubahan terbesar untuk seorang mahasiswa. Ada banyak perubahan yang harus kamu terima setelah kamu pindah ke asrama. Kamar asrama biasanya akan lebih kecil dari kamar di rumahmu. Selain itu, kamu harus memahami warga asrama yang sering tidak memiliki kendali atas hal-hal seperti teman sekamar, situasi kamar mandi, kebersihan kamar, dan hal lainnya. 

Contoh life hacks yang bisa kamu lakukan sehubungan dengan kamar asramamu adalah manipulasi suhu udara dengan termostat. Untuk mengelabui termostat dengan membaca apakah hangat atau dingin sehingga akan menyala dan panas atau dingin di dalam kamar asramamu. Beberapa mahasiswa ada yang menyarankan untuk menempatkan handuk hangat untuk membuat ruangan menjadi tetap hangat. 


Pilihlah teman dengan bijak

Terdapat banyak saran dari para mahasiswa dan dosen tentang bagaimana memilih teman dan mitra belajar dengan bijak. Memilih teman yang pandai yang memiliki kebiasaan belajar yang besar akan menular pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu akan mendapatkan dampak positif dari kebiasaan teman-temanmu yang positif itu. Hal sebaliknya akan terjadi jika kamu memilih teman-teman yang seenaknya sendiri dan tidak tertarik sama sekali untuk belajar.


Bergabung dengan klub, organisasi, dan perkumpulan mahasiswa

Tahu nggak sih, kenapa klub, organisasi, atau perkumpulan mahasiswa bisa bertahan begitu lama di suatu kampus? Ini karena mereka benar-benar membantu mahasiswa melewati kuliah, mencari pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan menjadi aktif di organisasi atau klub kampus adalah mereka sering memiliki waktu untuk pesta dan makan malam. Kalau begini, kamu bisa memanfaatkannya supaya kamu tidak perlu keluar uang tapi perut merasa kenyang.


Jangan biarkan teknologi menyulitkan langkahmu

Ketika kamu perlu mencetak tugas, pastikan bahwa kamu memiliki cara yang mudah untuk melakukannya dan siapkan pula beberapa rencana cadangan. Jika memungkinkan, jangan menunggu sampai menit terakhir untuk mencetak pekerjaanmu. Lakukan pencetakan tugasmu segera setelah kamu menyelesaikannya. Ini untuk mengantisipasi kalau nanti terjadi pemadaman listrik yang membuat printer tidak bisa berfungsi dan kamu tidak bisa mencetak tugas pada akhirnya.


Jangan berhenti mencoba untuk mengajukan beasiswa

Sebagian besar mahasiswa akan menghentikan proses aplikasi beasiswa karena menyerah. Mendapatkan beasiswa memang bukanlah perkara mudah. Kamu perlu bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan jatah beasiswa. Untuk itu, diperlukan semangat yang tinggi untuk terus mencoba mengajukan beasiswa. Siapa tahu kamu beruntung, bukan?!


Cari aplikasi yang membantumu belajar lebih efisien

Terdapat begitu banyak aplikasi yang berbeda-beda jenisnya di luar sana. Banyak dari mereka yang diarahkan secara khusus untuk mahasiswa. Beberapa sumber dapat kamu akses dengan menggunakan internet. Selain itu, dengan menggunakan internet kamu bisa bebas mencari hal-hal apa yang sekiranya belum kamu mengerti dan tidak dijelaskan di buku teks.


Carilah kamar mandi terbaik di kampus

Mungkin terdengar sepele, tapi percaya atau tidak poin ini adalah salah satu yang paling penting jika kita bicara mengenai life hacks. Untuk mahasiswa yang tinggal di kampus, menemukan kamar mandi bersih adalah salah satu hal langka yang sangat mereka hargai. Lihat secara langsung kondisi kamar mandi di kampus atau kamu bisa juga mencari tahu lewat website. Siapa tahu kan ada yang memposting dan menceritakan keadaan kamar mandi kampus lewat internet?!

Semoga bermanfaat, salam berkuliah.com!

Oleh: Adelina Mayang Sari
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kehidupan Mahasiswa: Ini 10 Cara Hidup Simpel Selama di Asrama & Kampus
Kehidupan Mahasiswa: Ini 10 Cara Hidup Simpel Selama di Asrama & Kampus
http://3.bp.blogspot.com/-p4SDiH62NsQ/VHgIqH63tQI/AAAAAAAAFeo/tij0uDIruj4/s1600/gsgsgvbb.png
http://3.bp.blogspot.com/-p4SDiH62NsQ/VHgIqH63tQI/AAAAAAAAFeo/tij0uDIruj4/s72-c/gsgsgvbb.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/11/kehidupan-mahasiswa-ini-10-cara-hidup-simpel-selama-di-asrama-kampus.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/11/kehidupan-mahasiswa-ini-10-cara-hidup-simpel-selama-di-asrama-kampus.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy