Tips Membuat Masa Transisi Kuliah Lebih Nyaman

Di manapun tempatnya dan apapun jenis universitas atau perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan kalian, pasti teman-teman semua pernah m...

Di manapun tempatnya dan apapun jenis universitas atau perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan kalian, pasti teman-teman semua pernah mendapat masukan dari beberapa orang  seperti apa dunia perkuliahan yang sebenarnya. Pasti ada yang bilang susahnya minta ampun, ada juga yang bilang dosennya killer- killer, ada pula yang bilang tugasnya seabrek gak putus-putus. Dan akhirnya banyak teman-teman yang sudah takut dan akhirnya mundur duluan sebelum menjalani masa indahnya berkuliah. 

Ada pula yang baru sebentar mulai kuliahnya, tapi sudah menyerah dan berhenti. Semua hal ini terjadi karena teman-teman tidak siap dengan suasana kuliah yang secara total berbeda dari suasana semasa masih SMA atau SMK. 

Namun, terkadang rasa bosanan juga bukan hal yang asing menyerang seorang mahasiswa dan mahasiswi. Rasa bosan yang kadang dialami seorang mahasiswa juga menjadi mimpi buruk yang kerap datang tiba-tiba tanpa diundang yang akan berakibat negatif dalam proses perkuliahan. Sebagai contoh hilangnya semangat dan gairah dalam menempuh hari-hari dalam perkuliahan di kampus. Yang akhirnya mereka akan malas-malasan kuliah dan menghabiskan hidupnya dengan main game di kosan atau jalan-jalan tiap malam buat ngabisin uang bulanan dari ortu.  

Semua hal itu adalah ciri-ciri utama kala kebosanan datang menghampiri kamu para mahasiswa dan mahasiswi. 

Apalagi bagi para mahasiswa baru menginjak bangku perkuliahan, kehidupan di dunia dalam tingkat universitas di semester pertama adalah hal baru yang bisa menjadi tantangan baru, bisa mengasyikkan atau malah justru sangat menakutkan. Segala hal yang sangat berbeda dengan yang terbiasa di bangku sekolah menengah atas tentu menjadi hal-hal baru yang harus dialami dan menjadi tantangan baru bagi mereka yang belum memiliki pengalaman hidup di tingkat perkuliahan. 


Bagi yang sedang menempuh masa kuliah di semester awal, atau bagi kamu yang masih belum bisa beradaptasi sama dunia perkuliahan yang baru dijalani. Di bawah ini ada tips-tips buat kamu agar masa transisi kuliah menjadi lebih terasa nyaman:


Perbanyak teman

Dimanapun kehidupan sosial itu sangat penting. Apalagi jika memiliki teman yang sangat nyambung dalam berbagai hal. Jangan takut mencari teman selama kuliah. Di sini, pertemanan gak akan lagi dilihat dari cantik atau cakepnya kamu, dan bagaimana kerennya penampilan kamu. Masa kuliah adalah masa kamu bersosialisasi dengan mencari teman-teman yang sepaham, sepemikiran dan nyaman. Di mana kalian akan sama-sama menjalani kehidupan untuk menuju kedewasaan dan kebebasan.


Cari kegiatan yang menarik perhatian

Kuliah dan hanya kuliah tentu sangatlah membosankan. Biasanya di kampus, banyak sekali organisasi atau perkumpulan mahasiswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Perkumpulan atau organisasi ini biasanya dibentuk atas dasar hobi yang sama, atau adanya kegiatan yang bisa menunjang kepentingan sistem belajar mengajar. 

Kamu bisa survei organisasi atau perkumpulan yang menarik perhatian kamu. Ketika bergabung bersama mereka, hidup kamu di kampus tentu akan di isi dengan banyak hal menarik dan sesuatu yang beda.


Bikin agenda dan target di kampus

Kalau kamu ingin lulus selesai kuliah dan wisuda, buatlah agenda dan target di kampus. Semuanya meliputi jadwal dan prioritas kamu ketika kuliah. Mulai dari kuliah, kegiatan di kampus, kegiatan di luar kampus. Kamu harus bisa membagi waktu untuk semuanya. Dan pastinya, kamu harus punya target IP yang akan kamu peroleh tiap semester. 

Dimulai dari prediksi kamu akan berbagai nilai dari tiap mata kuliah. Misalnya nilai A harus kamu peroleh untuk tiap mata kuliah tertentu dan  nilai B untuk nilai minimal dari mata kuliah yang gak kamu sukai. Ini akan jadi motivasi kamu untuk rajin belajar. Nantinya pasti kuliah kamu lancar dan kehidupan sosial di kampus juga bisa berjalan dengan baik.


Bikin kreativitas yang unik

Kreativitas dan keunikan ini yang bakal bikin kehidupan kampus kamu sangat asyik dan berbeda dari yang lain. Kamu bisa mengumpulkan teman-teman yang memiliki hobi dan visi yang sama, merencanakan kreativitas apa yang bisa dibuat bersama. Contohnya buku, film, robot, mesin daur ulang dan kreativitas apapun yang bisa mengasah skill dan menjadi wadah untuk mempresentasikan hasil belajar di kelas. Ini bakal sangat seru dan pastinya sangat berguna bagi ilmu pengetahuan.


Cari gebetan 

Cinta masa kuliah tentu adalah hal yang paling menarik selama kuliah. Di kampus, kamu bakal ketemu seseorang yang menarik bagimu yang gak lagi pakai seragam, tapi dengan gaya dia sendiri. Dengan adanya adanya gebetan ini bisa bikin hari-hari kamu semakin berbunga selama di kampus itu. Apalagi kalau doi akhirnya gak hanya sekedar jadi gebetan tetapi pacar?

Berbagai macam pengalaman di kampus akan sangat seru selama kamu mau membuat ceritamu sendiri. Jadi tidak heran kalau saat ini banyak sekali film tentang kehidupan anak-anak kuliahan yang sangat laris di pasaran. 


Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman 

Masa-masa sebagai mahasiswa baru adalah masa-masa yang dianggap sebagai awal baru kebebasan karena tentu pada masa ini, mereka lebih tidak dibatasi oleh peraturan-peraturan yang lebih mengikat seperti di masa sekolah SMA dulu. Namun, tidak jarang hal ini merupakan zona nyaman yang justru membuat kamu terlena untuk menikmati hura-hura saja. 

Padahal di masa kuliah, kamu justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi. Maka dari itu, janganlah takut untuk keluar dari zona nyaman kamu dan melakukan hal-hal baru yang lebih menantang dan tentu bermanfaat bagi nilai akademis.


Jangan takut  untuk meminta bantuan

Para mahasiswa baru tentu memiliki banyak tugas yang dirasa asing dan tidak mudah untuk dikerjakan. Maka dari itu janganlah takut dan ragu untuk meminta bantuan baik kepada anggota keluarga maupun mahasiswa senior jika kamu butuh bantuan. Selain menambah teman baru, kamu juga bisa terbantu dalam tugas-tugas kuliah. Bisa juga kamu lebih mudah dalam menyerap materi perkuliahan karena telah mendengar materi itu sebelumnya.


Atur waktu

Banyak mahasiswa baru mengisi kegiatannya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bersenang-senang saja. Tak ada salahnya memang, namun kamu harus mulai mengatur dan menghabiskan waktu kamu dengan lebih baik dan positif. Karena tugas-tugas di awal perkuliahan tidaklah sedikit dan tak jarang kamu juga mengikuti kegiatan tambahan lainnya yang lebih banyak menyita waktu. Cobalah bagi waktu bermain dan belajar kamu dengan baik sehingga keduanya bisa berjalan secara seimbang. 


Manfaatkan perpustakaan kampus

Jika kamu merasa kesulitan dalam menyerap materi kuliah dan terkadang berat untuk memenuhi kebutuhan membeli buku-buku kuliah yang tidak murah, Kamu bisa memanfaatkan sumber pengetahuan lainnya yang tersedia. Mengapa tidak memanfaatkan perpustakaan kampus? Selain lebih terjangkau bahkan gratis, kamu bisa membaca banyak buku yang tersedia di sana. 

Kamu juga bisa memanfaatkan perpustakaan kampus lain hingga beberapa fasilitas umum yang ada di kota tempat kamu menuntut ilmu. Sekarang juga banyak sumber ilmu dan materi perkuliahan yang bisa kamu akses melalui berbagai perangkat digital secara online


Mengatur prioritas utama sejak awal perkuliahan

Sesaat setelah kamu mendapatkan jadwalnya Sebaiknya kamu sudah mengatur prioritas pertama kamu, seperti nilai akademis yang memuaskan misalnya. Hal ini akan membuat kamu lebih fokus dan termotivasi dari masa awal perkuliahan. 


Cari kegiatan positif lainnya 

Di dunia perkuliahan sangatlah luas dan lebih dari sekedar urusan dalam kampus. Kamu juga bisa menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif lainnya seperti ekstrakulikuler kampus maupun pekerjaan magang yang juga bisa menambah pengalaman kamu. Sibukkan diri kamu dengan tetap memprioritaskan kualitas akademis kamu di kampus

Salam berkuliah.com
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Tips Membuat Masa Transisi Kuliah Lebih Nyaman
Tips Membuat Masa Transisi Kuliah Lebih Nyaman
http://3.bp.blogspot.com/-OYxy_5Rltiw/VGlpltZ8NII/AAAAAAAAFNk/l2erC9ju1G4/s1600/agsgv.png
http://3.bp.blogspot.com/-OYxy_5Rltiw/VGlpltZ8NII/AAAAAAAAFNk/l2erC9ju1G4/s72-c/agsgv.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/11/tips-membuat-masa-transisi-kuliah-lebih-nyaman.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/11/tips-membuat-masa-transisi-kuliah-lebih-nyaman.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy