Alita Siswandani: "Mendalami Fisika, Saya Tertarik Mengambil Studi di Perancis"

Halo, teman-teman semua. Saya Alita Siswandani, kuliah mengambil S1 di bidang Fisika, dan studi S2 pun di bidang Fisika (Advanced Mate...


Halo, teman-teman semua. Saya Alita Siswandani, kuliah mengambil S1 di bidang Fisika, dan studi S2 pun di bidang Fisika (Advanced Materials for nanoscience and energy) di Perancis. Asal saya dari banyuwangi, Jawa Timur.

Bertanya tentang apa hal yang membawa saya akhirnya memilih studi di Perancis karena berhubungan dengan bidang Fisika yang saya ambil. Saya punya ketertarikan terhadap pengembangan material yang lebih detail yang diaplikasikan pada energi dan nanoscience. 


Apa saja kelebihan dan keunikan dari kampus tempat Lita kuliah?

Aix-Marseille atau biasa disebut université de la Méditerranée, dulunya terbagi menjadi sub nama Aix Marseille I , II dan III, sekarang cukup satu nama untuk menyebutnya  Aix-Marseille, letaknya berjauhan antara satu dan lainnya (Aix-Provence, Luminy dan Saint Jérome), merupakan kampus besar dengan jumlah mahasiswa asing yang cukup besar dengan berbagai jurusan (seni, sosial, kesehatan, olahraga, science, dan teknologi). Dengan proporsi pelajar asing yang besar, maka lingkungannya menjadi lebih majemuk sehingga ketika berinteraksi saya bisa lebih mengenal budaya dari segala penjuru dunia.


Bagaimana dengan sistem perkuliahan di kampus tersebut?

Sistem perkuliahannya dibagi menjadi sistem semester, ada banyak matakuliah harus ditempuh yang tiap semester dengan pembagian bobot yang disebut dengan European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). Pada umumnya, satu mata kuliah akan dibagi menjadi sub matakuliah dengan pengajar yang berbeda.


Bagaimana untuk fasilitas di kampus tersebut, mungkin dari perpustakaan, pelayanan adminitrasi, fasilitas lab, olahraga, dll?

Fasilitas kampus yang cukup lengkap, dengan perpustakaan yang besar dengan sistem yang sangat bagus dan terorganisir dengan baik dalam hal peminjaman dan pengembalian buku, kenyamanan pengguna perpustakaan juga didukung dengan akses internet yang sangat cepat di perpustakaan dan kawasan kampus lainnya. Laboratorium dikelola secara professional mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan terstruktur dengan kerjasama yang baik dengan perusahaan pembuat teknologi terkemuka.

Administrasi dikelola dengan baik melalui unit pengelola yang terstruktur mulai dari fakultas, jurusan dan pihak universitas. Mahasiswa asing mendapatkan pelayanan di bagian sekretariat internasional untuk mempermudah urusan tempat tinggal, atau hal yang khusus yang tidak dimiliki oleh mahasiswa lokal. Pada hari tertentu dan jadwal tertentu, kita dapat mengikuti kelompok seni dan olahraga dimana kita bisa ikut bergabung di dalamnya, jadwal dan tempatnya
tersedia di papan informasi kampus.


Bagaimana skema untuk membayar biaya perkuliahan di sana?

Biaya perkuliahan dibayarkan di masa awal perkuliahan di secretariat kampus. Biasanya biaya tersebut sudah termasuk asuransi kesehatan untuk mahasiswa. Pembayaran dilakukan dengan cek, dan pihak kampus akan mencairkannya dalam kurun waktu tertentu.


Bagaimana karakteristik dari teman-teman asli Perancis, dan apa saja kebiasaan yang mereka lakukan di sela-sela waktu belajar, baik itu di dalam dan di luar kelas?

Mahasiswa Perancis tidak asing lagi dengan kehadiran mahasiswa asing di negara mereka, sehingga dengan di awali dengan senyuman sapaan pertama dan kita bisa lebih aktif bertanya berbagai macam hal berkaitan dengan kehidupan di sana. Mereka menghabiskan jeda waktu istirahat dengan saling banyak bertukar informasi sambil makan siang dan sedikit menghabiskan putung rokok. Di malam sabtu, biasanya mereka pergi ke Bar dan sedikit minun untuk menghilangkan penat selama hari kerja.


Pada masa awal kuliah, apakah kamu sering menemui masalah dengan kegiatan perkuliahannya? Jika iya, apakah itu dan bagaimana cara kamu mengatasinya?

Adaptasi di awal perkuliahan dengan cara pengajar mengajar dengan kecepatan bahasa yang tinggi harus diimbangi dengan keaktifan dan banyak bertanya kepadanya dan teman satu kelas menjadi keharusan. Kita harus lebih aktif dan berani, karena banyak hal yang harus kita pelajari dari mereka, dalam hal pelajaran, budaya dan kebiasaan yang jarang kita temui sebelumnya.


Apakah Lita menggunakan beasiswa atau biaya sendiri? Mungkin bisa diceritakan tentang pembiayaan untuk kuliahnya? Jika beasiswa, bagaimana cara apply menurut pengalamannya Lita.

Saya menggunakan beasiswa dan biaya sendiri untuk perpanjangan masa studi (kerena keterlambatan kedatangan waktu perkuliahan). Untuk mengapply beasiswa, kita perlu tahu banyak informasi tentang beasiswa tersebut dengan sering mencari informasinya di IFI dan web terkait. Persiapannya dilakukan jauh-jauh hari, karena seleksi beasiswa yang saya lamar dilakukan sepanjang tahun.


Bagaimana dengan biaya hidup untuk mencukupi kebutuhan di sana? Mulai makan, transport, dan tempat tinggal? Apa kamu punya cara unik agar bisa hidup lebih hemat?

Biaya hidup yang tergolong tinggi jika dibandingkan negara asal bisa disiasati dengan mengikuti kerja paruh waktu di restaurant atau tempat lainnya. Perencanaan pengeluaran per periode waktu yang sistematis harus dilakukan dan untuk biaya makan bisa sangat tertekan jika kita bisa masak sendiri di rumah. Selain memasak ala Indonesia, kita juga bisa mencoba memadukan bumbu-bumbu khas di Eropa menjadi masakan baru, dan kita juga bisa mencoba resep baru untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman tentang masak-memasak.


Banyak yang mengatakkan kalau belajar bahasa Perancis itu susah. Kira-kira seperti apa tips spesial dari Lita agar bisa cepat menguasai bahasa Perancis?

Saya suka dengan penyanyi Indonesia yang sekarang tinggal di Paris, Anggun. Jadi saya biasa bernyanyi sambil belajar kosa kata dan grammar bahasa Perancis di lirik lagu yang saya nyanyikan.


Adakah tips spesial dari Lita, tentang bagaimana agar kita bisa sukses dan dapat bersaing dengan mahasiswa lainya sampai kita lulus?

Tidak ada hal spesial kecuali kerja keras dan berani keluar dari zona nyaman. Ketika kita aktif bertanya dan mendapatkan sesuatu pengetahuan baru, dengan sendirinya kita akan lebih penasaran dan bertanya “kenapa”? Dan dari pertanyaan kenapa itulah maka tantangan baru muncul untuk diselesaikan.

Salam berkuliah.com!
================================================================================================================================================

Berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya buat kamu mahasiswa Fisika? Baca rahasianya secara mendetail, dikupas tuntas dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN). Di sini ada banyak "bocoran" dan "trik-trik rahasia", untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, seperti Alita Siswandani di atas. Paket JKLN terdiri dari satu buku setebal 300 halaman, 9 ebook setebal 4.367 halaman, serta 219 video interview dengan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Bahkan buku ini juga mendapat testimoni langsung dari Merry Riana. Baca buku ini, kamu PASTI dijamin kuliah ke luar negeri. Dijamin 100%.



Bagaimana cara pemesanannya?
Silakan transfer dengan format: JKLN (spasi) Harga + 2 digit terakhir HP kamu. Misalkan nomorhandphone kamu 085123456789, maka transfernya Rp 147.089. Rekening di bawah ini semuanya atas nama Sri Rahmawati:
  • Bank BCA 8610292250
  • Bank BNI 0165318957
  • Bank BRI 1056-01-004593-50-2
  • Bank Mandiri 132-00-1465845-5 

Setelah transfer, silakan konfirmasi ke: PIN BB: 57BDE2AC | Telp / WA / SMS / Line: 0821 3700 8000

Dan jangan lupa, selalu update informasi di berkuliah.com, ya! Salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Alita Siswandani: "Mendalami Fisika, Saya Tertarik Mengambil Studi di Perancis"
Alita Siswandani: "Mendalami Fisika, Saya Tertarik Mengambil Studi di Perancis"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg62BW44okda7UkezQfnPE7HuzyiTy0BHcA-4yuecrSetx_-_4h0jZlMH_9OslhItIcbiHwiLqC0aZVN_-8rM8J3c6Q_O11dwq7IRlTcctTystyJprZH120wcTY9YiMEGJCbnbthS9mg78/s640/alita.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg62BW44okda7UkezQfnPE7HuzyiTy0BHcA-4yuecrSetx_-_4h0jZlMH_9OslhItIcbiHwiLqC0aZVN_-8rM8J3c6Q_O11dwq7IRlTcctTystyJprZH120wcTY9YiMEGJCbnbthS9mg78/s72-c/alita.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/alita-siswandani-mendalami-fisika-saya-tertarik-mengambil-studi-di-perancis.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/alita-siswandani-mendalami-fisika-saya-tertarik-mengambil-studi-di-perancis.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy