Bincang-Bincang Tentang Studi di Jerman Bersama Dwi Cahyono

Jerman merupakan salah satu Negara favorit yang menjadi tujuan kuliah mahasiswa Indonesia setelah Perancis. Meskipun berbeda bahasa dan lok...

Jerman merupakan salah satu Negara favorit yang menjadi tujuan kuliah mahasiswa Indonesia setelah Perancis. Meskipun berbeda bahasa dan lokasinya jauh, banyak juga yang tertarik kesini. Lalu, bagaimana pandangan mahasiswa Indonesia di Jerman mengenai negara Jerman? Berikut interview dari kru berkuliah.com bersama Dwi Cahyono, mahasiswa S2 di Jerman.



Di Universitas mana kamu kuliah dan sejak tahun berapa? Jurusan apa yang diambil?

Sebelumnya, studi S1 saya di STT Telkom Bandung, kemudian dengan beasiswa Dikti saya lanjut S2 untuk Universitas Duisburg-Essen mengambil jurusan Teknik Elektro. Sejak tahun kemarin, saya baru 1 semester menjalani studi di sini. 


Bagaimana karakteristik orang Jerman menurut kamu?

Secara fisik jelas sangat berbeda dan secara karakter sangat berbeda. Pertama kali datang ke Jerman memang sangat susah dalam beradaptasi. Orang Eropa dan orang Asia memiliki karakter yang berbeda, dari budaya, kebiasaan, dan komunikasi pun juga berbeda. Sayangnya orang Jerman lebih merasa terbuka dengan orang sesama Eropa atau dari Amerika. Sehingga ini banyak menimbulkan pertanyaan di antara kami. Orang Jerman sering kali memandang remeh orang Asia, karena dipandang  tidak banyak bisa melakukan apa-apa. Jadi saya menyimpulkan, kalau kamu ingin membaur dengan orang Jerman, maka tunjukkan seperti apa diri kamu!

Untuk pertama kali memang sangat susah untuk berkenalan. Tapi, jika sudah cukup lama mengenal maka semuanya akan lancar. Sebenarnya orang Jerman juga baik, mungkin karena kita orang asing saja. Hal yang membedakan orang tua Jerman dengan pemuda Jerman adalah, orang tua lebih terkesan sopan daripada orang yang lebih muda. Pemuda Jerman lebih terkesan songong, jahil, dan sombong. Saya juga tidak terlalu tahu kenapa.


Dimana mas Cahyo tinggal selama di Jerman?

Saya tinggal di asrama. Asrama ini memang disediakan khusus oleh kampus dimana saya kuliah.


Apakah tinggal di asrama sudah termasuk satu paket dengan beasiswa?

Beasiswa itu mencakup semuanya, akan tetapi itu semuanya tinggal bagaimana kita pintar dalam mengatur keuangan. Uang beasiswa ini memang termasuk dengan tempat tinggal, namun saya mencari kembali tempat tinggal yang semurah-murahnya. Saya mendapatkan tempat yang murah dan lumayan nyaman yaitu asrama yang disediakan oleh kampus. 


Apakah benar di Jerman itu untuk sekolah negerinya digratiskan?

Ya memang benar, di provinsi NRW memang digratiskan karena gubernurnya menggratiskan. Kalau nanti ada gubernur baru, belum tentu digratiskan lagi. Itu semua tergantung dengan kebijakan pemerintahnya.



Karena digratiskan, apakah jarang ada beasiswa ke Jerman?

Masih banyak, pemerintah juga masih memberikan beasiswa kepada banyak mahasiswa yang ingin kuliah di Jerman, baik dari Uni Eropa maupun dari Asia dan berbagai negara dari benua lain. Maksudnya gratis bukan gratis cuma-cuma, akan tetapi masih ada biaya yang harus dibayar menggunakan biaya sendiri seperti tiket semester sekitar 254 Euro per semester.


Apa yang dilakukan jika uang sudah tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-hari, dan apakah bisa sambil kerja part time?

Saya memang belum terlalu mengerti, akan tetapi menurut pengalaman saya mengobrol dengan teman lain, banyak juga yang nekat datang ke Jerman dengan uang pas-pasan. Di Jerman mudah mencari pekerjaan, bukan merupakan hal sulit kalau kamu bisa menguasai bahasa minimal bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu pintar bahasa Jerman, kamu akan mudah pergi kemanapun dan melakukan hal apapun.

Hidup di Jerman sangat enak, karena fasilitasnya sangat memadai. Semua ini akan terasa kalau kamu punya kemampuan bahasa dan mungkin kemampuan khusus lain. Kerja serabutan di Jerman itu sangat dihargai.


Apakah biaya hidup di Jerman termasuk mahal?

Biaya hidup lumayan sih, kalau dibandingkan dengan Indonesia memang sangat jauh. Tapi untuk segi makanan membutuhkan 30-40 Euro perbulan atau sekitar 500 ribuan. Jadi kalau ditotal selama satu bulan mulai dari tempat tinggal, biaya makan, asuransi kesehatan karena di Jerman harus menggunakan asuransi sekitar 6 juta per bulan. Itu jika kamu pintar mengatur uang, kalau tidak ya pasti bisa lebih tinggi dari itu. Semuanya juga tergantung dengan letak kota dan pribadi sendiri.


Apakah kamu kesulitan dalam mencari makanan yang cocok dengan selera orang Indonesia?

Kalau di Jerman setahu saya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Turki. Disini banyak sekali orang Turki, Maroko, atau Arab. Ini juga berhubungan dengan perang dunia zaman dulu, karena pada saat PD dulu orang-orang Turki dan Arab banyak datang ke Jerman, karena diminta oleh pemerintah Jerman. Jadi banyak sekali toko-toko Arab dan toko orang Turki. Kamu bisa dengan mudah menemukan kebab atau makanan lain. Biasanya disetiap toko juga ada label halal, jadi kamu tidak akan susah menemukan makan yang halal.


Bagaimana dengan tempat ibadah?

Ya memang nggak susah, tapi ya tidak sedekat seperti di Indonesia. Jaraknya  sekitar 1 trem atau 10 menit lah.


Apakah kamu pernah nonton Bayern Munchen?

Belum, karena jauh sekali dengan Munchen. Disini dekat dengan Borossia Dortmund, baru saja kemarin nonton pertandingan antara Dortmund vs Arsenal.


Untuk teman-teman yang ingin kuliah di Jerman, menurut Cahyo hal-hal vital apa aja yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari?

Pertama kali sebelum kuliah S1 mimpi untuk kuliah S2 itu ada banget. Tapi setelah lulus, saya bingung, mau kuliah lagi atau kerja. Saya galau banget, dan memang pusing, karena saya sudah ribet mengikuti proses penerimaan karyawan di perusahaan yang cukup besar lah, sedangkan keinginan saya untuk kuliah juga besar karena saya juga menjalani rekrutmen beasiswa Dikti. Lalu setelah itu saya belajar bahasa Inggris dan Jepang. 



Saya dulu malah mimpi ingin kuliah S2 di Jepang. Setelah 5 bulan saya habiskan mondar-mandir sekolah bahasa. Saya sadar ini menghabiskan waktu dan harus segera menentukan pilihan. Kemudian saya melamar beasiswa ke Jepang, ternyata sulit dan jalannya tidak terbuka. Lama sekali saya mencoba dan menunggu akan tetapi tidak diterima, mungkin karena tidak ada akses dan bahasanya terlalu sulit serta sudah jalannya seperti ini. 

Kemudian saya berpikir kembali. Saya teringat mimpi pertama kali masuk kuliah S1 bahwa saya harus ke Jerman. Mimpi itu tertulis di tembok. Lalu mulai mencari informasi mengenai Jerman. Akhirnya saya pergi ke UI menemui teman saya, kemudian saya mendapatkan relasi. Kemudian saya datang dan mengobrol segala macam. Saya kemudian menyiapkan semua syarat dan memenuhi semua syarat. Saya menulis syarat-syarat dengan bahasa Jerman, memang terasa mudah entah itu sudah jalannya atau bagaimana.

Akhirnya saya diterima di universitas ini. Di dikti saya masih tersendat dengan pengumuman tahap terakhir yang memang membuat galau. Ketika semuanya sudah oke tinggal berangkat, tapi ternyata belum melengkapi visa, ini yang membuat penasaran dan menghambat selama dua bulan. Saya juga bertanya-tanya kenapa visa kok nggak keluar-keluar, karena saya pernah mendengar seseorang tidak jadi pergi karena visa yang tidak kunjung keluar.

Saya berpikir keras, dibatalkan saja dan bekerja disini atau bagaimana. Kemudian saya mencari info dengan mengontak langsung teman-teman di Jerman dan meminta bantuan untuk mengurusakan visa di ABH. ABH itu semacam kantor imigrasi disini. Lalu semuanya saya penuhi dan suruh menunggu beberapa hari. Setelah itu ternyata Alhamdulillah, akhirnya berangkat!

Yang paling penting harus disiapkan adalah mental yang tahan banting dan niat yang benar-benar mau sekolah atau mau kerja. Persiapan dari bahasa, bahasa Jerman menjadi bahasa ibu, makanya harus belajar bahasa Jerman dan bahasa Inggris harus mutlak. Dari segi persyaratan, ada beberapa persyaratan yang diminta oleh pemberi beasiswa, jadi semakin teman-teman berprestasi maka semakin tinggi kualifikasinya. Kenal dengan orang-orang penting di kampus seperti rektor atau dekan akan sangat membantu dan memudahkan kita. Surat rekomendasi yang diminta oleh pemberi beasiswa akan sangat kuat jika ditanda tangani oleh rektor. Hal ini akan mengesankan kamu benar-benar memiliki nilai.


Kapan Cahyo lulus S1?

Belum ada 1 tahun sih, sekitar 6 bulan yang lalu.


Apa yang Cahyo rasakan sampai saat ini sejak berada di Jerman?

Apa ya? Haha. Pertama bersyukur banget, karena salah satu rencana dan ikhtiar sudah terlaksana. Kalau untuk pemikiran tentang  Indonesia, semoga bisa berguna bagi negara setelah pulang dari sini.


Apakah pendidikan di Jerman sangat ketat? Jika otak tidak kuat bakalan stress?

Oh iya benar sekali. Saya juga sempat merasakan stress, banyak juga yang merasakan itu. Karena ujiannya 1 semester hanya 1 kali, jika gagal ada kesempatan 3 kali. Jika 3 kali masih gagal, maka mahasiswa akan di DO. Sistem mata kuliah juga berbeda dengan mahasiswa, terserah mau masuk apa tidak yang penting mahasiswa memiliki hasil. Jika mahasiswa sangat niat, maka akan difasilitasi dengan baik.

Salam berkuliah.com!
================================================================================================================================================

Berminat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya buat kamu mahasiswa Teknik ? Baca rahasianya secara mendetail, dikupas tuntas dalam buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN). Di sini ada banyak "bocoran" dan "trik-trik rahasia", untuk mahasiswa jurusan Teknik yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, seperti Dwi Cahyono di atas. Paket JKLN terdiri dari satu buku setebal 300 halaman, 9 ebook setebal 4.367 halaman, serta 219 video interview dengan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Bahkan buku ini juga mendapat testimoni langsung dari Merry Riana. Baca buku ini, kamu PASTI dijamin kuliah ke luar negeri. Dijamin 100%.



Bagaimana cara pemesanannya?
Silakan transfer dengan format: JKLN (spasi) Harga + 2 digit terakhir HP kamu. Misalkan nomorhandphone kamu 085123456789, maka transfernya Rp 147.089. Rekening di bawah ini semuanya atas nama Sri Rahmawati:
  • Bank BCA 8610292250
  • Bank BNI 0165318957
  • Bank BRI 1056-01-004593-50-2
  • Bank Mandiri 132-00-1465845-5 

Setelah transfer, silakan konfirmasi ke: PIN BB: 57BDE2AC | Telp / WA / SMS / Line: 0821 3700 8000

Dan jangan lupa, selalu update informasi di berkuliah.com, ya! Salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Bincang-Bincang Tentang Studi di Jerman Bersama Dwi Cahyono
Bincang-Bincang Tentang Studi di Jerman Bersama Dwi Cahyono
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcLzgflUJwcJt33fcOQvvPi9d83XjxQw23Bg3IBAGZTMeuC94elvzN-kloUONntR9p3dT14KM8ubQFFmt0xkDiaIgGh3UTRFSmslXIcmDnl5OIoawFApVSmcKFrfPKm1QfLRjK7JPR1kw/s400/afafaf.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcLzgflUJwcJt33fcOQvvPi9d83XjxQw23Bg3IBAGZTMeuC94elvzN-kloUONntR9p3dT14KM8ubQFFmt0xkDiaIgGh3UTRFSmslXIcmDnl5OIoawFApVSmcKFrfPKm1QfLRjK7JPR1kw/s72-c/afafaf.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/12/bincang-bincang-tentang-studi-jerman-bersama-dwi-cahyono.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/12/bincang-bincang-tentang-studi-jerman-bersama-dwi-cahyono.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy