Artikel Terbaru

12 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Mahasiswa Asal Madura

Siapa yang tidak kenal akan pulau penghasil garam ini. Madura ? Ya, pulau yang berada di wilayah Jawa Timur ini Identik dengan perangainya yang kasar. Kalau kamu punya teman yang berasal dari Madura, pasti awal mengenalnya akan berpikir mereka itu kasar. Ya, entah dari mana asalnya seolah suku Madura di cap sebagai suku yang gak pernah dinilai ramah. Tapi begitu kamu kenal mereka, dijamin kamu bakal jadi sahabat karib :D
Hal-hal dibawah ini yang perlu kamu ketahui tentang mahasiswa Madura sebelum kamu berpikiran buruk tentang mereka !


1. Mereka Itu Kelihatannya Kasar, Tapi Sebenarnya “Care”

Asli, kalau yang satu ini memang kerap dinilai oleh orang asing yang baru dikenalnya. Begitu ditanya :
"Asal dari Mana?"
"Madura"
"Oh,”
langsung mengernyitkan dahi.
Coba deh mengenal mereka lebih jauh, kamu pasti akan tahu betapa baiknya mereka. Hahaha..trust me !

2. Kalau Bicara Suka Apa Adanya, gak Pake Basa-Basi

Berbeda dengan Mahasiswa yang berasal dari  Jawa dan Sunda yang sebelum melakukan apa-apa, mereka terlebih dahulu basa-basi, mahasiswa asal Madura ini cenderung langsung pada hal-hal yang to the point. Mereka gak suka muter-muter kelililng jalanan dulu buat sampai ke tempat tujuan. Tapi, begitu hal inti di dapat, mereka baru suka mngeksplore kejadian atau hal unik yang belum merka ketahui.

3. Gabung Bersama Orang Ramah, Jangan Tanya Keramahan Mereka. Dijamin Ramah 100%!

Meskipun streotipe yang ada bahwa mahasiswa madura ini terkesan kasar, Bukan berarti mahasiswa yang berasal dari Madura ini gak bisa ramah lho, mereka bahkan kalau udah ketemu wong Jawa yang paling halus pun mereka bisa menjadi temean akrab. So, jangan pernah takut temenan sama mereka ya guys :D

4. Kalau Sudah Marah....

Mereka bakal ngumpatin pake kata-kata kasar pake bahasa asli mereka, gak peduli itu dimanapun. Karena sifat lain dari mereka sering dipersepsikan sebagai orang yang gampang tersinggung, curiga dan pemarah. Hihihi tapi bener lho. Tapi mereka gak bakal begitu kalau mereka gak di usik ketenangannya. Kuatnya tradisi Madura tak lepas dari prinsip :
Tak kerah takok bedheh edimmak bhein, cakancah padheh taretan
Maksudnya orang Madura itu tidak pernah takut ada dimanapun, karena semua teman-temannya serasa saudara sendiri.

5. Kamu  Termasuk Etnis Madura Swasta atau Negeri ?


Mungkin sedikit aneh atau mengernyitkan dahi ketika mendengar, kamu Madura swasta atau negeri ? Haha..memang hanya Perguruan Tinggi saja yang memiliki status sebagai swasta atau negeri ? Ternyata mahasiswa dari Madura juga menyandang status ini juga lho, penasaran ? Nih, penjelasannya ! Pengalaman penulis nih, sewaktu berkunjung ke salah satu teman yang domisili di Semarang. Begitu ditanya,

Asal kamu? "
“Probolinggo"
“Pasti Madura swasta, nih..ahhaha"
“( Ngakak ) ...hahaha" :D

Madura swasta  merupakan sebutan bagi suku atau ras Madura tapi tidak lahir dan berdomisili di Madura, Karena beberapa daerah terdapat di luar wilayah Madura terdapat mayoritas juga dipadati penduduk suku Madura seperti Jember, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan sekitarnya, sehingga bahasa yang digunakan sehari-hari-pun adalah bahasa Madura. Istilah Madura Swasta ini selain sering dipake teman-teman Mahasiswa di  kuliah di luar Madura. 
Jadi, kamu termasuk mahasiswa madura yang swasta atau negeri ? Haha :D Kalo penulis sih, Madura swasta, karena sudah lama di Probolinggo :D Hahaha

6. Berprestasi & Cerdas

Gak percaya ? Ini buktinya !
Mahasiswa Univ. Trunojoyo Madura Menjadi Perwakilan Indonesia di Ajang Microsoft Imagine Cup Worldwide di Rusia

Bahkan mereka mendapat sebutan sebagai Rookie Game of The Year 2012.
Jangan salah untuk masalah pendidikan, mereka selalu mengutamakan untuk sekolah setinggi-tingginya. Bahkan kalau perlu merantaulah sejauh mungkin, maka kau akan tahu betapa mahalnya tiket pulang..upss, salah ding..maka kau akan temukan kerabat dan pengalaman yang baru. Mereka punya pemikiran bahwa di tanah mereka sendiri bukan jaminan kesuksesan seseorang. Mereka rata-rata memang pekerja keras. Kamu akan merasa bangga dan begitu besar cinta kamu akan Madura :D

7. Kalau Sudah Ketemu Satu Suku, Berasa Ketemu Saudara yang Sudah Lama gak Ketemu

Seperti halnya mahasiswa lain yang berasal dari suku yang sama, begitu ketemu pasti langsung akrab. Begitu juga dengan mhasiswa asal Madura ini. Yaps, Madura itu masih bagian dari Jawa, namun beda pulau. Meski beda pulau bukan berarti mereka terasingkan. Apalagi kalau udah berasal adari satu daerah, mereka akan ngobrol ngalor-ngidul. Secara gak sadar logat asli kamu pun keluar.

8. Wajah Mereka Gampang Dikenal


Hoho, untuk hal satu ini bukan rahasia lagi. Wajah mereka gampang dikenal kalau mahasiswa ini orang Madura. Semacam menjadi ciri khas orang Mdura.
Paras orang Madura dikenal celleng seddhe’. Seddhe’ maksudnya setiap orang memiliki karakter kecantikan atau kegantengan yang berbeda. Ada daya tariknya tersendiri. Warna kulit yang sawo matang menjadi alasan utama paras orang Madura dijuluki celleng seddhe’.

9. Kalau Sudah Bisa Bahasa Jawa, Dijamin gak Bakal Tahu Kalau Mereka Sebenarnya Madura

Jika mahasiswa Jawa, bisa berbahasa jawa dengan fasih, tapi belum tentu dia bisa bahasa Madura. Tapi, jangan tanya mahasiswa Madura. Sekalinya bisa bahasa Jawa, kamu bakal gak percaya kalau dia sebenarnya orang Madura.
Jauh dari semua itu, sebenarnya..
Bahasa Madura susah dipahami lho, kalau dalam bahasa halusnya, krama inggilnya. Kalau bahasa Jawa secara krama inggil kamu tinggal belajar sama orang yang asli Jawa, tapi untuk memahami bahasa Madura ini kamu harus menemui sesepuh dulu.

10. Mahasiswa Asal Madura itu Pengembara dan Pantang Menyerah

Yakin deh, di pelosok manapun kamu bakal nemuin teman yang berasal dari Madura  di Indonesia ini. Mereka meninggalkan kampung halamannya demi pendidikan yang lebih baik. Karekteristik mereka ramah, selama mereka tidak di usik oleh hal-hal yang gak penting.

11. Di perantauan Kamu Akan Akrab dengan Pesona Khas Bahasa Madura, Mulai dari Boabo , te-sate, sampai ye -ta’iye 

Dari istilah-istilah tersebut, kamu sebagai mahasiswa Madura pasti hanya tertawa sendiri. Memang benar sebutan boabo, te-sate dan ye-ta’iye adalah beberapa slogan yang digunakan untuk orang Madura. Tapi sebutan tersebut gak lumrah di Madura sendiri.
Boabo berasal dari kata “bo” yang artinya “aduh” . Sedangkan ye-ta'iye diungkapkan untuk meminta persetujuan. Namun karena kata “boabo” dan “taiye” sudah terlanjur melegenda di masyarakat, so biarkan mereka berkreasi dengan sendirinya. Bahkan slogan tersebut sering di pakai untuk dialog dalam sebuah film.
Nah, kalau sebutan te-sate berasal dari kata sateyang merupakan makanan khas Madura. Sate ini sendiri menjadi ladang bisnis yang menjanjikan rupiah yang tidak sedikit, dan ketika ingat sate maka yang terlintas pertama dipikiran kita adalah sate Madura. Di pelosok daerah manapun di Indonesia ini kamu bakal akan menemui gerobak sate Madura. Makanya jangan heran kalau kamu sebagai mahasiswa Madura Identik dengan sebutan te-sate.

12. Sebagai Mahasiswa Perantau, Kamu Pasti Bakal Kangen Kuliner Khas Madura Berikut ini yang gak Akan Kamu Temui Dimananapun :D

Rujak Cingur
Makanan dan Minuman khas tradisional Madura
Makanan
- Nasi jagung
- Nasi serpang
- Rujak cingur ala Madura
- Soto Madura
- Sate Madura
- Kaldu Soto (Kalsot)
- Sate Lalat

Minuman
- Es Cao
- Es Ko’buk
- Ta’al
Meskipun ada beberapa daerah juga menyediakan berbagai macam makanan tersebut, dijamin rasanya gak bakal sama dengan rasa aslinya di Madura :D

Matorsakalangkong ampon e baca :) in google translate : Terima kasih sudah membaca :)
Kamu sebagai Mahasiswa perantau asal Madura, Apakah kamu mengalami salah satunya ?

Salam berkuliah.com

Oleh : Andreanyta Erni

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top