Artikel Terbaru

Amanda Anggriani & Australia: Kuliah Psikologi di University of Queensland, Ini Ceritaku!



Halo, semuanya, salam kenal! Namaku Amanda Anggriani Kinasih, dari Jakarta. Saat ini kuliah di University of Queensland, jurusan Psikologi (Bachelor of Psychology). Aku tinggalnya di daerah St. Lucia, Brisbane, Queensland.


Waktu memilih tempat kuliah di Australia, apa Amanda memilih berdasarkan negaranya dulu, jurusannya, atau hal lain?

Aku pilih berdasarkan jurusannya, dari dulu memang pengennya Psikologi, hehe. Terus diterima di UI kelas international, dan transfernya ke Australia, di University of Queensland ini. 


Bagaima cara kamu bisa beradaptasi dengan perbedaan sistem perkuliahan disana? Apa saja yang dipersiapkan?

Untuk adaptasi, awalnya sih nanya-nanya sama senior yang udah sampai di sini duluan. Nanya tentang gimana cara belajarnya, sistem kuliahnya, sistem ujian, tugas, dan hal lainnya. Jadi, ya cukup well-prepared lah hehe. Begitu udah tiba disini, kita juga ada academic advisor yang bisa memberi info-info apapun tentang kampus maupun yang di luar kampus, seperti akomodasi, tempat rekreasi, atau pertanyaan lainnya.


Berdasarkan pengalaman kamu sebelumnya, apa saja yang wajib dibawa sebelum berangkat ke Australia? Adakah barang-barang yang sebaiknyatidak perlu dibawa?

Barang yang harus dibawa sih mungkin ya baju, obat-obatan pribadi (karena takutnya disini nggak dijual bebas), laptop, segala dokumen-dokumen penting seperti paspor atau yang uni-related gitu. Kalo yang nggak perlu dibawa mungkin appliance seperti piring, gelas, sendok, ataupun kitchen utensils lain, terus bed cover atau seprai gitu juga bisa dibeli disini, karena kalo bawa dari Jakarta bisa excess baggage, hehe.


Jika menggunakan biaya sendiri, berapa perkiraan biaya kuliah di Australia?

Untuk tuition fee per semesternya itu kurang lebih AUD 12,000.


Apa pengeluaran terbesar yang kamu alami selama tinggal di Australia? Apakah ada trik untuk mengatasinya?

Pengeluaran terbesar pastinya tuition fee, setelah itu mungkin rent apartment ya. Trik untuk mengakalinya mungkin cari akomodasi yang sudah include all the bills, seperti listrik, air, dan internet. Karena ada beberapa akomodasi yang harga sewanya literally hanya rumah saja. Kalo yang sudah include all pasti akan jauh lebih murah.


Pengalaman menarik apa yang paling unik pernah kamu temui di Australia?

Yang menarik menurutku sih tempat-tempat wisata alamnya. Selama di Brisbane, aku udah ke gold coast, Byron bay, Lake Moogerah melihat milky way, dan lain-lain. Selain wisata alamnya, tempat rekreasi di city nya sendiri juga seru-seru banget, hehe.

University of Queensland

Menurut Amanda, dimana kira-kira pilihan jenis tempat tinggal terbaik untuk tinggal di Autralia? Apakah asrama, apartemen atau lainnya?

Menurut aku yang paling enak sih share house, karena jatuhnya akan lebih murah, dan pilihannya pun banyak.


Apakah Amanda aktif di PPI? Jika iya, dimana sekretariatnya? Dan event apa yang paling besar yang pernah diadakan?

Iyaa aku ikut PPIA Pusat sebagai wakil bendahara umum, dan PPIA Queensland juga sebagai sekretaris. Event yang paling besar kalau di cabang mungkin Pesta Rakyat. Itu seperti cultural event yang terdiri dari day and night show. Biasanya disana ada tarian dan music tradisional, performance dari artis Indonesia, bazaar makanan Indonesia, dan lain lain.


Pertanyaan terakhir nih, apa Amanda punya tips khusus yang ingin dibagi kepada teman-teman yang hendak kuliah di universitas Queensland, supaya bisa sukses dan mengikuti kegitan perkuliahan dengan lancar?

Mungkin harus banyak-banyak bertanya sama orang-orang yang udah kuliah lama disini. Perbanyak teman, karena menurutku networking sangat membantu sekali buat kita survive di negara lain. Karena kalau suatu saat kita lagi susah, baik itu masalah akademik maupun bukan, pasti orang-orang itulah yang akan membantu dan support kita.

Image Credit
Sekian pertanyaan dari kami Amanda. Terima kasih karena Amanda sudah bersedia meluangkan waktu untuk interview. Semoga Amanda semakin sukses di sana dan terus menginspirasi kami semua.

Salam berkuliah.com!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top